Keluyuran / Tips Wisata Jepang / Catat! Ini 8 Barang yang Wajib Dibawa Saat Liburan ke Jepang

Catat! Ini 8 Barang yang Wajib Dibawa Saat Liburan ke Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Sudah berhasil mengurus visa Jepang dan mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah? Kini, saatnya kamu packing untuk mempersiapkan barang-barang yang hendak dibawa berlibur ke Jepang. Saat berlibur ke negara lain, kamu harus mempersiapkan semuanya dengan baik agar wisatamu di sana jadi lebih lancar, aman, dan menyenangkan.

Kira-kira barang bawaan apa saja sih yang wajib dibawa saat berlibur ke Jepang? Keluyuran akan memberikan daftar barang yang wajib banget dibawa ke Jepang nih! Silakan disimak dan dicatat jika memang diperlukan, ya!

1. Paspor

Visa untuk E-paspor

* sumber: medium.com

Paspor adalah benda yang wajib dibawa ketika kamu bepergian ke luar negeri, sekalipun kunjungan ke negara tersebut memang tidak membutuhkan visa, seperti ke Singapura atau Thailand. Kalau tidak membawa paspor, sudah pasti kamu akan gagal naik ke pesawat. Boro-boro liburan ke Jepang, baru di bandara saja kamu sudah dicekal nih!

Jadi, jangan lupa untuk membawa paspor karena ini merupakan alat masuk dan keluar bandara. Petugas bandara pasti akan melakukan pemeriksaan paspor. Bagi kamu yang belum membuat paspor, buatlah e-paspor karena data biometrik yang mencakup sidik jari dan bentuk wajah sudah tersimpan dalam chip yang akan dipindai oleh petugas bandara.

Masih bingung membedakan antara paspor dan visa? Yuk, baca artikel perbedaan visa dan paspor.

2. Dokumen Penting

Bukti Pembelian JR Pass

* sumber: www.japantrips.co

Yang dimaksud dokumen penting adalah semua dokumen yang berkaitan dengan kegiatan liburanmu di Jepang, mulai dari:

  • KTP dan Informasi Kontak Darurat

Karena KTP adalah tanda pengenal yang memang harus dibawa ke mana saja. Informasi kontak darurat adalah nomor telepon orang terdekatmu yang bisa dihubungi. Letakkan informasi kontak ini di dekat KTP (di dalam dompet misalnya).

  • Bukti Booking Penginapan

Sebagian besar wisatawan dari Indonesia pasti sudah menyewa penginapan dari situs atau aplikasi ketiga. Setelah kamu melunasi pembayaran, kamu pasti akan mendapatkan bukti booking penginapan. Sebaiknya, bawalah bukti ini dalam bentuk kertas yang sudah dicetak, meskipun kamu sudah mengantongi buktinya di e-mail atau smartphone-mu.

  • Tiket Pesawat Pulang-Pergi

Yang satu ini juga tidak boleh lupa dibawa. Dewasa ini, kita memang bisa menunjukkan bukti pembelian tiket pesawat dari aplikasi atau smartphone. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga mencetak bukti pembelian tiket pesawat di kertas, ya.

  • Bukti Pembelian JR Pass

Kalau kamu ingin naik shinkansen atau kereta-kereta lain di Jepang dengan hemat, kamu bisa membeli JR Pass. Nah, JR Pass ini hanya bisa dibeli di Indonesia atau di bandara-bandara Jepang. Kalau kamu sudah memiliki bukti pembeliannya, jangan lupa bawa bukti pembelian JR Pass tersebut.

  • Itinerary

Rencana perjalanan alias itinerary seharusnya bukan suatu yang wajib dibuat dan dibawa. Akan tetapi, kalau kamu termasuk orang yang perfeksionis, maka kamu harus membuat itinerary ini agar rencana wisatamu ke Jepang jadi lebih tersusun.

3. Uang Yen dan Alat Pembayaran

Uang Yen dan Alat Pembayaran

* sumber: www.marketwatch.com

Tak ada yang lebih penting dari membawa uang saat berlibur di Jepang. Mata uang Jepang adalah yen. Jadi, kami sangat menyarankanmu untuk menukarkan rupiah ke yen di bank atau money changer yang ada di Indonesia.

Jangan lupa untuk membawa alat pembayaran lainnya, seperti kartu debit dan kartu kredit. Baik kartu kredit maupun kartu debit bisa dipakai di luar negeri asalkan ada logo VISA atau Mastercard-nya. Kalau kamu membutuhkan tambahan dana mendadak, kamu tak perlu panik karena bisa membayar dengan kartu kredit atau melakukan tarik tunai di ATM-ATM yang ada di Jepang.

4. Pakaian Sesuai Musim

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HeR7EC80qyY

Ingin berfoto dengan mengenakan coat saat berada di Jepang? Tunggu dulu. Cek saja tanggal keberangkatanmu untuk mengetahui musim yang sedang berlangsung di Jepang ketika kamu tiba di sana. Jangan sampai kamu menambah bobot bagasi karena membawa mantel-mantel atau baju hangat padahal kamu berkunjung ke negara ini saat musim panas.

Periksa dengan cermat mengenai musim yang sedang terjadi di Jepang selama kamu berlibur di sana. Pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan jenis musim. Pasalnya, saltum alias salah kostum hanya akan membuat penampilanmu jadi terlihat aneh di mata orang lain.

5. Makanan Instan

Makanan Instan

* sumber: munchies.vice.com

Ketika kamu sudah memutuskan untuk berlibur ke Jepang, pikirkan juga kuliner yang akan kamu jumpai di sana. Pasalnya, tidak semua orang bisa menikmati makanan khas Jepang, terutama hidangan sushi atau sashimi yang disajikan secara mentah.

Oleh karena itu, berjaga-jagalah dengan membawa makanan instan saat bepergian ke Jepang. Makanan instan yang kami maksud bisa berupa mie instan, bubur instan, roti, kue kering, dan masih banyak lagi. Makanan instan juga bisa membantumu berhemat selama berlibur di Jepang. Nah, tertarik untuk membawa makanan instan saa berlibur ke Jepang?

6. Universal Travel Adaptor

Universal Travel Adaptor

* sumber: www.akibanation.com

Tahukah kamu kalau colokan listrik di setiap negara berbeda-beda. Di Indonesia sendiri jenis colokan listrik berbentuk bulat di kedua ujung moncongnya, lalu di bagian luarnya dilapisi plastik. Nah, perlu kamu ingat, Jepang juga memiliki bentuk steker yang berbeda sehingga kamu perlu membawa universal travel adaptor.

Steker khusus untuk bepergian ke Jepang ini memang sudah dirancang agar dapat dicolokkan saat berada di Jepang. Kamu tetap bisa mengisi daya baterai ponsel atau kameramu dengan mencolokkan charger-nya ke universal travel adaptor. Soal harga, steker khusus untuk Jepang ini juga tidak terlalu mahal kok,

7. Obat-obatan Pribadi

Obat-obatan Pribadi

* sumber: raisingchildren.net.au

Sudah menjadi rahasia umum jika suhu udara di Jepang tentu berbeda drastis dengan suhu di Indonesia, terlebih jika kamu berlibur pada musim salju. Tubuh yang mengalami perubahan suhu secara mendadak sangat rentan jatuh sakit. Nah, kalau kamu tidak ingin mengambil risiko batal menikmati liburan gara-gara sakit, bawalah selalu obat-obatan pribadimu ketika berlibur di negeri sakura.

Adapun obat-obatan yang wajib dibawa saat di sana adalah vitamin (suplemen), obat diare, obat mual, obat demam, obat pusing, dan obat-obatan lain yang berkaitan dengan kondisi kesehatanmu. Dengan membawa obat-obatan sendiri kita tidak panik jika suatu saat jatuh sakit selama liburan di Jepang.

8. Peralatan Ibadah

Peralatan Ibadah

* sumber: www.akibanation.com

Bagi kamu yang muslim, Keluyuran sangat menyarankanmu untuk membawa peralatan ibadah sendiri. Mengapa? Karena jumlah masjid di Jepang masih terbilang sedikit sehingga kamu bakal susah menemukannya.

Solusi untuk mengatasi permasalahan jumlah rumah ibadah yang kurang banyak adalah membawa peralatan sholat sendiri bagi kalian yang memeluk agama Islam. Dengan peralatan sholat pribadi, kamu tetap bisa menunaikan sholat lima waktu kapan dan di mana saja ketika sedang berlibur di Jepang.

Itulah berbagai barang yang wajib kamu bawa saat berlibur ke Jepang. Lakukan pengecekan barang-barang yanag akan dibawa sebelum kamu memasukkannya ke dalam koper atau tas. Kamu punya tambahan rekomendasi barang lainnya yang wajib dibawa ke Jepang? Yuk, tulis rekomendasimu di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar