Daftar Harga Makanan di Jepang yang Cocok untuk Travellers

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 8 Juni 2019

Jepang adalah negara yang terletak di Asia Timur dengan ibu kota Tokyo. Selain terkenal dengan kemajuan teknologinya yang sudah diakui banyak orang di seluruh dunia, Jepang juga terkenal akan budaya dan keindahan negerinya. Saat ini, Jepang adalah satu tujuan wisata utama bagi para pelancong dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Sebelum pergi ke Jepang, kamu harus mengetahui dulu peraturan lokal di sana. Apa yang harus dan tidak harus kamu lakukan, harus sepenuhnya dipahami agar kunjungan kamu berjalan lancar. Masyarakat Jepang terkenal akan kesopanan dan ketertibannya, jadi kita harus menjaga sikap selama berada di sana agar tidak membawa kesan buruk bagi negara kita.

Selain masalah di atas, kamu juga perlu mengetahui dulu harga makanan yang dijual di Jepang. Sebagai negara yang maju dan memiliki standar hidup yang tinggi, Jepang tentu berbeda dengan Indonesia (termasuk dalam kualitas dan harga makanan). Jadi, berikut ini Keluyuran akan membahas mengenai harga beberapa makanan yang bisa kamu beli di sana.

Daftar Harga Makanan di Jepang

1. Makanan Cepat Saji

Mc Japan

* sumber: commons.wikimedia.org

Bagi sebagian traveler, makanan cepat saji adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengisi perut saat sedang melancong di Jepang. Di Jepang, kamu bisa menemukan banyak restoran cepat saji seperti halnya di Indonesia, entah itu McDonald's, Burger King, dan KFC. Walaupun pendapatan masyarakat Jepang hampir sama dengan masyarakat barat yang tinggi, namun umumnya harga makanan cepat saji di Jepang lebih rendah dibanding di negara-negara barat.

Harga rata-rata untuk sebuah burger di sana adalah 200 hingga 400 yen (Rp26 ribu - Rp52 ribu), 250 yen untuk satu fried chicken (Rp32 ribu), 250 hingga 300 yen untuk french fries ukuran medium (Rp32 ribu - Rp39 ribu), dan 200 s/d 300 yen untuk minuman ukuran sedang (Rp26 ribu - Rp39 ribu). Jika dibandingkan dengan harga di Indonesia memang lebih mahal, namun itu masih cukup terjangkau untuk kita beli.

Untuk paket lengkap yang berisi burger, french fries, dan minuman kamu harus membayar sekitar 500 hingga 700 yen. Kalau dirupiahkan itu akan menjadi sekitar Rp65 ribu hingga Rp91 ribu. Sebagai informasi, McDonald's di Jepang juga menyediakan beberapa makanan dengan harga 100 yen atau Rp13 ribuan. Jika kamu sedang mencari makanan ringan, kamu bisa membeli burger dan minuman dengan harga tersebut.

2. Makanan di Toko Serba Ada

Bento_Boxes_in_Japanese_Convenience_Store_(13539630195)

* sumber: commons.wikimedia.org

Jika kamu tidak ingin makan di restoran-restoran yang ada di Jepang, maka kamu bisa membeli beberapa makanan yang tersedia di toko serba ada. Tidak berbeda jauh dengan kita, kehidupan masyarakat Jepang juga tidak bisa dilepaskan dari toko serba ada ini. Di sana ada toko yang buka 24 jam, jadi kamu bisa membeli makanan kapan saja hal itu dibutuhkan.

Toko serba ada di Jepang menawarkan banyak pilihan makanan yang siap kamu santap, seperti rice balls, sandwich, roti, bento (kotak makan siang), pasta, yakisoba, udon, dan salad. Kamu juga bisa menemukan beberapa hot snacks seperti karaage, kroket, dan oden. Lalu, berapa harga makanan-makanan lezat tersebut?

Untuk rice balls, roti, dan hot snacks, kamu perlu mengeluarkan sekitar 100 hingga 200 yen (Rp13 ribu - Rp26 ribu), 200 hingga 300 yen untuk sebuah sandwich (Rp26 ribu - Rp39 ribu). Lalu, 300 hingga 500 yen untuk pasta, yakisoba, udon, dan salad (Rp 39rb - Rp 65rb). Sedangkan, 200 hingga 300 yen untuk dessert, dan minuman sekitar 100 hingga 200 yen.

Jika kamu ingin mengenyangkan perutmu yang keroncongan di toko serba ada, maka kamu harus membawa uang setidaknya 1000 yen atau Rp130 ribu. Dengan uang sebesar itu, kamu bisa membeli beberapa makanan yang mungkin bisa kamu simpan untuk jadwal makan selanjutnya.

3. Ramen

Ramen

* sumber: pixabay.com

Saat ini restoran ramen sudah tumbuh subur di Indonesia yang tersebar, mulai dari kota kecil hingga kota besar. Dan perlu kamu ketahui bahwa ramen sangat identik dengan negara Jepang. Bagi turis-turis internasional Jepang itu sama dengan ramen.

Jadi, belum lengkap rasanya jika pergi ke Jepang tanpa menyantap ramen di negara budaya makanan tersebut. Karena ramen sangat populer di negeri tersebut, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran ramen di seluruh Jepang.

Harga ramen di Jepang berbeda-beda sesuai dengan topping yang kamu inginkan. Semakin banyak topping, berarti harga semangkuk ramen jadi lebih mahal. Akan tetapi, harga ramen di Jepang umumnya ada di angka 1000 yen atau Rp130 ribuan. Jika kamu ingin mencoba mencicipi ramen yang populer di sana, kamu harus menyempatkan waktu luang yang cukup banyak karena kamu akan mengantre dengan banyak orang lainnya.

Di beberapa restoran murah, kamu bisa membeli ramen dan saudara-saudara sejenisnya, seperti soba dan udon dengan harga mulai dari 500 yen hingga 1000 yen (Rp65 ribu - Rp130 ribu). Walaupun dirasa cukup mahal, namun hal ini bisa jadi pengalaman yang berbeda dalam mencicipi ramen di negara yang kental dengan makanan tersebut.

4. Teishokuya (Set Meal Restaurants)

Teishokuya

* sumber: matcha-jp.com

Teishokuya adalah restoran-restoran yang menyediakan paket makanan dengan hidangan utama, seperti nasi, sup miso, serta lauk pauk lainnya seperti salad. Di restoran ini juga kamu bisa menemukan hidangan tradisional Jepang, seperti karaage dan ikan bakar. Jadi, jika kamu ingin mencoba merasakan masakan rumahan tradisional Jepang, maka salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi adalah Teishokuya ini.

Harga yang harus kamu keluarkan untuk mengisi perut di Teishokuya adalah sekitar 700 hingga 1000 yen. Jika dikonversi ke kurs rupiah, maka kira-kira menjadi Rp90 ribu hingga Rp130 ribu. Harga ini memang cukup mahal bagi sebagian budget traveler, jadi solusi lainnya adalah dengan mendapatkan makanan-makanan khas Jepang di toko serba ada tadi.

5. Gyudon (Beef Bowl)

Gyudon

* sumber: www.flickr.com

Gyudon adalah sebuah makanan cepat saji yang bisa kamu temukan di Jepang. Beef Bowl ini berisi nasi dengan irisan daging sapi asin manis yang dibumbui dengan kecap dan gula (mungkin kalau kita menyebutnya dengan oseng daging sapi). Di beberapa kota besar di Jepang, kamu bisa membeli gyudon dengan harga murah, seperti di Yoshinoya, Matsuya, dan Sukiya.

Harga gyudon ini bervariasi tergantung dengan ukurannya. Untuk gyudon ukuran small atau kecil, kamu harus membelinya dengan uang 300 yen atau Rp39 ribu, 400 yen atau Rp52 ribu untuk gyudon medium, 500 yen atau Rp65 ribu untuk gyudon ukuran besar. Kamu bisa melengkapi gyudonmu dengan sup miso seharga 100 yen.

Restoran-restoran yang menyediakan gyudon biasanya buka lebih pagi sehingga kamu bisa sarapan dengan makanan ini. Dan jika budget liburanmu terbatas, maka kamu bisa mengisi perutmu dengan gyudon yang cukup murah ini.

6. Sushi

Sushi

* sumber: pixabay.com

Nama sushi tentu tidak begitu asing di telinga sebagian orang. Ya, sushi adalah makanan khas Jepang yang sudah mendunia layaknya rendang dari Indonesia. Bagi sebagian traveler, makan sushi di Jepang adalah sebuah keharusan. Harga yang harus kamu bayar jika ingin menyantap sushi di restoran khusus sushi berkisar antara 2000 yen hingga 10000 yen (Rp260 ribu - Rp1,3 juta).

Harga tersebut berbeda tergantung kapan kamu ingin menyantapnya. Harga sushi untuk makan siang adalah sekitar 2000 hingga 3000 yen (Rp260 ribu - Rp390 ribu). Sedangkan sushi untuk makan malam, harganya mulai dari 5000 hingga 10000 yen. Bagi para budget travelers, sebaiknya tidak mengonsumsi sushi selama di Jepang jika tidak ingin isi dompet terkuras dengan cepat.

7. Yakiniku (Wagyu) dan Teppanyaki

Teppanyaki

* sumber: pixabay.com

Di sebagian besar restoran yakiniku, kamu bisa memilih daging yang kamu inginkan dan memasaknya di atas panggangan. Uang yang harus kamu keluarkan tentu saja tergantung dengan daging yang kamu pilih. Akan tetapi, rata-rata biaya makan yang harus kamu keluarkan di yakiniku adalah sekitar 2000 hingga 4000 yen (Rp260 ribu hingga Rp520 ribu). Harganya juga akan naik untuk makan malam menjadi 4000 hingga 6000 yen.

Teppanyaki adalah makanan yang dimasak di atas wajan besi. Hidangan yang termasuk dalam teppanyaki adalah okonomiyaki (600 hingga 1000 yen untuk satu okonomiyaki), yakisoba (600 hingga 800 yen), monja (600 hingga 1000 yen untuk satu monjayaki), dan seafood (600 hingga 1000 yen). Beberapa restoran ada yang akan memasakan makanan ini untuk kamu, dan di beberapa restoran lain kamu bisa memasaknya sendiri.

8. Makanan di Famiresu

Saizeriya

* sumber: commons.wikimedia.org

Saat di Jepang, kamu juga bisa mengisi perut di restoran-restoran keluarga yang banyak menawarkan makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Restoran itu disebut dengan famiresu atau family restaurant. Jadi, jika kamu datang bersama keluarga tercinta, kamu bisa menyantap makanan di restoran ini. Beberapa famiresu terkenal di Jepang adalah Saizeriya, Gusto, Denny's, dan Joyfull.

Banyak famiresu yang menyediakan makanan barat seperti pasta (400 - 800 yen) dan pizza (500 - 1000 yen). Kamu juga bisa memesan nasi, roti, dan sup dengan harga sekitar 300 yen. Jadi, untuk menyantap hidangan makanan di restoran keluarga ini, setidaknya satu orang harus menyiapkan sekitar 1000 yen atau Rp130 ribu.

Nah, itulah harga beberapa makanan di Jepang yang perlu diketahui oleh kamu dan khususnya para traveler. Informasi ini perlu kamu ketahui untuk menyesuaikan budget perjalananmu saat ke Jepang. Harga yang disebutkan di atas adalah harga rata-rata, jadi kamu bisa menemukan harga yang lebih murah atau lebih mahal. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengetahuinya di sini.

Dan penulis perlu mengingatkan bagi para wisatawan muslim, sebaiknya mengetahui dulu apakah makanan yang akan disantap di atas sudah halal atau belum. Jika merasa ragu, kamu bisa pergi mengisi perut di restoran-restoran halal yang ada di Jepang (umumnya ada di kota-kota besar seperti Tokyo).

Jika setelah membaca artikel ini kamu akan berencana ke Jepang, sebaiknya baca dulu artikel menarik tentang Jajanan Khas Jepang yang wajib dicoba dan paling populer ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram