Kampung Wisata Dago Pojok, Wisata Berbasis Kreativitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung dan kreativitas merupakan dua kata yang tidak terpisahkan. Kreativitas pada Bandung sendiri bisa mewujud apa saja. Termasuk tempat wisata tentunya. Ada satu tempat wisata di Bandung yang terbentuk dari kreativitas warganya. Kampung Wisata Dago Pojok adalah tempat wisata itu.

Tempat wisata yang berada di Kelurahan Dago ini dulunya hanya kampung biasa. Sampai akhirnya salah satu warga yang bernama Rahmat Jabaril berinisiatif untuk mengubah image perkampungan tersebut. Rahmat Jabaril sendiri merupakan seorang seniman lokal sekaligus pencinta karya seni. Saat itu, dia melihat kampungnya kurang berkembang, dan ingin mengembangkannya lewat karya seni.

Bersama dengan warga sekitar dan Dinas Priwisata, Rahmat berhasil membuat seisi kampungnya dihiasi oleh mural yang indah. Hingga akhirnya terbentuklah Kampung Wisata Dago Pojok yang kini sudah dikenal masyarakat secara luas.

Penasaran dengan Kampung Wisata Dago Pojok? Sebelum mampir kesini, simak dulu yuk ulasannya berikut ini!

Daya Tarik dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kampung Wisata Dago Pojok

Daya Tarik dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kampung Wisata Dago Pojok

* sumber: www.wisatabdg.com

Kampung Wisata Dago Pojok punya daya tariknya tersendiri. Hal itu yang membuat tempat wisata ini tampak berbeda dibandingkan dengan tempat wisata lain.

Di Kampung Wisata Dago Pojok, kamu tak hanya akan disuguhi daya tarik tempat wisata ini saja. Melainkan, juga bisa melakukan sejumlah aktivitas wisata yang menyenangkan.

Lalu, apa daya tarik dari Kampung Wisata Dago Pojok, dan apa saja yang bisa kita lakukan di sana? Jawabannya bisa langsung kamu simak di bawah ini!

1. Mural yang Bisa Kamu Temui di Mana Saja

Mural yang Bisa Kamu Temui di Mana Saja

* sumber: tourbandung.id

Mural adalah daya tarik utama Kampung Wisata Dago Pojok. Mural juga merupakan ciri khas dari tempat wisata asal Dago ini. Mural di Kampung Wisata Dago Pojok bisa kamu temui di mana saja. Entah itu di tembok luar rumah warga, maupun di sepanjang tembok gang tempat wisata ini.

Semua mural yang ada di tempat ini dibuat dengan bantuan teknologi Augmented Reality. Teknologi tersebut membuat mural-mural itu bisa kamu lihat secara 3 dimensi. Untuk dapat melihatnya, kamu harus mengunduh aplikasi tertentu dari ponsel pintarmu.

2. Menonton Pentas Seni Tradisional

Menonton Pentas Seni Tradisional

* sumber: www.infobdg.com

Ini adalah aktivitas wisata pertama yang bisa kamu lakukan di Kampung Wisata Dago Pojok. Ada beragam pentas seni tradisional yang diselenggarakan di kampung wisata ini, mulai dari wayang, calung, gondeng, hingga tari jaipongan.

Di waktu-waktu tertentu, ada pula pentas permainan anak-anak yang digagas oleh Komunitas Hong. Sebuah komunitas yang concern dalam mengumpulkan dan memainkan permainan anak (khususnya yang asli Sunda).

3. Belajar Gambar Mural dan Karya Seni Lainnya

Belajar Gambar Mural dan Karya Seni Lainnya

* sumber: tourbandung.id

Tak hanya menonton mural, kamu juga bisa belajar menggambar mural di tempat ini, mulai dari merancang sketsa, hingga menggambar mural langsung di tembok/dinding.

Kamu pun juga bisa melihat dan belajar membuat alat seni lainnya, semisal wayang dan alat musik berbahan dasar bambu.

4. Workshop Kesenian dan Kreativitas

Workshop Kesenian dan Kreativitas

* sumber: bandungholidays.com

Di beberapa waktu tertentu, Kampung Wisata Dago Pojok juga rajin menyelenggarakan workshop kesenian dan kreativitas. Aktivitas ini wajib diikuti bila kamu mau menambah wawasanmu soal seni dan kreatif.

Workshop di tempat wisata ini biasanya akan mengundang seniman ternama. Baik yang ada di Bandung maupun dari daerah lain. Ada banyak tema yang lazim dibahas, mulai dari perkembangan seni terkini, hingga ide-ide kreatif yang bisa dieksekusi.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Masuk dan Jam Operasional

* sumber: www.antarafoto.com

Pengelola Kampung Wisata Dago Pojok tidak menerapkan harga tiket masuk sama sekali. Jadi, kamu pun bisa masuk ke tempat wisata ini tanpa membayar biaya sepeser pun.

Meski begitu kamu tetap harus membawa uang di saku ya untuk membeli makanan ataupun membeli oleh-oleh. Kampung Wisata Dago Pojok bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam.

Dengan catatan, kamu harus mengikuti tata tertib yang diterapkan kampung wisata ini. Khusus untuk pertunjukan seni, kegiatan tersebut bisa kamu datangi setiap hari, pukul 08.00 – 22.00 WIB.

  • HTM : Gratis.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam (untuk akses kampung). Dan setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB (untuk pertunjukan seni)

Fasilitas di Kampung Wisata Dago Pojok

Fasilitas di Kampung Wisata Dago Pojok

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Ada beberapa fasilitas penunjang di Kampung wisata Dago Pojok. Fasilitas-fasilitas itu bisa kamu pakai saat nanti piknik ke tempat ini. Lalu, apa saja fasilitas-fasilitas di Kampung Wisata Dago Pojok?

1. Open Trip

Jika kamu datang ke Kampung Wisata Dago Pojok di akhir pekan, fasilitas ini bisa kamu pakai. Lewat fasilitas ini, kamu akan diajak berkeliling Kampung Wisata Dago Pojok.

Selama berkeliling, kamu akan diperlihatkan gambar mural menarik, serta atraksi kesenian yang dibawakan oleh warga sekitar. Tak sampai di situ, kamu juga bakal diperlihatkan beberapa pemandangan alam di sekitar tempat wisata ini mulai dari pemandangan sawah yang hijau, sungai, hingga panorama air terjun.

2. Home Stay

Kalau kamu ingin mengenal lebih dekat Kampung Wisata Dago Pojok, fasilitas ini bisa kamu manfaatkan. Lewat fasilitas ini, kamu bisa menginap semalam di kampung wisata ini, sambil mencoba bersosialiasi dengan warga sekitar.

3. Paket Nasi Liwet

Puas beraktivitas di Kampung Wisata Dago Pojok, kamu bisa bersantap ria di tempat wisata ini. untungnya, Kampung Wisata Dago Pojok menyediakan menu paket nasi liwet yang lezat.

Seporsi menu paket ini berisi nasi liwet beserta dan sayur dan lauk pauknya. Sepaket menu nasi liwet itu bisa kamu beli dengan kocek Rp25.000

4. Penjual Suvenir

Jangan langsung pulang setelah puas iknik ke Kampung Wisata Dago Pojok. Cobalah untuk membeli buah tangan yang dijual di tempat ini.

Buah tangan di tempat wisata ini bisa kamu temukan di beberapa penjual suvenir. Kabar baiknya, semua suvenir di tempat ini merupakan asli buatan warga sekitar. Harganya sendiri bervariasi tapi mayoritas harganya masih terjangkau.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: www.koran-jakarta.com

Kampung Wisata Dago Pojok berada persis di Jalan Dago Pojok No. 95, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. Seperti halnya kendaraan umumnya, tempat wisata ini bisa diakses lewat kendaraan pribadi maupun umum.

Baik kendaraan umum atau pribadi, ambilah rute yang mengarah ke terminal Dago. Setelah itu, ambi rute ke jalan Dago Pojok agar bisa sampai ke tempat wisata ini.

Khusus untuk kendaraan umum, ada beberapa kendaraan yang bisa dinaiki. Angkot Abdul Muis – Dago, angkot Stasiun Hall – Dago, dan bus jurusan Leuwi Panjang – Dago adalah beberapa kendaraan tersebut.

  • Alamat : Jalan Dago Pojok No. 95, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135.
  • No. Telepon : (022) 7273209.

Hotel di Sekitar Kampung Wisata Dago Pojok

Hotel di Sekitar Kampung Wisata Dago Pojok

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tempat wisata ini sudah dilengkapi home stay yang bisa dipakai buat menginap. Namun, jika kamu menginap di hotel, ada beberapa rekomendasi hotel yang bisa kamu inapi. Hotel-hotel tersebut adalah:

  • Reddoorz @ Bukit Dago, Jalan Bukit Dago Utara II No. 37, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. 200 meter dari Kampung Wisata Dago Pojok.
  • The Silk At Dago, Jalan Ir. H. Juanda No. 392 – 394, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. 690 meter dari Kampung Wisata Dago Pojok.

Kampung Wisata Dago Pojok merupakan tempat wisata yang unik. hal ini tak lepas dari daya tarik utama di dalamnya, serta proses kreatif terbentuknya tempat wisata ini.

Kamu yang berjiwa kreatif dan suka seni cocok sekali piknik ke tempat wisata di Dago ini. Semoga apa yang kami tulis di sini bisa menjadi referensimu saat hendak piknik ke Kampung wisata Dago Pojok. Terima kasih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *