10 Kebiasaan Orang Jerman yang Harus Diketahui Wisatawan Asing

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 10 Desember 2021

Jerman adalah salah satu negara berbentuk federasi yang terletak di Eropa Barat. Negara yang beribukota di Berlin ini memang memiliki segudang cerita menarik, mulai dari sejarah, budaya, hingga tradisi unik yang dijalankan warganya.

Sebagai negara imigran terbesar ketiga di dunia, Jerman sendiri memiliki beragam kebiasaan yang dapat mengundang rasa penasaran para wisatawan asing.

Apa yang membuat negara seluas 357.021 kilometer persegi ini menarik untuk diketahui? Yuk, simak ulasan lengkap yang telah Keluyuran rangkum dalam artikel berikut ini!

Baca juga: 10 Dessert Khas Jerman yang Bikin Kamu Susah Nolak

1. Taat Aturan

Taat Aturan

Sama seperti daerah lain yang ada di Eropa, Jerman memiliki aturan yang harus dijalankan, baik itu oleh warganya atau para wisatawan yang sedang berkunjung, mulai dari pengendara hingga para pejalan kaki diwajibkan mematuhi aturan lalu lintas di sana.

Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar warga Jerman lebih suka berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum untuk ke suatu tempat.

Sama seperti pengendara, para pejalan kaki harus mematuhi aturan. Salah satunya adalah dengan menyeberang jalan setelah lampu hijau menyala. Jika aturan tersebut dilanggar, maka petugas setempat yang mengetahui hal tersebut biasanya akan memberikan sanksi berupa denda.

2. Membawa Uang Cash

Membawa Uang Cash

Membawa uang cash adalah hal yang cukup berisiko bagi beberapa orang. Meski demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi warga Jerman. Menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran diketahui sangat terbatas di Jerman.

Mengingat banyak toko maupun restoran di sana jarang menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, maka sebagian besar warganya lebih suka membawa uang cash untuk melakukan transaksi pembayaran.

Meski dianggap kurang praktis oleh sebagian orang, tetapi cara ini dapat menghemat pengeluaran. Setidaknya hal itulah yang dipikirkan oleh warganya.

Nah, jika kamu liburan ke Jerman, uang cash adalah hal yang wajib dibawa ketika menjelajah sudut-sudut wisata yang ada di Jerman. Hal ini untuk mencegah liburan terganggu karena adanya masalah dengan pembayaran.

3. Suka Bersepeda

Suka Bersepeda

Masyarakat Jerman juga dikenal sangat suka bersepeda saat menjalankan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah atau menuju ke pusat perbelanjaan yang ada di pusat kota. Mengendarai sepeda adalah kebudayaan yang sangat disukai oleh warga Jerman.

Kegiatan tersebut cukup mendapat dukungan dari pemerintah. Hal itu dapat dilihat dari berbagai fasilitas yang dibangun, dimana sebagian besar menguntungkan bagi para pengguna sepeda. Hal ini tentu bisa sangat menyenangkan, terutama bagi para wisatawan yang hobi bersepeda.

4. Tepat Waktu

Tepat Waktu

Para wisatawan juga harus tahu bahwa Jerman adalah salah satu negara yang memiliki manajemen waktu yang cukup baik. Warga Jerman memang dikenal sangat menghargai waktu.

Mereka bekerja sesuai dengan aturan waktu yang telah ditetapkan. Bagi orang yang terbiasa terlambat, kebiasaan tepat waktu yang ditetapkan di Jerman mungkin akan terasa sangat menyiksa.

Jadi, jangan berharap sopir bus atau masinis kereta akan berbaik hati membukakan pintu hanya karena kamu terlambat satu menit. Hal itu tidak akan pernah terjadi.

Waktu adalah hal yang sangat berharga dan penting bagi warga Jerman. Mereka tidak akan membuang waktu dengan menunggu atau berdiam diri tanpa melakukan hal yang produktif.

5. Konsumsi Alkohol di Usia Remaja

Kebiasaan lain yang bisa kamu temukan di Jerman adalah budaya minum bir. Warga Jerman biasanya menyediakan bir sebagai teman berbincang saat mengadakan berbagai kegiatan seperti pesta, festival, atau hanya sekedar berkumpul dengan teman.

Berbeda dengan negara-negara lain di Eropa, di Jerman sendiri, remaja di bawah 18 tahun diperbolehkan membeli atau mengonsumsi jenis minuman alkohol tertentu seperti anggur dan bir.

Jangan heran bila kemudian kamu melihat seorang remaja belia membawa minuman alkohol keluar supermarket tanpa pengawasan orang tua. Hal itu memang telah diatur oleh pemerintah.

6. Berjemur di Taman

Berjemur di Taman

Kebiasaan lain yang bisa dilihat dari orang Jerman adalah berjemur di taman saat matahari bersinar. Warga Jerman dikenal cukup santai bertelanjang dada di depan umum. Mengingat di Jerman sendiri jarang terdapat pantai yang biasa digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut.

Selain itu, kurangnya sinar matahari muncul di negara tersebut membuat warganya cukup antusias untuk menyambut hangatnya sinar matahari.

Ketika kamu berpelesir ke Jerman, maka jangan heran bila kemudian melihat banyak orang kerap menggunakan bikini atau bertelanjang dada di tempat-tempat umum seperti taman atau tempat keramaian lainnya.

7. Memilah Sampah

Memilah Sampah

Kedisiplinan orang Jerman juga dapat dilihat dari kebiasaan warganya saat membuang sampah. Apa yang biasa dilakukan oleh orang Jerman tentu terlihat merepotkan bagi beberapa orang yang tidak terbiasa menjalankan hidup disiplin atau sesuai aturan.

Mengingat Jerman sendiri cukup disiplin dalam mengatur limbah atau sampah dari warganya. Di Jerman terdapat 4 jenis sampah yang harus dipilah warga sebelum membuangnya.

Setiap tong sampah memiliki warna berbeda seperti biru, hitam, kuning dan coklat. Hal itu untuk memudahkan warga atau wisatawan dalam mengklasifikasikan sampah yang akan dibuang. Mulai dari limbah organik, limbah pakaian, limbah gelas, dan limbah plastik.

8. Natal Lebih Awal

Natal Lebih Awal

Sama seperti negara Eropa lainnya, Jerman sendiri memulai perayaan Natal lebih awal. Sebelum tanggal 25 Desember, sebagian besar warga Jerman biasanya telah selesai menghias. Pada malam tersebut biasanya mereka akan mengadakan jamuan makan malam untuk keluarga, serta memberikan hadiah.

Kebiasaan tersebut tentu berbeda dengan yang biasa dilakukan di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, atau Asia, dimana hampir sebagian besar merayakan hal yang serupa tepat pada tanggal 25 Desember.

9. Tradisi Krampusläufe

Tradisi KrampusläufeSumber: g-switch.org

Salah satu tradisi unik yang bisa ditemukan di Jerman adalah Krampuslaufe. Krampus adalah salah satu makhluk yang terdapat dalam cerita rakyat Eropa Tengah. Krampus digambarkan sebagai sosok makhluk antropomorfik bertanduk yang kerap muncul pada hari Natal untuk menghukum anak-anak yang nakal.

Menjelang natal setiap tahun warga Jerman akan berdandan seperti Krampus dan turun ke jalan kota untuk menghidupkan kembali sosok legenda tersebut. Masyarakat Jerman sendiri menyebut tradisi unik tersebut sebagai Krampusläufe.

10. Tidak Suka Basi-Basi

Kebiasaan lain yang mungkin kamu bisa rasakan bila berpelesir ke Jerman adalah tidak suka basa-basi. Kebiasaan tersebut membuat mereka terlihat kaku dan tidak bersahabat. Mereka lebih suka membicarakan sesuatu langsung pada inti persoalan dan tidak menyimpan pesan tersembunyi di baliknya.

Kebiasaan mereka bersikap dingin memang dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah cuaca dingin. Masyarakat Jerman sendiri memang tidak terbiasa untuk berbincang panjang dengan orang yang tidak dikenal. Mereka lebih suka menghabiskan waktu membaca dibanding berbicara dengan orang lain saat berada dalam transportasi umum.

Demikian 10 Kebiasaan orang Jerman yang yang berhasil Keluyuran rangkum untuk khusus untuk kamu. Sama seperti negara lain di dunia, beberapa kebiasaan yang dilakukan warga Jerman bisa sangat mengherankan. Namun, bila kita pelajari lebih jauh banyak alasan yang melatar belakangi kebiasaan mereka tersebut.

Menghargai adat dan budaya setiap daerah adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap wisatawan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu yang hendak berpelesir ke Jerman.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram