Kawasan Punclut, Wisata Kuliner & Selfie Kekinian di Bandung

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 18 Juni 2021

Salah satu kawasan wisata kuliner di Bandung yang nggak boleh dilewatkan adalah kawasan Punclut. Punclut atau Puncak Ciumbuleuit ini sudah terkenal banget di kalangan wisatawan dalam atau luar kota Bandung. Jalanan Punclut ini juga sering dijadikan jalan alternatif buat para wisatawan yang mau menuju ke arah Lembang.

Meski jalanannya berkelok dan ngga terlalu lebar, kawasan ini tetap ramai apalagi kalau hari libur atau akhir pekan. Walaupun begitu kawasan punclut tetap menjadi destinasi favorite untuk yang ingin berwisata kuliner. Penasaran ada kuliner enak apa saja di Punclut yang mesti dicoba? Simak saja dulu ulasannya berikut ini yuk!

Wisata Kuliner Tradisional

punclut

Pada awalnya kawasan Punclut ini merupakan kawasan dengan banyaknya dereta saung atau tempat makan khas Sunda. Nah, dikarenakan sekarang muncul banyak café kekinian di kawasan ini, jadinya saung makanan khas Sunda ini kami sebut wisata kuliner tradisional.

Di kawasan Punclut ini adalah kamu dapat menikmati makanan khas sunda seperti ayam bakar/goreng, ikan asik, cumi, ragam sate jeroan, plus sambal terasi dan lalapannya. Kelebihan dari wisata kuliner tradisional ini adalah kamu dapat menikmati makanan sambil menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Spot Menarik di Punclut

Kalau belum pernah kesini, mungkin nanti kamu akan pusing mau ke tempat makan mana karena terdapat banyak tempat makan/saung tapi menunya semua sama. Tenang, nggak perlu pusing kok..karena semuanya enak-enak hanya saja tergantung selera. Ada yang sambalnya pedas banget, ada yang tempatnya lebih luas, ada yang menunya lebih lengkap.

Secara keseluruhan sih semuanya hampir sama, menu dan cara penyajiannya sama. Tapi kalau sudah beberapa kali kesini, mungkin nanti kamu akan menemukan tempat makan yang cocok dengan seleramu.

Beberapa tempat makan yang sudah cukup terkenal di sini antara lain ada Sangkan Hurip, Saung Punclut Teh Ita, Saung Punclut Panineungan, Warung Nasi Panyawangan dan masih banyak lagi.

Wisata Kuliner Modern

Cakrawala resto

Dengan berjalan sedikit ke arah atas dari saung-saung kuliner tradisional, kita akan menemukan Wisata Kawasan Punclut atau yang kita sebut wisata kuliner modern. Kenapa kita menyebutnya wisata kuliner modern? Karena tempat makan sebelumnya berbentuk saung tradisional khas Sunda, sedangkan di sini adalah komplek dari beberapa café atau resto yang kekinian.

Café atau resto yang ada di kawasan wisata punclut ini masing-masing memiliki keunikan dan yang pasti sangat instagramable. Beberapa café yang ada di sini adalah Dago Bakery, Cakrawala Nature Sparkling Resto, Lereng Anteng, Tafso Barn, Boda Barn, Angkringan D'Blankon, Cafe Sudut Pandang dan masih ada lainnya.

cakrawala resto2

Kali ini kami mengunjungi salah satu cafenya yaitu Cakrawala Nature Sparkling Resto. Untuk memasuki resto ini kita mesti membayar tiket masuknya seharga Rp15.000 per orang. Tiketnya sendiri nanti bisa ditukarkan dengan es krim dan mainan.

Salah satu alasan kenapa kita memilih Cakrawala Nature Sparkling Resto ini adalah karena tempatnya sangat instagramable. Tempatnya memang nggak terlalu besar tapi di tiap sudutnya memiliki tema yang berbeda-beda sehingga kamu yang suka banget berfoto pasti betah banget di sini!

cakrawala resto3

Salah satu spot paling menarik di resto ini adalah balkon transparan yang ada di lantai atasnya. Dari titik ini kita bisa melihat pemandangan café-café lainnya yang ada di kawasan punclut ini. Kalau berfoto di sini, siapkan dulu nyali kamu ya karena untuk berdiri di atas balkon kaca transparan ini ternyata bikin merinding juga lho!

cakrawala resto4

Kalau bicara soal makanan, di Cakrawala Nature Sparkling Resto ini menyediakan ragam pilihan dari makan berat hingga camilan. Pada saat mampir ke resto ini, kami sudah kenyang makan di saung jadinya kami hanya memesan camilannya saja. Camilan yang disajikan di sini ada tahu cabe garam, lumpia basah, pisang goreng dan masih banyak lagi.

Untuk harga sih lumayan pricey, tapi semuanya terbayar dengan tempatnya yang indah dan instagramabel banget. Dijamin nggak akan nyesel deh!

Kawasan Punclut, Wisata Kuliner & Selfie Kekinian di Bandung 1

Oh iya, selain tempat makan seperti Cakrawala Nature Sparkling Resto dan lainnya, di sini kamu juga bisa coba berekreasi dan menjajal wahana-wahana menarik di D'DieuLand. Di sini, ada wahana menantang seperti flying fox, giant swing dan lain sebagainya.

Lokasi dan Akses Perjalanan

lokasi
  • Lokasi: Sepanjang Jalan Punclut, Pagerwangi, Lembang
  • Akses Perjalanan: Kendaraan pribadi atau taksi online

Untuk menuju ke kawasan Punclut ini, jalur yang ditempuh cukup jauh dari jalan raya. Jadi jangan berharap ada angkot yang bisa mengantar kamu kesini ya! Membawa kendaraan pribadi menjadi solusi terbaik kalau kamu mau berkunjung ke kawasan punclut ini.

Jika kamu hendak makan di kawasan wisata kuliner Punclut tradisional, area parkirnya agak sulit. Hanya ada beberapa saung yang punya lahan parkir cukup luas, sebut saja saung Sangkan Hurip yang memiliki area parkir luas.

FYI, kawasan wisata kuliner tradisional ini buka 24 jam. Jadi kamu bisa mengunjunginya di waktu pagi hingga malam hari dan biasanya makin malam tuh pengunjung makin ramai. Salah satu alasan kenapa Punclut ini menjadi pilihan tepat untuk wisata kulineran di Bandung adalah harganya yang terjangkau dengan rasa yang manjain perut banget. Hanya saja kekurangannya adalah aksesnya yang cukup sulit apalagi untuk yang nggak memiliki kendaraan pribadi.

Sekian sekilas info tentang wisata kuliner di kawasan Punclut dari Keluyuran. Setelah membaca sedikit ulasannya di atas, jadi tertarik untuk mampir kesini? Kalau kamu punya pengalaman menarik di Punclut atau pnya rekomendasi tempat wisata lainnya, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini ya. Selamat kulineran!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram