10 Jenis Souffle Prancis untuk Dessert atau Appetizer

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Oktober 2021

Kebanyakan penyuka makanan Prancis kagum dengan soufflé. Namanya berasal dari kata souffler, yang dalam bahasa Prancis berarti 'meledakkan' atau ‘mengembang.’

Dessert Prancis yang sangat populer ini dikenal karena teksturnya yang lembut dan mengembang. Soufflé selalu mengandung dua elemen yaitu puding atau crème patissiere, dan merengue yang terbuat dari putih telur.

Soufflé bisa manis atau gurih. Soufflé manis biasanya memiliki saus di tengah, dan disajikan sebagai makanan penutup. Soufflé gurih sering kali mengandung bahan-bahan seperti keju, kepiting, atau bawang, dan biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka.

Saat ini, ada banyak variasi soufflé seperti, buah ara, kiwi, ayam, sayuran, dll. Nah, artikel berikut akan membahas tentang jenis soufflé Prancis.

1. Soufflé au chocolat (Souffle Cokelat)

Soufflé au chocolat (Souffle Cokelat)_

Soufflé cokelat atau soufflé au chocolat merupakan makanan penutup Prancis yang sangat lezat yang menggabungkan cokelat hitam dengan dasar kuning telur yang creamy dan putih telur yang lembut. Biasanya disiapkan dalam ramekin kecil.

Hidangan ini harus selalu dipanggang ringan agar tetap lembut dan halus di bagian tengah, dengan bagian atas yang gurih dan renyah. Sama seperti varian soufflé lainnya, versi cokelat juga dianggap menantang secara teknis.

Namun, jika cara pembuatannya benar, ini akan menghasilkan camilan manis yang luar biasa lembut. Meskipun tidak dianggap sebagai salah satu versi soufflé pertama, sekarang ini soufflé cokelat menjadi salah satu makanan penutup paling populer yang diakui secara internasional ini.

2. Soufflé aux framboises (Soufflé Raspberry)

Soufflé aux framboises (Soufflé Raspberry)_

Soufflé aux framboises atau soufflé raspberry merah muda merupakan salah satu makanan penutup klasik Prancis. Kombinasi lezat dari purée raspberry, kuning telur, gula, dan putih telur yang lembut menghasilkan camilan yang sangat ringan dan lembut dengan rasa raspberry yang halus.

Mirip dengan varian soufflé lainnya, soufflé raspberry ini disiapkan dalam ramekin kecil dan harus dihidangkan segera setelah dipanggang, dengan bagian atasnya masih keras, dan bagian tengahnya tetap basah dan empuk. Umumnya varian soufflé ini dihiasi dengan gula bubuk, tapi bisa ditambah dengan raspberry segar atau raspberry coulis.

3. Soufflé au citron (Soufflé Lemon)

Soufflé au citron (Soufflé Lemon)_

Varian soufflé klasik ini memiliki ciri tekstur yang mengembang dan rasa lemon yang lembut. Jenis soufflé Prancis ini terdiri dari campuran dasar kuning telur creamy, tepung, kulit lemon, gula, dan putih telur yang mengembang.

Dipanggang secara tradisional dalam ramekin, soufflé ini akan mengembang dan mendapatkan lapisan berwarna emas yang keras di atasnya, tapi tetap ringan dan empuk di bagian dalam. Seperti varian soufflé lainnya, ini harus dihidangkan segera setelah dipanggang.

Di akhir, soufflé ditambahkan dengan sedikit gula halus di atasnya dan sajikan dengan beberapa buah beri yang montok untuk suguhan yang spektakuler dan sangat sederhana secara visual.

4. Soufflé aux épinards (Souffle Bayam)

Soufflé aux épinards (Souffle Bayam)_

Soufflé bayam diberi topping saus bechamel yang dibuat dari susu skim, diikat dengan kuning telur, dan diberi volume dengan putih telur yang dikocok. Hidangan Prancis klasik ini memadukan kuning telur dan putih telur dengan bayam gurih, bumbu, dan parutan Parmesan.

Saat dipanggang, campuran telur mengembang membentuk kulit keemasan di bagian luar. Jenis soufflé Prancis ini mengembang saat disajikan langsung dan mirip dengan quiche saat didinginkan.

Hidangan ini mudah disesuaikan dengan bahan tambahan seperti ham atau keju Gruyère, dan secara tradisional dipanggang dalam ramekin kecil. Soufflé bayam yang sempurna harus selalu memiliki tekstur yang ringan dan mengembang.

5. Soufflé au fromage (Souffle Keju)

Soufflé au fromage (Souffle Keju)_

Berwarna keemasan, mengembang, dan lembut seperti awan, inilah raja dari semua jenis soufflé. Soufflé keju adalah hidangan artistik Prancis sejati. Makanan rumahan Prancis yang legendaris ini terdiri dari dasar keju yang dipadukan dengan putih telur yang dikocok, mentega, susu, dan tepung.

Hidangan ini akan mengembang menjadi soufflé berwarna keemasan saat dipanggang. Soufflé keju diyakini telah ditemukan pada akhir abad ke-18. Saat ini, biasanya soufflé keju disajikan panas dalam ramekin kecil langsung dari oven.

Sajikan soufflé keju dengan daging panggang seperti daging sapi, ham, atau domba, dan salad hijau atau sayuran di sampingnya. Disebut "Souffle Au Fromage" dalam bahasa Prancis, soufflé ini adalah kombinasi sempurna dari saus putih kental sederhana yang dipadukan dengan keju beraroma.

6. Grand Marnier Souffle

Grand Marnier Souffle_

Grand Marnier adalah minuman beralkohol rasa jeruk Perancis, mirip dengan triple sec, yaitu campuran Cognac dan jeruk pahit dengan aroma dan rasa yang manis tapi tidak mengganggu. Rasa klasik untuk soufflé pencuci mulut ini sangat enak.

Grand Marnier Soufflé adalah makanan penutup Prancis klasik. Soufflé dibuat dengan kombinasi Grand Marnier, putih telur, mentega, dan gula, sedangkan kulit jeruk parut dapat digunakan untuk menambah rasa. Grand marnier digunakan untuk menggosok cangkir soufflé di bagian dalam.

Campuran tersebut dipanggang di bagian bawah oven dan dihidangkan segera. Diyakini bahwa kunci untuk membuat Grand Marnier soufflé yang baik terletak pada kepadatan putih telur yang harus dikocok sampai membentuk konsistensi yang padat, tetapi tidak terlalu penuh dengan udara.

7. Soufflé au poulet (Souffle Ayam)

Soufflé au poulet (Souffle Ayam)_

Soufflé daging klasik yang dikenal sebagai soufflé au poulet dibuat dengan campuran ayam krim yang disiram dengan putih telur kocok kemudian dipanggang sampai berwarna dengan bagus dan mengembang.

Bagian dasar hidangan biasanya dibuat dengan krim sup ayam atau saus béchamel dengan potongan ayam, kuning telur, dan sayuran seperti bayam, brokoli, atau asparagus. Bahan khas lainnya yang digunakan sebagai alas termasuk jamur, roti kubus, keju, dan rempah segar seperti peterseli, oregano, timi, dan adas.

Campuran ayam tersebut kemudian digabungkan dengan putih telur kocok sebelum semuanya disendokkan ke dalam loyang yang diolesi minyak atau ramekin dan dipanggang. Hidangan tersebut biasanya dinikmati hangat sebagai santapan utama.

8. Soufflé aux carottes (Souffle Wortel)

Soufflé aux carottes (Souffle Wortel)_

Soufflé wortel merupakan soufflé nabati yang berbahan dasar wortel, dan bisa dibuat dalam versi manis atau gurih. Selain wortel tumbuk, bahan khas lainnya yang digunakan dalam soufflé termasuk mentega, tepung, dan telur.

Hidangan ini kemudian diberi rasa manis dengan gula dan dibumbui dengan rempah-rempah aromatik seperti vanili, kayu manis, dan pala. Biasanya bubuk pengembang ditambahkan untuk membuat soufflé mengembang.

Namun bisa juga disiapkan dengan cara tradisional dengan mengocok putih telur sampai berbusa sebelum mencampurkannya ke dalam dasar soufflé. Bahan khas lainnya termasuk keju, kaldu ayam, bawang, susu, lada hitam, dan allspice.

Renyah di luar dan lembut di dalam, soufflé wortel ini merupakan pelengkap yang ideal untuk berbagai hidangan daging dan makanan laut. Soufflé juga bisa dinikmati sebagai makanan penutup jika suka makanan yang lebih manis, atau sebagai makanan vegetarian ringan yang dipasangkan dengan salad hijau.

9. Soufflé glacé (Souffle Es Krim, Souffle Beku)

Soufflé glacé (Souffle Es Krim, Souffle Beku)_

Disebut juga dengan soufflé beku atau soufflé es krim, soufflé glacé adalah makanan penutup dingin yang dibuat dengan menggabungkan custard kuning telur atau meringue Italia dengan pure buah dan krim kocok sebelum membekukan campuran sampai mengeras.

Versi soufflé es krim yang lebih padat dan lebih lembut terdiri dari dasar kuning telur dan gula seperti custard yang dicampur dengan pure buah, putih telur kocok, dan krim kocok.

Versi yang lebih ringan menggunakan meringue Italia, yang dibuat dengan putih telur kocok dan sirup gula, dan memadukannya dengan pure buah dan krim kocok. Kedua jenis soufflé es krim biasanya dipanggang dalam mangkuk soufflé kecil.

Bisa juga dipanggang dalam ramekin dengan kerah kertas atau kerah foil yang menempel di atasnya yang menjangkau ke tepi. Saat kertas atau foil dilepas, makan akan muncul tampilan khas dari soufflé yang mengembang atau es krim soufflé.

Makanan penutup yang manis dan beku ini dapat ditambah dengan biskuit remah, macarons, atau minuman beralkohol, dan biasanya diberi topping dengan taburan gula bubuk, buah, atau disiram dengan saus buah.

10. Pommes de terre soufflées (Soufflé Kentang)

Pommes de terre soufflées (Soufflé Kentang)_

Pommes de terre soufflées dibuat dari kentang tumbuk dengan kuning telur, putih telur kocok kaku, mentega, dan bumbu dipanggang sampai mengembang. Dibumbui dengan timi, bawang bombay, dan bawang putih, serta segenggam Gruyere, jenis soufflé Prancis ini adalah perpaduan tak terduga untuk resep kentang tradisional.

Soufflé harus segera disajikan begitu keluar dari oven karena tidak akan bertahan lebih dari beberapa menit setelah dari oven. Pastikan semuanya sudah siap untuk penyajian sebelum dikeluarkan dari oven.

Nah itulah jenis soufflé Prancis yang bisa dinikmati sebagai makanan pembuka atau makanan penutup. Ternyata proses pembuatannya gampang-gampang susah. Orang terkadang terintimidasi dengan soufflé karena sering gagal mengembang.

Tertantang untuk membuat soufflé sendiri di rumah? Kamu bisa memilih untuk membuat soufflé yang manis atau soufflé yang gurih. Selamat mencoba.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram