10 Jalur Hiking di Amerika untuk Pemula dan Keluarga

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Oktober 2021

Hiking merupakan kegiatan yang cocok untuk melihat keindahan alam dari di Amerika. Perjalanan untuk menikmati indahnya bentang alam yang terbentang sejauh mata memandang. Ada begitu banyak penampakan alam yang dapat kamu nikmati dari pegunungan, Grand Canyon yang terkenal, hingga air terjun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu masih pemula atau sudah berkeluarga dan ingin mencoba hiking untuk pertama kalinya, kamu tak perlu lagi bingung. Beberapa tempat berikut ini cocok untuk kamu yang baru mau memulainya. Jika kamu sudah berkeluarga tempat-tempat berikut juga cocok untuk kamu datangi.

Baca juga: 8 Jalur Hiking Terbaik di Jepang

1. Lower Yosemite Fall Trail – Taman Nasional Yosemite

Lower Yosemite Fall Trail – Taman Nasional Yosemite
  • Lokasi: Yosemite National Park, Lower Yosemite Fall Trail, California 95389, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $20-$35

Hiking di lembah Yosemite merupakan tempat yang harus coba sekali dalam seumur hidupmu. Berjalan di lembah Yosemite, matamu akan dimanjakan pemandangan gunung, air terjun, dan juga padang rumput. Jalur ini merupakan jalur yang pas untuk digunakan oleh pemula dengan panjang jalurnya sekitar 1,6 km dan ketinggian sekitar 15 meter.

Walaupun terbilang mudah, jalur ini agak sedikit licin di saat musim dingin. Pemandangan spektakuler dari jalur ini tentunya adalah pemandangan dari Air Terjun Yosemite. Jalur ini juga dapat dilalui oleh pengguna kursi roda, yaitu jalur yang berada di sebelah timur. Sedangkan pada jalur sebelah barat terdapat toilet yang dapat digunakan pengunjung yang tidak terdapat di jalur bagian lain.

2. Queen Garden Trail – Taman Nasional Bryce Canyon

Queen Garden Trail – Taman Nasional Bryce Canyon
  • Lokasi: Highway 63, Bryce Canyon National Park, Bryce, UT 84764, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $20-$35

Jalur Queen Garden berada di Taman Nasional Bryce Canyon. Jalur Queen Garden dimulai dari sunrise point menuruni ngarai sekitar 98 meter. Jalur ini sangat terkenal karena jalurnya terbilang pendek dan cukup mudah. Waktu terbaik untuk hiking di Jalur Queen Garden adalah antara bulan April dan November dengan jalur yang ditempuh sekitar 3 km.

Pemandangan spektakuler dari jalur ini adalah formasi bebatuan berwarna pink yang biasa disebut dengan hoodoos. Formasi dari bebatuan ini seolah membuat sebuah taman, kamu dapat menyaksikannya di titik awal perjalanan. Pemandangan dari jalur ini akan membuatmu terpesona dengan semua keindahan alamnya yang memanjakan mata.

3. Fairy Fall Trail – Taman Nasional Yellowstone

Fairy Fall Trail – Taman Nasional Yellowstone
  • Lokasi: Yellowstone National Park, WY 82190, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-17.00
  • HTM: $20-$35

Jalur hiking Fairy Fall trail terbilang mudah karena jalanannya yang datar dan lebar. Fairy Fall sendiri merupakan nama sebuah air terjun tertinggi yang terdapat di Taman Nasional Yellowstone. Hiking di jalur Fairy Fall dapat kamu kombinasikan dengan berjalan menuju The Grand Prismatic Spring, yang merupakan sumber air panas terbesar yang berada di Amerika Serikat.

Perjalanan hiking awal dari jalur Fairy Fall dimulai dari tempat parkir. Dari jalur ini kamu dapat melihat The Grand Prismatic Spring yang berada di sisi kanan jalur hiking. Pada bagian atas jalur, kamu dapat melihat sumber air panas yang menakjubkan. Di Jalur ini kamu disarankan membawa sprei beruang, jika kamu lewati area yang biasa dilewati oleh beruang.

4. Congress Trail – Taman Nasional Sequoia

Congress Trail – Taman Nasional Sequoia
  • Lokasi: 47050 Generals Highway, Three Rivers, CA 93271, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 07.00- 16.30
  • HTM: $20-$35

Jalur Congress berada di sebuah Taman Nasional Sequoia, dengan titik awal perjalanan terletak di area parkir General Sherman. Jalurnya tidak terlalu sulit tetapi ada bagian yang menanjak dan menurun. Pemandangan yang terdapat di jalur ini tentunya akan membuat kamu benar-benar terkesima dengan  sebuah pohon yang teramat besar, tua, dan juga menjulang tinggi.

Berjalan di antara pepohonan tinggi ini membuat banyak orang terpesona dan terpikat dengan keindahannya. Jalurnya memiliki jarak sekitar 2 mil dengan jarak menanjak sekitar 230 kaki. Jalanannya beraspal dan juga berkerikil yang lembut. Di jalur ini memiliki banyak pohon yang uniknya pada setiap pohon diberikan nama tokoh politik dan juga tokoh sejarah.

5. Wraith Fall Trail – Taman Nasional Yellowstone

Wraith Fall Trail – Taman Nasional Yellowstone
  • Lokasi: Yellowstone National Park, WY 82190, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-17.00
  • HTM: $20-$35

Jalur yang satu ini juga termasuk jalur yang cukup mudah, letaknya berada di Tamanan Nasional Yellowstone. Jarak jalurnya sekitar 1,6 kilometer, dengan jalur hiking-nya yang cukup mudah menjadikan jalur ini bisa diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Pada jalur ini kamu akan melewati padang rumput yang berupa semak belukar, tanah rawa dan hutan pohon jarum.

Jalur ini merupakan jalur satu arah, sehingga jalan awal dan jalan kembali adalah jalur yang sama. Pada jalur ini ada beberapa bagian yang telah dibangun trotoar kayu dan jika beruntung kamu akan menemukan tupai bermain di dekat trotoar. Saat kamu berputar balik maka kamu dapat melihat dan mendengar suara Air Terjun Wraith di kejauhan.

6. The Window Trail – Taman Nasional Big Bend

The Window Trail – Taman Nasional Big Bend
  • Lokasi: 1 Panther Junction, Big Bend National Park, TX 79834, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $12-$30

Jalur hiking The Window merupakan jalur hiking yang terdapat dalam Taman Nasional Big Bend di Dakota Selatan. Jalur ini merupakan jalur paling mudah yang terdapat di taman nasional ini. Jalur hiking-nya berawal dari tempat parkir tempat penginapan Chisos Basin. Jalur ini sangat populer terutama selama musim panas.

Jalur dari The Window  akan melewati jalur yang dipenuhi oleh semak yang berbunga, tempat air sungai mengalir, sehingga ditumbuhi banyak tanaman hijau. Menikmati jalur ini disarankan di waktu pagi hari, karena cuacanya tidak terlalu terik sehingga saat kamu tidak akan menuruni bukitnya. Selain itu jangan lupa untuk membawa air minum agar tidak terjadi dehidrasi.

7. Sunrise Nature Trail – Taman Nasional Gunung Rainier

Sunrise Nature Trail – Taman Nasional Gunung Rainier
  • Lokasi: 55210 238th Avenue East, Ashford, WA 98304, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $15-$60

Jalur hiking Sunrise merupakan jalur yang menawarkan pemandangan yang membuat kamu terpesona saat melihatnya. Saat musim panas kamu dapat melihat padang rumput di pegunungannya dipenuhi dengan bunga liar.

Selain itu kamu juga dapat melihat pemandangan dari Gunung Rainier dan juga Gleser Emmons yang memesona di jalur ini. Titik di jalur Sunrise juga menawarkan pemandangan lembah di sekitar gunung yang menjadikan jalur ini paling banyak diminati.

Jalur hiking yang indah ini dapat diikuti oleh semua tingkatan dari pemula hingga yang profesional. Terkadang di jalur ini kamu dapat bertemu dengan beruang hitam dan juga marmut lucu. Jika kamu ingin melihat indahnya matahari terbit di jalur ini, sebaiknya datang lebih awal. Hal inilah yang menjadikan jalur ini diberi nama jalur Sunrise.

8. Cook Meadow Loop Trail – Taman Nasional Yosemite

Cook Meadow Loop Trail – Taman Nasional Yosemite
  • Lokasi: Yosemite National Park, Cook Meadow Loop Trail, California 95389, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $20-$35

Jalur hiking di Cook Meadow Loop merupakan jalur hiking yang melingkar dengan jaraknya sekitar 1,6 kilometer. Jalan di jalur ini datar tidak dapat jalur yang menanjak, bahkan jalur ini dapat dilalui oleh pengguna kursi roda.

Jalurnya pendek tetapi menawarkan pemandangan yang luar bisa indah dari Air Terjun Yosemite, formasi batu Sentinel, serta padang rumput yang menjadi jalur hiking-nya.

Padang rumput yang menjadi tempat kamu berjalan di beri trotoar kayu sehingga kamu dapat berjalan membelah padang rumput dan tidak merusak ekosistem yang terdapat di padang rumputnya. Jalur ini juga akan membawamu pada jalur yang lainnya yang terbilang cukup mudah juga yaitu jalur Lower Yosemite Fall.

9. Balanced Rock Trail – Taman Nasional Arches

Balanced Rock Trail – Taman Nasional Arches
  • Lokasi: Arches National Park, Grand County, Utah, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $15-$30

Jalur hiking Balance Rock berada di kawasan Taman Nasional Arches, tepatnya berada di dasar formasi batuan yang memukau. Balance Rock adalah sebuah fenomena yang luar biasa dari sebuah batu raksasa dapat berdiri seimbang dengan di alas batu yang lebih tipis. Batunya berdiri dengan ketinggian 39 meter. Batu ini akan mengalami keruntuhan seiring dengan erosi yang terus berlangsung.

Jalur Balance Rock  berbentuk melingkar dengan jarak sekitar 0,3mil. Titik awal dari jalur ini datar dan juga beraspal. Dari kejauhan kau dapat melihat The Window dan juga Pegunungan La Sal. Jalur Balance Rock juga merupakan jalur yang ideal untuk melihat bintang-bintang serta menangkapnya keindahan malamnya dengan melakukan  kegiatan fotografi.

10. Spruce Nature Trail to Hoh River - Taman Nasional Washington Olympic

Spruce Nature Trail to Hoh River - Taman Nasional Washington Olympic
  • Lokasi: 3002 Mount Angeles Road, Port Angeles , WA 98362, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: $15-$30

Rimbunya pepohonan tua  yang banyak ditutupi lumut yang terdapat di Taman Nasional Washington Olympic mengelilingi sebuah sungai yang bernama Sungai Hoh. Tempatnya memiliki banyak jalur yang menarik, tetapi untuk jalur pemula terdapat jalur yang biasa disebut dengan jalur Spruce Nature. Jalurnya berbentuk melingkar dengan jarak sekitar 1,2 mil.

Jalur hiking ini dapat kamu jelajahi bersama dengan anggota keluarga, bahkan dengan anak yang masih kecil. Sebagian orang berpendapat bahwa jalur ini dapat mengedukasi keluarga. Jalur ini juga terbilang jalur yang cukup ramai jadi, datang lebih awal untuk suasana yang jauh lebih tenang. Para pengunjung senang berjalan di antara pepohonan yang tinggi dan juga sungainya sangat indah.

Itulah beberapa jalur hiking yang dapat kamu coba saat kamu ada di Amerika. Jalur terbilang sangat mudah dan juga Jaraknya pun tidak terlalu jauh. Tempatnya cocok sekali untuk yang baru pertama kali hiking atau untuk yang memiliki anak kecil. Walau jalurnya pendek, tetapi pemandangannya tetap sama indahnya.

Hiking di beberapa tempat Amerika memungkinkan kamu untuk bertemu dengan satwa liar termasuk beruang sehingga selalu disarankan untuk membawa sprei untuk manghalau beruang.

Semua jalur hiking di Amerika ini termasuk dalam kawasan taman nasional. Masih banyak lagi jalur hiking yang bagus di Amerika. Tertarik untuk mencobanya? Jalur mana yang kamu suka?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram