10 Jalur Hiking Terkenal untuk Melihat Italia dari Dekat

Saat mendengar kata Italia yang pertama kali terlintas adalah Menara Pisa ataupun makanannya yang sangat terkenal. Tetapi Italia juga sesungguhnya memiliki keindahan alam yang luar biasa menarik, dari gunung apinya yang melegenda hingga pantainya yang cantik. Keindahan alamnya ini dapat kamu nikmati dengan aktivitas hiking.

Jalur hiking yang dilewatinya menyuguhkan keindahan alam yang beragam yang menjadikan setiap langkah terasa menyenangkan. Penasaran dengan jalur hiking terbaik di Italia? Berikut ini adalah beberapa jalur hiking di Italia dengan pesona alam yang indah dan juga menyegarkan untuk jiwa.

Baca juga: 10 Desa Terindah dan Cantik untuk Dikunjungi di Italia

1. Jalur Tre Cime di Lavaredo Dolomites

Jalur Tre Cime di Lavaredo Dolomites
  • Lokasi: Plattl, 7c, 39054 renon BZ, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Mudah-Menengah

Jalur Tre Cime adalah jalur di Dolomites dengan pemandangan tiga buah batu besar yang menjulang tinggi yang sangat ikonik. Jalur ini terkenal karena pemandangan yang memadukan antara gunung batu yang megah dengan hamparan bunga cantik, terutama di musim panas.

Walaupun pemandangannya dipenuhi pegunungan batu yang besar, tetapi jalur ini sesungguhnya terbilang jalur yang cukup mudah.

Jalur-jalur seperti Rifugio Auronzo dan juga Rifugio Lavaredo, jalannya tidak nanjak malah terbilang datar. Jalurnya cocok untuk dinikmati bersama anggota keluarga termasuk si kecil. Jalurnya di beri tanda sehingga mudah untuk diikuti. Waktu terbaik menjajal jalur ini adalah di saat musim panas di saat bunga-bunga liar bermekaran.

2. Jalur Il Sentiero Degli Dei

Jalur Il Sentiero Degli Dei
  • Lokasi: Sentiero degli Dei, Campania, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Menengah

Jalur Il Sentiero Degli Dei dikenal juga dengan nama Path of The God. Julukan itu berasal dari sebuah legenda saat para dewa Yunani membuat jalur ini saat hendak menyelamatkan Ulysses dari para Sirene.

Jalur para dewa ini akan membawamu menuju sebuah jalur yang curam yang terdapat di antara kota Bomerano dan juga Nocelle, dengan pemandangan indah dari desa nelayan dengan warna pastelnya. Jalur para dewa ini merupakan jalur dengan pemandangan yang indah menjadikan jalur ini yang layak untuk kamu jajal di Italia.

Pemandangan pantai yang tersembunyi serta pemandangan Laut Mediterania yang menakjubkan satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Tetapi jalur yang satu ini tidak cocok untuk kamu lakukan bersama anak-anak karena jalurnya curam dan tidak beraspal.

3. Jalur Cinque Terre

Jalur Cinque Terre
  • Lokasi: Liguria, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Menengah-Sulit

Cinque Terre merupakan jalur hiking yang sangat terkenal di Italia, dikatakan sebagai satu jalur hiking yang indah. Cinque Terre sendiri merupakan sebuah wilayah yang berada di pesisir yang  dikenal dengan desa nelayannya yang bertengger pada sebuah tebing.

Pemandangan dari desa nelayan dengan huniannya yang berwarna pastel  serta jernihnya air lautnya menjadi daya tarik tersendiri untuk jalur ini. Satu jalur yang terdapat di Cinque Terre yang musti kamu coba adalah jalur Sentiero Azzurro yang berarti jalur biru. Nama jalur biru sendiri tersematkan karena pemandangan lautan biru yang jernih dari laut Liguria.

Saat kamu mengikuti jalur ini pemandangan laut nan biru akan terus mengikutimu. Jangan lupa untuk berhenti di desa ini dan mencoba makan lautnya yang segar.

4. Jalur Dolomites High Route

Jalur Dolomites High Route
  • Lokasi: Trentino-Alto Adige, Veneto, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Menengah-Sulit

Jalur Dolomites High Route merupakan jalur hiking yang memerlukan waktu cukup panjang untuk menempuhnya. Jalur Dolomites High Route ini memiliki banyak pilihan yang semuanya berada di ketinggian dengan beragam karakteristik dan kesulitan.

Pada Jalur-jalur Dolomite High Route ini tentunya kamu akan menemukan rumah singgah untuk kamu dapat bermalam. Penjelajahan dari lembah-lembah ini kamu akan disuguhi dengan keindahan dari pegunungan dari dekat.

Dolomites yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, tentunya menyimpan keindahan-keindahan alam yang luar biasa yang tentunya akan membuatmu benar-benar takjub. Contohnya adalah keindahan dari tiga puncak Lavaredo, Danau Braies, dan masih banyak yang lainnya.

5. Jalur Manarola - Corniglia

Jalur Manarola - Corniglia
  • Lokasi: Cinque Terre National Park, Liguria, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Menengah

Jalur hiking Manarola – Corniglia adalah jalur yang cukup populer karena lanskap hijau yang ditawarkannya. Jalur hiking dari Manarola ke Corniglia kamu akan disuguhi jalur dengan pemandangan dari kebun anggur dan juga laut. Pada jalur ini juga kamu akan melewati pedesaan Pociano serta hutan pinus dan juga oak.

Saat kamu melewati jalur hutan aroma segar akan tercium. Jalur hiking dari Manarola ke Corniglia merupakan jalur yang cukup mudah  walaupun berada di ketinggian, tetapi tidak cocok jika membawa kereta bayi. Jika ingin jalur yang lebih menurun, maka kamu harus memulainya dari Corniglia ke Manarola.

6. Jalur Gunung Vesuvius

Jalur Gunung Vesuvius
  • Lokasi: Vesuvius National Park, Campagnia, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Mudah

Jalur hiking yang satu ini adalah jalur hiking yang melewati gunung api yang masih aktif, yang letusannya cukup terkenal dalam sejarah. Letusan gunungnya menghancurkan Kota Pompeii dan beberapa kota di dekatnya.

Walaupun gunungnya masih aktif tetapi orang-orang masih senang untuk melakukan hiking di jalur ini. Jalur hiking di tempat ini dimulai dari Taman Nasional Vesuvius.

Jalur hiking di Gunung Vesuvius termasuk jalur yang pendek dan juga mudah, jarak tempuhnya sekitar 4 km. Hiking di tempat ini hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam plus dengan foto-foto.

Waktu yang paling baik untuk mencoba jalur ini adalah sekitar bulan Juni hingga September. Gunung Vesuvius memiliki sekitar 11 jalur hiking baru yang dapat kamu coba selain jalur Grand Como yang banyak dipilih.

7. Jalur Rifugio Vittorio Sella - Casolari dell'Herbetet

Jalur Rifugio Vittorio Sella - Casolari dell'Herbetet
  • Lokasi: Grand Paradiso National Park, Aosta Valley, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Sulit

Jalur Rifugio Vittorio Sella - Casolari dell'Herbetet merupakan jalur hiking yang cukup panjang dengan medan yang cukup berat. Panjang dari jalur hiking sendiri sekitar 20,5 km, dimulai dari Valnontey dan berakhir juga di tempat yang sama.

Selama perjalanan kamu akan menemukan banyak alami dan juga indah. Jalur yang ini tentunya untuk orang yang benar-benar senang berpetualang. Jalur ini kamu akan disuguhi pemandangan dari kehidupan alam liar.

Jalur ini akan mempertemukanmu dengan hewan-hewan seperti ibex yang sama sekali tidak peduli dengan kehadiran manusia. Kamu juga dapat menemukan suara-suara dari marmot. Jika cukup beruntung, kalian dapat melihatnya.

Jalur Rifugio Vittorio Sella - Casolari dell'Herbetet ini memberikan kesempatan padamu untuk melihat indahnya Gunung  Grand Paradiso.

8. Jalur Corno Grande

Jalur Corno Grande
  • Lokasi: Abruzzo, 64047, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Mudah-Menengah

Jalur Corno adalah jalur yang tidak begitu banyak dikunjungi walaupun begitu  jalur ini tetap menentang dan juga mengasyikan. Corno Grande sendiri merupakan sebuah puncak tertinggi dari pegunungan berbatu Apennines. Pemandangan dari puncak jalur ini juga menakjubkan dari pegunungan, gletser, serta pemandangan dari Laut Adriatik.

Jalur Corno terdapat dua pilihan jalur dari jalur normal  dengan tingkat kesulitan yang sedang lalu ada juga jalur langsung yang mungkin lebih menantang.

Jalur dari jalan setapaknya akan mempertemukanmu dengan banyak binatang seperti sapi, burung elang, burung laut, dan juga binatang liar lainnya. Jalurnya yang cukup sulit sehingga memerlukan stamina yang cukup prima.

9. Jalur Alta Via 1

Jalur Alta Via 1
  • Lokasi: Alta Via Dolomiti 2, Trentino-Alto Adige, 39030, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Mudah-Menengah

Jalur hiking yang satu ini merupakan jalur hiking yang terindah dan juga terbaik dari daerah Dolomites. Jalur hiking dengan pemandangan alamnya yang beragam dan juga yang menawan. Jalur Alta Via 1 merupakan jalur yang cukup terkenal dari daerah Dolomites.

Jalur ini untuk orang yang suka dengan jalur yang panjang dan juga dapat berjalan sekitar 4- 8 jam per harinya. Jika kau tidak termasuk orang yang prima untuk berjalan jauh, maka kamu dapat beristirahat di tempat istirahat yang tersedia di jalur ini.

Jalur ini cukup menantang dengan beberapa bagiannya merupakan jalur yang cukup berbatu dan juga curam. Waktu terbaik untuk mencoba jalur Alta Via 1 adalah di sekitar pertengahan bulan Juli hingga pertengahan bulan September.

10. Jalur Stromboli Volcano Tour

Jalur Stromboli Volcano Tour
  • Lokasi: Sicily, Italia
  • Tingkat Kesulitan: Mudah-Menengah

Jalur  hiking ini cocok untuk orang yang senang dengan tantangan, karena jalurnya merupakan jalur dari gunung berapi yang masih aktif. Jalur hiking ini berada di Sisilia. Untuk menjajal jalur ini kamu harus booking terlebih dahulu dengan para guide lokal.

Penjelajahan jalur ini biasanya dilakukan pada saat matahari telah terbenam sehingga para pengunjung dapat melihat indahnya lava yang tersembur.

Hiking di jalur ini tentunya memberikan pengalaman yang luar biasa. Jalurnya ditempuh dengan berjalan kaki dengan medan yang cukup menantang. Perjalanannya dapat kamu tempuh dengan waktu lima hingga enam jam. Lelahnya perjalanan akan terbayar saat kamu tiba di puncak dan dapat melihat kawah Stromboli yang ada di Sisilia ini.

Itulah beberapa jalur hiking di Italia yang terbaik dan juga yang sangat terkenal. Keindahan dari jajaran pegunungan yang beragam menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Dari pegunungan yang berbatu hingga laut lepas yang berwarna biru yang memanjakan mata. Agar hiking-mu menjadi pengalaman yang tak terlupakan, maka disarankan untuk pergi di waktu yang tepat.

Ada beberapa tempat yang menawarkan pengalaman yang memacu adrenalin, dengan hiking di gunung api yang masih aktif. Ada juga beberapa jalur yang menawarkan pemandangan yang menyegarkan dari kebun anggur yang luas dan hutan yang hijau. Kira-kira tempat yang mana yang kamu pilih untuk dikunjungi?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram