12 Hotel Unik di Bandung untuk Tempat Staycation-mu

Ditulis oleh Sri Sulistiyani

Bandung merupakan kota yang selalu menjadi pilihan berlibur banyak orang. Banyaknya destinasi wisata di kota Bandung juga berbanding lurus dengan banyaknya hotel-hotel yang dibangun di kota ini. Ketika kamu berlibur ke kota Bandung, ada banyak pilihan hotel dengan harga fasilitas yang bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan liburanmu.

Selain sebagai sarana penginapan ketika berlibur, hotel yang nyaman juga bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk melakukan staycation. Dari berbagai hotel yang ada di Bandung, berikut beberapa hotel yang memiliki konsep cukup unik yang bisa menjadi rekomendasi tempat staycation-mu. Simak daftarnya berikut ini ya!

1. The House Tour Hotel

The House Tour Hotel Bandung (Copy)Sumber: casaindonesia.com
  • Alamat: Jl. Panumbang Jaya No.5, Ciumbuleuit, Kota Bandung
  • No Telp: (022) 82065241
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp450.000 per malam

Sesuai dengan namanya, The House Tour Hotel menawarkan ambience yang homey dan bikin kamu betah berlama-lama. Hotel ini pun ramai diperbincangkan karena memiliki banyak spot foto yang instagenic dengan kesan vintage yang unik. Dan salah satu spot foto yang paling favorit adalah resto hotel yang bernama "The Potting Shed".

Setiap kamar di hotel ini memiliki tema dan dekorasi yang berbeda-beda, yang tentunya masing-masing tema memiliki keunikan tersendiri. Maka, tidak heran hotel ini selalu ramai dikunjungi para kaum milenial.

Apalagi karena lokasinya yang berada di kawasan Ciumbuleuit, kamu bisa sekalian mampir ke banyak tempat wisata atau cafe kekinian yang berada tidak jauh dari hotel seperti Rabbit Town, Nara Park, Miss Bee Providore, dan masih banyak lagi.

2. Blackbird Hotel

Blackbird Hotel Bandung (Copy)Sumber: kabartravel.id
  • Alamat: Jl. Terusan Sersan Bajuri No.9, Cihideung, Parongpong, Kab Bandung Barat
  • No Telp: (022) 27611211
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp600.000 per malam

Tidak kalah unik, di Blackbird Hotel kamu akan menemukan tipe kamar yang tidak dimiliki oleh hotel lainnya, yaitu The Drum Room. Bangunan dua lantai yang berbentuk seperti drum besar ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan interior yang ciamik. Instagramable? Sudah pasti. Bahkan, sebelum The Drum Room ini hadir, Blackbird Hotel sudah dikenal sebagai salah satu hotel "aesthetic" yang banyak diincar.

Tidak hanya dari interior kamar saja, nyatanya area lain seperti resto, lobby, serta lahan hijau di kawasan Blackbird Hotel juga sangat menarik, asri, dan tentunya bikin betah. Apalagi dengan jumlah kamar yang tidak terlalu banyak, suasana terasa lebih tenang, sehingga cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka keramaian.

Oh ya, meskipun hotel ini hanya terdiri dari 29 kamar saja, namun Blackbird Hotel sudah dilengkapi dengan kolam renang outdoor, lho! Wah, asik sekali, bukan? Jika kamu menginap di Blackbird Hotel, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Lembang, yang bisa kamu tempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1 jam dari hotel.

3. Kollektiv Hotel

Kollektiv-Hotel-1 (Copy)Sumber: jackalholidays.com
  • Alamat: Jl. Prof. Dr. Sutami No.62, Sukasari, Kota Bandung,
  • No Telp: (022) 82009777
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp470.000 per malam

Mencari hotel dengan suasana yang cozy, harga terjangkau, serta berada di tengah kota Bandung? Maka Kollektiv Hotel adalah jawabannya. Lalu bagian uniknya di sebelah mana? Bahkan saat pertama kali melihat bangunan luar dari hotel ini pun kamu pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa hotel ini tergolong unik.

Menilik lebih jauh ke area kamar, Kollektiv Hotel menawarkan tipe kamar yang sangat minimalis namun dengan dekorasi yang futuristik dan kenyamanan yang tidak main-main.


Pada area di luar kamar dan hampir di setiap sudut bangunan hotel didominasi oleh unsur kayu dan tanaman hijau, namun dengan desain yang lebih modern. Hal inilah yang menjadikan setiap sudut ruangan di Kollektiv Hotel sangat khas dan cantik untuk diabadikan. Tidak hanya nyaman untuk menginap, kamu juga bisa mengumpulkan banyak koleksi foto dengan latar yang istimewa.

4. Trizara Resort

trizara (Copy)Sumber: trizara.com
  • Alamat: Jl. Pasirwangi, Lembang, Kab Bandung Barat
  • No Telp: (022) 82780085
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp950.000 per malam

Saat ini hotel atau resort dengan tema camping tampaknya memang sedang naik daun. Untuk menginap di hotel yang nyaman namun dengan nuansa seolah berada di tenda saat melakukan camping, kamu bisa menginap di Trizara Resort yang berlokasi di Jalan Pasirwangi Wetan Lembang Kabupaten Bandung. Kamu bisa menginap di sini dengan harga mulai dari Rp950.000.

Trizara resort berada di kawasan alam yang hijau dengan udaranya yang sejuk. Meskipun berkonsep tenda saat camping, namun fasilitas di hotel ini sangat memadai dan membuat kamu nyaman. Hotel ini juga dilengkapi fasilitas seperti kolam renang. Kamu juga bisa piknik di taman yang luas dan menyalakan api unggun di malam hari.

5. Glamping Legok Kondang

Glamping-legok-Kondang-Lodge (Copy)Sumber: travelspromo.com
  • Alamat: Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Ciwidey, Kab Bandung
  • No Telp: 0821-2272-2705
  • Jam Operasional: Setiap hari, Jam 6 Pagi s.d 11 Malam
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.600.000 per malam

Satu lagi tempat glamour camping yang wajib kamu coba. Jika sebelumnya Trizara Resort berlokasi di Lembang yang lebih dekat dengan kawasan Bandung Utara, maka Glamping Legok Kondang ini berlokasi di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, yang juga masih berdekatan dengan lokasi wisata seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, Penangkaran Rusa Ranca Upas, dan masih banyak lagi.

Mengusung konsep glamour camping, tentunya fasilitas yang disediakan di sini sudah setara dengan hotel berbintang. Apalagi, untuk rate kamar yang ditawarkan per malamnya memang cukup merogok kantong cukup dalam. Namun, dengan hawa pegunungan yang sejuk dan pemandangan yang sangat asri, rasanya cukup sebanding dengan budget yang kamu keluarkan.

6. Bobobox

kamar-bobobox (Copy)Sumber: arsitag.com
  • Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.76A, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • No Telp: (022) 4266430
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp160.000 per malam

Pernah dengar konsep hotel kapsul? Bobobox merupakan pelopor hotel kapsul pertama yang ada di Indonesia. Dan di Bandung sendiri Bobobox telah memiliki cukup banyak cabang.

Kamar yang ada di Bobobox ini berbentuk kapsul atau biasa disebut pod dimana kamar yang kamu tempati hanya terdiri dari tempat tidur saja. Untuk kamar mandi, kamu bisa menggunakan shared bathroom yang berada di area luar kamar tidur. Selain itu, masih ada fasilitas lainnya seperti mushola, pantry, communal space, dan working space.

Meskipun area di Bobobox terbilang tidak begitu luas, namun desain yang ditampilkan hotel bintang 2.5 ini sangat futuristik dan modern minimalis. Dengan budget yang ramah di kantong, hotel kapsul ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman menginap yang tidak biasa.

7. Tama Boutique Hotel

tama boutique hotel (Copy)
  • Alamat: Jl. Dr. Rajiman no.5 Pasir Kaliki
  • No Telp: (022) 4264888
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp570.000 per malam

Bagi kamu yang menyukai berbagai hal dengan tema Korea, kamu harus merasakan rasanya menginap di Tama Boutique Hotel yang berlokasi di Jalan Dr. Rajiman no.5 Pasir Kaliki Cicendo Bandung. Untuk menginap di hotel yang bernuansa serba Korea ini, kamu perlu menyiapkan budget mulai dari Rp570.000 per malam.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram