Kawah Putih, Primadona Pariwisata di Bandung Selatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kabupaten Bandung memiliki banyak destinasi menarik, khususnya destinasi wisata alam. Salah satunya adalah Kawah Putih. Danau vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini terletak di kawasan Ciwidey, Kecamatan Rancabali. Kawah Putih terletak di ketinggian 2194 meter di atas permukaan laut dengan luas total 25 hektar.

Kawah Putih terdiri dari tanah yang bercampur belerang berwarna putih, dengan air kawah berwarna putih kehijauan dan pada waktu tertentu air kawah akan berubah warna. Kawah Putih diketahui pada abad ke-10. Pada saat itu, terjadi letusan Gunung Patuha yang sangat dahsyat, hingga kemudian orang sekitar enggan untuk mendaki Gunung Patuha.

Namun kini, Gunung Patuha sudah mulai banyak didaki dan Kawah Putih menjadi salah satu destinasi wisata menarik dan selalu ramai dikunjungi pada libur akhir pekan. Jika kamu berencana keluyuran ke Kabupaten Bandung dan akan mengunjungi Kawah Putih, simak informasi lengkap tentang tempat wisata yang satu ini.

Spot Populer

Spot Populer Kawah Putih

Kawah Putih memiliki daya tarik yang sangat kuat karena panorama kawah vulkanik berwarna putih kehijauan, dan pada waktu tertentu akan muncul kabut yang membuat Kawah Putih semakin terlihat cantik dan suasananya romantis. Karena itulah, tak jarang Kawah Putih dijadikan sebagai tempat foto prewedding. Penasaran? Berikut ini spot menarik yang ada di Kawah Putih.

1. Dermaga Ponton

Dermaga Ponton

* sumber: tfamanasek.com

Kawah Putih terus memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang dari dalam dan luar kota Bandung. Di sini, ada banyak spot foto menarik, salah satunya Dermaga Ponton. Dermaga kayu sederhana ini bisa membawamu ke tengah kawah, jadi kamu bisa melihat pesona Kawah Putih lebih dekat.

Dermaga Ponton membentang sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter. Dermaga Ponton menghubungkan tepi kawah dengan pulau kecil yang terletak di tengah Kawah Putih. Berfoto di Dermaga Ponton memberikan kesan yang berbeda, apalagi jika saat kabut sedang turun. Namun kamu hanya diizinkan maksimal 10 menit saja di sini agar tidak menghirup belerang terlalu banyak.

2. Skywalk Cantigi

Skywalk Cantigi

* sumber: fourstar-holiday.com

Ingin melihat pesona Kawah Putih dari atas? Kamu bisa singgah di Skywalk Cantigi. Terdapat dua Skywalk Cantigi, pertama Skywalk Cantigi I dengan panjang 150 meter, dan kedua ada Skywalk Cantigi II dengan panjang 500 meter. Skywalk Cantigi merupakan jembatan kayu yang dibangun di area kiri dan kanan kawah.

Skywalk Cantigi menjadi salah satu spot foto favorit, karena kamu bisa melihat Kawah Putih dari ketinggian, cocok untuk kamu yang suka memotret landscape. Di sepanjang jalur Skywalk Cantigi, kamu akan diteduhkan dengan pepohonan cantigi yang rimbun dan udara yang sejuk. Di sini terdapat beberapa spot untuk berfoto.

3. Tebing Sunan Ambu

Tebing Sunan Ambu

* sumber: kitingfield.com

Tak hanya Skywalk Cantigi saja, di Kawah Putih ada Tebing Sunan Ambu yang menjadi salah satu spot menikmati pemandangan Kawah Putih dari ketinggian. Bedanya dengan Skywalk Cantigi, di atas Tebing Sunan Ambu ini kamu bisa melihat keseluruhan area Kawah Putih yang lebih luas.

Tebing Sunan Ambu dapat diakses melalui empat pos. Pos pertama ada di pintu masuk area wisata Kawah Putih, pos kedua ada di area parkir kendaraan Kawah Putih, ketiga di telaga penampungan air Keuneung, dan pos keempat berada di puncak Tebing Sunan Ambu. Spot ini cocok untuk kamu yang suka dengan aktivitas hiking.

4. Hutan Mati

Hutan Mati

Jika biasanya foto berlatarkan kawah, berbeda dengan tempat yang satu ini. Seperti halnya Gunung Papandayan, di Kawah Putih juga ada Hutan Mati yang menjadi salah satu spot foto favorit dengan latar berbeda. Di sini kamu bisa foto berlatarkan pepohonan yang sudah mati dan hanya tersisa batang kayu bercabang.

Hutan Mati Kawah Putih sempat terbakar pada akhir tahun 2019 lalu, tetapi pesonanya tetapi kawasan ini tetap memiliki pesona yang berbeda dan unik. Berfoto di kawasan Hutan Mati Kawah Putih semakin menarik apabila sedang berkabut karena kamu akan merasakan seperti berada di tempat antah-berantah.

Harga Tiket

Harga Tiket Kawah Putih

* sumber: www.superadventure.co.id

Kawasan wisata Kawah Putih mematok harga tiket masuk wisata, parkir, dan biaya transportasi khusus menuju kawasan wisata.

  • Tiket Masuk : Rp20.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp50.000 untuk wisatawan asing
  • Tarif Parkir Atas :Rp150.000 untuk mobil, dan Rp35.000 untuk motor
  • Tarif Parkir Bawah : Rp6.000/ mobil, Rp5.000/motor, dan Rp25.000 untuk bus
  • Ontang-Anting (angkutan khusus dari Parkir Bawah) : Rp13.000
  • Dermaga Ponton : Rp10.000

Kawah Putih merupakan salah satu objek wisata unggulan di Bandung Raya, dengan fasilitas yang memadai. Di sini terdapat beberapa fasilitas penunjang wisata yang akan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

  • Area Parkir : Terdapat dua area parkir di kawasan wisata Kawah Putih. Pertama Parkir Atas yang merupakan area parkir terdekat dari tempat wisata. Kedua ada Parkir Bawah yang berada di bawah area wisata.
  • Toilet : Kawah Putih menyediakan toilet yang cukup bersih
  • Musholla : Bagi umat muslim, di sini tersedia musholla yang dapat digunakan untuk beribadah
  • Angkutan Khusus : Jika kamu parkir di area Parkir Bawah, maka disediakan angkutan khusus yang bernama Ontang-Anting untuk mengantarmu sampai ke kawasan wisata
  • Warung Tradisional : Di area Parkir Bawah tersedia banyak warung tradisional yang menjajakan beragam makanan dan minuman
  • Restoran : Tak hanya warung tradisional, di area Parkir Bawah juga menyediakan restoran yang menjual makanan khas Bandung

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

  • Alamat : Kawah Putih berada di Jl. Raya Ciwidey – Patengah No. 946, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
  • Waktu Operasional : 07.00 – 16.00 WIB.

Menuju Kawah Putih, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih. Berikut ini akses menuju Kawah Putih dari dalam maupun luar kota Bandung.

  • Mobil

 Bagi kamu yang menggunakan mobil, bisa lewat tol dan keluar di Gerbang Tol Kopo, kemudian mengarah ke Soreang – Ciwidey. Jarak dari Gerbang Tol Kopo ke Kawah Putih sekitar 39 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1.5 jam dalam kondisi normal.

Alternatif lain jika menggunakan kendaraan roda empat atau lebih, kamu bisa menggunakan tol kemudian keluar di Gerbang Tol Soreang. Jarak dari Gerbang Tol Soreang ke Kawah Putih lebih dekat dibandingkan dengan Gerbang Tol Kopo. Hanya sekitar 25 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam kamu sudah sampai di Kawah Putih.

  • Motor

 Jika menggunakan motor, dari pusat kota, yaitu Alun-Alun Bandung, kamu bisa melewati Jl. Raya Kopo, kemudian mengarah ke Jl. Raya Soreang – Ciwidey, dan berakhir di Jl. Raya Ciwidey – Patengan. Jarak dari pusat kota Bandung ke Kawah Putih sekitar 41 km dengan waktu tempuh 1,5 – 2 jam perjalanan dalam kondisi normal.

  • Transportasi Umum

Dari Stasiun Bandung, bisa menggunakan angkutan kota dengan tujuan Sadang Serang – Caringin, turun di perempatan Kopo, dengan tarif Rp15.000. Setelah itu dilanjutkan dengan colt tujuan Bandung – Ciwidey sampai Terminal Pasar Ciwidey, dengan tarif Rp15.000 – Rp20.000. Kemudian dilanjutkan lagi dengan angkutan kota jurusan Situ Patenggang, sampai gerbang Kawah Putih, dengan tarif Rp5.000.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Kawah Putih

Hotel dan Penginapan di Sekitar Kawah Putih

Jika kamu datang dari luar kota Bandung, dan berencana menginap di sekitar Kawah Putih, ada beberapa pilihan hotel atau penginapan yang letaknya tak jauh dari Kawah Putih, diantaranya:

1. Villa Ciwidey

  • Kawah Putih Ciwidey, Lebakmuncang, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0821-1478-4009

2. Green Hill Park Cimanggu

  • Jl. Ciwidey, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0812-9000-0915

3. EMTE Highland Resort

  • Jl. Raya Ciwidey – Rancabali KM.11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0821-1714-4217

4. Cimanggu Cottage

  • Jl. Raya Ciwidey – Rancabali KM.12, Rancabali, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0822-1616-0897

5. Hejo Forest

  • Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0822-1903-8152

6. Patuha Resort

  • Jl. Situ Patengan KM. 8, Lebakmuncang, Ciwidey, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0812-2345-6911

7. Ciwidey Valley Resort

  • Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : (022) 8592 0222

8. MS Hotel Ciwidey

  • Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0853-2059-3900

9. Cempaka Homestay

  • Jl. Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0812-1576-7731

10. Pondok Kindy

  • Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. 97, Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung
  • Kontak : 0852-9501-6002

Demikian informasi seputar kawasan wisata Kawah Putih yang bisa menjadi referensimu ketika merencanakan liburan ke Bandung. Tak hanya memiliki wisata yang menarik, Kawah Putih juga dilengkapi dengan berbagai penginapan yang bisa dipilih. Yuk, liburan ke Kawah Putih!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *