Jendela Alam, Wisata Bermain Anak Sambil Belajar dari Alam

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jendela Alam adalah salah satu tempat seru untuk si kecil bermain di alam sambil belajar. Tentu bukan belajar seperti membaca buku, menulis, atau berhitung. Akan tetapi lebih mengasah kemampuan motorik dan juga kesukaan anak-anak.

Serunya, wisata edukasi di Bandung ini bisa didatangi perorangan atau rombongan. Kegiatannya juga dikemas menarik yang bisa menarik minat si kecil. Selain itu, udara sejuk bisa membuat si kecil lebih betah untuk berkegiatan.

Wahana atau Spot Populer

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Jendela Alam. Tentu saja semua aktivitasnya berhubungan dengan alam. Penasaran dengan kegiatan serunya? Simak ulasannya, ya!

1. Belajar dari Alam di Jendela Edukasi

Belajar dari Alam di Jendela Edukasi

* sumber: bandung.panduanwisata.id

Kegiatan pertama yang bisa kamu coba ada Jendela Edukasi. Pada dasarnya, Jendela Edukasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan alam. Di sini kamu bisa berkeliling dengan pemandu untuk melihat Jendela Hewan dan juga Jendela Tumbuhan yang ada di Jendela Alam.

Dari sini kamu bisa melihat tumbuhan tanaman obat, greenhouse hidroponik, rumah jamur tiram, kebun konvensional, sampai greenhouse tomat ceri. Lalu pada Jendela Hewan, siapkan diri bertemu dengan ayam kampung arab, reptil, kelinci, serta rusa totol.

Tak hanya mengunjunginya, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang ada di sini. Kegiatan ini dinamakan Tour Sahabat Alam.

Selain Tour Sahabat Alam, pada kegiatan Jendela Edukasi, kamu juga bisa memilih berkebun konvensional. Di sini kamu bisa bertanam seperti petani dan dipinjami alat bercocok tanam. Tenang saja, akan ada fasilitator yang akan memandu kegiatan ini.

Kalau lebih menyukai hal menantang, bisa memilih kegiatan berburu harta karun. Pada kegiatan ini, kamu akan bekerja sama dalam kelompok lalu diberikan peta serta petunjuk awal. Petunjuk ini akan mengarah ke petunjuk lainnya yang sampai akhirnya bisa memecahkan teka-teki harta karun tersebut.

Hanya itu saja? Tentu tidak! Ada banyak kegiatan seru lain yang bisa dilakukan, seperti panen telur, bercocok tanam terrarium, panen tomat ceri, memberi makan hewan, membuat yoghurt, membuat telur asin, sampai membuat cincau. Kamu tinggal pilih kegiatan mana yang bisa membuat si kecil senang melakukannya.

2. Latih Ketangkasan dengan Jendela Permainan

Latih Ketangkasan dengan Jendela Permainan

* sumber: www.traveloka.com

Kegiatan seru lain yang bisa kamu pilih selanjutnya ada Jendela Permainan. Jendela Permainan cocok sekali untuk si kecil yang aktif bergerak dan senang dengan hal menantang. Pasalnya, si kecil bisa mencoba tangkap ikan mas ukuran standar, perang air, menggiring bebek, berkuda, sampai flying fox.

Selain itu, ada mini waterbom yang bisa digunakan untuk berenang sepuasnya. Semua ini dilakukan dengan ditemani oleh fasilitator. Kegiatan tersebut bisa juga ditambah dengan Fun Games.

Dalam Fun Games ini biasanya dilakukan secara berkelompok dan dilakukan oleh remaja sampai dewasa. Kegiatan seru yang dilakukan berupa balloon transfer, floating water stick, four stock race, magic ball, balloon race, fun hula, sampai tarik tambang.

 3. Serunya Jendela Workshop

Serunya Jendela Workshop

Bila kamu memiliki anak dalam fase remaja, bisa memilih mengikuti Jendela Workshop di Jendela Alam. Kegiatannya seru dan juga memberikan ilmu pengetahuan baru buat anak-anak.

Bedah anatomi hewan adalah salah satu kegiatannya. Di sini, peserta akan diberikan penjelasan secara langsung mengenai anatomi hewan dari organ sampai sistem yang ada dalam hewan tersebut. Kalau si kecil berpikir untuk menjadi dokter hewan, kegiatan ini bisa direkomendasikan.

Selain itu, ada kegiatan workshop hidroponik, biogas, fase telur, komposting, sampai magic box takakura. Harapannya, peserta yang mengikuti bisa mendapatkan ilmu baru secara langsung sekaligus bisa mengaplikasikannya setelah kembali ke rumah.

 4. Asah Kreativitas dalam Jendela Seni

Asah Kreativitas dalam Jendela Seni

* sumber: jejakpiknik.com

Coba perhatikan apakah si kecil memiliki jiwa seni yang tinggi. Bila iya, Jendela Seni bisa kamu pilih untuk mengasah kreativitas si kecil. Si kecil akan melakukan kegiatan bertema seni di area pendopo. Lalu akan diberikan layang-layang dan juga alat mewarnai. Si kecil bisa dengan bebas melukisnya.

Selain melukis layang-layang, si kecil juga bisa menghias tanah liat yang sudah dicetak lalu bisa dibawa pulang, bahkan bisa membuat prakarya organik menggunakan daun kering, lem, kayu, serta tali. Nanti prakarya ini akan diberikan bingkai dan bisa dibawa pulang. Seru ya? 

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

* sumber: www.pergidulu.com

Jendela Alam memang bisa didatangi secara rombongan atau perorangan. Bila datang secara perorangan, kamu bisa langsung datang saja. Akan tetapi bila datang secara rombongan sebaiknya lima hari sebelum kunjungan sudah menghubungi pihak pengelola dari tempat wisata ini.

  • Harga Tiket Masuk: Rp20.000 (Senin – Jumat), Rp25.000 (Sabtu, Minggu, Libur, serta High Season)
  • Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 08.30 – 16.00 WIB. Sabtu, Minggu, serta Libur, pukul 08.30 – 16.30

Selanjutnya siapkan uang sesuai dengan harga tiket masuk yang sudah ditetapkan. Tiket masuk yang sudah kamu bayar ini belum dengan kegiatan yang akan kamu pilih. Masing-masing kegiatan dikenakan dengan tarif berbeda dan masih terjangkau.

Berkuda, tangkap ikan, becak mini, animal feeding, serta membuat tanah liat dikenakan harga tambahan sebesar Rp20.000. Sedangkan berenang, menghias tanah lihat, flying fox mini serta Segway ada tambahan biaya sebesar Rp25.000.

Kalau ingin mencoba flying fox big ada tambahan sebesar Rp35.000 begitu pula dengan menghias akuarium. Namun, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Akan tetapi bila ingin menghemat bisa membeli tiket terusan sebesar mulai dari Rp100.000 untuk 5 permainan atau mulai dari Rp200.000 untuk 8 permainan.

Fasilitas di Jendela Alam

Fasilitas di Jendela Alam

Selain memberikan kegiatan yang bermanfaat dan edukatif, Jendela Alam juga memberikan fasilitas dasar yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

1. Lahan Parkir

Walau berada di dalam kompleks, Jendela Alam memberikan lahan parkir yang mumpuni untuk semua jenis kendaraan.

2. Tempat Makan

Jendela Alam tidak memperbolehkan pengunjung membawa makanan dari luar. Namun, pengelola memberikan area tempat makan yang menjual berbagai menu untuk dinikmati para pengunjung seperti nasi timbel, lotek, soto ayam, dan sebagainya.

3. Fasilitas Lain

Memang tak ada toko souvenir tapi kamu bisa membawa pulang beberapa hal yang sudah kamu lakukan dari kegiatan yang dipilih, terutama kegiatan yang ada di Jendela Seni. Untuk toilet tersedia bersih begitupula dengan mushola. Akan tetapi tak ada ruang menyusui dan wi-fi.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: www.hargatiket.net

Akses jalan ke Jendela Alam cukup mudah dengan jalan cukup rata namun menanjak. Kalau memutuskan untuk menggunakan angkutan umum sebenarnya cukup sulit untuk masuk ke dalam. Lebih direkomendasikan menggunakan taksi online.

Bila menggunakan kendaraan pribadi bisa mengarahkan ke arah Lembang lalu menuju kawasan Parongpong. Selanjutnya kamu akan menemukan gerbang kompleks Graha Puspita lalu masuk ke dalam. Ada papan petunjuk yang memberi tahu lokasi tepat tempat ini berada.

  • Alamat: Kompleks Graha Puspa, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat
  • Telepon: (022) 2788513

Hotel di Sekitar Jendela Alam

Hotel di Sekitar Jendela Alam

* sumber: www.pergidulu.com

Kawasan sekitar Jendela Alam cukup menggoda untuk dikunjungi. Kamu bisa memutuskan memilih penginapan di sekitar Lembang atau sekitar berjarak lebih 500 meter dari Jendela Alam.

The Green Forest Resort adalah tempat menginap pertama yang bisa kamu pilih. Fasilitasnya berupa kolam renang, lahan parkir, akses wi-fi, restoran, sarapan, serta ramah anak. Hotel bintang tiga ini bisa kamu nikmati dengan rate mulai Rp586.000 per malam per kamar.

The Peak Home bisa dijadikan pilihan kedua untuk kamu menginap di kawasan Parongpong. Butik hotel satu ini memiliki fasilitas berupa kolam renang, wi-fi, area parkir, bar, dan dapur di beberapa ruangan. Desainnya yang cantik banyak pengunjung jatuh cinta pada tempat ini. Rate the Peak Home mulai dari Rp500.000 per kamar per malam.

  • The Green Forest Resort (Bintang 3): Jalan Sersan Bajuri Nomor 102, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat – Jarak sekitar 600 meter.
  • The Peak Home (Hotel Butik): Jalan Sersan Bajuri, Kompleks Triniti, Kav I Nomor 1C, Desa Cihideung, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Jendela Alam tak hanya memberikan kesegaran setelah berkunjung tetapi juga pengetahuan. Jangan lupa membawa baju ganti saat berkunjung ke sini dan sebaiknya datang dari pagi agar lebih maksimal bersenang-senang. Setelah itu, ceritakan pengalamanmu berkunjung ke Jendela Alam di kolom komentar di bawah ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *