8 Jalur Hiking Terbaik untuk Menikmati Keindahan Jepang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Anime dan kemajuan teknologi yang mungkin membuat Jepang menjadi negara yang amat dikenal di dunia, selain karena kebudayaannya juga tentunya. Tetapi jarang yang mengenal bahwa Jepang memiliki hampir ratusan jalur hiking yang menunggu untuk dijelajahi. Tak hanya Gunung Fuji saja yang merupakan jalur hiking yang terbaik, ada begitu banyak jalur hiking yang luar biasa.

Siap-siap untuk para pencinta hiking, tempat tempat hiking berikut ini menawarkan keindahan lain dari Jepang. Jalur-jalurnya terdiri dari level mudah, menengah, hingga sulit. Alam yang disajikan di sepanjang jalur hiking pun benar-benar menakjubkan. Berikut ini beberapa jalur hiking terbaik di Jepang yang harus kamu coba.

(Baca juga: Tempat wisata di Jepang)

1. Jalur Hiking Gunung Fuji

Jalur Hiking Gunung Fuji
  • Lokasi: Yamanashi and Shizuoka Prefectures, Jepang
  • Musim dan Waktu Terbaik: Juli - September
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Sulit

Gunung Fuji memiliki ketinggian sekitar 12.388 mdpl, dan menjadi sebuah ikon yang terkenal dari negara Jepang. Gunung ini masih aktif hingga kini, dan menjadi satu destinasi hiking yang terkenal di Jepang. Tak hanya indah tapi di jalur ini juga kamu harus berhati-hati, di ketinggian udara akan semakin menipis sehingga membuatmu sulit untuk bernafas.

Jalur menuju Gunung Fuji diberi  kode warna untuk setiap jalurnya. Jalur Yoshida diberi warna kuning, Jalur Subashiri warna merah, Jalur Gotemba warna hijau, dan terakhir jalur Fujinomiya warna biru. setiap jalur memiliki medan yang beragam dan waktu tempuh yang berbeda pula.  Jalur Yoshida merupakan jalur hiking yang paling  terkenal dari empat jalur lain menuju Gunung Fuji.

Jalur hiking di Gunung Fuji memiliki jalur naik dan turun yang berbeda walau ada jalur naik dan turun yang sama seperti pada Jalur Fujinomiya. Karakteristik dari setiap jalur dapat kamu lihat di official Fuji Climb website. Di situs ini kamu dapat melihat jalur yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

2.  Jalur Hiking Ziarah Kumano Kodo

Jalur Hiking Ziarah Kumano Kodo
  • Lokasi: Kitayama, Fujinomiya, Shizuoka Prefecture 418-0112, Jepang
  • Musim dan Waktu Terbaik: Sepanjang Tahun
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Medium - Sulit

Jalur Kumano Kodo merupakan jalur yang biasanya digunakan oleh para peziarah, dan telah digunakan sekitar 1000 tahun lamanya.  Pada jalur ziarah ini terdapat tiga buah kuil yang menjadi pusat dari perjalanan religius ini. Ketiga kuil tersebut adalah Hongu Taisha, Hayatama Taisha, dan Nachi Taisha, ketiganya biasanya disebut dengan Kumano Sanzan.

Ada sekitar lima jalur untuk hiking di Kumano Kodo ini, dan yang paling terkenal di antara kelimanya adalah Nakaheci. Jalur Nakahechi merupakan jalur yang masih terjaga hingga kini dengan jalan melewati hutan dan juga perkampungan. Jalur ini biasanya membutuhkan waktu lima hari, tetapi kamu juga bisa mengambil jalur yang lebih pendek.

Jalur yang lebih pendek dapat kamu pilih dengan menggunakan bus untuk mencapai jalur awal dan akhir yang diinginkan. Di jalur ini juga kamu dapat melihat air terjun tertinggi di Jepang yaitu Air Terjun Nachi. Kamu juga dapat beristirahat di sebuah onsen atau pemandian air panas yang terkenal dari jalur ini.

3. Jalur Gunung Takao

Jalur Gunung Takao
  • Lokasi: Takaomachi, Hachioji, Tokyo 193-0844, Jepang
  • Musim dan Waktu Terbaik: Sepanjang Tahun (Terbaik musim semi dan gugur)
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Mudah - Medium

Jalur hiking ini cukup dekat jaraknya dari Kota Tokyo dan merupakan jalur hiking yang sangat populer, termasuk para pejalan kaki dari negara asing. Hal ini dikarenakan tempatnya memiliki akses yang cukup mudah dan juga karena infrastrukturnya yang banyak seperti kereta gantung dan juga lift. Selain itu jalur naik dan juga turunnya hanya memakan waktu 1 jam setengah untuk satu kali jalan.

Ada beberapa jalur hiking menuju Gunung Takao, tetapi jalur No.1 merupakan jalur yang paling banyak dipilih oleh pengunjung. Hal itu karena jalur ini jalannya sudah beraspal serta melewati beberapa situs penting. Sedangkan jalur yang lain jalannya lebih sempit dan belum beraspal.  Jaraknya yang dekat dengan Tokyo membuat jalur ini terbilang ramai disaat akhir pekan.

Jalur Gunung Takao termasuk jalur yang bagus untuk melihat bunga sakura mekar dan juga tempat melihat perubahan warna daun selama musim gugur. Jika kamu ingin menghindari keramaian maka sebaiknya datang di saat hari biasa jika ingin melihat keindahan bunga sakura.

4. Jalur Hiking Nakasendo

Jalur Hiking Nakasendo
  • Lokasi: Kyoto, Tokyo, Jepang
  • Musim dan Waktu Terbaik: Musim semi dan gugur, Maret-Mei dan Agustus-Oktober
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Mudah - Medium

Jalur hiking Nakasendo merupakan jalur pos tua yang menghubungkan Kyoto yang merupakan ibu kota kuno dengan Edo yang saat ini disebut dengan Tokyo. Jalur panjang ini dapat dikatakan sebagai jalur yang bersejarah, kamu dapat melakukan mengikuti seluruh jalurnya atau juga hanya sebagian saja.

Jalur Nakasendo merupakan jalur paling populer diantara para turis lokal maupun mancanegara. Jalannya yang berkelok-kelok menawarkan pemandangan pegunungan, pedesaan, hutan kuno, dan juga sungai kecil. Walaupun jalurnya telah menjadi daerah turisme, tetapi jalur ini masih menawarkan jalur yang kaya sejarah dan juga budaya yang masih otentik.

5. Jalur Hiking Ziarah Shikoku Henro

Jalur Hiking Ziarah Shikoku Henro
  • Lokasi: Tokushima Prefecture, Kochi Prefecture, Ehime Prefecture, Kagawa Prefecture, Jepang
  • Musim dan Waktu Terbaik: Maret – Mei, Oktober - November
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Mudah

Jalur hiking yang satu ini terbilang cukup panjang sekitar 745 mil panjangnya. Jalur ini juga merupakan jalur yang biasa digunakan oleh para peziarah untuk mengunjungi 88 kuil Budha yang bertujuan untuk mendapat pencerahan. Kamu dapat mengikuti seluruh jalurnya atau juga mengikuti sebagian jalur saja.

Jalur ziarah ini memerlukan waktu satu hingga dua bulan untuk selesai. Jalur  ziarah ini melewati empat prefektur dengan  setiap prefektur memiliki fungsi pada setiap jalurnya. Jalur Prefektur Tokushima memiliki fungsi kebangkitan, jalur Prefektur Kochi berfungsi pelatihan petapa, Jalur Prefektur Ehime bermakna Pencerahan, dan Jalur Prefektur Kagawa bermakna Surga.

6. Jalur Hiking Daisetsuzan

Jalur Hiking Daisetsuzan
  • Lokasi: Sounkyo, Kamikawa, Kamikawa District, Hokkaido Prefecture 078-1701, Jepang.
  • Musim dan Waktu Terbaik: Juli - September
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Medium-Sulit

Daisetsuzan merupakan sebuah taman nasional terbesar di Jepang dengan ukuran sekitar 888 mil persegi. Daisetsuzen memiliki banyak jalur hiking yang pastinya disenangi para pencinta hiking. Penggemar kegiatan hiking dapat melintasi jalur yang disebut dengan Daisetsuzan Grand dengan waktu tempuh sekitar 5-7 hari.

Jika kamu hanya punya waktu sebentar, kamu dapat mengikuti jalur hiking Ashi-dake  menuju puncak tertinggi di Hokkaido. Perjalan ini dapat kau tempuh sekitar 2-3 jam untuk sekali jalan. Hiking di Daisetsuzan memungkinkan kamu untuk melihat berbagai binatang dari burung hingga rusa Ezo yang langka. Tetapi kamu juga harus berhati-hati karena dapat saja bertemu dengan beruang coklat.

7.  Jalur Hiking Gunung Yakushima

Jalur Hiking Gunung Yakushima
  • Lokasi: Kumage District, Kagoshima Prefecture, Jepang
  • Musim dan Waktu Terbaik: Musim semi, panas, dan musim gugur
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Menengah-Sulit

Yakushima merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan dari pesisir pantai Kyushu. Jalur hiking ini merupakan jalur untuk para pecinta alam. Jalur Yakushima memiliki hutan yang masih belum tersentuh. Hutannya bahkan menjadi inspirasi untuk sebuah anime ternama Princess Mononoke yang dibuat oleh Studio Ghibli.

Jalur Shiratani Unsuikyo merupakan hutan yang jadi inspirasi dari anime Princess Mononoke. Hutannya yang mistis dan beriklim basah, terdapat sungai yang mengalir, serta lapisan lumut hijau yang menghiasi hutan. Selain itu kamu juga dapat melihat pohon cedar yang usianya diperkirakan telah mencapai 1000 tahun. Jangan lewatkan keindahan lainnya dari Yakushima saat kamu hiking.

8.  Jalur Hiking Kamikochi

Jalur Hiking Kamikochi
  • Lokasi: Matsumoto, Nagano Prefecture 390-1520, Jepang.
  • Musim dan Waktu Terbaik: Pertengahan Mei- Juli (Musim semi, panas, gugur)
  • Tingkat Kesulitan Jalur: Mudah-Sulit

Jalur hiking Kamikochi masuk ke dalam bagian Taman Nasional Chubu Sangaku, tepatnya berada di sebuah lembah Sungai Azusa dengan ketinggian sekitar 1500 mdpl. Tempat ini juga sering dikatakan keindahannya hampir mirip dengan Lembah Yosemite di Amerika serikat. Di jalur ini hanya dapat ditempuh dengan bis atau taksi, sedangkan mobil pribadi dilarang masuk.

Jalur hiking yang mengikuti aliran Sungai Azusa dari Kolam Taisho menuju Jembatan Myojin memiliki jalur yang lebih datar. Jalurnya yang datar sehingga tak memerlukan pengalaman lebih untuk menapaki jalur ini. Hiking di Kamimochi memungkinkan kamu untuk melihat perubahan warna daun pada pepohonan di saat musim gugur tiba.

Itulah beberapa jalur hiking yang paling terkenal di Jepang. Biasanya setiap gunung memiliki lebih dari satu jalur hiking. Setiap jalurnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu sebelum kamu pergi hiking. Selain itu terkadang jalur turun dan jalur naik berbeda sehingga pastikan juga sebelum pergi hiking sehingga tidak tersesat.

Selain itu ada baiknya kamu mengetahui waktu yang terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat hiking tersebut agar kamu dapat mengenakan pakaian dan juga peralatan yang sesuai. Jalur-jalur hiking ini cukup menantang bukan? Apakah kamu tertarik untuk mencoba jalur hiking ini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram