10 Hostel di Yogyakarta dengan Harga Di Bawah Rp100 Ribu

Ditulis oleh Randi Mulyadi - Diperbaharui 9 Januari 2019

Penginapan sangat diperlukan ketika kamu traveling. Jenisnya sangat beragam, kamu bisa memilih penginapan jenis hotel, losmen, hostel, dan guest house.

Sekarang ini, hampir semua jenis penginapan tersebut sudah tersedia di beberapa destinasi wisata favorit di Indonesia, salah satunya adalah Yogyakarta. Di sana kamu bisa dengan mudah menemukan penginapan, mulai bintang satu hingga lima. Bahkan, di sana ada yang harga per malamnya di bawah Rp50 ribu saja.

Bagi kamu yang menginginkan penginapan dengan harga yang sangat murah, hostel menjadi pilihan terbaik. Jenis penginapan ini menjadi favorit para backpacker. Nah, di Yogyakarta sendiri, hostel makin berjamur dan menjadi primadona.

Sebelum lanjut mengetahui hostel apa yang bisa kamu pilih, alangkah baiknya tahu terlebih dahulu jenis penginapan tersebut. Nah, hostel adalah penginapan dengan konsep berbagi ruangan. Berbagi ruangan ya, bukan tempat tidur. Biasanya, satu ruangan akan memiliki beberapa tempat tidur single. Jadi, kamu akan bertemu dengan pelancong dari beragam wilayah dan bahkan negara lain.

Kalau menurut laman hostelworld.com, hostel akan memberi pengalaman perjalanan sosial kamu lebih hebat. Tinggal di sana tidak akan membuat kamu bosan, apalagi di daerah seperti Yogyakarta, yang masih kental dengan adat dan budayanya. Di bawah ini, ada 10 hostel di Kota Gudeg yang harganya tidak lebih dari Rp100 ribu saja.

10 Hostel Murah & Bagus di Yogyakarta

1. Dorm Room di Kosala Yogya

Dorm Room di Kosala Yogya

* sumber: www.booking.com

Hostel ini terletak di Sendang Semanggi, RT 05, Dusun Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Letaknya cukup dekat dengan beragam destinasi wisata di Yogya, salah satunya Taman Sari. Kamu dapat menginap di sini dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp52 ribu saja.

Kendati murah, fasilitas yang ditawarkan cukup beragam. Ada Wifi gratis, dapur umum yang bisa digunakan siapa saja, taman, rekomendasi sarapan, dan penyewaan kendaraan. Selain itu, pelayanannya yang diberikan juga ramah.

2. Backpack Room di Napinap

Backpack Room di Napinap

* sumber: www.traveloka.com

Beranjak ke daerah Jalan Timuran MG III No 84, Mergangsan, ada Napinap. Meski di depan Napinap tertuliskan Homestay, tapi sebenarnya konsepnya jenis hostel. Kamu bakal berbagi ruang bersama tamu lain.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp60 ribu saja. Fasilitasnya cukup lengkap, ada AC, Wifi, dan front desk 24 jam. Bagi kamu yang menginap di sini, lokasinya dekat dengan Alun-alun Kidul Keraton Yogya, Taman Sari, dan Sumur Gumuling.

3. Luwabica Art’n Coffee House Jogja

Luwabica Art’n Coffee House Jogja

* sumber: www.instagram.com

Luwabica Art’n Coffee House beralamat di Jalan Pugeran Timur 594, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Biaya per malamnya mulai dari Rp65 ribu per orang. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas Wifi dan tempat tidur tentunya. Ada juga dapur bersama yang bisa digunakan. Kamu bisa mengisi ulang air sepuasnya.

Di Luwabica, kamu serasa berada di galeri. Dindingnya penuh dengan lukisan. Hal ini dikarenakan pemiliknya merupakan seorang pelukis asal Yogya. Lukisan-lukisannya pun menarik untuk dinikmati. Ada beberapa lokasi wisata terdekat, seperti Alun-alun Kidul Keraton, Kompleks Keraton, Taman Sari, dan Sumur Gumuling.

4. Losmanos Yogya

Losmanos Yogya

Losmanos Yogya terletak di Jalan Tirtodipuran, Gang Lesmana MJ III/1128, Mantrijeron, Yogyakarta. Biaya permalamnya mulai dari Rp60 ribu per orang. Fasilitasnya sama seperti hostel lain, Wifi gratis dan loker pinyimpanan barang. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat-lihat lukisan hasil tangan sang pemilik yang menjadi hiasan di setiap penjuru hostel.

Jika dibanding dengan yang lain, Losmanos punya yang spesial, yaitu kolam renang dan skatebowl. Kamu bisa berenang sesukanya di sana. Sedangkan skatebowl, hanya bisa digunakan ketika air di kolam renangnya dikeringkan. Kamu bisa menggunakan kolam renang mulai dari pukul 6 pagi hingga 9 malam. Di atas itu, sangat tidak diperbolehkan karena mengganggu tamu lain beristirahat.

Ketika menginap, ada peraturan-peraturan yang harus kamu patuhi. Beberapa di antaranya untuk tidak terlalu ribut di atas pukul 10 malam, dilarang merokok di kamar, tidak diperbolehkan membawa teman ke kamar, dan masih banyak lagi.

5. Athaya Dormitory

Athaya Dormitory

* sumber: www.traveloka.com

Athaya berlokasi di Jalan Kaliurang KM 5.2, Depok, Yogyakarta. Kamu sudah bisa mendapatkan tempat tidur hanya membayar mulai dari Rp80 ribu per orang. Lebih mahal daripada yang lain? Di sini kamu dapat sarapan gratis, lho. Fasilitas lain seperti Wifi tentu sudah disediakan. Selain sejumlah fasilitas di atas, kebersihan di hostel ini sangat terjaga. Kamu berasa berada di rumah sendiri. Kenyamanan sangat diutamakan di sini.

6. HOZ Bed and Breakfast

HOZ Bed and Breakfast

* sumber: www.instagram.com

HOZ Bed and Breakfast terletak di Jalan Gedongkiwo MJ1/997A, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Biaya per malam, mulai dari Rp75 ribu. Sejumlah fasilitas bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari dapur bersama, Wifi, dan sarapan.

7. Jogja Backpacker Home

Jogja Backpacker Home

* sumber: www.instagram.com

Jogja Backpacker Home terletak di Gg. Kp. Ledok Tukangan 1, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Biaya menginap per malamnya mulai dari Rp60 ribu per orang. Kamu sudah bisa internetan gratis di sini. Hanya saja, tidak mendapat sarapan, ya.

8. Rumah Panjaitan 42

Rumah Panjaitan 42

* sumber: www.instagram.com

Rumah Panjaitan Dormitory beralamat di Jalan Panjaitan No.42, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Harga per malamnya mulai dari Rp61 ribu. Fasilitas yang disediakan ada Wifi gratis dan kamu bakal mendapatkan sarapan.

9. Hostel Backpacker44

Hostel Backpacker44

* sumber: www.agoda.com

Hostel Backpacker44 ini terletak di no.44 Malioboro Jl. Tegal Panggung, Tegal Panggung, Danurejan, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Tarif per malamnya mulai dari Rp65 ribu per orang. Seperti hostel lainnya, ada Wifi gratis di sini. Hanya saja, tidak ada sarapan, ya.

10. N Dorm Room at De'Oplet Homestay & Gallery

10 Hostel di Yogyakarta dengan Harga Di Bawah Rp100 Ribu 1

* sumber: www.instagram.com

Lokasinya terletak di Jalan Tanjung No.185 . Sorosutan,Umbulharjo , Umbulharjo, Yogyakarta. Untuk satu malam, kamu hanya perlu membayar mulai dari Rp70 ribu saja. Di sini, ada fasilitas berupa Wifi gratis.

Sesuai namanya, De’Oplet, kamu akan dimanjakan dengan mural-mural mobil oplet yang ada di filmnya di Doel. Tak hanya oplet, beragam karya seni penuh warna pun terdapat di sini beserta galerinya.

Nah, itulah kesepuluh hostel murah di bawah Rp100 ribu di Yogyakarta. Harga di atas tentu bisa berubah sewaktu-waktu. Kalau musim liburan, harga bisa naik, tapi tetap di bawah Rp100 ribu. Namun, kalau tengah beruntung, kamu bisa mendapat harga di bawah Rp50 ribu.

Ada yang harus diingat, kamu tidak perlu khawatir dengan barang-barang bawaan kamu meski menginap berbagi ruangan bersama orang lain. Sebab, biasanya setiap hostel menyediakan loker. Kuncinya akan kamu pegang dan dikembalikan setelah check out.

Satu lagi, di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung. Ya, kamu harus mengikuti setiap aturan yang ada. Setiap hostel punya aturannya masing-masing. Bagaimana, sekarang kamu bisa berlibur dengan budget murah, bukan? Selain menentukan penginapan, kamu juga harus merencanakan destinasi wisata di Jogja, mungkin kamu tertarik untuk sambangi 10 Museum di Jogja ini. Selamat berlibur, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram