Keluyuran / Kuliner Thailand / Lebih Murah Dari Indonesia? Inilah Harga Makanan di Thailand

Lebih Murah Dari Indonesia? Inilah Harga Makanan di Thailand

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Negara Thailand adalah satu tujuan wisata populer bagi turis-turis dari berbagai belahan dunia. Setiap tahunnya jutaan orang datang untuk menikmati keindahan negeri Gajah Putih tersebut. Beberapa kota di Thailand yang sering dikunjungi para wisatawan asing adalah Bangkok, Pattaya, dan Chiang Mai.

Selain karena banyak atraksi wisata yang menarik, orang-orang tertarik datang ke Thailand karena biaya hidup (cost of living) di sana tergolong murah. Dengan perekonomian yang sedikit lebih tinggi dibanding Indonesia (berdasarkan pendapatan masyarakatnya), harga-harga kebutuhan pokok di sana bisa dibilang tidak terlalu jauh berbeda dengan negara kita.

Begitu pula soal makanan. Setiap rupiah yang kamu bayar di Indonesia untuk satu kali makan bisa mendapatkan hal yang setara di Thailand. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dengan harga-harga makanan yang dijual di sana. Hanya saja bagi wisatawan Muslim yang perlu dipertimbangkan adalah kehalalannya.

Walaupun sudah bisa kamu bayangkan terjangkaunya harga makanan di Thailand, sebaiknya kamu mengetahui lebih lanjut detailnya di bawah ini. Jadi, kamu bisa mempersiapkan dengan matang berapa biaya makan yang akan kamu keluarkan saat berlibur di Thailand.

1. Makanan di Kawasan Khao San Road

Khao San Road

* sumber: www.flickr.com

Khao San Road di Bangkok bisa dibilang sebagai kawasan paling populer bagi para backpackers dari seluruh dunia. Di sana mereka berkumpul dan melakukan banyak hal lainnya seputar backpacking. Jika berkunjung ke Bangkok, jangan lupa untuk memasukan Khao San Road di itinerary-mu.

Banyak hal bisa kamu temukan di Khao San Road, seperti penginapan murah meriah, hotel kelas menengah, warnet, agen perjalanan, toko buku, restoran, dan masih banyak lagi. Kawasan yang mirip dengan Khao San Road di Indonesia adalah Jalan Malioboro di kota Yogyakarta.

Lalu bagaimana dengan harga makanan di Khao San Road? Jika kamu lapar, kamu bisa membeli sepiring makanan Thailand plus minuman sejenis soft drink dengan harga sekitar 100 THB (Rp45 ribu). Sebagai kawasan wisata yang sangat populer, harga tersebut masih terhitung normal.

2. Makanan Populer Thailand

tom yum goong

* sumber: pixabay.com

Thailand mempunyai beberapa hidangan yang populer di mata wisatawan mancanegara. Beberapa di antaranya adalah tom yum goong (sup udang pedas), som tam (salad pepaya hijau pedas), tom kha kai (sejenis opor ayam tapi dengan kuah putih santan kelapa), gaeng daeng (kari merah), pad thai (mi goreng khas Thailand), dan masih banyak lagi.

Makanan-makanan yang disebutkan di atas dapat dengan mudah ditemukan di Thailand, terutama di Bangkok. Mereka dijajakan oleh para pedagang street food, kedai-kedai makanan, serta restoran-restoran (seafood). Harganya pun bervariasi tergantung di mana kamu membelinya.

Tom yum goong misalnya, di kedai makanan atau street food bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah 100 THB (Rp45 ribu). Sedangkan yang dijual di restoran-restoran seafood harganya bisa lebih dari 100 THB. Bahkan di beberapa restoran tom yum goong terbaik di Bangkok harganya bisa mencapai 500 hingga 1000 THB (Rp200 ribu hingga Rp450 ribu).

Lalu seporsi som tam di Bangkok bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 35 THB saja (Rp15 ribu). Menurut Kementrian Perdagangan Thailand, harga som tam di daerah lain di negeri itu ternyata berbeda-beda. Di Krabi misalnya, satu sajian som tam dibanderol dengan harga 60 THB (Rp26 ribu). Sedangkan di Rayong dan Si Sa Ket masing-masing memiliki harga 55 THB dan 35 THB.

Untuk makanan atau hidangan populer Thailand lainnya bisa mengikuti harga-harga yang dibahas di tempat-tempat seperti street food dan restoran di bawah ini.

3. Makanan Street Food

Thai Street Food

* sumber: www.flickr.com

Saat kamu menjelajah sudut-sudut kota Bangkok, kamu akan dengan mudah menemukan makanan yang dijual di jalanan atau street food. Hal ini tentunya tidak asing lagi karena di Indonesia juga banyak hal yang demikian. Selain cemilan-cemilan, kamu juga bisa jajan nasi dengan lauk di tempat-tempat tersebut.

Berapa harganya? Untuk sepiring makanan (hidangan Thailand) yang terdiri dari nasi, sayuran, dan sepotong kecil daging kira-kira dijual dengan harga 30 hingga 50 THB. Jika dirupiahkan setara dengan Rp 13rb – Rp 22rb. Untuk porsi yang lebih besar dengan pilihan lauk lainnya dihargai sekitar 60 – 200 THB (Rp 26rb – Rp 90rb).

Atau jika kamu penggemar pad thai dan ingin merasakannya langsung di street food Thailand, maka uang yang perlu kamu keluarkan adalah sekitar 30 – 40 THB (Rp13 ribu – Rp18 ribu). Perlu diingat bahwa harga sepiring pad thai di area-area wisata bisa dihargai 50 THB. Harga untuk makanan-makanan street food lainnya berkisar antara 15 hingga 100 THB (Rp7 ribu – Rp45 ribu).

Di antara pedagang-pedagang street food di Thailand juga ada yang Muslim yang menjual makanan halal. Hanya saja mungkin kamu akan sedikit kesulitan menemukan pedagang Muslim di antara ratusan pedagang lainnya. Jika kamu kurang yakin akan kehalalan street food di sana, kamu masih bisa mengisi perut di restoran-restoran halal yang tersebar di beberapa sudut kota Bangkok.

4. Makanan di Restoran

Budget Rest

* sumber: pixabay.com

Jika kamu anti atau menghindari makanan-makanan jalanan, maka opsi lain untuk mengenyangkan perut adalah makan di restoran. Di Bangkok misalnya, sebagai kota yang ramah turis di sana kamu bisa menemukan restoran-restoran yang menjual aneka hidangan dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Makanan yang dijual di restoran tentu saja lebih mahal dibanding makanan jalanan. Uang yang harus kamu keluarkan jika ingin makan di sebuah restoran indoor standar dengan tempat duduk dan AC  adalah sekitar 100 hingga 200 THB per orang (Rp45 ribu – Rp90 ribu).

Biaya makan di restoran kelas menengah lebih tinggi lagi (tidak semua sama, tergantung ke mana kamu pergi). Harga rata-rata untuk sekali makan di tempat tersebut adalah 450 hingga 600 THB per dua orang (Rp200 ribu – Rp270 ribu). Harga tertingginya sekitar 950 THB (Rp420 ribu).

Bagaimana jika makan di restoran bintang lima? Jika kamu punya banyak uang dan ingin mencoba kemewahan makan di Bangkok, maka siap-siap dompetmu harus mengeluarkan uang sekitar 3000 THB (Rp1,3 jutaan) untuk sekali ngisi perut!

Jika kamu seorang budget traveler, mau tidak mau kamu harus kembali ke jalanan 😀 atau membeli makanan di supermarket lokal dan menyantapnya di penginapan.

5. Makanan Cepat Saji

Big Mac

* sumber: www.flickr.com

Harga makanan cepat saji di Thailand memang sedikit lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Untuk mendapatkan paket Big Mac di sebuah restoran fast food di Bangkok kamu harus merogoh kocek 155 THB atau sekitar Rp70 ribu. Sedangkan di Jakarta kamu bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga Rp50 ribuan saja.

Di ibukota Bangkok kamu bisa dengan mudah menemukan restoran-restoran fast food. Jumlahnya mungkin sampai ratusan. Selain itu, makanan cepat saji juga tersedia di kota-kota besar Thailand lainnya seperti di Chiang Mai, Nakhon Ratchasima, Pattaya, dan lain-lain.

Nah, itulah sedikit bahasan mengenai harga makanan (yang biasa diburu turis) di negara tetangga kita Thailand. Harga yang dibahas di atas adalah harga rata-rata saja, jadi bisa lebih rendah atau lebih tinggi. Jika kamu ingin terbang ke Thailand dan menjelajah negeri itu, beli dulu tiketnya di Bukalapak.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar