10 Hotel Ekstrem di Dunia untuk Para Penyuka Tantangan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Desember 2020

Hotel umumnya terletak di tempat-tempat yang dekat dengan pantai atau gunung. Karena identik sebagai tempat menginap yang menyenangkan, hotel umumnya dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan tamunya. Namun berbeda dengan hotel-hotel ekstrem di dunia berikut ini. Sebagian memerlukan perjuangan bahkan untuk tiba di kamar.

Ingin tahu dimana saja hotel-hotel ekstrem di dunia? Simak daftarnya pada ulasan berikut ini ya!

1. Icehotel

Icehotel

Bagi orang Indonesia yang memiliki dua musim, rasanya menginap di salah satu hotel ekstrem di dunia ini akan menjadi tantangan. Nama hotel ini adalah Icehotel yang terletak di Desa Jukkasjarvi dan hotel ini sepenuhnya terbuat dari es alami Sungai Torne.

Hotel yang ekstrem dan menarik ini berada di bagian utara Swedia. Mungkin ini terdengar lebih aneh, tapi bangunan hotel bersifat sementara dan musiman. Di musim panas, bagian-bagiannya meleleh dan harus dibangun kembali saat musim dingin kembali tiba. Hotel ini buka dari Desember sampai April.

Walaupun ada banyak hotel dari es di dunia, Icehotel yang ada di Jukkasjarvi merupakan hotel es pertama dan telah beroperasi semenjak tahun 1990. Walaupun terlihat mudah untuk menginap di hotel ini, tapi ini merupakan tantangan besar.

Di hotel ini tidak ada pemanas dan suhu semua kamar sekitar -5oC. Selain itu, sebagian besar fasilitas dan peralatan terbuat dari es alami, bahkan bar, dan gelas. Oh iya, kamar-kamar di hotel ini tidak terdapat kamar mandi. Semua kamar mandi dan akomodasi hangat ada di fasilitas hangat di dekatnya.

  • Alamat: Marknadsvägen 63, 981 91 Jukkasjärvi, Swedia
  • Jam Operasional: Buka Bulan Desember - April
  • Telepon: +46980 668 00

2. Attrap Reves Allauch

Attrap Reves Allauch

Pernahkah kamu memimpikan untuk menaiki pesawat luar angkasa dan terbang mengembara di angkasa luar? Mimpi akan terwujud di salah satu hotel ekstrem di dunia ini. Sebuah perusahaan milik keluarga ini menyediakan suasana seperti di pesawat luar angkasa.

Nama hotel ini adlaah Attrap Reves, yang diterjemahkan menjadi 'dream catcher' atau 'penangkap mimpi'. Tersembunyi di kedalaman hutan pinus Provencal, hotel ini hanya berjarak enam mil dari stasiun kereta Marseille St Charles. Pengunjung bisa sesaat menjauh dari keramaian kota.

Hotel yang berbentuk gelembung-gelembung ini berjarak kurang dari setengah jam berkendara dari basilika puncak bukit Notre Dame de la Garde dan di sini pengunjung akan menyaksikan pemandangan cakrawala kota yang indah, ditambah restoran seafood di pelabuhan tua.

Walaupun berbentuk gelembung tipis, privasi di hotel ini terjamin, seperti adanya kamar mandi pribadi.  Meskipun hotel ini terasa terisolasi, pengunjung dapat dengan mudah mengunjungi pembuat tembikar Aubagne atau kota Allauch di dekatnya yang menghadap ke Marseilles.

  • Alamat: Chemin de la Ribassière, 13190 Allauch, Prancis
  • Jam Operasional: 09.30–18.30 (Waktu Prancis)
  • Telepon: +33 4 91 72 10 89

3. Palacio de Sal

Palacio de Sal

Bagaimana kalau kamu tinggal di hotel yang terbuat dari garam? Seperti apa rasanya? Palacio de Sal di Bolivia merupakan salah satu hotel ekstrem di dunia. Hampir sama konsepnya dengan hotel di Swedia yang menggunakan es, hotel di Bolivia ini menggunakan garam dari dataran garam Salar de Uyuni.

Hotel seluas  48.500 kaki persegi berada di tengah gurun Bolivia dan hampir semua yang ada di hotel seluas ini terbuat dari garam, termasuk bangunan dan furniturnya. 30 kamar yang ada di hotel ini terlihat sederhana namun tetap bergaya.

Tiap ruangan punya bathtub keramik pribadi dan pengontrol suhu. Ranjang tempat tidur dan kursi di area umum dibuat dari garam, tapi selimut serta bantal mewah membuat waktu menginap di sini jadi nyaman. Dari jendela ruang makan terlihat pemandangan dataran garam yang indah.

Hidangan di sini termasuk llama dan domba yang diternakkan secara lokal dan menu khusus dari hotel ini adalah ayam asin. Di luar keunikan hotel terpencil ini, daya tarik daerah ini adalah hamparan dataran garam terbesar di dunia seperti Zen dan langitnya yang di malam hari dipenuhi bintang-bintang.

  • Alamat: A 25 Km de Uyuni, Colchani, Bolivia
  • Telepon: +591 68420888

4. Hotel Null Stern

Hotel Null Stern

Ini dia hotel ekstrem di dunia dengan idenya yang cukup menantang. Hotel ini adalah Null Stern. Pernah terbayang bermalam di hotel tanpa langit-langit dan dinding? Kamu akan dapatkan pengalaman itu di hotel Null Stern di Alpen, Swiss ini. Kamu akan tidur di bawah bintang-bintang dekat dengan alam.

Slogan hotel menyebutkan bahwa satu-satunya bintang adalah kamu. Bagian awal dari proyek Null Stern Hotel telah dimulai pada musim panas 2020, dan mudah-mudahan akan terus beroperasi pada musim panas yang akan datang. Ini merupakan karya seni brilian yang berada di puncak gunung.

  • Alamat: Schletterstrasse 13, 9064 Gonten, Swiss
  • Telepon: +41 71 898 33 00

5. Hotel Faralda Crane

Hotel Faralda Crane

Terletak di Belanda, hotel ini berbeda dengan hotel lain karena tidak terletak di darat. Hotel ini berada di atas crane dermaga  yang monumental. Ide gila ini menjadikan Faralda salah satu hotel ekstrem di dunia. Sebelumnya, hotel ini hanyalah crane dermaga tua.

Sekarang setelah restorasi, kini menjadi hotel 3 kamar berbintang lima di Amsterdam ini menjadi cukup populer di kalangan pecinta petualangan dan aktivitas ekstrem. Selain itu, Faralda merupakan tempat yang tepat untuk pesta pribadi dan perusahaan, acara musik, dan sebagainya.

Hotel ini secara khusus dikunjungi oleh para CEO, pekerja perusahaan dengan posisi tinggi, orang-orang terkenal. Harga menginap di sini cukup tinggi dan mulai dari 1300 dolar AS per kamarnya. Para tamu juga dapat menyewa helikopter untuk tiba di hotel ini dengan biaya tambahan.

  • Alamat: NDSM-Plein 78, 1033 WB Amsterdam, Belanda
  • Telepon: +31 20 760 6161

6. Cumberland Caverns

Cumberland Caverns

Tak ada yang lebih menantang selain berusaha tiba di kamar melalui jalan yang membuatmu berkeringat. Di Cumberland Caverns di Tennessee, kamu akan menuruni tangga kayu setinggi 20 kaki, melewati lorong-lorong sempit dan merangkak di sepanjang jalan berlumpur sebelum tiba tempat tidur.

Para pengunjung akan tinggal di ruang seluas 10 ha di antara stalaktit. Sarapan disajikan di Volcano Room, 333 kaki di bawah tanah. Keindahan berkemah di dalam gua yaitu tidak ada serangga dan tidak ada akan terjebak hujan. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan konser dari band lokal, bluegrass.

  • Alamat: 1437 Cumberland Caverns Rd, McMinnville, TN 37110, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00 - 17.00
  • Telepon: +1 931-668-4396

7. Hotel Artic

Hotel Artic

Pernah merasa penasaran bagaimana rasanya tidur di dalam igloo yang dikelilingi salju di Greenland? Jika kamu menyukai hutan belantara dan tempat terasing, Hotel Arctic bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu.

Berada di Ilulissat di Greenland timur, kamu akan tidur di igloo aluminium yang menghadap ke Teluk Disko yang indah. Ilulissat dikenal sebagai tempat kelahiran Knud Rasmussen, penjelajah kutub terkenal, orang Eropa pertama yang melintasi Northwest Passage dengan kereta luncur anjing.

Di luar, kamu akan melihat gunung es meluncur tanpa suara melewati jendela dan paus menerobos di perairan sedingin es. Apakah ini sudah cukup ekstrem?

  • Alamat: Mittarfimmut Aqq. B-1128, Ilulissat 3952, Greenland
  • Telepon: +299 94 41 53

8. Sala Silver Gruva

Sala Silver Gruva

Sala Silver Gruva merupakan salah satu hotel paling ekstrim di dunia terletak 155 meter di bawah tanah, di Swedia. Dari abad ke-16, Sala merupakan sebuah tambang perak paling berharga dan terbesar di Swedia.

Setelah berabad-abad eksploitasi, logam mulia telah habis, hanya ruang galian, lift, dan terowongan kosong yang tertinggal. Saat ini, Sala Silver Gruva termasuk dalam daftar hotel ekstrim karena dianggap hotel terdalam di dunia.

Suhu tambang selalu 2oC, tapi ruangan kamar bisa dibuat hangat hingga derajat nyaman. Selain itu, hotel ini adalah satu-satunya hotel dengan sarana seperti ini. Sala Silver Gruva memiliki ruangan kamar dengan tempat tidur double yang nyaman dan tentu saja dilengkapi furnitur perak.

Yang membuat hotel ini semakin ekstrim adalah fakta bahwa satu-satunya cara komunikasi di bawah adalah koneksi interkom dengan resepsionis hotel karena di sini tidak ada jaringan. Cukup mengerikan bukan untuk mengalami hidup di tambang tanpa ada koneksi luar?

  • Alamat: Drottning Christinas väg 9A, 733 36 Sala, Swedia
  • Telepon: +46 224 67 72 60

9. Jules' Undersea Lodge

Jules' Undersea Lodge

Ingin merasakan petualangan di bawah air. Sebagai gantinya, kamu bisa menyelam hanya 21 kaki di bawah permukaan melalui laguna bakau di Florida. Jules 'Undersea Lodge dinamakan untuk menghormati dunia fantastis yang diciptakan oleh penulis Jules Verne.

Hotel ini awalnya  sebagai habitat penelitian, dan sekarang ini menjadi hotel untuk enam orang. Para tamu dengan sertifikat menyelam diundang untuk menikmati menyelam tanpa batas. Sedangkan untuk pemula, diperlukan kursus tiga jam untuk mencapai hotel.

  • Alamat: 51 Shoreland Dr, Key Largo, FL 33037, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: Senin-Selasa Tutup, Rabu - Minggu 8.00 - 15:00 (waktu AS)
  • Telepon: +1 305-451-2353

10. Skylodge Purwakarta

Skylodge Purwakarta

Nah, hotel ekstrem di dunia yang berada di posisi ke-10 ini adanya di Purwakarta, Jawa Barat. Kalau kamu pernah mendengar Skylodge Adventure Suites Peru, hotel di Purwakarta ini pun memiliki konsep yang sama. Namun ketinggian hotel ini mengalahkan Skylodge yang ada di Peru.

Hotel gantung atau skylodge Purwakarta ini menjadi yang tertinggi di dunia. Berada di berketinggian 122 meter, lebih tinggi dari Skylodge Peru yaitu sekitar 400 hingga 900 meter. Hotel ini memang terinspirasi dari Skylodge Peru, maka tak heran desain nya pun terlihat mirip.

Untuk tiba di kamar hotelnya, kamu harus memanjat tebing dengan ketinggian 500 meter serta menggantungkan badan pada tali (tyrolean) untuk menyeberang. Bisa juga menggunakan ferrata atau tangga besi untuk mendaki.

  • Alamat: Pasanggrahan, Tegal Waru, Pasanggrahan, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: 0838-1620-4124

Tertarik untuk mencoba menginap di salah satu hotel ekstrem ini? Kalau kamu penggemar petualangan atau hal-hal yang berbau ekstrem, hotel-hotel ini merupakan pilihan yang tepat untukmu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram