Keluyuran / Kuliner Singapura / Terkenal Mahal-Mahal, Inilah Harga Makanan di Singapura

Terkenal Mahal-Mahal, Inilah Harga Makanan di Singapura

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Singapura adalah sebuah negara pulau yang terletak di Semenanjung Malaysia. Dulunya negeri ini adalah bagian dari Federasi Malaysia. Tapi Singapura memilih memisahkan diri dan menjadi negara merdeka pada tahun 1965. Walaupun Singapura memiliki wilayah yang sangat kecil (hampir sama dengan luas DKI Jakarta), namun kehidupan rakyatnya adalah yang termakmur di Asia Tenggara dan salah satu di dunia.

Masyarakat Singapura menikmati pendapatan yang tinggi setiap tahunnya. Akan tetapi, apa yang mereka dapatkan sebanding dengan biaya hidup di sana yang sangat mahal. Bahkan, Singapura masuk daftar salah satu kota dengan biaya hidup (cost of living) tertinggi di dunia.

Berbicara soal makanan di Singapura, sudah pasti harganya lebih mahal ketimbang di Indonesia. Jika dengan uang Rp50 ribu bisa untuk tiga kali makan di Indonesia (bahkan ada sisa), maka di Singapura beda lagi. Untuk mendapatkan makanan yang sejenis di sana dibutuhkan nilai uang yang berkali-kali lebih tinggi.

Nah agar wawasan kamu tentang harga makanan di Singapura lebih luas lagi, maka kali ini Keluyuran akan membahas hal tersebut. Langsung saja lahap informasinya di bawah ini ya.

1. Makanan Lokal

* sumber: www.flickr.com

Makanan lokal Singapura adalah kombinasi dari tiga kebudayaan besar, yaitu Tionghoa, Melayu, dan India. Kamu bisa menemukan makanan dari ketiga budaya tersebut di banyak tempat di Singapura. Misalnya, jika kamu ingin mencicipi masakan India, maka kamu tinggal pergi ke kawasan Little India.

Beberapa makanan yang populer di Singapura antara lain seperti chilli crab (hidangan kepiting utuh yang dibalur dengan saus sambal), laksa, dan popiah (sejenis lumpia dengan isian udang dan sayuran).

Harga chilli crab berbeda-beda tergantung ukuran serta jenis kepiting (mungkin ada patokan lainnya juga). Harga kasar untuk makanan tersebut adalah sekitar 40 hingga 80 dolar Singapura (Rp400 ribu – Rp800 ribu) per kilogram. Jika kamu banyak duit dan ingin merasakan di chilli crab di Singapura, datang saja langsung ke restoran-restoran seafood di sana.

Bagaimana dengan laksa? Laksa khas Singapura dijual dengan harga antara 3 SGD hingga 7 SGD. Untuk laksa kelas budget atau mangkok kecil, harganya berkisar di 3 SGD (Rp30 ribu). Untuk mangkok sedang adalah 5 SGD (Rp50 ribu). Dan untuk mangkok besar sekitar 6 – 7 SGD (Rp60 ribu – Rp70 ribu). Perlu diingat, setiap kedai laksa mungkin mematok harga yang berbeda-beda untuk setiap mangkok.

Ada dua jenis popiah yang bisa kamu beli di Singapura, yaitu popiah fresh dan popiah goreng. Harga untuk satu roll (gulung) popiah berkisar antara 2 SGD hingga 5 SGD (Rp20 ribu – Rp50 ribu). Harga biasanya tergantung dengan isian yang kamu pilih. Jika kamu menemukan penjual popiah di Singapura dengan harga 2 SGD silahkan komen di bawah.

2. Makanan di Hawker Center

Hawker Center

* sumber: www.flickr.com

Apa itu hawker center? Hawker center adalah sejenis pusat jajanan yang di dalamnya terdapat banyak kedai yang menjual berbagai macam makanan dengan harga yang terjangkau. Hawker center dibuat terbuka sehingga tempatnya terasa luas dan nyaman. Selain di Singapura, hawker center juga bisa kamu temukan di Malaysia, Hongkong, dan Indonesia.

Jika kamu sedang berada di Singapura dan ingin menyantap berbagai hidangan murah meriah, langsung datang saja ke hawker center. Mayoritas hawker center di Singapura terletak di bagian selatan negara. Di sana kamu bisa menemukan belasan hawker center yang mudah digapai dengan berbagai moda.

Lalu berapa sih harga makanan yang dijual di hawker center Singapura? Kira-kira harga makanan (single dish) yang dijajakan di sana berkisar antara 4 hingga 8 dolar Singapura (Rp30 ribu – Rp50 ribu).

Di Singapura harga di atas sudah terbilang murah. Jadi, mau tidak mau kamu harus siap dompet saat sedang berlibur di Singapura. Jadi, jika belum siap menerima kenyataan harga makanan di Singapura sebaiknya tunda dulu perjalananmu ke sana. Masih banyak kok tempat-tempat di Indonesia yang lebih indah untuk dikunjungi.

3. Makanan Cepat Saji

Big Mac

* sumber: www.flickr.com

Ini adalah opsi jika kamu kurang begitu tertarik untuk mencicipi kuliner lokal. Walaupun kita dan Singapura tetanggaan, jangan harap harga makanan cepat sajinya sama. Tentu saja karena berbagai hal fast food di Singapura dijual lebih mahal dibandingkan di Indonesia atau Malaysia.

Untuk membeli paket Big Mac dan sejenisnya kamu harus merogoh kocek sekitar 8 dolar Singapura. Jika dirupiahkan kira-kira sekitar Rp80 ribu. Jika kamu membeli 3 paket Big Mac untuk tiga kali makan (sarapan, makan siang dan makan malam), maka dalam sehari kamu akan menghabiskan uang Rp240 ribuan. Mahal banget ya.

4. Makanan di Kafe Wisata atau Restoran

Sumire Restaurant

* sumber: whatsnewindonesia.com

Jika kamu punya budget SGD 10 atau Rp100 ribu dan ingin makan di sebuah kafe wisata atau restoran, sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum meluncur. Hal itu karena harga makanan yang dibanderol di tempat tersebut sedikit lebih mahal.

Setidaknya kamu harus menyiapkan uang sekitar 13 hingga 20 dolar Singapura (Rp130 ribu – Rp200 ribu) jika ingin mengenyangkan perut di kafe-kafe wisata atau restoran yang selaras. Jika memilih makanan yang lebih besar untuk berdua harganya berkisar SGD 25 atau Rp250 ribuan.

Sedangkan harga untuk makanan penutup beserta minuman seperti kopi, jus, cola, dan lain-lain dijual dengan harga mulai dari SGD 2,5 hingga SGD 3 atau bahkan lebih (Rp25 ribu – Rp30 ribu). Jadi, siap-siap kamu harus merogoh kocek dalam-dalam jika ingin makan di tempat-tempat seperti ini (khusus budget travelers).

5. Aneka Dim Sum

Dim Sum

* sumber: pixabay.com

Apakah kamu penggemar makanan dim sum? Jika ya maka kamu juga bisa menemukan makanan tersebut di Singapura. Harga untuk satu porsi dim sum (berisi 10 buah) di kedai atau kafe dim sum di Singapura berkisar antara 10 hingga 15 SGD (Rp100 ribu – Rp150 ribu).

Selain aneka dim sum, di sana juga kamu bisa menemukan sup dengan mi, daging, atau seafood dengan harga sekitar 10 hingga 12 SGD (Rp100 ribu – Rp120 ribu). Selain itu terdapat pula mi goreng seafood dengan harga sekitar 10 SGD.

Harga dim sum yang dijual di restoran dim sum dengan sistem prasmanan beda lagi. Bahkan di sini kamu harus menyiapkan uang lebih banyak lagi. Kisaran harganya mulai dari SGD 20 hingga SGD 60.

Itulah bahasan singkat tentang harga makanan di Singapura. Bagi sebagian wisatawan asal Indonesia, harga makanan-makanan di atas bisa dibilang cukup mahal. Tapi, itulah nilai yang harus kamu siapkan saat akan berlibur ke Singapura.

Sebenarnya kamu masih bisa berhemat saat jalan-jalan di sana. Kamu bisa membawa peralatan makan sendiri dari rumah dan membeli beberapa makanan di supermarket lokal. Makanan-makanan tersebut bisa kamu nikmati di hotel atau penginapan. Jika memungkinkan kamu juga bisa membawa makanan instan dari tanah air (atau kamu punya ide yang lebih baik agar bisa lebih hemat saat traveling ke Singapura? Komen saja di bawah).

Sebelum siap menjelajah destinasi-destinasi wisata yang populer di Singapura, beli dulu tiket pesawatnya via Bukalapak ya. Sebagai informasi, mohon untuk diingat kehalalan setiap makanan yang akan dibeli di Singapura (khusus Muslim).

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar