Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 1 Mei 2020

Singapura merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi terfavorit untuk menghabiskan waktu liburan, terutama bagi wisatawan asal Indonesia. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, dan iklim yang tidak jauh berbeda, menjadikan negara ini sebagai pilihan utama bagi mereka warga Indonesia yang baru pertama kali ingin merasakan sensasi traveling ke luar negeri.

Jika kamu adalah salah satunya, dan  sudah memiliki rencana liburan ke Singapura dalam waktu dekat, maka ada baiknya kamu mempersiapkan list barang apa saja yang wajib kamu bawa saat berlibur di negeri Merlion. Jangan sampai liburan kamu yang seharusnya menyenangkan, menjadi terkendala oleh hal-hal sepele yang disebabkan oleh kurangnya persiapan. Lalu apa saja item yang harus ada di bagasi koper kamu? Berikut selengkapnya.

1. Dokumen Perjalanan

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura 5

* sumber: ajwtours.com

Hal mendasar yang paling utama dalam sebuah perjalanan ke luar negeri adalah dokumen perjalanan yang meliputi paspor dan visa, asuransi perjalanan, tiket pesawat, reservasi penginapan, dan juga itinerary. Karena Singapura adalah negara bebas visa bagi warga Indonesia, jadi kamu cukup beruntung karena tidak perlu mengajukan kepengurusan visa.

Sedangkan untuk tiket pesawat dan reservasi hotel biasanya kamu akan menerima konfirmasi dalam bentuk e-ticket atau e-voucher. Namun, ada baiknya kamu membuat salinan dalam bentuk hardcopy untuk berjaga-jaga, terutama pada saat berada di imigrasi, baik di Indonesia maupun di Singapura.

2. Uang Tunai

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura 6

* sumber: www.bloomberg.com

Negara maju seperti Singapura tentunya sudah sangat paham dengan pembayaran menggunakan credit dan debit card. Namun, uang tunai juga tidak kalah pentingnya untuk mempermudah berbagai transaksi pembelian selama berada di Singapura. Sebut saja untuk membeli tiket MRT, belanja oleh-oleh khas Singapura, dan juga untuk  membayar makanan di foodcourt yang kebanyakan sudah menggunakan mesin pembayaran otomatis.

Sebaiknya tukarkan rupiah ke dollar singapura pada saat di tanah air. Karena selain kursnya lebih baik, kamu juga dapat lebih menghemat waktu untuk hal lain daripada untuk mencari tempat penukaran mata uang asing di Singapura.

3. Botol Air Minum

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura 7

* sumber: b-bam.com

Bukan rahasia lagi bahwa biaya hidup di Singapura sangatlah mahal, apalagi untuk harga air minum kemasan yang bisa mencapai Rp 25 ribu untuk 1 botol ukuran sedang. Bayangkan budget yang harus kamu keluarkan untuk memenuhi asupan air minum yang ideal dalam satu hari. Namun, jangan dulu pusing berhitung. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membawa botol minum sendiri untuk menekan biaya membeli air minum.

Di beberapa tempat di Singapura seperti di bandara Changi atau di Universal Studio, terdapat kran air siap minum yang disediakan untuk para pengunjung. Bahkan di beberapa tempat menginap, juga ada yang menyediakan air minum gratis bukan dalam air kemasan botolan, melainkan air minum dalam dispenser di pantry yang diperuntukkan untuk tamu menginap. Jadi, kamu bisa mengisi botol minum supaya hemat, bukan?

4. Adaptor

colokan tiga kaki

Peralatan wajib yang dibawa saat liburan antara lain adalah kamera, smartphone, powerbank, beserta masing-masing alat pengisian baterainya atau charger. Nah, apapun benda digital yang kamu bawa tentunya charger memiliki peran yang sangat penting. Namun, satu hal yang tidak kalah penting dan harus kamu perhatikan adalah adaptor. Lho, adaptor untuk apa?

Perlu diketahui bahwa colokan listrik di Singapura berbeda dengan di Indonesia. Jika di tanah air kamu familiar dengan colokan listrik berkaki dua, maka di Singapura kamu akan banyak menemukan colokan listrik untuk kaki tiga. Untuk itu, adaptor berguna untuk menyambungkan aliran listrik dengan sempurna ke charger kamu yang notabene memiliki dua kaki.

Ingat ya, di Singapura tidak banyak tempat umum yang memungkinkan untuk mengisi ulang baterai. Untuk itu, sebaiknya persiapkan dan isi ulang baterai semua peralatan digitalmu ketika masih berada di hotel atau penginapan, agar selama di perjalanan kamera dan smartphone kamu selalu dalam keadaan ON dan siap pakai.

5. Pakaian & Alas Kaki yang Nyaman

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura 8

* sumber: wheretoget.it

Menjelajahi berbagai kawasan wisata di Singapura bisa menghabiskan waktu seharian. Cuaca yang cukup panas dan banyaknya langkah kaki yang harus kamu tempuh, tentu saja membuat kaki menjadi pegal-pegal dan otot mudah tegang.

Maka dari itu, penting sekali untuk membawa pakaian dan alas kaki yang nyaman. Pilihlah sepatu yang ringan, dan sandal jepit sebagai cadangan. Sesuaikan pula model dan bahan pakaian yang akan kamu kenakan di Singapura. Utamakan faktor kenyamanan terlebih dulu, baru kemudian hal yang lainnya.

6. Alat Sholat

Mukena

Mengingat Singapura bukan negara dengan mayoritas muslim, mushola dan mesjid pun akan sangat minim kamu temukan. Maka dari itu, bagi traveler muslim khususnya wanita, sangat disarankan untuk membawa alat sholat sendiri. Bawalah mukena yang travel-friendly agar tidak berat dan mudah dibawa sehingga selama liburan ibadah kamu tetap bisa terlaksana.

7. Obat Pribadi

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura 9

Yang tidak kalah penting dan wajib untuk selalu dibawa adalah obat-obatan pribadi. Traveling tentunya akan menguras waktu dan juga tenaga. Tidak jarang karena mengejar itinerary, kamu sering mengabaikan faktor kesehatan. Kebanyakan dari kamu, biasanya mulai menyadari ada yang tidak beres dengan kondisi tubuh begitu sudah sampai di hotel atau penginapan. Saat kondisi seperti ini, sebaiknya kamu sudah menyiapkan solusinya.

Obat-obatan ringan seperti obat maag karena bisa saja maag menyerang ketika jam makan kamu menjadi tidak teratur, atau obat pusing dan demam akibat kehujanan, dan bahkan juga koyo atau minyak angin yang berfungsi menghangatkan dan melenturkan otot-otot yang pegal, adalah obat-obatan yang wajib kamu bawa serta.

Apakah di Singapura tidak ada obat-obatan? Tentu saja ada. Namun kembali lagi, kecocokan tiap orang terhadap jenis obat tentunya berbeda dan tidak boleh sembarangan. Selain itu, meskipun di Singapura juga menjual obat-obatan ringan dengan berbagai merk yang bisa juga kamu temui di tanah air, harga yang dibanderol bisa mencapai berkali- kali lipat. Untuk itu, sebaiknya persiapkan obat-obatan pribadi kamu sebelum berangkat.

8. Payung Lipat

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Singapura 10

* sumber: www.clubfactory.com

Sama seperti di Indonesia, cuaca di Singapura juga hanya terdiri dari dua kemungkinan yaitu terik atau hujan. Pada kedua cuaca tersebut, keberadaan payung lipat tentu akan sangat membantu supaya tidak menghambat rencana kamu saat mengelilingi tempat wisata yang terbuka tanpa atap.

Sayangnya lagi, cuaca di Singapura tidak bisa selalu diprediksi. Hujan dapat tiba-tiba turun secara tidak terduga, padahal di pagi atau siang hari langit tampak begitu cerah dan juga terik. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menuruti kata pepatah sedia payung sebelum hujan.

9. Topi dan Kacamata Hitam

hat and sunglasses

Jika payung membantu melindungi kamu dari hujan, maka topi dan kacamata ini akan berguna melindungi kamu dari silaunya matahari Singapura. Di beberapa lokasi wisata yang beratapkan langit terbuka seperti Merlion Park atau Universal Studio, kamu akan mendapati sulitnya membuka mata karena panas, terik dan silau.

Apalagi jika kamu hendak mengambil foto dalam posisi melawan cahaya matahari, tentu kedua benda ini akan sangat berguna. Lagipula, tidak ada ruginya membawa kedua benda ini. Karena selain bermanfaat,topi dan kacamata hitam juga mampu membuat penampilan kamu menjadi lebih bergaya dan terlihat lebih kece.

10. Tabir Surya

sunscreen

Meskipun bukan akan berlibur ke pantai, namun cuaca di Singapura bisa sangat panas dan terik. Waktu siang yang berlangsung cukup lama, tentunya wajah perlu dilindungi dari sengatan sinar matahari yang bisa merusak kulit.

Bawalah tabir surya yang mampu menghadang bahaya sinar UV, karena sebagian besar waktu kamu menjelajah di Singapura pasti dihabiskan saat siang hari. Jangan sampai sehabis liburan wajah kamu tampak gosong dan kusam akibat tidak terlindungi selama traveling.

Itulah 10 item yang wajib kamu bawa ketika berlibur ke Singapura. Sedikit tips tambahan bagi kamu yang ingin lebih berhemat ala backpacker, sebaiknya kamu membawa sedikit snack dari tanah air untuk selingan. Dan jangan kaget, jika disana kamu juga akan menemukan snack dengan merk yang sama tapi dengan harga yang bisa mencapai berkali-kali lipat. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat mempersiapkan liburan!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram