Mau Nyemil di Semarang? Coba 10 Jajanan Khas Semarang Ini!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 2 Juni 2021

Tak hanya kaya akan makanan berat, Semarang juga kaya akan jajanan khas. Ini tentu kabar baik buatmu yang ingin nyemil dan jajan enak saat di Semarang nanti. Ada beberapa jajanan khas Semarang yang bisa dibeli dan dicoba.

Beberapa jajanan tersebut akan Keluyuran rekomendasikan di artikel ini. Mau tahu apa saja beberapa jajanan tersebut? Yuk, langsung simak daftarnya di bawah ini:

1. Lumpia

Lumpia (Copy)

* sumber: magazine.job-like.com

Lumpia merupakan jajanan khas Semarang yang paling terkenal. Resep makanan ini merupakan hasil perpaduan budaya Semarang dan peranakan Asia. Jajanan ini sendiri berbahan dasar kulit lumpia yang diberi isian berupa telur, ayam, udang, dan rebung.

Saat matang, jajanan ini biasa disajikan dengan saus dan daun bawang. Satu buah jajanan ini biasa dijual dengan harga Rp. 15 ribu. Selain bisa disantap langsung, jajanan ini juga bisa dijadikan buah tangan lantaran daya tahannya yang cukup baik.

2. Tahu Pong

Tahu Pong (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Semarang punya banyak jajanan berbahan dasar tahu. Tahu pong salah satunya. Jajanan yang sudah ada sejak 1930-an ini dibuat dari tahu tanpa isi yang digoreng hingga bagian luarnya kecokelatan. Bila sudah matang, tahu tersebut bakal disajikan dengan telur dan gimbal (rempeyek udang berukuran besar).

Setelah itu, barulah disiram dengan kuah sambal petis. Makanan ini mempunyai cita rasa yang gurih, renyah, pedas, dan manis. Kalau ingin lebih lezat cita rasanya, kamu bisa menambahkan sedikit acar lobak ke dalam sajian jajanan ini.

3. Tahu Petis

Tahu Petis (Copy)

* sumber: www.gotravelly.com

Tahu Petis adalah jajanan berbahan dasar tahu lainnya yang ada di Semarang. Tak seperti tahu pong yang petisnya disiramkan ke tahu, petis pada tahu ini justru dijadikan isian pada tahunya. Adapun tahu yang dipakai jajanan ini merupakan tahu putih yang digoreng hingga kecokelatan, dan diberi larutan garam dan bawang putih.

Jajanan berbahan tahu ini lazim dijual dalam gerobak-gerobak penjual gorengan. Gerobak-gerobak itu bisa kamu temui di sekitaran Jalan Mataram atau Simpang Lima. Selain cocok disantap langsung, jajanan berbahan tahu ini juga bisa kamu jadikan buah tangan.

4. Tahu Baxo

Tahu Baxo (Copy)

* sumber: ekonomimaju.com

Masih ada satu jajanan berbahan tahu lainnya yang harus kamu coba saat di Semarang nanti. Jajanan tersebut adalah tahu baxo. Jajanan ini dibuat dari tahu yang dipotong berbentuk kotak, lalu diberi isian berupa bakso dan bahan-bahan lainnya yang lazim dipakai pada bakso.

Gurihnya tahu dan daging cincang bakal kamu rasakan pada jajanan satu ini. Salah satu penjual jajanan ini yang cukup ternama adalah Tahu Baxo Bu Pudji. Penjual tahu bakso tersebut berjualan di Jalan Sukun Raya No. 11, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

5. Moaci Wijen

Moaci Wijen (Copy)

* sumber: upradio.id

Jajanan ini merupakan kue moci khas Semarang. Tak seperti moci khas Sukabumi, moci satu ini memiliki isian berupa kacang halus, dan bagian luarnya diberi ambahan wijen. Pada umumnya, moci satu ini dijual dalam dua rasa, yaitu original dan durian.

Satu bungkus jajanan ini berisi 10 hingga 25 buah. Salah satu penjual jajanan ini adalah Moaci Wijen Gemini. Penjual moaci ini letaknya persis di Jalan Kentangan Baru No. 101, Sawunggaling, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah. Kamu juga bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di sepanjang Jalan Pandanaran.

6. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki (Copy)

* sumber: kumparan.com

Jangan terkecoh dengan namanya, lantaran jajanan ini bukanlah lontong sungguhan. Lontong Spekkoek Waiki merupakan jajanan berupa lapis legit yang bentuknya memanjang serupa lontong. Tak seperti lontong, tekstur jajanan satu ini tergolong lembut, dan cita rasanya begitu manis.

Selain enak rasanya, harga jajanan satu ini juga tergolong murah, bila dibandingkan dengan lapis legit atau kue pada umumnya. Sekotak jajanan ini bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp. 18 ribu hingga Rp. 20 ribu.

Kalau kamu tertarik membeli jajanan ini, kamu bisa datang ke Hollifood Enterprise yang ada di Jalan Senjoyo 2 No. 1, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah.

7. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel (Copy)

* sumber: ksmtour.com

Jajanan satu ini merupakan roti legendaris asal Semarang. Nama roti ini sendiri terinspirasi dari bentuknya yang memang serupa ganjel rel kereta api. Teksturnya pun juga unik. Tak seperti roti lainnya yang empuk, roti satu ini justru teksturnya cukup alot.

Menurut penelitian, tekstur yang alot tersebut membuat roti ini baik untuk pencernaan. Roti ini sendiri dibuat dari bahan dasar kayu manis, tepung, dan gula merah, serta bagian atasnya diberi taburan wijen. Di Semarang, roti ini lazim disajikan pada perayaan Dugderan, sebuah tradisi yang lazim dilaksanakan sebelum Ramadan.

Selain menjadi jajanan dan disajikan pada Dugderan, roti satu ini juga bisa kamu jadikan buah tangan. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke Pasar Johar atau ke Waroeng Semawis.

8. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu (Copy)

* sumber: www.bukalapak.com

Kalau yang satu ini merupakan kue legendaris yang ada di Semarang. Sesuai namanya, kue ini mempunyai bentuk serupa sarang madu. Adapun bahan dasar kue ini adalah tepung beras dan santan yang diolah menjadi adonan, serta gula merah cair yang disiramkan di atas adonan tersebut.

Kue ini memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan renyah. Tak hanya di Semarang, kamu juga bisa menemukan kue ini di daerah Jepara dan Kudus. Sebungkus kue ini bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp. 20 ribu – Rp. 27 ribu saja.

9. Pisang Plenet

Pisang Plenet (Copy)

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Kalau Makassar mempunyai pisang epe, maka Semarang punya pisang plenet. Seperti halnya pisang epe, sajian pisang satu ini juga dibuat dengan cara dibakar dan ditekan hingga pipih. Hanya saja, sajian pissang satu ini tidak disirami gula merah cair layaknya pisang epe.

Adapun topping yang disajikan di atas pisang plenet adalah gula bubuk, serta taburan meses. Sajian pisang ini biasa dijual dalam gerobak. Dan semakin berkembangnya zama, varian rasa untuk sajian pisang ini kian beragam.

Kini, kamu bisa menemukan pisang plenet dengan cita rasa cokelat dan nanas. Kalau kamu mau membeli jajanan ini, kamu bisa datang ke Pisang Plenet Pak Subandi yang ada di Jalan Pemuda, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

10. Wingko Babat

Wingko Babat (Copy)

Seperti halnya lumpia, jajanan satu ini juga termasuk yang terpopuler di Semarang. Jajanan ini dibuat dari campuran kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga kecokelatan. Bila sudah kecokelatan, adonan wingko babat tersebut lantas dibungkus dengan kertas.

Saat ini, wingko babat sudah tersedia dalam beragam rasa mulai dari cokelat, durian, hingga rasa nangka. Jajanan satu ini amat mudah ditemukan, karena lazim dijual di tempat-tempat umum seperti terminal, bandara, dan tempat oleh-oleh.

Selain memiliki makanan berat, Semarang juga punya jajanan khas. Sepuluh di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Semoga daftar jajanan di atas membantumu saat hendak nyemil dan jajan enak di Semarang nanti. Selamat jajan!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram