Jenis-Jenis Kimchi yang Paling Populer di Korea Selatan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kemudian potongan lobak tadi diberi bubuk cabai merah halus untuk menghasilkan warna merah yang sangat pekat. Jangan terkecoh meskipun terlihat pedas tapi rasanya tidak pedas. Kimchi ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula karena biasanya terasa cukup manis dan renyah.

8. Chonggak

Chonggak_

Kimchi chonggak merupakan jenis kimchi yang terbuat dari lobak muda yang diasinkan dan difermentasi. Kata chonggak berasal dari nama lobak muda, Chonggak-mu, yang terlihat seperti ekor kuda. Kimchi ini cocok untuk pecinta pedas.

Bahannya untuk membuatnya yaitu bawang putih, bubuk cabai merah pedas, dan jahe. Karena kimchi ini dihidangkan sebagai lobak utuh serta tak memerlukan banyak proses, maka kimchi ini memiliki kandungan vitamin yang banyak.

9. Pa/Bawang Hijau

Bawang Hijau_

Kimchi pa disebut juga sebagai kimchi daun bawang atau kimchi bawang hijau. Jenis kimchi ini merupakan salah satu jenis kimchi yang umum dimakan orang Korea untuk banchan dan paling terkenal di Provinsi Jeolla.

Kimchi pa menggunakan jjokpa yaitu bawang hijau tebal sedang yang difermentasi sampai matang dalam bubuk gochutgaru atau bubuk cabai merah, bawang putih, jahe, dan diberi bumbu myeolchi jeot, sejenis teri asin. Rasa kimchi ini terkenal pedas.

Bawang hijau dengan bagian besar berwarna putih pas dipakai untuk membuat berbagai jenis kimchi karena memiliki rasa yang manis. Kimchi pa di antara lebih dari 100 jenis Kimchi di Korea dianggap sebagai kimchi yang paling mudah dibuat. Juga, memiliki banyak rasa ketika sudah matang.

Orang Korea Selatan juga menambahkan saeujeot, yaitu udang air asin yang difermentasi atau teri fermentasi, bergantung daerahnya. Hal ini mirip dengan negara di Asia lainya seperti orang Cina yang untuk meningkatkan cita rasa makanan mereka menggunakan kecap ikan.

10. Gat

Gat_

Jenis kimchi ini memakai daun mustard atau gat sebagai bahannya. Gat diberi campuran bubuk cabai pedas, bawang putih, jahe, daun bawang yang diiris halus, dan pasta ikan teri yang difermentasi (opsional).

Terlebih dulu sayuran dipotong kasar sebelum diberi adonan bumbu dan dibiarkan berfermentasi. Gat disukai karena rasa pedas daunnya yang sempurna melengkapi pasta cabai pedas. Biasanya kimchi daun mustard ini dihidangkan sebagai banchan.

11. Yangbaechu

Yangbaechu_

Saat musim panas, ketika kubis napa tradisional sedang tidak di musim puncaknya, yangbaechu atau kubis hijau, bisa digunakan untuk membuat kimchi. Secara alami, yangbaechu memiliki rasa manis dan tekstur yang renyah sehingga bisa menjadi sumber yang baik untuk kimchi.


Berbeda dari kubis napa, yang memerlukan waktu pengasinan yang lama, yangbaechu tidak membutuhkan diasinkan terlalu lama. Cukup sekitar dua jam saja waktu yang diperlukan untuk melunakkan kubis dan mengeluarkan rasanya.

Dibumbui memakai sedikit bumbu, kimchi yangbaechu ini memiliki rasa yang ringan dan menyegarkan. Sebelum menyimpannya di lemari es, simpan kimchi ini pada suhu kamar selama beberapa jam atau semalaman.

Kimchi ini bisa langsung dimakan tapi akan lebih enak jika sudah disimpan  beberapa minggu di lemari es. Karena memiliki bumbu yang ringan, paling baik kimchi ini dikonsumsi dalam waktu 3 sampai 4 minggu.

12. Oi Sobagi

Oi Sobagi_

Kimchi favorit di musim panas ini adalah jenis kimchi yang terdiri dari mentimun yang diasinkan memakai garam atau di-brine atau direndam/diawetkan di air asin dan kemudian diisi dengan pasta kimchi.

Terkadang, mentimun dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang kemudian dilapisi dengan pasta. Biasanya pasta kimchi dalam oi sobagi dibuat dari campuran bubuk cabai, saus ikan atau saus ikan teri, jahe, bawang putih yang diiris halus, daun bawang, serta wortel atau lobak Korea (opsional).

Sekarang kamu sudah menjadi ahli kimchi meskipun baru beberapa jenis kimchi saja yang dijelaskan di atas. Tak hanya pedas, kimchi juga seperti diketahui bagus untuk kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk makan kimchi. Coba deh makan mie instan Korea dengan kimchi seperti dalam drama-drama Korea. Pasti rasanya enak!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram