Keluyuran / Dunia / 10 Hutan Terindah dan Paling Menakjubkan di Dunia

10 Hutan Terindah dan Paling Menakjubkan di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2019

Hutan merupakan salah satu elemen yang sangat penting di dunia. Selain sebagai tempat hidupnya ribuan makhluk hidup, hutan juga memberikan kebutuhan oksigen dan berfungsi menetralkan polusi-polusi udara yang ada, sehingga udara tetap bersih. Tapi, kamu pasti tahu kalau sebenarnya keistimewaan hutan tidak hanya itu saja, bukan?

Ya, hutan juga bisa menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menakjubkan karena panorama yang disajikan begitu memesona dan bahkan membuat siapa pun yang berkunjung tak ingin beranjak pergi. Berikut ini, Keluyuran telah merangkum dan memilih 10 hutan terindah di dunia, yang dipastikan kamu ingin pergi ke sana dan tinggal dalam waktu yang tidak singkat.

10 Hutan Terindah di Dunia

1. Hutan Bambu Sagano – Jepang

* sumber: zekkeijapan.com

Hutan bambu ini adalah salah satu yang paling terkenal dan favorit di Jepang. Tumbuh di sepanjang pinggiran Kyoto, rumpun bambu berjalur kayu akan memandu kamu melewati ratusan ribu bambu raksasa yang tumbuh memanjang ke atas.

Selain pesonanya, hutan bambu ini memberikan suara yang unik ketika tertiup angin. Suara bambu tersebut akan terdengar indah bak melodi. Bahkan, suaranya ditetapkan sebagai salah satu dari 100 Soundscapes Jepang.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kuil yang digunakan untuk berdoa, tempat cendera mata, dan tentunya spot yang Instagramable. Kabar baiknya, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke kawasan hutan ini.

2. Hutan Monteverde – Kosta Rika

Hutan Monteverde - Kosta Rika

* sumber: www.instagram.com

Hutan seluas 26 ribu hektar ini merupakan salah satu habitat paling langka di dunia karena, merupakan habitat paling beragam di dunia. Ada sekitar 400 spesies burung, 100 spesies hewan, 120 spesies amfibi dan reptil, serta 2.500 spesies tanaman yang berbeda. Bahkan, Hutan Monteverde memiliki spesies anggrek terbanyak di dunia.

Bagi yang ingin mengunjungi Hutan Monteverde, kamu hanya perlu membayar US $14 atau sekitar Rp195 ribu. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga dapat mencoba berbagai fasilitas seperti outbond, restoran, hotel, toko cindera mata, dan lainnya.

3. Hutan Humboldt Redwoods – California, Amerika Serikat

Hutan Humboldt Redwoods - California, Amerika Serikat

* sumber: www.instagram.com

Ketika berkunjung ke sini, kamu seperti menjadi semut-semut kecil yang tak berdaya ketika bersanding dengan pohon raksasa. Tingginya mencapai sekitar 300 meter dengan usia mencapai 2000 tahun-an, dan tersebar di lahan seluas 133 ribu hektare.

Hutan yang menjadi taman nasional ini adalah rumah bagi 45 persen pohon merah tua yang ada di dunia dan beberapa pohon tertinggi di dunia. Namun harus diperhatikan, saat berkunjung ke sana, kamu jangan sampai lupa untuk membawa peta hutan. Suhu yang dingin akan mengakibatkan kabut turun dan menutupi jalanan, sehingga tak jarang pengunjung yang tersesat dan berpisah dari rombongannya.

4. Hutan Otzarreta – Spanyol

* sumber: www.instagram.com

Hutan ini merupakan kawasan di Taman Nasional Basbeque Country yang dihiasi pepohonan cantik dan berlumut. Tempat ini juga selalu berkabut, sehingga terlihat lebih misterius.

Meski demikian, pohon-pohon yang tumbuh di Hutan Otzarreta adalah jenis kuno dan langka. Tapi untuk mendapatkan pesona cantik hutan ini, kamu harus datang ketika musim gugur. Maka dari itu, Otzarreta adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi para fotografer.

5. Black Forest – Jerman

* sumber: traveldejavu.com

Meski tampak menyeramkan, hutan seluas 7.500 kilometer persegi ini punya keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Baden-Württemberg, panorama Black Forest sangat lengkap, mulai dari pemandangan alam, perkampungan, air terjun, dan kastil.

Penamaan Black Forest sendiri diberikan orang-orang Romawi karena tumbuhan di hutan menghalangi sebagian besar sinar matahari yang masuk. Tak hanya itu, hutan ini juga akan sangat gelap ketika memasuki pukul 2 siang hingga 8 pagi.

6. Hutan Hallerbos – Belgia

Hutan Hallerbos - Belgia

* sumber: www.instagram.com

Hutan seluas 1.360 hektare ini dikenal karena bunga bluebell yang menutupi tanah ketika bermekaran. Sehingga, Hutan Hallerbos terlihat seperti negeri dongeng yang menakjubkan.

Bagi yang ingin mengunjungi Hallerbos, kamu harus tahu waktu yang tepat agar bebarengan dengan mekarnya bunga bluebell. Kamu sebaiknya datang ke sini bulan April, pada Rabu pagi. Bunga bluebell mekar dalam waktu yang singkat dan biasanya terjadi pagi hari.

Namun, kamu tak perlu khawatir dengan waktu kunjungan tersebut, pihak pengelola hutan akan memberikan informasi lengkap mengenai mekarnya bluebell pada situs resminya, hallerbos.be.

7. Hutan Amazon – Amerika Selatan

* sumber: www.thegef.org

Siapa yang tak tahu hutan ini. Amazon yang sering menjadi latar sebuah film terkenal, adalah hutan hujan lembab terluas di bumi, yang mencapai 5,5 juta kilometer persegi. Saking luasnya, Amazon terletak di sembilan negara, di mana 60 persen wilayahnya berada di Brasil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guayana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Dengan luas seperti itu, Amazon dapat menghasilkan 30 persen oksigen di seluruh bumi dan menjadi rumah bagi lebih dari 40 ribu spesies tumbuhan dan 1.300 spesies burung, serta ribuan hewan lainnya.

Hingga saat ini, masih banyak misteri tentang hutan Amazon dan wilayah-wilayah yang belum diketahui karena banyaknya binatang buas liar. Meski demikian, hutan ini juga menjadi salah satu tujuan wisata petualangan yang menarik untuk dikunjungi.

8. Olympic National Forest – Washington, Amerika Serikat

Olympic National Forest - Washington, Amerika Serikat

* sumber: www.trover.com

Hutan seluas lebih dari 600 ribu hektare ini berada di Semenanjung Olympic, Washington. Pengunjung dapat melihat lanskap (bentang darat) hutan yang bervariasi, mulai dari hutan hujan sedang hingga pegunungan terjal. Hutan ini juga memiliki curah hujan yang cukup lebat, sehingga terdapat sungai yang cukup besar, yaitu Humptulips.

Kelembaban hutan mengakibatkan tumbuhnya beragam lumut. Lumut-lumut itu pun cukup indah menghiasi hutan. Bahkan ada juga lumut yang tergantung di hutan Sitka spruce dan pohon hemlock barat.

Di sana juga terdapat Hutan Hoh yang merupakan salah satu hutan subtropis terbesar di Amerika. Hutan Hoh memiliki lembah sungai yang terbentuk ribuan tahun akibat gletser. Berada di Olympic National Park hutan ini dilindungi dari eksploitasi komersial.

9. Mossy Forest – Malaysia

* sumber: www.ecocameron.com

Hutan ini berada di atas ketinggian 1.829 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini merupakan wisata dataran tinggi yang sangat populer di semenanjung Malaysia. Kalau kamu ke sini, cuacanya sangat mirip dengan Puncak, Jawa Barat, hanya saja hutan di wilayah Cameron Highland ini memiliki rimbunan pepohonan dan beragam jenis tanaman.

Kamu tidak hanya menikmati hutan saja, tetapi belajar juga menjaga hutan dan beragam khasiat tanaman hutan. Meski hutan dengan pohon tinggi dan berlumut, kamu tenang saja, di sini tidak ada satu pun hewan liar atau pun berbisa. Tempat wisata ini mudah ditemukan dan infrastrukturnya sangat mendukung. Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, pengelola hutan menyediakan jasa sewa Jeep.

10. Tanjung Puting – Indonesia

Tanjung Puting – Indonesia

* sumber: www.instagram.com

 

Membicarakan hutan tanpa menyinggung milik Indonesia rasanya tidak lengkap. Indonesia memiliki hutan yang cukup luas. Salah satu yang harus dikunjungi dan memiliki keistimewaan adalah Taman Nasional Tanjung Puting.

Tempat ini berada di Kalimantan Tengah yang dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia. Wajar jika Tanjung Puting menyandang predikat tersebut, sebab beberapa spesies hewan dan tanaman tinggal di sana.

Salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung adalah primatanya, yakni orang utan. Tak hanya orang utan, ada juga spesies lain yang dilindungi seperti burung, reptil, dan ikan. Maka tak heran, taman nasional ini dianggap paling penting di Asia Tenggara.

Sejumlah kegiatan bisa kamu lakukan di sana, mulai dari mengunjungi konservasi orang utan di Camp Leakey hingga menyusuri sungai sembari melihat-lihat ke dalam hutan layaknya di Amazon.

Tanjung Puting menjadi penutup dari 10 hutan terindah di dunia. Tentu saja, pesonanya tak kalah jauh dari yang ada di belahan bumi lainnya, bukan? Kira-kira menurut kamu, hutan mana yang ingin dikunjungi atau mungkin sudah ada di bucket list liburan?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

Leave A Comment