5 Kebiasaan Orang Jepang Sebelum Beranjak Tidur dan Inemuri

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Maret 2020

Jepang adalah salah satu negara di Asia yang memiliki banyak tradisi unik yang menarik untuk dibahas. Terkadang kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang Jepang memang bisa membuat bangsa lain heran dan bertanya-tanya. Selain kedisiplinan dan sikap kerja kerasnya yang terkenal. Terdapat juga tradisi unik yang jarang diketahui oleh masyarakat dari bangsa lain.

Nah, berbicara mengenai kebiasaan unik yang ada di Jepang. Kali ini Keluyuran telah merangkum beberapa kebiasaan unik orang Jepang sebelum tidur dan budaya Inemuri yang harus kamu tahu. Ingin tahu lebih jelas dengan kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan mereka? Berikut adalah ulasannya:

1. Kebiasaan Mandi dan Berendam Sebelum Beranjak Tidur

Kebiasaan Mandi dan Berendam Sebelum Beranjak Tidur

Jepang memang memiliki kebiasaan unik yang biasa dilakukan oleh masyarakatnya sebelum beranjak untuk istirahat. Kebiasaan tersebut adalah mandi dan berendam sebelum tidur. Aktivitas mandi dan berendam tubuh memang seperti sebuah ritual wajib yang dilakukan oleh hampir sebagian besar penduduk Jepang.

Kebiasaan tersebut merupakan pengaruh dari kepercayaan Shinto yang dianut oleh mayoritas penduduk dari negeri Sakura tersebut. Tradisi mandi pada malam hari memang dianggap sebagai kegiatan sakral menurut kepercayaan Shinto. Mereka percaya bahwa hal tersebut sebagai cara untuk menyucikan diri.

Karena penganut Shinto sendiri berkeyakinan bahwa kegiatan tersebut bisa membersihkan jiwa dan juga raga seseorang. Oleh karenanya hampir semua masyarakat yang ada di sana melakukan ritual pembersihan diri sebelum beranjak ke tempat tidur.

2. Tempat Pemandian Umum dan Ofuro

Tempat Pemandian Umum dan Ofuro

Masyarakat Jepang sendiri biasanya melakukan aktivitas mandi dan berendam di sebuah Sento (pemandian umum) atau Onsen (sumber air panas alami). Sento dan Onsen banyak terdapat di beberapa wilayah yang ada di desa maupun perkotaan yang ada Jepang. Kedua tempat tersebut memang selalu menjadi tempat favorit bagi masyarakat Jepang.

Kebiasaan mandi kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Jepang untuk ajang bersosialisasi satu sama lain. Selain itu kegiatan mandi dan berendam juga menjadi cara mereka merelaksasi tubuh setelah aktivitas melelahkan yang mereka kerjakan seharian. Kebiasaan mandi pada malam hari sebelum tidur merupakan penutup dari segala aktivitas yang telah mereka jalani satu hari.

Biasanya kegiatan mandi kerap mereka lakukan pada larut malam menjelang waktu tidur. Selain mandi di tempat pemandian umum. Sebagian penduduk Jepang juga memiliki fasilitas ofuro tersendiri di kamar mandi.

Ofuro merupakan sebuah bak mandi yang biasa mereka pakai untuk berendam. Mereka sendiri akan membilas tubuhnya terlebih dahulu menggunakan sabun hingga bersih sebelum kemudian mulai merendamkan tubuhnya ke dalam Ofuro yang sebelumnya telah diberi aroma terapi untuk relaksasi.

3. Tidak Mandi pada Pagi Hari

Tidak Mandi pada Pagi Hari

Bila di Indonesia mandi setelah bangun tidur adalah suatu hal yang biasa dilakukan. Maka berbeda dengan kebiasaan penduduk negeri Sakura, Jepang. Sebagian besar penduduknya memang tidak akan mandi pada pagi hari. Kegiatan mandi mereka lakukan hanya pada malam hari setelah mereka selesai beraktivitas.

Penduduk Jepang sendiri menganggap tubuh mereka kotor setelah beraktivitas seharian. Sehingga perlu untuk membersihkan diri dari segala kotoran yang menempel pada tubuh mereka ketika mereka pulang ke rumah. Hal tersebut yang kemudian mendasari kebiasaan mandi yang dilakukan oleh masyarakat Jepang. Kebiasaan tersebut tentu sedikit berbeda dengan yang ada di negara-negara lain.

Penduduk Jepang sendiri sangat suka bangun lebih awal di pagi hari untuk menghindari keterlambatan. Setelah bangun, mereka hanya mencuci muka dan menggosok gigi sebelum berangkat untuk bekerja seperti biasa.

Masyarakat Jepang sendiri menganggap bahwa tubuh mereka masih dalam keadaan bersih setelah bangun tidur. Sehingga mereka berpikir tak perlu untuk membersihkan tubuhnya kembali.

Hal tersebut tentu sangat berbeda dibanding dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering melakukan aktivitas mandi yaitu pada pagi dan sore hari. Bahkan bila cuaca sedang panas kegiatan tersebut akan lebih sering dilakukan.

Orang Jepang sendiri terbiasa mandi satu kali dalam sehari. Meskipun demikian hal tersebut memang cukup beralasan. Mengingat adanya perbedaan sudut pandang antara masyarakat dua negara.

4. Budaya Inemuri (Tidur Sebentar)

Budaya Inemuri (Tidur Sebentar)

Selain mandi sebelum tidur. Jepang juga terkenal dengan budaya Inemuri atau tidur sebentar. Inemuri merupakan kebiasaan yang hanya bisa ditemukan di Jepang. Inemuri sendiri merupakan kebiasaan tidur siang yang dilakukan oleh orang Jepang di sela-sela waktu aktivitas mereka. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan waktu istirahat yang mereka miliki.

Sebagai negara yang terkenal karena jam kerja penduduknya yang padat karena kesibukan. Jepang memang memiliki tradisi unik untuk memanfaatkan waktu istirahat. Di Jepang sendiri penduduk memiliki hak untuk mendapatkan waktu tidur siang. Hal tersebut merupakan kompensasi atas kerja keras serta komitmen mereka dalam pekerjaan.

Oleh karena itu penduduk Jepang senantiasa sering menggunakan waktu tidur siang dengan semaksimal mungkin. Bagi sebagian orang hal tersebut tentu dipandang sangat aneh. Namun itulah cara penduduk Jepang menghargai tubuh mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja atau belajar.

5. Tempat-tempat Inemuri

Tempat-tempat Inemuri

Budaya Inemuri sendiri biasa kita jumpai di tempat-tempat yang hampir tak terpikirkan untuk dilakukan. Mulai dari kereta bawah tanah, terminal bus, bandara, kantor, anak tangga atau sebuah sekolah. Orang-orang yang melakukan Inemuri sendiri sering dianggap sebagai pekerja keras. Meskipun banyak juga orang yang memanfaatkan itu untuk mencari perhatian orang lain.

Penduduk Jepang biasa mempraktekkan Inemuri dimana pun dan kapan pun mereka berada. Hal tersebut memang diterima sebagai sesuatu yang wajar dan harus dihormati. Mereka sendiri tak keberatan bila harus melakukan hal tersebut di muka umum dan merasa nyaman untuk melakukannya tanpa takut terjadi sesuatu.

Sebagai negara maju, Jepang memang menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat kriminalitas yang rendah. Sehingga mereka bisa tenang saat menjalani Inemuri. Budaya Inemuri sendiri di mulai sejak jaman Samurai dan mulai berkembang sejak tahun 1980-an.

Dimana perekonomian Jepang yang menggeliat telah membuat negara tersebut semakin jaya dan berada di puncak ekonomi dunia. Hal tersebut yang membuat Jepang sebagai negara tersibuk mulai dari urusan pekerjaan sampai dengan hal-hal yang bersifat rekreasi atau liburan. Karena kesibukan tersebut membuat waktu tidur mereka terganggu.

Sejak saat itu ide Inemuri atau tidur sebentar tersebut muncul dan menjadi kebiasaan yang berangsur terus berlanjut hingga saat ini. Kebiasaan tidur seperti ini memang lebih bisa diterima dibanding datang terlambat saat bekerja.

Nah, demikianlah kebiasaan orang Jepang sebelum beranjak tidur dan budaya Inemuri yang berhasil Keluyuran rangkum untuk kamu. Meskipun kebiasaannya sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia akan tetapi banyak juga hal positif yang bisa kita ambil dari kebiasaan penduduk Jepang. Semoga ulasan yang telah dibahas di atas bisa menambah informasi lain tentang negeri Sakura, Jepang.

Jangan lewatkan juga artikel 10 hal yang membuat negara Jepang unik dan menarik ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *