Keluyuran / Kuliner Singapura / 8 Jajanan Khas Singapura Untukmu yang Ingin Jajan di Sana

8 Jajanan Khas Singapura Untukmu yang Ingin Jajan di Sana

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Kalau kamu ke Singapura, pastikan jangan hanya datang ke tempat wisatanya saja. Cobalah untuk jajan-jajan dan besantap ria di sana. Pasalnya, Singapura memiliki sejumlah jajanan khas yang jangan sekalipun untuk kamu lewatkan.

Akan ada beberapa rekomendasi jajanan khas Singapura yang Keluyuran rekomendasikan di sini. Yuk, simak daftar lengkapnya agar kamu tidak bingung memilih jajanan yang tepat.

1. Coklat Merlion

Coklat Merlion

* sumber: blog.traveloka.com

Sesuai namanya, ini adalah jajanan khas Singapura yang berbahan dasar coklat. Yang menjadi ciri khas penganan ini adalah bentuknya yang unik, di mana bentuk coklat ini persis dengan ikon Singapura: kepala singa.

Walau berbahan dasar coklat, jajanan khas Singapura ini kaya akan varian rasanya. Mulai dari rasa stroberi hingga green tea bisa kamu rasakan dalam jajanan satu ini. untuk membelinya, kamu bisa datang ke Mustafa Centre yang ada di 145 Syed Alwi Road, Singapura.

2. Bakkwa

Bakkwa

* sumber: www.rotinrice.com

Ini adalah jajanan khas Singapura yang berupa dendeng atau daging asap. Bahan dasar jajanan ini sebetulnya adalah daging babi. Namun, saat ini sudah Bakkwa yang berbahan dasar daging ayam. Jadi, kamu yang Muslim masih bisa menyantap jajanan satu ini.

Selain bisa disantap langsung, jajanan ini bisa kamu jadikan oleh-olehmu nanti. Ini tak lepas dari tingkat ketahanan jajanan ini yang bisa awet hingga beberapa hari. Bahkan, hingga satu bulan lamanya. Hal itu terjadi bila kamu bisa menyimpannya di tempat yang tertutup. Bentuknya pun juga ringan, sehingga bisa kamu bawa ke kampung halamanmu kelak.

Untuk membeli dan menyantap jajanan ini, kamu bisa datang ke gerai Bee Cheng Hiang yang tersebar di sejumlah sudut kota Singapura. Selain sebagai gerai, Bee Cheng Hiang sendiri merupakan merk Bakkwa ternama di Singapura.

Kamu juga bisa membeli jajanan khas Singapura ini di Changi Airport yang ada di Airport Boulevard, Singapura.

3. Selai Kaya

Selai Kaya

Ini adalah jajanan khas Singapura berbentuk selai. Bahan dasar jajanan ini adalah santan, telur, dan gula. Sama seperti Bakkwa, jajanan ini tak hanya bisa kamu nikmati saat di Singapura. Tetapi, juga bisa kamu jadikan buah tanganmu kelak.

Untuk menyantap jajanan ini, kamu bisa datang ke Ya Kun Kaya Toast yang merupakan gerai sekaligus merk Selai Kaya ternama. Di gerai ini, kamu bisa menyantap selai Kaya yang dioleskan ke roti panggang, serta diolesi lagi dengan irisan mentega. Ya Kun Kaya Toast sendiri sudah banyak tersebar di Singapura. Salah satunya ada di 6 Raffles Boulevard, Singapura.

Kalau kamu ingin menjadi selai Kaya sebagai buah tangan, maka belilah selai ini dalam kemasan botol. Dalam satu botolnya, kamu bisa membawa selai Kaya sebanyak 250 gram. Berhati-hatilah saat membawa botol selai Kaya tersebut saat kamu pulang nanti. Hal itu dilakukan agar botol beserta selai Kaya-nya bisa kamu bawa pulang dalam keadaan aman dan selamat.

4. Royal Pudding

Royal Pudding

* sumber: food-touring.com

Kalau kamu ingin mencoba puding a la Singapura, maka jajanan satu ini wajib untuk dicoba. Dari segi rasa, puding khas Singapura ini begitu manis dan legit, tak kalah dari puding-puding pada umumnya. Adapun yang membuat puding ini menarik adalah kemasannya yang berupa sebuah toples kecil.

Kamu bisa datang ke Paris Baguette Café, bila ingin menyantap jajanan khas Singapura ini. Paris Baguette Café sendiri letaknya ada di Wisma Atria, tepatnya di Orchard Road, Singapura. Selain menyantapnya, kamu pun juga bisa membawa jajanan ini sebagai oleh-oleh. Royal Pudding sendiri bisa tahan hingga 4 hari, selama kamu bisa menyimpannya di tempat bersuhu dingin.

Kini, Royal Pudding bisa dinikmati dalam tiga varian rasa: Original, Leci, dan juga Yuzu.

5. Pasta Laksa

Pasta Laksa

Ini adalah sebuah pasta dengan cita rasa a la kari, serta bertekstur kental. Di Singapura, jajanan ini tak hanya dikonsumsi secara langsung. Tetapi, juga bisa menjadi bumbu masakan atau dipadupadankan bersama dengan bahan makanan lainnya.

Sama seperti beberapa jajanan di Singapura, jajanan ini juga bisa kamu jadikan sebagai buah tanganmu nanti. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke supermarket atau gerai oleh-oleh di Changi Airport.

6. One Dollar Ice Cream

One Dollar Ice Cream

* sumber: carnivalmojo.com.sg

Bila kamu datang ke Singapura di waktu siang, jajanan ini wajib banget kamu cicipi. Jajanan ini sendiri merupakan sebuah sebuah es krim potong berukuran agak besar yang ditangkup oleh sepasang /sepotong roti tawar atau wafer. Jajanan satu ini amat cocok untuk mengobati dahagamu di siang hari yang cukup terik di Singapura.

Sesuai namanya, es krim ini bisa kamu dapatkan dengan harga 1 dollar Singapura saja. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke kawasan Orchard Road, Singapura. Saat ini, One Dollar Ice Cream tersedia dalam beberapa rasa, mulai dari stroberi hingga durian.

Sajian es krim ini sendiri ternyata sudah populer di Indonesia, khususnya di Jabotabek. Ini terlihat dari adanya sejumlah tempat makan yang menyajikan es krim satu ini. Namun, agar lebih otentik, tak ada salahnya untuk mencoba es krim ini di negara asalnya, bukan?

7. Ais Kacang Singapura

Ais Kacang Singapura

* sumber: honeykidsasia.com

Selain One Dollar Ice Cream, ada satu menu es lain yang bisa kamu cicipi. Ais Kacang Singapura adalah sajian es tersebut. Ini adalah sebuah  sajian es yang dibuat dari es serut, kacang merah rebus, cincau, jagung, dan sirup manis. Terkadang. Es ini juga ditambahkan jeli (jelly), buah kalengan, durian, dan bahkan juga es krim.

Di Singapura, es ini lazim di santap sebagai dessert atau penutup setelah bersantap. Es ini tersedia di berbagai tempat di Singapura. Salah satunya adalah Jin Jin Hot/Cold Dessert yang ada di Jalan Bukit Merah, ABC Brickworks Market Food Centre, Singapura.

8. Roti Thosai

Roti Thosai

* sumber: www.foodadvisor.my

Singapura punya banyak makanan dan jajanan bernuansa India. Salah satu makanan Singapura bernafaskan India sendiri adalah Roti Thosai. Roti yang bernama lain Dosa ini punya bentuk yang mirip dengan crepes. Bedanya, roti ini mempunyai tekstur yang lebih kaku, serta bercita rasa renyah.

Agar makin mantap, sajian roti ini disajikan bersama kuah kari, serta saus putih bercita rasa gurih. Bila ingin menyantap jajanan ini, kamu bisa datang ke kawasan Little India.  Little India sendiri merupakan kawasan di Singapura yang kental akan budaya India atau Tamil.

Selain berwisata ke tempat wisatanya, kamu juga bisa jajan-jajan saat di Singapura nanti. Hal itu dikarenakan Singapura punya jajanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Bila nanti berminat jajan di Sana, maka cobalah sejumlah rekomendasi jajanan khas Singapura yang telah kami rekomendasikan di atas.

Jika kamu juga mencari jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Singapura, silakan tonton video dari kami berikut ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar