10 Jembatan Terpanjang di Dunia. Ada yang Terbuat dari Kaca!

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jembatan merupakan struktur yang dibangun untuk menjadi jalan agar bisa melewati hambatan fisik. Hambatannya bisa berupa apa saja, seperti sungai, lembah atau jalan yang biasanya berbahaya untuk dilintasi.

Tiap jenis jembatan mememiliki fungsi yang berbeda. Selain itu, jembatan juga memiliki desain yang bervariasi bergantung pada sifat medan, fungsi struktur, dan bahan yang digunakan.

Jembatan Arkadiko merupakan jembatan pertama kali. Arkadiko dibangun pada abad ke-13 SM. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung tertua yang diketahui masih digunakan. Sekarang ini jembatan panjangnya bisa sampai 150 km dan menanggung beban berat berkat kemajuan desain teknik dan bahan.

Keluyuran sudah merangkum untuk kamu daftar jembatan terpanjang di era modern. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Danyang – Kunshan Grand Bridge

Danyang – Kunshan Grand Bridge

Jembatan ini dibangun di tahun 2010 dan panjangnya adalah 169 km. Danyang – Kunshan Grand Bridge merupakan bagian dari proyek Kereta Api Berkecepatan Tinggi Beijing-Shanghai. Jembatan Danyang-Kunshan beroperasi antara Shanghai dan Nanjing, kota tetangga.

Kedua kota ini terletak di Delta Sungai Yangtze, yang merupakan salah satu tempat lahirnya peradaban, selain Sungai Kuning. Delta ini merupakan rumah bagi sekitar 140 juta orang, dan merupakan mesin pertumbuhan, produktivitas, dan kreativitas ekonomi Tiongkok.

Pada Juni 2011 jembatan Danyang – Kunshan Grand Bridge resmi dibuka. Dibutuhkan waktu 4 tahun untuk membangun struktur ini. Tenaga kerja yang bekerja membangun jembatan ini terdiri dari 10.000 orang. Keseluruhan proyek menghabiskan biaya hampir $ 8,5 miliar.

Jembatan ini berdiri di atas 2.000 pilar dan 450.000 ton struktur baja. 9 km jembatan ini membentang di atas Danau Yangcheng. Selain itu, jembatan ini juga cukup kuat untuk menahan dampak langsung dari kapal angkatan laut dan bencana alam, contohnya topan dan gempa bumi berkekuatan 8 skala richter.

2. Changhua-Koahsiung Viaduct

Changhua-Koahsiung Viaduct

Changhua-Koahsiung Viaduct merupakan jembatan terpanjang di dunia lainnya. Jembatan ini berada di negara Taiwan. Panjangnya selisih sekitar tujuh kilometer dibandingkan Jembatan Danyang-Kunshan. Jembatan Changhua-Koahsiung panjangnya 157 km.

Jembatan ini merupakan bagian penting dari jalur Kereta Berkecepatan Tinggi Taiwan. Changhua-Koahsiiung Viaduct selesai dibangun pada 2007 dan dibangun dengan mengikuti kriteria anti-seismik yang ketat mengingat wilayah geografis tertentu antara Baguazhang dan Zuoying.

Changhua-Kaohsiun membentang dari Baguashan di Kabupaten Changua, daratan Taiwan hingga Distrik Zuoying, Taiwan selatan. Jembatan itu telah mengangkut lebih dari 200 juta penumpang sejak 2012 dan berfungsi sebagai jembatan untuk jalur kereta api dari jaringan Kereta Cepat Taiwan.

3. Tianjin Grand Bridge

Tianjin Grand Bridge

Selesai pada tahun 2010, Tianjin Grand Bridge, yang secara resmi dibuka pada tahun 2011. Tianjin, kota terbesar keempat di Cina, berada di sepanjang pantai dan di antara Beijing dan Shanghai. Kota-kota ini merupakan kota kelas dunia dengan masa depan yang luar biasa.

Jarak jembatan ini 113,7 km antara Langfang dan Qingxian bagian dari kereta api Beijing-Shanghai. Pada tahun 2011 jembatan ini dicatat oleh Guinness World Records sebagai terpanjang kedua di dunia. Jembatan ini membentang antara kota Langfang dan Qingzian, lokasi utamanya adalah kota Hebei di Tianjin.

Butuh waktu 4 tahun untuk menyelesaikannya. Jembatan ini mempunyai desain jalur layang agar memperpendek masa konstruksi dan menghindari beberapa struktur individu untuk persimpangan jalan kereta api dan jalan. Isi jembatan ini adalah girder tubular sepanjang 32 meter.

4. Cangde Grand Bridge

Cangde Grand Bridge

Cangde Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang di Cina lainnya. Panjangnya 105.81 km. Seperti halnya Danyang-Kunshan Grand Bridge, Cangde Grand Bridge juga berada di sepanjang jalur kereta kecepatan tinggi Beijing-Shanghai. Jumla total pilar 3.092 dan selesai pada 2010.

Cangde Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang ketiga di Beijing-Shanghai High-Speed ​​Railway. dan dirancang untuk menahan gempa besar. Tanah di sekitar tiang merupakan tanah liat berlumpur, tanah liat, tanah berlumpur dan pasir berlumpur.

5. Weinan Weihe Grand Bridge

Weinan Weihe Grand Bridge

Jembatan Weinan Weihe merupakan bagian dari kereta api kecepatan tinggi Zhengzhou-Xi. Panjang jembatan ini sekitar 79,7 km, melewat Sungai Wei dua kali, dan beberapa sungai lainnya, dan melewati transportasi lainnya. Selesai pada tahun 2008, jembatan ini menjadi salah satu jembatan terpanjang.

Namun pada tahun 2010, jembatan ini dikalahkan oleh jembatan Danyang –Kushan dan jembatan Tianjin yang beroperasi secara resmi pada tahun 2010. Kedua jembatan ini juga digunakan untuk kereta api berkecepatan tinggi.

6. Bang Na Expressway

Bang Na Expressway

Bang Na Expressway merupakan jalan raya layang setinggi enam lajur 54 kilometer yang dipunyai oleh Express Authority of Thailand. Jembatan ini merupakan jembatan gaya layang yang dibuat dari beberapa bentang kecil, dengan tiap bentang berisi balok yang adalah girder berbentuk kotak berlubang.

Pembangunan jembatan ini dimulai pada 1995 dan waktu penyelesainnya menghabiskan 5 tahun. Dibutuhkan sekitar 1.800.000 meter kubik beton untuk pembangunan jembatan ini. Keseluruhan proyek menghabiskan biaya lebih dari US $ 1 miliar. Panjang jembatan ini sekitar 54 km.

Tujuan pembangunan Bang Na Express adalah untuk memecahkan kemacetan lalu lintas di Bangkok. Walaupun untuk melintas di tersebut dikenakan biaya, Bang Na tetap dilewati para pengemudi sejak dibuka. Jembatan ini telah menarik banyak wisatawan dalam 2 dekade terakhir karena panoramanya.

7. Beijing Grand Bridge

Beijing Grand Bridge

Panjang jembatan Beijing Grand Bridge sekitar 48,15 km, dan berlokasi di Beijing. Jembatan ini menghubungkan Beijing ke Shanghai. Beijing Grand Bridge melayani transportasi kereta api berkecepatan tinggi. Selesai pada tahun 2010, jembatan ini dibuka secara resmi pada 2011.

Beijing Grand Bridge merupakan jembatan panjang di Beijing-Shanghai High-Speed ​​Railway. Ada bagian lengkungan kotak baja sepanjang 108 meter, yang saat ini merupakan salah satu jembatan lengkungan baja terbesar di jalur kereta api Tiongkok.

8. Lake Pontchartrain Causeway

Lake Pontchartrain Causeway

Lake Pontchartrain Causeway ide awalnya berasal dari awal abad ke-19. Sebuah ide yang, karena terus menggunakan layanan feri di Louisiana, akhirnya mulai membuahkan hasil di abad ke-20. Jembatan ini, yang panjangnya sekitar 38 km, secara resmi dibuka pada tahun 1956.

Putaran kedua pekerjaan konstruksi baru selesai pada tahun 1969 dan menelan biaya keseluruhan $ 76 juta. Walaupun jembatan ini bisa menampung sekitar 50.000 kendaraan per tahun pada pembukaan aslinya, per tahunnya kira-kira 12 juta penumpang mengakses jembatan ini.

Lebih dari 9.000 tiang beton digunakan untuk membangun jembatan ini. Lake Pontchartrain Causeway telah mengurangi waktu perjalanan antara New Orleans dan daerah metropolitan New Orleans, dan telah menjadi Tempat Bersejarah Teknik Sipil Nasional.

9. Jembatan Metro Wuhan

Jembatan Metro Wuhan

Jembatan Metro Wuhan menghubungkan Wuhan, kota besar Tiongkok yang berpenduduk 10,6 juta. Wuhan, yang berada di provinsi Hubei merupakan kota kelima di Cina yang memiliki jalur kereta metro. Jembatan ini dibangun pada 2009. Panjang jembatan sekitar 37,8 km.

Jalur 1 selesai pada tahun 2004 dan karena lokasi Wuhan berada di sepanjang sungai Han dan Yangtze, jalur ini membentang di atas sejumlah besar air. Wuhan merupakan pusat transportasi utama di Cina dan ibu kota masa perang negara itu ketika zaman invasi Jepang.

10. Jembatan Rawa Manchac

Jembatan Rawa Manchac

Jembatan Rawa Manchac merupakan jembatan trestle beton kembar di Louisiana, negara bagian A.S. Total panjangnya 22,80 mil atau 36,7 km. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan di atas air terpanjang di dunia. Manchac Swamp Bridge merupakan jembatan terpanjang pada sistem antar negara.

Beberapa mengklaim Manchac Swamp Bridge adalah jembatan jalan tol hambatan terpanjang di dunia. Jembatan ini membentang di rawa yang konon dihantui Rougarou, yaitu manusia serigala Cajun, juga dikenal sebagai loup-garou, dan seorang putri voodoo.

Walaupun pada tahun 1976 Jembatan Manchac sebelumnya mengalami keruntuhan fatal, struktur saat ini berhasil melawan kutukan itu dan tetap stabil. Berkendara di jembatan ini cukup aman meskipun ada legenda kutukan, tapi perenang rawa harus waspada terhadap buaya sungguhan yang ada di dalamnya.

Hmm…sepertinya jembatan-jembatan yang ada di Indonesia belum masuk dalam daftar jembatan terpanjang di dunia. Jembatan-jembatan ini tak hanya sebagai alat penghubung tapi juga menjadi objek wisata yang menarik, contohnya jembatan kaca di Cina yang menantang. Berminat untuk mengadu nyali di jembatan kaca Zhangjiajie?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *