Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Thailand

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 1 Mei 2020

Apakah kamu memimpikan untuk berlibur ke negeri gajah putih, Thailand? Lalu, kota mana sajakah yang akan kamu kunjungi? Bangkok? Krabi? Pattaya? atau Phuket? Wah! Ternyata banyak sekali ya destinasi yang wajib kamu eksplor selama berada di negara ini.

Khususnya bagi kamu yang masih  "newbie" dan baru pertama kali mengunjungi Thailand, tentunya kamu harus memiliki itinerary dan persiapan yang matang agar liburanmu seru dan menyenangkan. Dan berikut ini Keluyuran telah merangkum barang apa saja yang wajib kamu bawa saat melancong menjelajahi kota-kota dan pantai yang ada di Thailand.

1. Dokumen Perjalanan

Dokumen Perjalanan

Selama tujuan kamu adalah luar negeri, maka dokumen perjalanan menjadi hal paling utama yang harus kamu bawa. Apa sajakah dokumen perjalanan yang dimaksud? Di antaranya adalah paspor, tiket pesawat pergi dan pulang, reservasi penginapan, dan juga itinerary jika diperlukan. Mengapa ini penting? Karena kamu berada di negeri orang dimana kelengkapan dokumen menjadi jaminan apakah kamu akan baik-baik saja dan bisa pulang kembali ke tanah air atau tidak.

Simpanlah dokumen perjalanan kamu khususnya paspor dalam tempat yang aman dan terlindung dari air. Karena paspor yang basah akan mengakibatkan paspor robek, buyar, dan pada akhirnya kamu harus rela menghabiskan waktu dengan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pihak imigrasi karena paspor yang rusak.

2. Uang Tunai

Uang Baht

* sumber: www.his-travel.co.id

Traveling ke Thailand bisa dibilang ramah di kantong bagi turis asal Indonesia. Jika dibandingkan dengan Singapura, tentunya biaya hidup di Thailand jauh lebih bersahabat. Untuk itu, bawalah uang tunai dalam pecahan baht yang sudah kamu tukarkan sebelumnya di tanah air.

Mengapa penting sekali membawa uang tunai yang cukup? Karena akan lebih aman daripada kamu harus tarik tunai di mesin ATM yang rawan akan scamming. Apalagi kamu pun akan dikenakan biaya tambahan untuk transaksi tarik tunai di luar negeri.

Selain itu, di Thailand juga terkenal akan jajanan kaki limanya yang enak dan murah meriah, yang mengharuskan kamu memegang uang tunai. Lebih daripada itu, dengan membawa uang tunai akan memudahkan kamu dalam mengatur dan memperhitungkan budget yang akan kamu pergunakan selama liburan.

3. Gadget Traveling

gadget traveling

* sumber: blog.pigijo.com

Memang sudah hal sewajarnya jika kamu membawa smartphone, kamera, dan powerbank selama liburan. Ya! Tentunya ini sebagai reminder bahwa betapa pentingnya gadget-gadget ini dalam mengabadikan momen liburanmu.

Di Thailand sendiri terdapat berbagai objek wisata yang unik, etnik, dan menarik seperti Grand Palace, Wat Arun, Wat Pho, Phi Phi Island, dan masih banyak lagi. Kamu pun dijamin akan lupa waktu ketika mengambil foto-foto berlatarkan tempat-tempat tersebut, hingga akhirnya tak sadar bahwa baterai kameramu habis. Nah, maka dari itu masukkan charger, powerbank dan baterai cadangan di list teratas dalam daftar keperluanmu.

Untuk colokkannya sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena di Thailand memiliki colokan 2 lubang yang sama dengan yang digunakan di Indonesia. Persiapkan gadget travelingmu dengan baik beserta alat pengisi dayanya, agar setiap momen yang kamu habiskan tidak terlewatkan begitu saja hanya karena lupa membawa charger atau powerbank.

4. Pakaian yang Nyaman

ootd bangkok

* sumber: id.pinterest.com

Thailand memiliki iklim yang sama dengan Indonesia sehingga kamu akan lebih mudah beradaptasi dengan cuaca dan suhu udaranya yang cukup panas. Bawalah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ribet karena mengingat baik kota atau pun pantai di Thailand sangatlah terik.

Bawalah pakaian secukupnya saja dengan bahan yang mudah menyerap keringat agar kamu tidak mudah gerah. Bawalah jaket atau baju lengan panjang dengan bahan ringan jika kamu memang tidak ingin kulitmu menghitam selama berkeliling kawasan wisata di Thailand.

5. Alas Kaki Ringan

travel-shoes

* sumber: mygreenbox.in

Baik sepatu ataupun sandal, pastikan alas kaki yang kamu gunakan sesimple mungkin dan tidak mudah membuatmu pegal-pegal. Kenapa? Karena kamu akan menghabiskan berjam-jam untuk berwisata dari satu tempat ke tempat yang lain.

Sandal jepit dan sneakers bisa dibilang sebagai pilihan terbaik. Andaipun kamu ingin sekali berfoto menggunakan high heels atau ankle boots, kamu bisa membawanya dan menggunakannya pada saat keperluan foto saja.

6. Sunscreen atau Sunblock

sunscreen-vs-sunblock

* sumber: zula.sg

Masih tentang bagaimana panasnya matahari Thailand, sunscreen atau sunblock adalah hal wajib lainnya yang harus ada di dalam tas bawaanmu. Apalagi kamu yang berencana mengunjungi pantai untuk beberapa hari, tentunya kamu tidak akan membiarkan kulitmu terbakar dan gosong akibat terpapar sinar UV jahat yang mampu merusak kulit.

Bawalah sunscreen untuk wajah dan juga sunblock untuk bagian tubuh seperti tangan dan kaki dalam kemasan kecil agar praktis untuk dibawa kemana-mana.

7. Topi dan Kacamata Hitam

topi dan kacamata hitam

* sumber: www.rd.com

Lagi-lagi aksesoris penangkal panas dan silau lainnya, yaitu topi dan kacamata hitam. Wah! Panasnya Thailand ini memang harus diantisipasi sekali, ya.

Membawa topi dan kacamata hitam tidak hanya memberi kamu keuntungan dalam menghadapi panas dan terik, namun juga memperkaya gaya berpakaian kamu agar semakin trendi ketika berfoto. Percayalah, kedua benda ini akan sangat berguna dan kamu akan sangat bersyukur karena telah menempatkan topi dan kacamata hitam di dalam kopermu.

8. Payung

Inilah 10 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Thailand 1

* sumber: www.clubfactory.com

Layaknya di Indonesia, Thailand juga memiliki 2 musim yaitu kemarau dan musim hujan. Jadi, dengan hujan yang tidak dapat diprediksi, tentunya payung akan sangat berguna bukan hanya pada saat hujan, namun dapat juga digunakan untuk menghindari panas dan silaunya matahari yang tak tertahankan.

9. Kain

kain sarung thailand

* sumber: id.aliexpress.com

Lho kok bawa kain? Di beberapa tempat wisata tertentu, terutama yang dianggap sakral atau terhormat seperti Grand Palace,  Wat Pho, dan Ananta Samakhom Throne Hall, mengharuskan para pengunjung untuk berpakaian sopan. Bagi wanita khususnya, tidak diperkenankan memasuki tempat-tempat tersebut dengan pakaian terbuka. Pakaian harus menutupi pundak, dada, dan juga lutut hingga kaki.

Sebagai gantinya, biasanya pengunjung diharuskan meminjam kain sejenis sarung untuk menutupinya. Meskipun peminjaman kain ini gratis, namun antriannya lumayan ramai dan panjang. Karena selain kamu harus antri ketika meminjam, kamu pun harus mengantri kembali untuk mengembalikan kain sarung tersebut.

Nah, jika kamu telah mempersiapkan sebelumnya tentunya kamu akan lebih menghemat waktu bukan? Jadi, jika beberapa tempat wisata tersebut ada di daftar itinerary kamu, maka jangan lupa untuk memasukkan kain penutup dalam bagasimu.

10. Koper Tambahan

koper

* sumber: www.ruparupa.com

Hal terakhir yang wajib kamu siapkan adalah koper tambahan. Sebenarnya item ini lebih diperuntukkan untuk para ladies. Kenapa? Karena di Thailand khususnya di Kota Bangkok, terdapat banyak sekali pusat belanja murah khususnya fashion. Selain itu, banyak pula oleh-oleh khas Thailand baik makanan maupun suvenir unik yang sayang sekali jika tidak ikut dibawa ke tanah air untuk dibagikan pada keluarga dan sanak saudara.

Harga yang murah dan kualitas yang bagus membuat para turis khususnya wanita menjadi kalap dan memborong banyak pakaian asal Thailand. Bahkan diantaranya malah sengaja membeli banyak untuk dijual kembali. Begitu pun halnya dengan oleh-oleh makanan khas Thailand seperti Thai tea kemasan, manisan mangga, mie tomyam, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, koper tambahan adalah salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan saat merencanakan liburan ke negara yang kaya akan pantai dan wisata kuilnya ini.

Itulah kesepuluh item yang wajib ada dalam daftar barang bawaanmu ketika traveling mengunjungi Thailand. Namun, sebaiknya sesuaikan barang bawaan dengan rencana perjalanan yang sudah kamu susun agar semua yang kamu packing akan berguna dan memang benar-benar diperlukan.

Rasanya tidak perlu membawa perbekalan makanan dari Indonesia karena Thailand sendiri dikenal dengan kulinernya yang lezat dan juga murah. Jadi puaskanlah mencicipi sajian khas Thailand selama disana. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi guna mengantisipasi kelelahan. Selamat mempersiapkan liburanmu di Thailand. Dan jangan lupa share pengalaman berliburmu di Thailand pada kolom komentar di bawah ini, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram