keluyuran web banner

Yuk, Ketahui Istilah yang Dipakai dalam Dunia Perhotelan!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 24 November 2020

Masuk musim liburan nih! Apakah kalian ada rencana untuk berlibur dan menginap di hotel atau sekedar staycation di sana? Biasanya jenis hotel apa nih yang umum kalian pesan? Untuk single traveler kah? Family Suite kah atau sekedar pods karena hanya transit dengan waktu yang tidak terlalu lama?

Oh iya, ngomong-ngomong soal hotel; kalian tahu gak sih ada ratusan istilah yang dipakai dalam dunia perhotelan? Mungkin beberapa ada yang sudah sering kalian dengar sebagian lagi mungkin masih asing terdengar. Penasaran apa saja istilah-istilah yang dimaksud? Keluyuran berhasil merangkumnya nih! Yuk simak!

Klasifikasi Hotel

Hotel_Klasifikasi (Copy)

Bila selama ini kita hanya mengetahui kalau klasifikasi hotel dibagi kedalam bintang 1 sampai bintang 5, ternyata hotel bintang 7 juga ada loh! Jarang sekali kan kita dengar klasifikasi hotel ini? Apakah kalian juga tahu bagaimana sebuah hotel bisa mendapatkan bintang-bintang itu? Kalau masih awam, ayo cari tahu informasinya Bersama.

Hotel Bintang 1

Hotel bintang 1 merupakan hotel dengan kamar sebanyak minimum 5 kamar. Memiliki kamar mandi yang berfungsi dan baik, memfasilitasi para tamu dengan kamar yang bersih dan menyediakan sarapan. Umumnya hotel ini dikhususkan untuk para pelancong atau turis dengan budget yang pas.

Hotel Bintang 2 

Hotel berikutnya adalah hotel bintang 2. Hotel ini memiliki fasilitas yang lebih baik dari hotel bintang kelas 1; mulai dari kamar, kamar mandi, dekorasi dan lainnya. Biasanya hotel bintang 2 ini juga memiliki restoran yang menyediakan sarapan para tamu dan juga lounge untuk tamu yang ingin menghabiskan waktu di dalam hotel

Hotel Bintang 3

Sudah jelas kalau hotel bintang 3 menjadi hotel dengan kategori menengah keatas. Biasanya memiliki hampir 100 kamar yang full fasilitas. Air minum, snack, handuk bersih, peralatan mandi, hair dryer, TV kabel dan lainnya. Hotel ini menjadi incaran pelancong yang membawa serta keluarga untuk berlibur.

 Hotel Bintang 4 

Hotel Bintang 4 memiliki standar untuk setiap fasilitasnya. Linen terbaik, layanan kamar selama 24 jam, kamar mandi dengan pancuran dan bathtub, complimentary dari hotel setiap hari, layanan binatu dan lainnya. Rata-rata Hotel Bintang 4 memiliki rate harga per malamnya lumayan mahal.

 Hotel Bintang 5 

Berada di tengah kota, dikelilingi tempat-tempat hiburan kelas atas. Hotel berbintang 5 ini menjadi hotel paling tinggi di kategori hotel pada umumnya. Kamar yang ditawarkan bisa sampai puluhan meter persegi dengan walk-in closet, kasur super besar, layanan 24 jam, akses internet super cepat dan hal luxury lainnya

Hotel Bintang 5 GL (Grand Lux)

Secara kategori masih sama dengan hotel bintang 5, namun hotel ini biasanya berada di dalam bangunana yang punya nilai sejarah dengan desain estetik dan berlokasi di spot yang unik. Fasilitas? Wah, tidak usah diragukan lagi. Biasanya selebriti, orang-orang terkenal bahkan pejabat penting suka menginap di hotel seperti ini.

 Hotel Bintang 7

Hanya 1 hotel yang mampu mendapatkan kategori hotel berbintang 7 yaitu Burj Al Arab Hotel yang dioperasikan oleh grup Jumeirah. Hal yang ditawarkan untuk para tamu disana benar-benar fantastik! Meski banyak protes karena hotel dengan bintang 7 itu aneh, tapi pihak Jumeirah tetap keukeuh untuk menggunakan kategori tersebut.

Apabila sudah mengerti perbedaan mengenai kategori hotel berbintang, kini kita lanjut yuk pada istilah-istilah yang dipakai dalam dunia perhotelan. Baik sebelum check-in hingga saat kita sudah berada di dalam kamar hotel. Selain membantu kalian supaya tidak kebingunan ketika memesan kamar di hotel, informasi ini berguna sekali loh saat kalian bekerja di dunia perhotelan.

Istilah dalam Dunia Perhotelan

istilah dunia perhotelan

A

Adjoining Room

2 kamar yang bisa disatukan melalui pintu di dalam kamar. Biasanya yang menggunakan tipe kamar ini adalah keluarga.

A’la Carte

Menu yang ditawarkan dan memiliki harga tiap itemnya. Mudahnya, apa yang dipesan itu yang dibayar.

Aparthotel

Apartemen hotel. Tamu bisa memesan kamar semacam apartemen layaknya  hotel yang berarti tidak ada kontrak terikat dan tamu bisa kapan saja melakukan check out.

Availability

Ketersediaan kamar di sebuah hotel yang bisa dilepas ke pasar, mulai dari standard room, deluxe room, junior suite sampai presidential suite.

Average Room Rate (ARR)

Kisaran rata-rata harga per kamar yang terjual. Dari data ini, pihak hotel bisa menghitung keuntungan yang didapatkan dari setiap kamar yang occupied.

Average Rate per Guest (APG)

Kisaran rata-rata keuntungan yang diperoleh dari jumlah tamu yang datang. Sama seperti ARR, pihak hotel bisa menghitung keuntungan yang didapatkan dari setiap tamu yang menjadi pelanggan mereka.

Access

Jalan masuk ke sebuah ruangan, untuk tamu, akses masuk ke ruangan dibatasi. Para tamu hanya bisa masuk kedalam ruangan publik saja.

B

Ballroom

Ruangan dengan kapasitas sangat besar, biasanya dipakai untuk pergelaran pesta ulang tahun, pesta pernikahan, pesta dansa atau acara-acara lainnya seperti peresmian produk, pertemuan penting. Ballroom hotel besar bisa menampung hingga 1000 orang, sedangkan untuk hotel bintang 3-4 biasanya separuhnya.

Beach Resort

Penginapan yang berada di wilayah pantai dan biasanya memiliki pantai pribadi atau pantai buatan yang menyatu dengan laut sebagai salah satu fasilitas para tamu yang menginap.

Bill

Tagihan yang dibebankan kepada tamu sesuai apa yang mereka ambil. Seperti makanan, layanan kamar, binatu, layanan telepon ke dalam dan luar negeri.

Black Out Date

Tanggal merah entah itu libur nasional atau libur hari raya. Promo-promo dari mitra kerja hotel tertentu biasanya tidak berlaku pada tanggal tersebut.

Boutique Hotel

Hotel kecil yang bergaya serta modis dan bukan merupakan bagian dari jaringan hotel atau grup hotel dari sebuah perusahaan.

Budget Hotel

Hotel bintang kelas 1, biasanya hanya menyediakan kamar dan sarapan yang terbatas. Fasilitas yang diterima oleh para tamu yang menginap disini pun tidak banyak kecuali tv kabel dan jaringan internet saja.

Buffet

Layanan makanan sepuasnya. Disajikan di hotel pada waktu sarapan. Beberapa hotel ada yang sampai makan siang dan makan malam. Layanan buffet ini bukan hanya untuk makanan berat saja, namun seperti snack dan minuman pun bisa dinikmati oleh para tamu sepuas mereka.

Business Hotel

Hotel yang dirancang untuk mengakomodasi tamu yang mempunyai tujuan bisnis. Karena lokasinya yang kerap berada di pusat kota, hotel bisnis juga sering disebut sebagai Commercial Hotel atau City Hotel.

B&B

Dikenal dengan bed & breakfast; salah satu tipe akomodasi dimana pelancong bisa menyewa kamar di sebuah rumah pribadi milik masyarakat setempat.

Bleisure

Singkatan dari Business dan Leisure Travel yang berarti tamu dengan perjalanan bisnis menambah waktu tinggal mereka untuk bersenang-senang sekaligus.

Breakfast

Layanan makan pagi di restoran hotel.

C

Cancellation

Proses pembatalan pesanan. Ada hotel yang menerapkan pemulangan dana secara penuh, ada juga hotel yang membebankan biaya proses pembatalan. Biasanya sebesar 20% dari harga keseluruhan.

Capsule Hotels

Hotel dengan tempat tidur barak seperti kapsul. Umum digunakan untuk para backpacker atau tamu yang transit dan menunggu penerbangan selanjutnya.

Check In

Proses registrasi untuk tamu yang akan masuk hotel untuk menginap dan sudah membayar kamar yang dipesan.

Check Out

Proses registrasi untuk tamu yang akan keluar dari hotel setelah selesai menginap.

Children Policy

Kebijakan anak-anak seperti anak dibawah 5 tahun boleh masuk kamar tanpa ada tambahan biaya atau kasur tambahan.

Clear Up

Pengambilan peralatan makanan yang sudah tidak digunakan pada saat atau setelah tamu menyantap menu hidangan.

Cocktail

Minuman beralkohol yang umum disediakan di bar/lounge hotel.

Complimentary

Layanan gratis yang diberikan oleh pihak hotel.

Convention Hotel

Hotel yang dibangun dengan Gedung tambahan lainnya yang bisa disewakan untuk tamu yang ingin mengadakan rapat, pertemuan, ataupun acara seperti launching suatu produk baru yang ingin mendapatkan publikasi.

Concierge

Salah satu pegawai hotel dengan tanggung jawab mereka yaitu melayani tamu mulai dari awal kedatangan mereka hingga kepulangan.

Compensation

Layanan hotel yang diberikan secara cuma-cuma akibat kesalahan yang ditimbulkan oleh pihak hotel.

Chain Hotels

Jaringan hotel. Contohnya hotel Courtyard by Marriot, Fairfiled by Marriot. Hotel utamanya adalah Marriot, namun memiliki jaringan hotel lainnya dengan nama berbeda.

D

Day Use

Tamu yang menginap hanya untuk hari itu saja, biasanya saat malam sudah check out.

Discount Rate

Harga yang dibayar setelah potongan.

Demand

Permintaan.

Deluxe Room

Deluxe Room memiliki ukuran luas standar sekitar 40 meter persegi dan biasanya memiliki lokasi dengan pemandangan yang lebih bagus daripada kamar standar. Kamar tipe ini umumnya terletak di lantai atas agar memudahkan para tamu yang menginap untuk menyaksikan pemandangan indah dari balkon atau sebagainya.

Dinner

Layanan makan malam yang disediakan di restoran hotel.

DND (Don’t Disturb)

Papan untuk memberikan instruksi kepada petugas hotel kalau tamu tidak mau diganggu.

Double Bed

Tipe kasur setara dengan King Size. Cukup untuk dua orang.

Dormitory

Kamar hotel yang sangat luas dan diisi beberapa tempat tidur atau barak. Cocok untuk tempat menginap bersama-sama dengan budget terbatas.

E

Early Check In

Layanan registrasi untuk tamu hotel yang ingin masuk kamar lebih awal sebelum waktu yang sudah ditentukan. Beberapa hotel memiliki kebijakan masing-masing; ada yang gratis, ada juga yang membebankan biaya tambahan.

Excursion

Layanan tambahan untuk tamu yang menginap tidak terlalu lama namun tetap ingin mendapatkan hiburan.

Extra Bed

Kasur tambahan yang dipesan apabila tamu hotel lebih dari 3-4 orang yang akan menginap.

F

Family Room

Kamar dengan luas lebih dari 40 meter persegi dengan ukuran kasur king size dan tambahan sofa Panjang. Kamar ini dikhususkan untuk keluarga yang membawa serta anak-anak dan memiliki fasilitas sekelas kamar suite.

Full Booked

Pesanan sudah penuh. Umum terjadi bila melakukan pemesanan di tanggal merah, hari libur atau akhir pekan.

G

Group Rate

Harga khusus untuk tamu yang memesan kamar dalam jumlah banyak. Group rate umum dilakukan oleh banyak perusahaan yang mengadakan pertemuan di hotel.

Guesthouse

Penginapan berbentuk rumah yang disewakan dengan fasilitas seadanya.

Gym Room

Ruangan olahraga yang ada di dalam hotel. Tamu diberikan akses untuk masuk ke ruangan olahraga secara gratis.

H

High Season Surcharge

Harga yang lebih mahal akibat masuk ke dalam musim liburan dimana banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kamar di hotel.

Hotelier

Orang-orang yang bekerja di kelas managerial hotel.

J

Junior Suite

Kamar jenis junior suite umumnya lebih besar dari kamar lainnya (standard, superior, deluxe). Tempat tidur King Size, Bathtub, Mini Bar, Sofa tersedia di dalam kamar.

L

Late Check Out

Beberapa hotel (biasanya hotel bintang 4-5) menyediakan layanan untuk keluar dari hotel lewat dari batas waktu yang seharusnya.

Lobby

Aula besar tempat dimana para tamu berada pertama kali di dalam hotel untuk melakukan registrasi diri.

M

Make Up Room

Layanan untuk membersihkan kamar saat tamu sedang di luar hotel.

Mini Bar

Bar kecil yang biasanya ada di dalam kamar untuk mengakomodir kebutuhan makanan kecil dan minuman para tamu.

Mocktail

Minuman tanpa alkohol.

K

King Size

Tipe kasur yang disediakan untuk para tamu yang umum ditemui di hotel bintang 4-5 Ukuran kasur ini 168 cm x 200 cm.

R

Restroom

Kamar kecil, biasanya ada di sekitar lobby hotel untuk tamu yang menginap maupun tidak.

S

Service

Layanan yang disuguhkan oleh hotel. Baik berbayar maupun tidak. Berbayar apabila layanan tersebut diluar layanan gratis yang disediakan oleh hotel, seperti spa, layanan antar jemput, layanan binatu atau layanan lainnya.

Service Charge

Biaya Layanan yang dibebankan kepada tamu sesuai dengan layanan berbayar apa yang mereka minta selama menginap.

Single Bed

Tipe kasur berukuran 90 cm x 200 cm yang digunakan untuk para tamu yang menginap di hotel berbintang 1-3 dengan tipe kamar standard room.

Sleep Out (S/O)

Tamu yang masih menginap di hotel, namun tidur di luar hotel. Contohnya, apabila tamu mendesak harus bertemu dengan teman atau sanak saudara dan menetap disana, tidak kembali ke hotel dalam semalam.

Stay Over

Tamu yang menginap dan menambah waktu inap disaat waktu check out.

Suite

Kamar ini memiliki ukuran kamar tidur dan kamar mandi yang lebih luas, bathroom amenities yang lebih lengkap, mesin kopi sendiri, hingga fasilitas seperti ruang tunggu (living room).

Sommelier

Ahli minuman anggur (wine). Para tamu bisa menanyakan apapun mengenai cara menyesap, pilihan jenis anggur terbaik dan sejarah dari anggur yang dipilih.

P

Presidential Room

Tipe Kamar yang memiliki fasilitas lengkap dan disediakan untuk tamu yang menyukai privasi. Umumnya kamar ini sangat luas karena seperti layout rumah mewah lengkap dengan ruang tamu, ruang baca, kamar, kamar mandi, ruang santai, ruang keluarga dan lainnya.

Pool Side

Posisi kamar yang berdekatan dengan akses ke kolam renang.

Q

Queen Size

Tipe kasur yang disediakan untuk para tamu yang umum ditemui di hotel bintang 3. Ukuran kasur ini 160 cm x 200 cm. Bisa untuk berdua tapi tak begitu luas.

V

Vacant Clean

Kamar sudah siap diisi dan bersih.

Vacant Dirty

Kamar baru saja ditinggalkan dan masih kotor.

Vallet

Layanan jasa parkir.

W

Wake Up Call

by request untuk minta dibangunkan pagi hari oleh resepsionis.

Welcome Drink

Minuman yang disajikan ketika tamu baru sampai di hotel. Layanan ini bersifat komplimentari atau gratis.

Wah ternyata istilah-istilah perhotelan banyak sekali ya? Mohon diingat, istilah perhotelan diatas merupakan istilah yang paling umum digunakan, masih banyak sekali istilah lain namun hanya dipakai untuk kalangan hotelier saja.

Untuk teman-teman hotelier yang merasa istilah diatas ada yang masih bisa ditambahkan, tulis di kolom komentar ya! Biar kita sama-sama belajar!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram