Keluyuran / Kuliner Korea / Sebelum Liburan, Cari Tahu Daftar Harga Makanan di Korea Ini

Sebelum Liburan, Cari Tahu Daftar Harga Makanan di Korea Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Korea Selatan adalah salah satu negara tujuan wisata populer bagi wisatawan asal Indonesia. Gelombang kebudayaan Korea yang telah memengaruhi banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat mereka merasa tertarik untuk datang ke Negeri Ginseng tersebut.

Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai negara di seluruh Korea. Dari ujung utara hingga ujung selatan di pulau Jeju kamu bisa menemukan banyak tourist spot yang menarik untuk dijelajahi. Dan pemerintah Korea Selatan sepertinya menyambut baik kedatangan para tamu yang berkunjung ke negera mereka dengan menyediakan berbagai fasilitas wisata yang memadai.

Nah, jika kamu sudah ada rencana untuk pergi berlibur ke negeri KPOP tersebut, kamu perlu mengetahui dulu beberapa informasi penting mengenai keadaan di sana agar jalan-jalanmu tetap nyaman. Salah satu hal yang mesti kamu tahu adalah tentang harga makanan di Korea yang akan dibahas oleh Keluyuran di bawah ini.

Daftar Harga Makanan di Korea

1. Harga Makanan Street Food

tteokbokki

* sumber: www.koreanbapsang.com

Jika kamu sedang jalan-jalan di kawasan perbelanjaan di Korea, seperti Myeong-dong, maka kamu bisa mendapatkan makanan-makanan murah yang dijajakan di beberapa booth street food. Di sana kamu bisa jajan hanya dengan mengeluarkan uang sekitar 1000 hingga 8000 won (Rp13 ribu – Rp100 ribuan).

Beberapa jajanan khas Korea yang perlu kamu coba adalah tteokbokki (sejenis kue dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang pedas manis), hotteok (sejenis pancake Korea yang memiliki isian), dan bungeo-ppang (sejenis kue yang terbuat dari kacang merah).

Kamu bisa menemukan berbagai macam street food dengan rasa pedas, manis, dan asin. Jadi, kamu bisa memilih makanan yang sesuai dengan seleramu. Walaupun makanan tersebut murah-murah, namun kualitas dan rasanya mampu membuat hari-harimu saat liburan di Korea jadi lebih berwarna.

2. Harga Makanan di Restoran Cepat Saji Internasional

McDonald’s

Kamu bisa menemukan restoran-restoran cepat saji yang tersebar di seluruh Korea Selatan, terutama di ibu kotanya, Seoul. Restoran fast food terkenal, seperti KFC, Pizza Hut, McDonald’s, dan Subway ada di sini.

Jadi, jika kamu tidak begitu suka dengan makanan-makanan lokal yang kurang familiar dengan lidahmu, kamu bisa mengisi perut keronconganmu di restoran cepat saji yang sudah umum ditemukan di negara kita.

Untuk membeli paket combo di restoran cepat saji di sana, kamu harus mengeluarkan uang sekitar 6349 won atau Rp80 ribuan. Harga untuk cheeseburger adalah sekitar 2000 won (Rp26 ribuan), french fries sekitar 1800 won (Rp24 ribuan).

Sedangkan untuk sebotol Coca-Cola atau Pepsi ukuran 500 ml adalah sekitar 3500 won atau Rp46 ribuan. Jadi, kamu perlu memegang uang sekitar 10000 won (Rp130 ribuan) per orang untuk bisa mencicipi makanan plus minuman di restoran cepat saji tersebut.

3. Harga Makanan di Restoran Cepat Saji Lokal

pizza school

Kamu juga bisa mendapatkan makanan di restoran cepat saji ala Korea. Jika ingin merasakan pizza yang cukup murah, kamu bisa pergi ke Pizza School yang tersebar di beberapa kota di sana.

Pizza School tidak menyediakan layanan delivery, jadi kamu harus langsung membeli makanan tersebut di kedainya. Biaya ekstra akan dikenakan untuk setiap penambahan keju, saus pedas, acar, saus, bawang putih, dan lain-lain.

Pizza School juga menyediakan tempat duduk bagi para pelanggannya. Namun, yang perlu kamu ingat adalah mereka menerapkan self-service di mana kamu sendiri yang harus mengambil gelas, piring, garpu, saus, minuman, dan apa pun itu.

Harga untuk satu pizza (hanya satu ukuran) di Pizza School adalah mulai dari 5000 won atau sekitar Rp65 ribuan. Opsi fast food restaurant lokal lainnya adalah Lotteria yang merupakan versi Korea dari McDonald’s.

4. Harga Makanan di Kedai Makan

Kimchi

Jika kamu traveling ke Korea dengan budget terbatas, maka kamu bisa membeli makanan di kedai makan yang tersebar di sudut-sudut jalan. Kalau di Indonesia itu semacam warteg atau warung padang. Di sana kamu bisa mendapatkan hidangan yang cepat tersaji untuk disantap. Harganya sendiri bervariasi, tidak lebih dari 3 dolar atau Rp40 ribu kamu bisa mendapatkan makanan yang layak.

Di kedai-kedai makan tersebut kamu bisa mencoba mencicipi hidangan lokal dengan hanya merogoh kocek 1 dolar saja. Makanannya berupa, kimchi-jjigae (kimchi rebus) dan kimchi-bokkeum-bap (nasi goreng kimchi).

Ada juga yang menyajikan bibimbap (nasi campur atau masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang), atau gimbap (makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut berbentuk gulungan).

5. Harga Makanan di Restoran

tteok galbi

Untuk bisa makan di restoran kelas menengah di Korea (seperti restoran barbekyu, restoran hot-pot, dan restoran seafood) kamu harus membayar sekitar 10000 hingga 30000 won per makanan (Rp130 ribu – Rp400 ribu).

Akan tetapi, makanan-makanan yang lebih mahal biasanya adalah makanan bersama, sehingga harga per orangnya lebih murah. Jadi, jika kamu datang bersama teman atau keluarga, makan di restoran seperti ini tidak akan terlalu menguras isi dompetmu.

Beberapa hidangan makanan yang bisa kamu coba adalah ttaok-galbi (olahan daging sapi khas Korea), shabu-shabu ala Korea, bulgogi (olahan daging sapi yang populer di Korea dengan bumbu kecap asin plus gula dan rempah-rempah lainnya), dan ayam goreng Korea.

Bagaimana dengan harga makanan di restoran kelas atas? Untuk bisa makan di sana kamu setidaknya harus mengeluarkan uang di atas 40 dolar per sekali makan. Jika dirupiahkan kira-kira menjadi Rp580 ribuan! Jika kamu berwisata di Seoul, kamu bisa berkunjung ke kawasan Itaewon yang memiliki banyak restoran kelas atas.

Restoran-restoran jenis ini umumnya adalah yang menyediakan hidangan-hidangan dari luar negeri. Kamu bisa menemukan makanan khas Meksiko di Restoran Vatos (alamat di 1 Itaewon-ro 15-gil, Itaewon 1(il)-dong, Yongsan-gu, Seoul).

Bahkan, ada juga makanan khas Arab di Restoran Petra (alamat di 33 Noksapyeong-daero 40-gil, Itaewon 2(i)-dong, Yongsan-gu, Seoul), serta makanan khas Negeri Matador di Spain Club (alamat di 216 Itaewon-ro, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul).

Nah, itulah harga rata-rata beberapa makanan di Korea Selatan. Bagi para wisatawan muslim, harap diperhatikan dahulu kehalalan makanan yang akan disantap di sana. Jika ada keragu-raguan akan hal itu, sebaiknya cari saja restoran yang menyediakan makanan-makanan halal.

Di Seoul ada cukup banyak restoran halal yang bisa dikunjungi oleh turis muslim seperti Jyoti Indian Restaurant (6 Sinchon-ro 20-gil, Nogosan-dong, Mapo-gu), EID – Halal Korean Food (67 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu), dan Makan Halal Korean Restaurant (52 Usadan-ro 10 gil, Yongsan-gu, Seoul 04407). Informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *