10 Jenis Pie Manis Amerika yang Dijamin Lezat Rasanya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Pie merupakan hidangan yang menjadi tradisi di daerah Amerika dan Kanada. Hidangan ini simpel dan selalu ada pada perayaan Thanksgiving atau Natal. Penduduk di daerah tersebut selalu menyajikan makanan ini pada perayaan tersebut. Pie ada yang manis dan yang gurih. Jenis pie manis Amerika yang terkenal di antaranya adalah apple pie dan pumpkin pie.

Pie ada yang memiliki tutup di bagian atasnya, ada juga yang terbuka. Jenis pie manis bisa berisi ragam bahan, dari buah-buahan sampai selai kacang. Nah, artikel berikut ini akan membahas mengenai jenis pie manis khas Amerika. Simak, ya.

1. Peach Cobbler

Peach Cobbler_

Pie ini merupakan salah satu makanan penutup musim panas yang klasik. Peach cobbler merupakan pie buah yang memiliki isian buah persik yang harum yang dilapisi dengan adonan biskuit tebal. Penemu makanan penutup ini adalah pemukim Amerika awal pada abad ke-19.

Nama kue ini diberikan berdasarkan penampilannya yang kasar karena pienya terlihat seperti berbatu. Peach cobbler paling pas dinikmati hangat dan sangat cocok dinikmati dengan satu sekop es krim vanila di atasnya.

Ada perayaan National Peach Cobbler Day yang ditujukan untuk menghormati pie yang populer ini dan dirayakan setiap tahun pada 13 April. Selain itu, ada juga beberapa festival buah persik musim panas, contohnya Annual Louisiana Peach Festival di Ruston yang masuk Guiness World Records.

2. Apple Pie

Apple Pie_

Tidak ada yang menyamai wanginya pie apel yang memiliki kulit yang rasanya seperti mentega yang dipanggang dalam oven dan jus buah yang keluar dari sisinya. Makanan penutup ini diisi dengan apel dan bisa dihidangkan panas dan diberi es krim vanilla dingin yang lembut di atasnya.

Sesudah dipanggang, jenis pie manis Amerika ini bisa disimpan di lemari es dan keesokan harinya bisa jadi menu sarapan pagi yang lezat. Menurut majalah Smithsonian ungkapan "sebagai orang Amerika seperti pai apel" sebenarnya asalnya dari iklan setelan jas di awal tahun 1900-an.

Persepsi bahwa pie apel hanya berasal dari Amerika dikarenakan ucapan tentara mereka saat Perang Dunia II. Jadi menurut penjelasan majalah tersebut saat Perang Dunia II, tentara Amerika mengatakan mereka bertempur untuk "ibu dan pie apel" kepada semua orang.

3. Pecan Pie

Pecan Pie_

Untuk penyuka gula dan kacang, kemungkinan besar akan menyukai pie pecan. Jenis pie manis Amerika bagian selatan ini rasanya super manis dan merupakan menu umum yang muncul di meja pada hari Thanksgiving.

Namun, pie ini bisa juga dibuat kapan saja untuk bisa menikmati makanan manis ini sepanjang tahun. Georgia merupakan penghasil pecan (sejenis kacang berwarna cokelat halus) terbesar di Amerika Serikat, dan pasokan yang melimpah membuat para juru masak memasukkannya ke dalam kue.


Menurut penulis The Pecan: A History of America's Native Nut, James McWilliams, resep tersebut sudah jadi makanan pokok di Selatan, khususnya di Atlanta's Magnolia Room di Rich's Department Store. 

Callie Williams, seperti yang dijelaskan McWilliams, bekerja enam hari seminggu membuat kue pie ini di Ruang Magnolia. Selama tahun 1948, Williams sudah memanggang sudah 28.960 buah pie untuk para tamu restoran.

4. Strawberry Rhubarb Pie

Strawberry Rhubarb Pie_

Manisnya stroberi berbaur dengan asamnya rhubarb menghasilkan rasa yang sempurna dalam pie yang lezat ini. Rhubarb adalah tanaman sejenis talas. Pie rhubarb stroberi enak dihidangkan hangat, tapi juga sangat menyegarkan ketika disajikan dengan es krim dingin dari lemari es.

Stroberi dan rhubarb cocok dipadukan karena rasa manis dari stroberi menyeimbangkan rasa asam dari rhubarb. Rasa getir rhubarb hanya meningkatkan rasa manis stroberi. Keseluruhan rasa tidak terlalu manis atau terlalu asam, pas sekali.

Saat memilih rhubarb, carilah batangnya yang keras, tajam, dan berkilau. Ingat untuk menghindari rhubarb yang lemas, yang merupakan tanda bahwa sayuran ini sudah tua.

5. Sugar Pie

Sugar Pie_

Sugar pie atau pie gula merupakan makanan penutup populer di Amerika Serikat, Quebec, Belgia, dan Prancis. Makanan penutup ini terdiri dari pie yang terbuka tanpa top crust, diisi dengan kombinasi sirup maple, gula, mentega, krim, dan sedikit garam. Biasanya pie ini diberi rasa dengan vanila.

Sementara itu kepopuleran pie gula di Kanada ini dikarenakan oleh fakta bahwa banyak imigran dari Prancis Utara dan Belgia yang datang ke Kanada, menemukan sirup maple di sepanjang jalan, yang kadang-kadang merupakan satu-satunya pemanis yang tersedia.

Sekarang ini, di Quebec pie gula jadi favorit di saat liburan. Umumnya pie ini dihidangkan dengan sesendok krim kocok. Di Indiana, ada varian resep pie ini yang disebut sugar pie cream, yang dibuat dengan lebih banyak krim dan tepung sehingga isiannya lebih halus dengan rasa yang agak berbeda.

6. Sweet Potato Pie

Sweet Potato Pie_

Sweet potato pie atau pie ubi jalar merupakan pie tradisional yang berasal dari bagian selatan Amerika Serikat. Pie ini sangat populer di Carolina Utara. Makanan penutup disiapkan sebagai pie yang dibuat terbuka tanpa lapisan atas.

Biasanya bagian dalamnya berisi kombinasi susu, telur, gula, dan ubi tumbuk. Di daerah selatan, pie ini sering diberi rasa dengan menambahkan rempah-rempah seperti vanila atau pala, sedangkan di utara, beberapa suka menambahkan potongan marshmallow di atasnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram