10 Kebiasaan Orang China yang Patut Ditiru dalam Kehidupan

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 27 Juli 2021

Tionghoa adalah salah satu etnis di Indonesia yang berasal dari Tiongkok. Selain dikenal sebagai suku yang ahli dalam berbagai pengobatan tradisional, masyarakat China juga dikenal cukup ahli dalam hal ekonomi, terutama dalam hal berbisnis. Kesuksesan yang mereka raih bisa jadi karena prinsip hidup dan kebiasaan yang mereka terapkan dalam kehidupan setiap hari.

Beberapa kebiasaan bahkan layak ditiru oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang ingin hidup lebih sejahtera. Kali ini Keluyuran akan mengulasnya tentang 10 kebiasaan orang china yang dapat kita tiru dalam kehidupan sehari-hari. Simak selengkapnya berikut ini yuk!

1. Untung Kecil Tidak Masalah

Prinsip bisnis yang dijalani oleh setiap orang memang berbeda-beda. Bagi sebagian orang mendapatkan keuntungan besar adalah sebuah keharusan sehingga tidak jarang mereka mematok dengan harga yang sangat tinggi untuk meraup keuntungan besar.

Prinsip tersebut sedikit berbeda dengan yang dijalankan oleh masyarakat China, dimana bagi mereka untung kecil bukan sebuah masalah, asalkan semua transaksi usaha lancar dan uang bisa terus berputar.

Meskipun harga yang ditawarkan lebih murah, tetapi karena transaksi yang sering terjadi membuat usaha mereka bisa sangat menguntungkan. Hal ini tentu menjadi sesuatu hal yang patut ditiru, terutama oleh para pemula yang ingin memulai usaha atau bisnis.

2. Mengajarkan Bisnis Sejak Usia Muda

Orang China dikenal sangat suka berbisnis. Pada umumnya, orang tua mereka telah mengajarkan berbisnis pada mereka sejak usia muda. Orang tua kerap melibatkan anak-anaknya untuk membantu usaha yang dijalankan oleh orang tua mereka. Hal inilah yang membuat jiwa wirausaha dalam diri mereka telah tertanam kuat sejak dini.

Selain itu, bisnis yang dijalankan mereka biasanya diturunkan pada generasi penerus sehingga sangat penting untuk memberi bekal ilmu sejak mereka kecil. Di Indonesia sendiri, istilah perusahaan keluarga pun sering kita dengar. Mengingat hampir sebagian besar perusahaan yang mereka jalankan biasanya dikelola oleh anggota keluarga.

3. Gemar Berinvestasi

Orang China juga dikenal berani untuk berspekulasi. Mereka tidak segan untuk menginvestasikan harta mereka yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun terkadang berisiko tinggi, tetapi hal tersebut masih tetap mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. 

Pada umumnya, mereka kerap menginvestasikan harta mereka pada beberapa jenis instrumen investasi yang dianggap menguntungkan seperti deposito, saham, dan properti. Di samping usaha utama yang mereka jalankan, biasanya mereka juga memiliki usaha dalam bidang lain. Jadi jangan heran bila kemudian pundi-pundi keuangan mereka akan terus berlipat ganda.

4. Pandai Mengelola Keuangan

Sebagian orang sering kali menafsirkan sikap hemat orang China dengan sifat pelit. Beberapa orang bahkan sering kali menganggap bahwa mereka bersikap pelit untuk kepentingan mereka sendiri. Padahal kenyataannya, mereka adalah orang-orang yang menerapkan prinsip hidup sederhana dan hemat. Mereka sendiri cenderung mengutamakan kebutuhan pokok dibanding memenuhi gaya hidup.

Hal inilah yang membuat kehidupan mereka ketika menginjak usia senja jauh lebih sejahtera. Kebiasaan yang mereka jalani tersebut tentu menjadi hal yang baik untuk ditiru, terutama oleh orang-orang yang kerap bersikap boros dan tidak suka menabung.

5. Pekerja Keras

Orang China juga dikenal sebagai pekerja keras. Bekerja keras menjadi sifat yang telah diturunkan secara turun-temurun dari nenek moyang mereka. Hal ini memang tidak terlepas dari sejarah masa lalu mereka yang kerap mengalami peristiwa-peristiwa yang cukup memilukan seperti peperangan, terkena wabah penyakit, dan kelaparan.

Peristiwa-peristiwa tersebut yang pada akhirnya membuat kepribadian mereka semakin tangguh. Bekerja keras adalah cara mereka untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Nah, di luar dari sejarah masa lalu mereka yang kelam, pada dasarnya sebagian besar masyarakat China dikenal memiliki jiwa kompetitif yang sangat besar.

6. Mengutamakan Pendidikan

Masyarakat China juga dikenal sangat mengutamakan pendidikan. Hal itu memang tidak bisa lepas dari sejarah masa lalu, dimana pada masa pemerintahan Dinasti Han banyak melahirkan banyak pemikir yang sukses membuat Dinasti Han menjadi salah satu Dinasti pemerintahan terbesar dalam sejarah China.

Pada masa Dinasti Han juga sudah terbentuk sistem pendidikan yang ketat. Sebagian besar distrik bahkan telah mendirikan beberapa sekolah informal. Hal ini tentu membuktikan bahwa China memang menempatkan pendidikan sebagai salah satu hal yang sangat penting.

Dan hal itu pun masih terus terjaga hingga saat ini, dimana mereka kerap memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka meskipun harus mengeluarkan biaya tinggi atau sampai harus menyekolahkan anak-anaknya ke luar negeri.

7. Suka Memperbaiki Diri

Kebiasaan orang China yang juga patut untuk ditiru adalah kebiasaan mereka yang terus berbenah diri atau memperbaiki diri untuk mendapatkan kesuksesan yang ingin mereka raih. Mereka sendiri akan berusaha untuk mengembangkan kemampuan diri mereka.

Beberapa hal yang biasa mereka lakukan antara lain banyak membaca buku, berdiskusi, atau belajar dari pengalaman yang telah mereka lewati sebelumnya. Mereka sendiri bisa dengan mudah menemukan berbagai solusi atas persoalan bisnis dan kehidupan yang sedang mereka hadapi. Hal ini yang membuat mereka lebih dekat pada kesuksesan.

8. Menghormati Orang Tua

Masyarakat China juga dikenal sangat menghormati orang tua. Mereka dikenal sangat menjunjung tinggi hubungan kekeluargaan. Memperlakukan orang tua dengan baik merupakan bentuk bakti anak pada orang tua yang telah mendukung mereka dari sejak kecil. Di China sendiri pemerintah bahkan mewajibkan setiap rakyatnya untuk tetap menghormati kedua orang tua mereka yang masih hidup.

Kebiasaan ini memang telah diturunkan sejak dari zaman nenek moyang. Jika kita perhatikan, masyarakat China sendiri memang sangat menghormati leluhur. Hal itu bisa dilihat dari beberapa ritual khusus yang biasa mereka lakukan untuk arwah nenek moyang atau leluhur.

9. Pandai Menjaga Relasi

Dalam menjalankan berbisnis masyarakat China juga dikenal pandai menjaga hubungan relasi dengan orang lain. Mereka dikenal memiliki jaringan dan koneksi bisnis yang cukup erat, bahkan ketika bisnis tersebut telah dijalankan oleh beberapa generasi. Kepiawaian mereka dalam memperlakukan relasi memang patut untuk ditiru.

Mengingat relasi menjadi salah satu bagian penting bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha mereka jauh lebih besar. Masyarakat China sendiri cenderung terbuka terhadap konsumen dan kerap memperlakukan mereka dengan sangat baik. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan bagi konsumen untuk tetap loyal terhadap mereka.

10. Tidak Suka Berhutang

Mempersiapkan Uang Tunai

Salah satu kebiasaan lain yang dimiliki oleh masyarakat China adalah tidak suka berhutang. Hutang memang kerap menjadi salah satu penyebab terjadinya kehancuran dalam usaha maupun kehidupan. Orang tua di China dikenal tidak menyukai hutang untuk kemewahan. Bila mereka harus berhutang biasanya untuk memberi sejumlah properti yang akan memberi mereka keuntungan.

Pada dasarnya, sebagian besar masyarakat China menganut prinsip anti hutang. Mereka sendiri lebih suka bekerja keras, atau menabung untuk meraih apa yang mereka cita-citakan. Hal ini tentu menjadi salah satu kebiasaan yang juga harus ditiru oleh orang lain.

Demikianlah 10 Kebiasaan orang China yang patut ditiru dalam kehidupan, yang berhasil Keluyuran rangkum untuk kamu. Setiap bangsa memiliki tradisi dan kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun. Salah satunya yang dimiliki oleh China. Kira-kira kebiasaan apalagi yang kamu ketahui dari bangsa ini? Tulis komentarmu di kolom komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram