Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nampaknya lirik lagu “Orang bilang tanah kita tanah surga” benar nyatanya. Alam Indonesia memang sangat kaya. Pantai, sungai, gunung, lembah, hutan, kita masih memilikinya. Salah satu kawasan wisata alam yang sangat diminati saat ini diantaranya adalah hutan.

Karenanya, sudah cukup banyak hutan yang dibuka untuk umum dan diberi fasilitas memadai agar orang-orang mudah berkunjung ke sana. Jadi, hutan-hutan di dalam daftar ini berbeda dengan hutan yang masih tertutup alias belum atau kurang fasilitas, ya. Biasanya hutan-hutan ini cuma cocok untuk dikunjungi, bukan untuk trekking apalagi kemping.

Orang-orang tak perlu berpakaian naik gunung untuk datang ke hutan-hutan ini. Karena tujuan wisata hutan ini memang untuk berburu foto, menikmati pemandangan dan udara sejuk, serta mengagumi anugerah Tuhan (dan semoga sambil melindunginya juga, ya). Berikut adalah tujuh hutan wisata di Indonesia yang patut Anda kunjungi versi Keluyuran.

1. Hutan Pinus Kalilo (Purworejo)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 1

* sumber: www.datawisata.com

Hutan Pinus Kalilo terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya di Purworejo. Ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Purworejo.

Walaupun namanya hutan pinus, bukan cuma lautan pinus saja yang akan Anda temukan di sana, melainkan full package keindahan alam lainnya. Hutan ini juga telah menyesuaikan dengan keinginan masyarakat, sehingga dijamin aman, fasilitasnya lengkap, plus ada spot selfie juga.

  • Alamat : Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah 54715
  • Telepon : 0853-2533-9501
  • Jam operasional : 05.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Sukarela. Parkir 2.000 untuk motor

2. Hutan Pinus Limpakuwus (Sumbang)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 2

* sumber: www.katabojezs.com

Mencari tempat wisata murah meriah dengan suasana yang tak terbayarkan? Datanglah ke Hutan Pinus Limpakuwus, tempatnya ada di daerah Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hutan ini sebenarnya sudah lama menjadi destinasi liburan anak-anak muda Banyumas. Pasangan atau pun keluarga juga banyak yang suka datang ke hutan pinus ini.

Orang-orang berdatangan untuk melepas penat, menikmati pemandangan, foto selfie, atau sekedar minum kopi dan cemal-cemil cantik. Ya, di sini ada penjajak camilan seperti mendoan, hingga makanan berat seperti mie rebus dan tahu kupat khas Banyumas. Jadi, Anda tak mungkin kelaparan, deh, kalau main ke sana. Untuk mencapai hutan ini, Anda bisa melalui jalur wisata Telaga Sunyi.

  • Alamat : Desa Limpakuwus, Kecamatan, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183
  • Telepon : 0822-2848-2803
  • Jam operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : 7.000 per orang. Parkir 1.000 untuk motor

3. Kawasan Ekowisata Mangrove PIK (Jakarta)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 3

* sumber: www.wisatakaka.com

Jakarta terkenal dengan hutan betonnya dan udaranya yang panas. Wajar saja dengan padatnya pemukiman, gedung pencakar langit, serta industri di ibukota Indonesia ini, cuaca di daerah Jakarta jadi pengap dan gerah. Untuk kabur dari itu semua, Anda bisa mengunjungi kawasan hijau Hutan Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk).

Lokasinya ada di Jakarta Utara. Ini adalah kawasan ekowisata hutan bakau, suasananya asri, pemandangannya indah dan udaranya sejuk. Anda akan lupa kalau sedang berada di tengah perkotaan. Aneka aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini diantaranya adalah menyewa perahu.

Tapi, belum ada perahu perorangan, adanya perahu rombongan saja. Biaya sewa perahu untuk 6 orang adalah 250 ribu, sedangkan perahu untuk 8 orang adalah 350 ribu. Kalau urunan jadinya 40 ribuan per orang. Tapi, semuanya akan terbayarkan dengan keindahan alam di sekitar hutan mangrove ini. Kalau mau perahu personal, adanya kano dan sepeda air. Biaya sewanya adalah 100 ribu.

Anda bisa juga belajar menanam mangrove, loh! Caranya, ikut short course dengan membayar 150 ribu saja. Ingin melabeli pohon yang ditanam dengan nama Anda? Bayar lagi 500 ribu untuk itu.

Kalau Anda capek, mau menghabiskan malam dikelilingi hutan bakau, bisa menginap di pondok, vila, atau camp ground-nya. Tapi, kalau cuma mau main dan foto-foto di sekitar hutan juga tak apa, cukup bayar biaya masuk saja kalau begitu.

  • Alamat : Jalan Katamaran Indah / Jalan Garden House, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460
  • Telepon : (021) 3158142
  • Jam operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM :
    • Dewasa 25K weekday, 30K weekend. Anak 10K.
    • WNA Tanpa Kitas 150K weekday, 170K weekend
    • Membawa kamera GoPro/Pocket 150K
    • Membawa Kamera DSLR untuk keperluan pribadi 300K
    • Membawa Kamera DSLR untuk keperluan khusus 1.5 juta

4. Hutan Pinus Gunung Pancar (Bogor)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 4

* sumber: www.beritasatu.com

Hutan yang Keluyuran rekomendasikan selanjutnya adalah Hutan Pinus Gunung Pancar di Bogor. Kota ini memang terkenal dengan Kebun Raya-nya, lalu ada pula Taman Safari, curug-curug seperti Curug Cipamingkis dan gunung-gunung seperti Gunung Pancar ini. Namanya juga gunung, tempatnya luas dan ada beragam fasilitas yang bisa Anda coba. Tapi, yang paling populer saat ini adalah hutan pinusnya.

Walaupun di hutan, Anda bisa melakukan banyak kegiatan. Daya tarik utamanya tentu pohon-pohon pinusnya. Tapi, di sana juga ada beragam flora dan fauna, loh, sebut saja Kera, Jelarang, Surili dan Owa.

Jika Anda makin masuk ke dalam hutan, ada aneka macam burung dan babi hutan! Jadi, hati-hati, ya. Sebaiknya Anda berada di tempat yang sudah disediakan saja, jangan usil menelisik ke dalam hutan tanpa perbekalan dan orang yang sudah ahli.

Tentunya di sana Anda juga bisa menikmati udara sejuk dan keindahan alamnya. Pas banget untuk recharge badan setelah bekerja seharian. Terus, jangan lupa berfoto ria di spot-spot yang sudah disediakan, ya.

  • Alamat : Gn. Pancar, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
  • Telepon : –
  • Jam operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM : 5 ribu weekday, 7.5 ribu weekend. Untuk WNA, 100 ribu weekday, 150 ribu weekend.

5. Hutan Pinus Mangunan (Yogyakarta)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 5

* sumber: www.inews.id

Kita beralih ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini memiliki tempat wisata baru yang menarik banget buat dikunjungi, namanya adalah Hutan Pinus Mangunan. Tempat ini menyuguhkan pemandangan luar biasa. Anda bisa datang ke sana sendiri, bersama teman atau pun keluarga.

Daya tarik utamanya adalah melihat Puncak Pinus Becici dari ketinggian, serta menonton pertunjukan seni yang rutin diadakan di hutan pinus. Pertunjukan seninya meliputi teater, musik, hingga acara sastra yang diadakan di panggung kayu. Bangku penontonnya pun dibuat menaik dan diberi potongan kayu, sangat indah, bukan?

  • Alamat : Sukorame, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 66783 (23 KM dari pusat kota)
  • Telepon : –
  • Jam operasional : 08.30 – 17.30 WIB
  • HTM : Parkir motor 2 ribu, mobil 5 ribu dan bus 10 ribu

6. Cagar Alam Pananjung (Pangandaran)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 6

* sumber: inainu.id

Ingin pergi ke hutan yang dikelilingi oleh laut? Ada, kok. Cagar Alam Pananjung di Pangandaran punya semua yang Anda inginkan. Ini bukan hutan, melainkan cagar alam. Karena merupakan ekosistem lengkap, Anda tak hanya bisa menikmati hutan (dan laut!!) tapi juga beserta satwa dan tumbuhan di sana yang bisa Anda lihat secara langsung.

Cagar alam ini terdiri dari taman, hutan dan laut yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pangandaran. Tempatnya sangat indah, membentuk tanjung (daratan yang menjorok ke laut dan memang dikelilingi oleh laut). Hutan cagar alam ini seluas 454,615 Ha dan taman wisata-nya seluas 34,321 Ha.

Ini merupakan rumah bagi flora fauna sekitar sekaligus laboratorium alam yang bisa digunakan juga oleh pengunjung. Jika tujuan utama Anda hutannya, berarti Anda harus datang ke kawasan daratannya. Tapi, kawasan daratan pun sebenarnya dibagi dua, yaitu taman dan hutan.

Di hutannya, Anda bisa berkelana hingga ke dalam, tapi tetap ditemani oleh guide. Anda akan menemukan banyak sekali flora fauna yang indah. Ada pula padang savana (padang rumput) di sana, tempatnya bagus buat selfie-selfie, tapi tetap dijaga lingkungannya jangan dirusak, ya.

  • Alamat : Cagar Alam Pananjung, Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat
  • Telepon : –
  • Jam operasional : 08:00 – 17:00 WIB
  • HTM : 16 ribu

7. Hutan Pinus Kragilan (Magelang)

Yuk, Jalan-Jalan Ke 7 Hutan Wisata di Indonesia Ini! 7

* sumber: tirto.id

Yang terakhir adalah Hutan Pinus Kragilan. Lokasinya ada di Magelang, jadi selain ke Candi Borobudur, Anda punya destinasi wisata lainnya di sini. Suasana romantis bak tempat syuting K-drama Winter Sonata tidak hanya ada di Korea, tapi bisa Anda rasakan di Indonesia, yaitu di Hutan Pinus Kragilan.

Hutan ini sudah dilengkapi banyak fasilitas yang mendukung para pengunjung agar merasa nyaman dan betah. Juga ada banyak spot selfie yang bagus-bagus (serta aman tentunya). Ada papan, hammock dan spot-spot lainnya untuk berfoto. Makanya hutan ini dikenal juga sebagai Top Selfie Pinusan Kragilan.

  • Alamat : Pogalan, Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56193
  • Telepon : –
  • Jam operasional : 07:00 – 17:00 WIB
  • HTM : Motor 3 ribu, mobil 10 ribu

Nah, itu dia tujuh hutan di Indonesia yang indah dan bisa Anda kunjungi kapan saja, tanpa memerlukan perbekalan dan peralatan untuk membelah hutan. Cukup bawa diri, uang untuk jajan dan ponsel atau kamera untuk mengabadikan momen.

Jika Anda kesulitan mencari tempatnya, jangan ragu untuk mengakses GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar, hehe. Mereka pasti dengan ramah akan memberi tahu Anda jalan terbaik menuju destinasi keinginan Anda. Apakah Anda tahu hutan lainnya yang patut dikunjungi? Share di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *