Inilah Cara Mendapatkan Penghasilan dari Hobi

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hobi merupakan suatu kegiatan yang pastinya dimiliki oleh setiap orang, hal ini dilakukan salah satunya adalah untuk menyenangkan diri sendiri. Biasanya kita melakukan hobi di waktu luang atau sela-sela kesibukan kita, tapi ada juga yang melakukan hobinya sebagai pekerjaan.

Nah, pernahkan kepikiran bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi kita? Ngga kebayang ya betapa menyenangkannya melakukan hobi kita tapi juga dibayar? Kalau kamu tertarik, coba pikirkan terlebih dahulu apa hobimu yang paling disukai

Sebagai contoh, jika kamu memiliki hobi travelling sambil berwisata kuliner, kamu bisa jadikan hobi ini menjadi sumber penghasilan. Ada beberapa platform yang bisa dimanfaatkan supaya hobimu dapat menghasilkan uang yaitu salah satunya melalui Youtube.

Seperti yang sudah kita ketahui, zaman sekarang semua lapisan masyarakat sudah melek internet dan aktif dalam kegiatan bermedia sosial. Jadi semuanya tinggal bagaimana kita mengemas konten supaya follower atau subscriber kita tetap setia menonton video kita. Bagaimana caranya? Simak hal-hal dasar yang perlu diperhatikan ketika membuat konten Youtube berikut ini ya.

1.Menarik Perhatian

Menarik Perhatian

Di menit pertama merupakan salah satu yang menentukan apakah video kita akan terus ditonton atau nggak. Jadi buatlah menit pertama yang menarik dan jangan lupa sisipkan sedikit dari inti video yang dibuat. Buatlah penonton menjadi penasaran karena dengan begitu mereka akan terus menonton hingga akhir. Tapi yang perlu diperhatikan di sini adalah isi dari konten yang juga mesti berisi informasi berguna untuk penonton.

2. Konsistensi

Konsistensi

Satu hal yang kadang terlupakan yaitu konsistensi dalam mengunggah konten. Usahakan untuk menggunggah di waktu yang sama setiap postingannya karena jika penonton sudah tertarik dengan konten yang kamu buat, akan lebih mudah untuk mereka menonton video selanjutnya jika jadwal posting nggak berubah-ubah. Selain konsisten dalam waktu posting, konsisten dalam mempertahankan format video juga penting. Contohnya adalah konsistensi orang yang muncul dalam video, hal ini bertujuan agar konten kamu terlihat memiliki ‘kepribadian’.

3. Kualitas Video

Kualitas Video

Menjaga kualitas dari video yang diunggah menjadi salah satu hal standar yang mesti diperhatikan nih. Buatlah video dengan kualitas bagus dan audio yang jelas juga. Penonton akan dengan cepat skip video kamu jika dari awal saja kualitas video atau audionya sudah jelek.

Usahakan untuk mengedit video semenarik mungkin agar penonton terus ingin menonton video kamu. Selain itu, cara penyampaian juga berpengaruh lho! Buatlah sejujur mungkin, nggak perlu banyak dibuat-buat ya.

4.Target Penonton

Target Penonton

Sebelum membuat konten, hal yang perlu dipikirkan juga adalah target penonton yang akan kita capai. Meskipun Youtube kini sudah menjadi konsumsi semua kalangan, lebih baik untuk fokus pada satu target penonton.

Misalnya jika target kamu adalah remaja, konten mesti mengangkat hal-hal yang kekinian atau viral. Jika kamu mau menampilkan video tentang wisata kuliner atau travelling, kunjungilah café atau tempat wisata yang sedang hits atau kekinian.

5. Interaktif

Interaktif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara dalam menyampaikan informasi dalam video adalah penting. Selain harus jelas dan nggak banyak dibuat-buat, tambahkan juga kalimat yang mengundang interaksi dari para penonton.

Sebagai contoh, Ketika kamu mengunjungi tempat wisata hits atau tempat makan yang sedang viral, kamu bisa juga tanyakan pada penonton jika ada tempat yang serupa di daerah mereka. Mintalah mereka untuk menuliskan di kolom kometar, dengan begitu akun Youtube kamu akan menjadi lebih hidup.

Nah, jika hobi kamu adalah travelling sambil wisata kuliner, cobain yuk untuk menerapkan hal-hal dasar yang disebutkan di atas. Jika konten kamu menarik dan sesuai dengan target penonton, jumlah subscriber pastinya akan bertambah.

Semuanya akan menyenangkan asalkan kamu lakukan hobimu dengan senang hati. Lalu untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube? Semua bisa didapatkan dari sponsorship dan Google Adsense. Menarik bukan?

Sedikit penjelasan tentang sponsorship, sponsorship biasanya akan kamu dapatkan jika konten kamu sudah terkenal dan memiliki 20,000-100,000 subscribers. Lalu cara mendapatkan uang dari internet lainnya adalah melalui Google Adsense atau iklan dari Google. Dengan memiliki minimal 1000 subscriber, akun Youtube kamu akan mendapatkan Google Adsense.

Akan tetapi ada lagi nih yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan iklan dari Youtube, yaitu konten nggak boleh mengandung kekerasan, menggunakan bahasa yang mengandung pelecehan, vulgar atau bahasa kotor, konten berisi peristiwa yang kontroversial atau sensitif seperti yang berkaitan dengan konflik politik atau agama.

Setelah membaca sedikit penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk mendapatkan penghasilan melalui media sosial seperti Youtube? Jika kamu memiliki hobi travelling dan kuliner, Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah tonton dulu akun yang bertema travelling atau kuliner dari akun Youtube yang sudah besar namanya.

Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari Nex Carlos, Ria SW atau MGDALENAF untuk konten kuliner dan Lost Packer, Jalan2Men, Indonesia Travel untuk konten tentang travelling.

Untuk kamu yang tertarik menambah penghasilan melalui internet, selain Youtube masih ada juga kok platform lainnya yang bisa kamu coba. Untuk Mendapatkan informasi lebih lengkapnya lagi, kamu bisa mengunjungi situs Cryptoharian yang menawarkan informasi lengkap dan berguna untuk kamu di kemudian hari. Selamat berkarya!

Sumber dari Cryptoharian.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *