Inilah 10 Kastil Terindah yang Ada di Italia untuk di Kunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Eropa menjadi tempat dibangunnya kastil-kastil yang indah, termasuk kastil-kastil yang terdapat di Italia. Setiap kotanya memiliki kastil-kastil yang indah dan juga unik. Sebagian dari kastilnya pun masih terpelihara dan terawat dengan baik.

Setiap arsitektur yang terdapat di kastil-kastil di Italia inilah yang membedakannya dengan kastil-kastil yang ada di Eropa lainnya. Kastil-kastil yang masih terawat ini menunggu untuk dijelajahi.

Selain itu, sejarah yang terdapat  dalam setiap kastilnya pun menarik untuk dipelajari. Arsitektur dari setiap kastilnya menjadi bagian menarik untuk dieksplorasi. Berikut ini adalah beberapa kastil yang terdapat di Italia yang menarik untuk kamu kunjungi saat liburan di Italia.

Baca juga: 10 Kastil di Prancis dengan Bangunan yang Indah & Bersejarah

1. Kastil Sant’Angelo – Roma

Kastil Sant’Angelo – Roma
  • Lokasi: Lungotevere Castello, 50, 00193 Rome, Italia
  • Jam Operasional: 09.00- 19.30
  • HTM: €2.00- €14.00

Kastil ini mungkin kastil yang paling bersejarah di Italia. Dahulu kastil ini merupakan sebuah pemakaman dari Kaisar Romawi Hadrian dan keluarganya dan dibangun pada tahun 123-139 SM. Tetapi seiring berjalannya waktu pemakaman ini diubah jadi sebuah benteng dan juga kastil.

Ketika diubah menjadi pusat militer di tahun 401 SM terjadi kerusakan pada dekorasi dan juga guci abunya. Sekarang kastil ini beralih fungsi menjadi sebuah museum yang dapat kamu kunjungi. Dari atas, kastilnya kamu dapat melihat Kota Roma dan juga Vatican.

Kastil ini juga memiliki sebuah koridor yang menghubungkan kastilnya  dengan Basilika Santo Petrus yang terdapat di Vatikan. Nama kastilnya sendiri diambil dari patung malaikat yang berdiri di atas kastilnya.

2. Kastil Fenis – Valle Arquato

Kastil Fenis – Valle Arquato
  • Lokasi: Frazione, Località Chez Sapin, 1, Fénis AO, Italia
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: €7.00

Kastil ini dibangun sekitar abad 13 hingga 15. Saat ini kastil telah beralih fungsi menjadi sebuah museum. Di sini disimpan banyak artefak dari abad pertengahan dari persenjataan hingga peralatan masak dan masih banyak lagi benda-benda yang lainnya.

Letak dari Kastil Fénis ini sekitar 50 km ke utara dari perbatasan dengan Swiss di sebuah lembah yang bernama Lembah Alpine Aosta. Walau memiliki tampilan sebagai sebuah kastil pertahanan dengan menara pengawas dan tembok yang berlapis, tetapi sesungguhnya tempat ini merupakan kediaman dari keluarga Challant.

Selain dari struktur bangunannya, kastil ini memiliki panorama yang sangat indah di sekelilingnya. Tur di kastil ini hanya menggunakan bahasa Italia, tetapi buku panduannya terdapat dalam berbagai bahasa.

3. Kastil Aragonese – Ischia

Kastil Aragonese – Ischia
  • Lokasi: Via Pontile Aragonese, 80070 Ischia, Italia
  • Jam Operasional: 09.00-21.00
  • HTM: €6.00 - €12.00

Kastil Aragonese berdiri di sebuah pulau vulkanik. Kastil ini dibangun oleh Hiero I dari Syracuse pada tahun 474 SM.  Letak kastilnya sendiri terpisah dari Pulau Ischia dan dihubungkan oleh sebuah jembatan batu. Kastil yang dibangun di atas sebuah pulau ini merupakan bentuk pertahanan wilayah dari serangan para bajak laut.


Kastil yang kaya akan sejarah ini dulunya pernah diduduki oleh bangsa Romawi sebelum akhirnya jatuh ke tangan Bangsa Parthenopean. Mereka adalah penduduk asli zaman dahulu dari Naples.

Saat mendaki kastilnya, kamu akan disuguhi sebuah dunia yang tampak berbeda. Walaupun kastilnya adalah benteng pertahanan, tapi di dalamnya kamu dapat menemukan taman dan juga kebun.

4. Kastil dell’Ovo – Naples

Kastil dell’Ovo – Naples
  • Lokasi: Via Eldorado, 3, 80132 Napoli NA, Italia
  • Jam Operasional: 09.00-18.30
  • HTM: Gratis

Kastil dell’Ovo merupakan kastil yang dibangun oleh bangsa Normans pada abad ke-12. Nama Ovo sendiri berarti telur yang berasal dari sebuah legenda yang menjadi asal usul dari nama kastilnya.

Legendanya mengisahkan seorang penyair yang juga merupakan seorang penyihir bangsa Romawi bernama Virgil. Dia menanam sebuah telur di bawah pondasi kastil sebagai sebuah perlindungan.

Kastil dell’Ovo merupakan kastil tertua yang ada di Kota Naples, yang letaknya berada di sebuah Pulau yang bernama Megaride. Dulunya pulau ini adalah sebuah koloni dari Bangsa Yunani.

Kastil dell’Ovo saat ini sering digunakan sebagai tempat pameran seni dan juga acara-acara lainnya. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi kastil ini karena kamu akan disuguhi dengan sunset yang indah.

5. Kastil Scaligero – Lake Garda

Kastil Scaligero – Lake Garda
  • Lokasi Piazza Castello, 34, 25019 Sirmione, Italia
  • Jam Operasional: 08.30-18.45
  • HTM: €6.00

Kastil Scaligero dikenal sebagai kastil yang terapung karena lokasinya yang berada di sebuah danau yang bernama La Garda. Kastil Scaligero merupakan kastil dari abad pertengahan yang masih terpelihara dengan baik. Pembangunan kastil diperkirakan di abad ke-13 dibangun di atas reruntuhan sebuah benteng bangsa Romawi Kuno.

Kastil ini tak hanya berfungsi sebagai sebuah benteng pertahanan tetapi ia juga berfungsi sebagai sebuah pelabuhan kecil. Menara dan benteng yang terdapat dibangun mengelilingi seluruh kastil dan dermaganya sebagai bentuk perlindungan bagi armada Scaliger dan Venesia. Saat ini setelah pemugaran, kastil ini berfungsi menjadi sebuah museum.

6. Kastil Estenze – Ferara

Kastil Estenze – Ferara
  • Lokasi: L.go Castello, 1, 44121 Ferrara FE, Italia
  • Jam Operasional: 10.00- 18.00
  • HTM: €5.00- € 2.00

Kastil Estenze atau dikenal juga dengan nama Estense merupakan sebuah kastil yang dibangun atas prakarsa dari Nicolo II untuk melindungi keluarganya. Dia berkaca dari revolusi yang terjadi di Ferara di tahun 1385. Kastil Estense adalah kastil abad pertengahan yang memiliki parit. Kastil yang menjulang ini dibatasi oleh empat buah menara.

Setiap menara yang terdapat di kastil Estense merupakan perlambang dari dari Keluarga Este. Setiap menaranya memiliki nama masing-masing yang di antaranya adalah Torre di Santa Caterina, Torre dei Leoni yang mengagumkan, tempat kamu melihat keindahan panorama dari Ferara, lalu ada juga Torre Marchesana, dan yang terakhir adalah Torre di San Paolo.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram