10 Istana di Iran yang Menjadi Saksi Sejarah Negara Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 31 Oktober 2021

Negara Republik Islam dengan Presiden sebagai kepala negaranya merupakan negara yang memiliki warisan sejarah yang kaya. Terdapat beberapa istana megah yang telah ada semenjak zaman Kekaisaran Persia. Istana-Istana di Iran tersebut dilestarikan dan dijaga hingga sekarang.

Tak hanya terkenal dengan arsitektur dari bangunan-bangunannya atau kaligrafi dan lukisannya, Iran juga memiliki hal lain yang tak kalah terkenalnya, yaitu istana-istananya. Beberapa dari Istana ini termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Yuk, kita jalan-jalan mengunjungi istana-istana di Iran yang menjadi saksi sejarah berikut ini!

Baca juga: Bangunan Bersejarah di Pakistan

1. Istana Golestan

 Istana Golestan
  • Alamat: Distrik Teheran 12 Panzdah-e-Khordad St Fifth Khordad Avenue Arg Sqr, Iran
  • Jam buka: 09.00 - 17.00
  • HTM: 300.000 Rial
  • Telepon: +98 21 3311 3335
  • Website: http://www.golestanpalace.ir/

Berada di ibu kota Iran, Tehran, Istana Golestan merupakan salah satu situs bersejarah dengan jumlah pengunjung yang paling banyak. Istana Golestan yang dibangun lebih dari 4 abad yang lalu ini diyakini sebagai salah satu tempat tinggal bagi keluarga kerajaan yang tertua pada tiga dinasti Persia terakhir yang berkuasa.

Bak mutiara yang cantik di jantung kota Teheran, Istana Golestan ini terlihat jelas mengisyaratkan kehidupan para shah dan raja Persia yang mewah serta megah. Istana berada di taman hijau yang rimbun lengkap dengan air mancur yang menawan. Pembangunan kompleks istana ini terjadi pada zaman Safawi.

Sesudah dilakukan renovasi, istana ini menjadi kediaman keluarga Qajar yang berkuasa. Kompleks yang rimbun dengan pepohonan hijau ini merupakan mahakarya seni Persia pada masa Qajar. Golestan merupakan wujud kesuksesan integrasi antara arsitektur dan kerajinan Persia awal dengan pengaruh Barat. Ornamen dari abad ke-19 menjadi salah satu ciri khas istana ini.

2. Istana Niavaran

Istana Niavaran
  • Alamat: Provinsi Teheran Distrik Teheran 1 Jalan Niavaran, Lapangan Niavaran, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00
  • Telepon: +98 21 2228 2012

Istana Niavaran memiliki beberapa bangunan di antaranya peninggalan Nasir al-Din Shah dari dinasti Qajar, yaitu Istana Sahebgharaniye. Akan tetapi baru di tahun tahun 1968 bangunan utama dan yang paling indah selesai dibangun.

Di awal, istana ini fungsinya sebagai kediaman Mohammad Reza Pahlavi dan keluarganya sampai terjadinya revolusi Iran. Area istana ini luasnya kira-kira 9000 m2 dan berada di bagian utara Iran. Sekeliling Istana Niyavaran adalah taman indah yang berisi tanaman hijau yang rimbun. Cuaca di istana ini juga sejuk.

Arsitektur bangunan serta museum yang menakjubkan ini memperlihatkan keindahan karya seni dari para arsitek Iran. Kompleks Istana Niyavaran merupakan kombinasi yang bagus antara arsitektur dengan alam yang berhasil menarik wisatawan untuk datang berkunjung tiap tahunnya.

3. Istana Sahebqaraniyeh

Istana Sahebqaraniyeh
  • Alamat: Teheran, Provinsi Teheran, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 18.00
  • Telepon: +98 21 2228 2012

Ini adalah sebuah istana bersejarah di utara Teheran. Istana Sabqaranieh lokasinya berada di taman besar Niavaran dan berada di kompleks Niavaran. Istana ini mempunyai makna sejarah yang besar sehingga menjadi salah satu istana kerajaan yang paling penting di Teheran.

Arsitektur bangunan istana ini berupa bangunan putih yang memiliki atap berwarna hijau zamrud. Terdapat banyak elemen arsitektur Iran yang digunakan istana ini, seperti karya cermin juga kaca berwarna. Sayangnya arsitek bangunan ini tidak diketahui karena jejaknya tak ditemukan sama sekali.

Lukisan yang ada di istana ini di antaranya lukisan Nasser al-Din Shah, lukisan Raja Qajar serta lukisan pemandangan yang berbeda. Aula cerminnya merupakan salah satu bagian paling indah dari Istana Sahebgharanieh yang dikenal juga dengan nama Aula Jahan Nama.

4. Istana Hasht Behesht

Istana Hasht Behesht
  • Alamat: Provinsi Isfahan, Isfahan, Chahar Bagh e Abbasi St, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00–17.30
  • Telepon: +98 31 3222 5958

Hasht Behesht adalah bangunan bersejarah yang dibangun pada era pemerintahan Shah Soleiman Safavid. Tak banyak yang tersisa dari istana ini sekarang. Akan tetapi, masih ada sisa-sisa istana yang masih dapat dilihat berupa ubi dengan desain cantik.

Istana Hasht Behesht berada di bagian tengah Isfahan di tengah taman yang besar sekali, yang kini diubah jadi taman kota. Dahulunya, Istana di tengah adalah tempat tinggal musim panas para mantan raja Iran. Hasht Behesht dibangun memakai arsitektur Iran klasik.

Area yang dibuka untuk umum hanya lantai dasar. Istana Hasht-Bihisht memiliki arsitektur denah lantai yang umum ditemukan pada arsitektur Persia dan arsitektur Mughal. Denah lantainya dibagi jadi delapan ruang dan posisinya mengelilingi ruang tengah.

5. Istana Chehel Sotun

Istana Chehel Sotun
  • Alamat: Alun-Alun Imam Hossein, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.30–15.45, Kamis – Jumat Tutup
  • Telepon: +98 31 3222 0181

Salah satu mahakarya arsitektur Iran, Istana Chehel Sotun, berada di kota Isfahan. Nama istana ini berasal dari bahasa Persia yang berarti "empat puluh tiang." Akan tetapi jumlah tiang kayu yang menopang mansion bagian depan jumlahnya hanya dua puluh tiang kayu ramping, yang berdiri di tepi kolam. Tiang tersebut bayangannya memantul di dalam air dan terlihat kalau jumlah tiang ada 40.

Chechel Sotun yang dibangun pada abad ke-17 oleh Shah Abbas II merupakan sebuah istana di tengah taman indah yang berfungsi sebagai tempat penerimaan tamu dan hiburan. Di aula gedung inilah Raja Safawi biasa menerima duta besar serta pejabat tinggi. Terdapat banyak lukisan berharga, lukisan dinding serta panel keramik di istana ini.

Semua karya seni itu menggambarkan pemandangan sejarah. Terdapat  mosaik cermin yang memukau di istana ini. Dinding istana diberi dekorasi indah dengan lukisan dinding yang dilestarikan.

Lukisan tersebut bergaya tradisional miniatur Persia yang menceritakan gambaran tentang cinta dan bahkan tema erotis. Istana ini beserta taman di dekatnya masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

6. Istana Ardeshir

 Istana Ardeshir
  • Alamat: Provinsi Fars, Iran
  • Jam buka:  Setiap hari, 07.30 - 19.00
  • HTM: 300.000 IRR

Dikenal juga sebagai Atashkade, istana Ardeshir merupakan salah satu struktur terpenting dari masa Sassanid. Dibuat di tepi utara Dataran Firouzabad, istana ini pada awalnya berfungsi sebagai tempat tinggal raja.

Istana ini terdiri dari beberapa bagian misalnya pintu masuk (Ayvan), kubah pusat, area penerimaan umum dan halaman. Konstruksi ini bahan utama adalah gipsum dan batu bata. Ladang pertanian menjadi pemandangan umum di sekitar Istana Ardeshir. Di dekat istana ada juga sebuah kolam serta mata air yang mengairi ladang di dekatnya.

7. Istana Aliqapoo

Istana Aliqapoo
  • Alamat: Isfahan, Provinsi Isfahan, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 18.00
  • Telepon: +98 31 3222 2173

Sejarah Istana Aliqapoo asalnya dari abad ke-17. Istana ini berada di kota kuno Isfahan. Lokasinya di depan masjid Sheikh Lotfollah yang megah. Istana ini pada awalnya merupakan tempat tinggal Shah Abbas I kemudian Shah Abbas II memperluas istana serta menambahkan aula musik yang indah.

Terdapat 52 kamar di istana ini dan memiliki dekorasi yang indah berupa lukisan miniatur, ukiran plester, plesteran, langit-langit yang menakjubkan serta balkon yang menghadap ke taman kerajaan.

8. Istana Masoudieh

Istana Masoudieh
  • Alamat: Teheran, Mellat St, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 16.00
  • Telepon: +98 21 3399 2012

Istana Masoudieh terletak di jalan Jomhuri yang berada dekat Alun-Alun Baharestan, Teheran selatan. Pada tahun 1879 istana ini dibangun untuk Masoud Mirza, putra Naser al-Din Shah, yang juga gubernur Isfahan. Istana ini merupakan kediamannya di Teheran.

Bangunan juga taman istana ini sedang mengalami proses restorasi. Istana ini merupakan perwujudan dari sejarah modern Teheran. Kemudian istana ini dihancurkan dikarenakan bangunan ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya para revolusioner konstitusional.

9. Istana Saadabad

Istana Saadabad
  • Alamat: Provinsi Teheran, Teheran, Distrik 1, Taheri St, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 19.00
  • Telepon: +98 21 2275 2031

Dibangun pada masa pemerintahan dinasti Qajar serta Pahlavi di abad ke-19, kompleks istana Saadabad berlokasi di daerah Shemiran di pinggiran Teheran. Kompleks istana ini sesudah revolusi Iran berubah menjadi museum. Luas wilayah kompleks istana besar sekitar 300 hektar.

Karena merupakan kota kecil, wilayahnya terdiri dari jalan, hutan alam, perempatan, galeri serta museum. Kompleks Saadabad memiliki 18 istana. Sekarang tujuh di antaranya digunakan untuk museum yang berbeda.

10. Istana Gavam dan Taman Narenjestan

Istana Gavam dan Taman Narenjestan
  • Alamat: Provinsi Fars, Shiraz, Lotf Ali Khan Zand St, Iran
  • Jam buka: Setiap hari, 08:00-21:00
  • Telepon: +98 71 3222 4381

Istana yang dibangun di Taman Narenjestan ini didirikan untuk Mirza Ibrahim Khan. Dia orang kaya dan berkuasa pada sekitar tahun 1879 dan 1886. Istana Gavam berfungsi sebagai tempat penyambutan untuk keluarganya. Taman ini merupakan wujud dari Taman Persia yang memiliki unsur-unsur alam yang secara harmonis berpadu dengan komponen buatan.

Taman Narenjestan terdaftar sebagai situs yang dilindungi UNESCO. Melalui lorong bawah tanah, yang tertutup untuk umum, rumah besar itu terhubung dengan bangunan tempat tinggal. Istana Gavam merupakan contoh klasik dari gabungan keanggunan dan kecanggihan gaya Eropa dengan motif nasional Persia.

Itulah 10 istana di Iran yang merupakan bagian dari bangunan bersejarah. Beberapa bangunan ini masih utuh hingga sekarang, tapi ada juga yang ternyata tinggal berupa sisa-sisa saja. Ada juga bangunan yang menjadi Situs Warisan Budaya UNESCO.

Istana-istana di Iran tersebut memiliki arsitektur yang memukau. Itu tak mengherankan karena memang negara ini sudah dikenal dunia untuk urusan tersebut. Nah, kamu mau berkunjung ke istana yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram