Yuk, Ketahui Istilah yang Dipakai dalam Dunia Perhotelan!

Ditulis oleh Gerryaldo

Masuk musim liburan nih! Apakah kalian ada rencana untuk berlibur dan menginap di hotel atau sekedar staycation di sana? Biasanya jenis hotel apa nih yang umum kalian pesan? Untuk single traveler kah? Family Suite kah atau sekedar pods karena hanya transit dengan waktu yang tidak terlalu lama?

Oh iya, ngomong-ngomong soal hotel; kalian tahu gak sih ada ratusan istilah yang dipakai dalam dunia perhotelan? Mungkin beberapa ada yang sudah sering kalian dengar sebagian lagi mungkin masih asing terdengar. Penasaran apa saja istilah-istilah yang dimaksud? Keluyuran berhasil merangkumnya nih! Yuk simak!

Klasifikasi Hotel

Hotel_Klasifikasi (Copy)

Bila selama ini kita hanya mengetahui kalau klasifikasi hotel dibagi kedalam bintang 1 sampai bintang 5, ternyata hotel bintang 7 juga ada loh! Jarang sekali kan kita dengar klasifikasi hotel ini? Apakah kalian juga tahu bagaimana sebuah hotel bisa mendapatkan bintang-bintang itu? Kalau masih awam, ayo cari tahu informasinya Bersama.

Hotel Bintang 1

Hotel bintang 1 merupakan hotel dengan kamar sebanyak minimum 5 kamar. Memiliki kamar mandi yang berfungsi dan baik, memfasilitasi para tamu dengan kamar yang bersih dan menyediakan sarapan. Umumnya hotel ini dikhususkan untuk para pelancong atau turis dengan budget yang pas.

Hotel Bintang 2 

Hotel berikutnya adalah hotel bintang 2. Hotel ini memiliki fasilitas yang lebih baik dari hotel bintang kelas 1; mulai dari kamar, kamar mandi, dekorasi dan lainnya. Biasanya hotel bintang 2 ini juga memiliki restoran yang menyediakan sarapan para tamu dan juga lounge untuk tamu yang ingin menghabiskan waktu di dalam hotel

Hotel Bintang 3

Sudah jelas kalau hotel bintang 3 menjadi hotel dengan kategori menengah keatas. Biasanya memiliki hampir 100 kamar yang full fasilitas. Air minum, snack, handuk bersih, peralatan mandi, hair dryer, TV kabel dan lainnya. Hotel ini menjadi incaran pelancong yang membawa serta keluarga untuk berlibur.

 Hotel Bintang 4 

Hotel Bintang 4 memiliki standar untuk setiap fasilitasnya. Linen terbaik, layanan kamar selama 24 jam, kamar mandi dengan pancuran dan bathtub, complimentary dari hotel setiap hari, layanan binatu dan lainnya. Rata-rata Hotel Bintang 4 memiliki rate harga per malamnya lumayan mahal.

 Hotel Bintang 5 

Berada di tengah kota, dikelilingi tempat-tempat hiburan kelas atas. Hotel berbintang 5 ini menjadi hotel paling tinggi di kategori hotel pada umumnya. Kamar yang ditawarkan bisa sampai puluhan meter persegi dengan walk-in closet, kasur super besar, layanan 24 jam, akses internet super cepat dan hal luxury lainnya

Hotel Bintang 5 GL (Grand Lux)

Secara kategori masih sama dengan hotel bintang 5, namun hotel ini biasanya berada di dalam bangunana yang punya nilai sejarah dengan desain estetik dan berlokasi di spot yang unik. Fasilitas? Wah, tidak usah diragukan lagi. Biasanya selebriti, orang-orang terkenal bahkan pejabat penting suka menginap di hotel seperti ini.

 Hotel Bintang 7

Hanya 1 hotel yang mampu mendapatkan kategori hotel berbintang 7 yaitu Burj Al Arab Hotel yang dioperasikan oleh grup Jumeirah. Hal yang ditawarkan untuk para tamu disana benar-benar fantastik! Meski banyak protes karena hotel dengan bintang 7 itu aneh, tapi pihak Jumeirah tetap keukeuh untuk menggunakan kategori tersebut.


Apabila sudah mengerti perbedaan mengenai kategori hotel berbintang, kini kita lanjut yuk pada istilah-istilah yang dipakai dalam dunia perhotelan. Baik sebelum check-in hingga saat kita sudah berada di dalam kamar hotel. Selain membantu kalian supaya tidak kebingunan ketika memesan kamar di hotel, informasi ini berguna sekali loh saat kalian bekerja di dunia perhotelan.

Istilah dalam Dunia Perhotelan

istilah dunia perhotelan

A

Adjoining Room

2 kamar yang bisa disatukan melalui pintu di dalam kamar. Biasanya yang menggunakan tipe kamar ini adalah keluarga.

A’la Carte

Menu yang ditawarkan dan memiliki harga tiap itemnya. Mudahnya, apa yang dipesan itu yang dibayar.

Aparthotel

Apartemen hotel. Tamu bisa memesan kamar semacam apartemen layaknya  hotel yang berarti tidak ada kontrak terikat dan tamu bisa kapan saja melakukan check out.

Availability

Ketersediaan kamar di sebuah hotel yang bisa dilepas ke pasar, mulai dari standard room, deluxe room, junior suite sampai presidential suite.

Average Room Rate (ARR)

Kisaran rata-rata harga per kamar yang terjual. Dari data ini, pihak hotel bisa menghitung keuntungan yang didapatkan dari setiap kamar yang occupied.

Average Rate per Guest (APG)

Kisaran rata-rata keuntungan yang diperoleh dari jumlah tamu yang datang. Sama seperti ARR, pihak hotel bisa menghitung keuntungan yang didapatkan dari setiap tamu yang menjadi pelanggan mereka.

Access

Jalan masuk ke sebuah ruangan, untuk tamu, akses masuk ke ruangan dibatasi. Para tamu hanya bisa masuk kedalam ruangan publik saja.

B

Ballroom

Ruangan dengan kapasitas sangat besar, biasanya dipakai untuk pergelaran pesta ulang tahun, pesta pernikahan, pesta dansa atau acara-acara lainnya seperti peresmian produk, pertemuan penting. Ballroom hotel besar bisa menampung hingga 1000 orang, sedangkan untuk hotel bintang 3-4 biasanya separuhnya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram