Inilah 8 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Korea!

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Annyeong haseyo! Sudah siap untuk berlibur menyusul para oppa kesayangan? Kamu yang sedang membaca artikel ini tentunya telah memiliki rencana perjalanan menuju Korea Selatan dalam waktu dekat, bukan? Bagaimana? Apakah sudah mulai packing kebutuhan kamu selama di sana?

Berlibur ke negara Asia Timur seperti Korea Selatan memang membutuhkan persiapan ekstra, mengingat perbedaan iklim, cuaca, dan budaya di negara tersebut cukup kontras dengan negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Durasi berapa lama kamu tinggal pun sudah pasti mempengaruhi daftar perbekalan yang harus kamu bawa dalam koper. Lantas, apa sajakah yang list barang yang harus kamu persiapkan? Berikut ini Keluyuran telah merangkumnya sebagai berikut.

1. Dokumen Perjalanan

Visa Korea

Dokumen perjalanan yang wajib kamu siapkan ketika akan mengunjungi negeri oppa Lee Min Ho ini antara lain adalah paspor, visa, tiket pesawat PP, asuransi perjalanan, reservasi penginapan, dan itinerary. Pastikan satu-persatu dari dokumen yang disebutkan di atas sudah kamu siapkan dengan baik, dan buatlah salinannya untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dokumen perjalanan ini adalah hal yang paling penting sebelum memulai perjalanan ke luar negeri, bukan hanya ke Korea selatan namun juga negara lainnya. Jadi jangan anggap remeh! Siapkan serta jaga dokumen-dokumen ini dengan baik mulai dari keberangkatan hingga kembali lagi ke tanah air.

2. Uang Tunai

mata uang korea

* sumber: uangindonesia.com

Tukarkan jutaan rupiahmu menjadi won sejak masih di tanah air. Hal ini mengantisipasi agar kurs yang diberlakukan lebih bagus jika dibandingkan apabila kamu menukarnya di money changer di Korea Selatan.

Selain perbedaan kurs, tentunya kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk mencari money changer dan menukarkan uang di sana. Jadi selama masih memungkinkan, siapkan uang tunai secukupnya sebelum keberangkatan.

Ingat! Bawalah uang tunai secukupnya dan sesuaikan dengan itinerary wisatamu. Apabila kamu akan belanja dalam jumlah besar sebaiknya gunakan kredit card, dan pergunakan uang tunai untuk transaksi yang lebih kecil seperti di minimarket, membeli souvenir di pasar tradisional, atau untuk membeli jajanan di street food.

3. Pakaian

OOTD Korea

* sumber: istyle.id

Seperti kita ketahui, bahwa Korea Selatan terdiri dari 4 musim berbeda dengan perbedaan suhu yang cukup mencolok di setiap musimnya. Untuk itulah, pemilihan pakaian yang harus dikenakan bergantung pada musim apakah kamu akan berkunjung ke negeri Ginseng ini.

Dimulai dari pakaian untuk winter atau musim dingin, sebaiknya kamu detail mempersiapkan outfit di musim salju ini, mulai dari pakaian dalam, legging thermal, coat, kaos kaki, hingga topi kupluk dan syal hangat yang terbuat dari wool. Selengkapnya dapat kamu temukan di artikel Pakaian yang Harus Dibawa untuk Musim Dingin di Korea Selatan.

Sedangkan pada musim semi, cuaca cenderung terasa sejuk namun masih sedikit dingin untuk ukuran kamu yang berasal dari negara tropis. Kamu bisa menanggalkan syal dan kupluk dari bahan wool dan menggantinya dengan topi atau jaket yang tidak terlalu tebal. Selengkapnya, Keluyuran telah merangkum gaya berpakaian di musim semi, musim panas, dan juga musim gugur.

4. Obat-obatan Pribadi

obat saat traveling

Terlepas dari faktor cuaca, obat-obatan pribadi memang wajib kamu bawa setiap kamu pergi libur. Apalagi di negara 4 musim seperti Korea Selatan. Khususnya ketika musim dingin, kamu yang berasal dari negara tropis dan baru pertama kali merasakan suhu minus, pasti tubuhmu mengalami kesulitan beradaptasi sehingga tidak jarang menimbulkan gangguan kesehatan seperti mimisan, kram, masuk angin, flu, hingga demam.

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga, bawalah obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu konsumsi vitamin selama liburan.

5. Wifi Portable atau Sim Card

Pocket wifi korea

* sumber: pocketwifikorea.com

Meskipun Korea Selatan terkenal dengan wifi gratis yang tersebar di berbagai ruang publik, namun bukan berarti kamu bisa mengandalkan wifi gratis tersebut di setiap tempat yang akan kamu kunjungi.

Biasanya wifi gratis ini hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu seperti di stasiun subway, coffee shop, dan juga penginapan. Untuk itu, tetap penting untuk memiliki koneksi internet yang selalu ON guna melancarkan kegiatan travelingmu.

Bukan hanya sekedar untuk mengupdate platform sosial media, akses internet penting untuk mengupdate segala informasi yang kamu butuhkan seperti info transportasi, tempat makan, dan fitur aplikasi, harga tiket pertunjukkan, dan masih banyak lagi. Dan untuk memperoleh akses tersebut kamu bisa menyewa Wifi portable ataupun membeli SIM card lokal disana.

Baik membeli SIM card lokal ataupun menyewa Wifi portable, semuanya bergantung pada kebutuhan dan budget yang kamu alokasikan. Masing-masing pun memiliki kelebihan tersendiri.

Rental wifi portable dapat lebih ekonomis jika kamu berangkat bersama beberapa teman sehingga bisa sharing cost. Sedangkan SIM card lokal terhitung lebih praktis karena kamu tidak perlu repot untuk mengambil atau mengembalikan pocket wifi ke outlet penyedianya.

Wifi portable dan SIM card lokal dapat kamu booking secara online ataupun on the spot langsung ketika tiba di bandara. Namun, biasanya banyak sekali promo menarik yang ditawarkan jika kamu memesannya via online.

6. Gadget dan Charger

gadget traveling

* sumber: blog.pigijo.com

Bukan liburan namanya jika tanpa gadget. Foto-foto, musik, update sosmed, game dan running aplikasi, adalah kegiatan selama perjalanan liburan yang bisa kamu gunakan dengan gadget canggihmu. Yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk membawa charger dan memastikan daya baterai gadgetmu aman.

Kebetulan sekali colokan listrik di Korea Selatan sama dengan yang ada di Indonesia, sehingga kamu tidak perlu repot untuk membeli travel adaptor tambahan untuk keperluan ini. Bawalah powerbank untuk berjaga-jaga agar gadget selalu ON dan setiap momen berkesan di Korea Selatan tidak terlewatkan untuk didokumentasikan.

7. T-Money

t money korea

* sumber: batam.tribunnews.com

Apa itu T Money? T money adalah sejenis kartu sakti serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk berbagai transaksi khususnya untuk tansportasi di Korea Selatan, baik itu subway ataupun bus. Seperti halnya EZ Link di Singapura atau Suica dan Passmo di Jepang, T- Money pun dapat di isi ulang dengan top up dalam jumlah tertentu.

T-Money dapat kamu gunakan untuk berbelanja di minimarket, restoran fast food, dan bisa juga untuk membayar tiket tempat wisata tertentu. T-money dapat dengan mudah bisa kamu beli secara offline atau pun online.

Sejak kedatanganmu di bandara, segeralah cari convenient store seperti Seven Eleven untuk membeli kartu T-Money ini. Sama halnya seperti gadget, T-money ini akan menjadi barang wajib yang selalu kamu bawa-bawa selama berwisata di Korea Selatan.

8. Makanan

bekal-makanan

* sumber: jalan2santai.wordpress.com

Meskipun liburanmu terbilang singkat, namun tidak jarang dalam waktu hanya beberapa hari saja kamu sudah merindukan cita rasa tanah air. Kamu bisa membawa bekal lauk makan atau snack yang mampu bertahan selama beberapa hari seperti abon, sambel terasi sachet, snack-snack ringan seperti keripik atau kerupuk pedas, sereal, dan juga mie instan.

Khususnya bagi kamu yang muslim, di Korea sendiri memang belum banyak yang menjual makanan dengan label halal. Untuk itu tidak ada salahnya kamu mengantisipasinya dengan membawa makanan dari tanah air.

Apalagi jika kamu traveling ala backpacker dengan budget hemat, membawa bekal snack dan lauk dari kampung halaman bisa memangkas cost jajan yang harus kamu keluarkan, mengingat harga makanan di Korea Selatan yang harganya bisa mencapai 3 kali lipat jika dibandingkan dengan harga makanan di Indonesia.

Itulah beberapa barang-barang penting yang harus kamu siapkan sebelum berlibur di Korea Selatan. Mempersiapkan liburan memang nampak sepele, namun siapa sangka hal kecil yang tertinggal bisa berdampak besar.

Untuk itu, agar liburanmu menyenangkan dan tidak terganggu karena kurangnya persiapan, buatlah daftar packingmu secara runut dan terperinci. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan selamat berlibur!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *