10 Kebiasaan Unik Orang Prancis yang Menarik Diketahui

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 29 Juli 2021

Prancis adalah salah satu negara di Eropa Barat yang cukup terkenal di dunia. Prancis menjadi negara yang cukup banyak dikunjungi oleh turis asing setiap tahunnya. Selain tempat wisatanya yang menarik, kebiasaan unik yang biasa dijalankan oleh masyarakat Prancis pun menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nah, kebiasaan apa saja yang biasa dilakukan masyarakat di kota Mode tersebut? Berikut telah kami rangkum khusus untuk kamu.

1. Pencinta Roti Baguette

Baguette adalah salah satu jenis roti yang cukup terkenal di Perancis. Roti Baguette berbentuk panjang berwarna coklat keemasan. Hampir sebagian besar masyarakat Perancis sangat menyukai jenis roti yang satu ini. Masyarakat Perancis sendiri menyebut jenis roti ini dengan sebutan “French Stick”. Masyarakat Perancis sendiri biasa menyajikan roti yang satu ini langsung di atas meja.

Selain penyajiannya yang unik, cara mereka memakan roti ini pun cukup unik, dimana mereka menyobek potongan kecil roti tersebut dan memakannya secara perlahan. Masyarakat Perancis sendiri biasa mengonsumsi roti Baguette dengan saus mayonaise dan acar mentimun sebagai makanan penutup.

2. Membawa Tas Belanjaan Sendiri

Membawa Tas Belanjaan SendiriSumber: expatica.com

Kebiasaan unik lain yang bisa kita lihat dari masyarakat Perancis adalah ketika mereka sedang berbelanja bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari di supermarket atau pasar tradisional yang ada di sana. Masyarakat Perancis kerap mengepak sendiri barang belanjaan yang telah dibeli ke dalam tas belanja yang dibawa sendiri dari rumah.

Hal ini tentu berbeda dengan kebiasaan yang ada di tanah air, dimana biasanya pelayan akan membantu konsumen memasukkan barang belanjaan ke dalam kantong plastik yang disediakan oleh pihak supermarket. Umumnya tas belanja yang digunakan oleh orang Perancis terbuat dari bahan daur ulang yang dapat digunakan berkali-kali.

3. Solidaritas Tinggi

Salah satu kebiasaan unik lainnya yang dilakukan oleh masyarakat Perancis, yaitu memiliki solidaritas yang tinggi. Salah satu yang biasa dilihat adalah membagi pengeluaran saat makan di restoran, membantu orang buta melintas di jalan, atau membantu membawakan barang bawaan yang dibawa oleh orang tua yang tidak dikenal.

Hal ini tentu cukup menarik, mengingat beberapa negara yang ada di Eropa maupun Amerika menerapkan mode waspada pada orang asing yang tidak dikenal. Masyarakat Prancis sendiri terbiasa hidup di lingkungan masyarakat yang pluralis. Mereka bisa menerima kehadiran para imigran dari berbagai negara dengan sangat baik.

4. Menyukai Keju dan Minuman Anggur

Selain Roti Baguette, makanan lain yang juga cukup disukai oleh masyarakat Perancis adalah keju dan minuman anggur merah atau wine. Kedua jenis makanan tersebut kerap disediakan oleh restoran dan toko makanan yang ada di Perancis. Masyarakat Perancis biasa mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut sebagai hidangan penutup.

Perancis sendiri diketahui sebagai salah satu negara penghasil keju terbesar di dunia. Salah satu jenis keju yang cukup populer dan sering dikonsumsi oleh mereka adalah Roquefort, yaitu keju yang terbuat dari susu kambing. Keju ini dikenal sebagai salah satu keju bernilai tinggi yang disukai oleh para bangsawan.

5. Suka Mengeluh

Suka MengeluhSumber: frenchly.us

Salah satu kebiasaan lain yang juga cukup sering dilakukan oleh masyarakat Perancis adalah suka mengeluh. Mengeluh adalah cara mereka dalam pembuka percakapan yang biasa dilakukan atau umum terjadi di lingkungan masyarakat. Mengeluh sendiri dilakukan sebagai cara mereka untuk menahan diri dari kata-kata negatif dan tidak pantas terhadap sesuatu.

Hal yang biasa mereka keluhkan biasanya yang bersifat eksternal seperti mengeluh tentang pemerintahan, atau mengeluh tentang pelayanan toko dan restoran. Kebiasaan mereka untuk mengeluh merupakan cara mereka untuk menciptakan koneksi dengan orang lain atau lawan bicara.

6. Menjalankan Tata Krama

Kebiasaan lain masyarakat Perancis yang menarik adalah kebiasaan mereka menjalankan tata krama. Umumnya tata krama yang dilakukan seseorang dapat memengaruhi cara mereka dalam memperlakukan orang tersebut. Sebagai contoh pada saat masuk ke dalam sebuah toko atau restoran, seseorang wajib menyapa dengan “Bonjour” sebelum mengutarakan maksud dan tujuan mereka.

Selain itu, beberapa hal yang mungkin biasa dilakukan di negara lain, namun tidak boleh dilakukan saat berada di Perancis di antaranya memainkan rambut saat berada di restoran, mencium makanan, atau mengambil foto sembarangan. Hal tersebut dianggap kurang pantas, mengganggu dan tidak sopan.

7. Tradisi La bise

Masyarakat Perancis juga dikenal dengan kebiasaan untuk melakukan salam tradisional, atau yang lebih dikenal dengan 'la bise', yaitu mencium pipi kiri dan kanan atau dikenal di tanah air dengan istilah cipika cipiki. Kebiasaan tersebut umumnya dilakukan saat mereka bertemu, berpisah, atau mengucapkan selamat atas sesuatu.

Kebiasaan cipika cipiki sendiri biasa mereka lakukan dengan orang lain yang mereka kenal maupun orang asing yang tidak mereka kenal sebelumnya. Umumnya mereka hanya menempelkan pipi seraya mengeluarkan suara seperti orang sedang mencium. Mereka sendiri tidak mencium pipi langsung dengan bibir karena dianggap sebagai sesuatu yang jorok.

8. Tradisi Apero

Tradisi unik di negara yang terkenal dengan menara Paris selanjutnya adalah tradisi  'La Apero' atau 'La Aperitif'. La Apero merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh keluarga Perancis sebelum makan malam. Biasanya keluarga Perancis akan menyantap makanan kecil 1,5 – 2 jam sebelum makam malam di mulai.

Makanan kecil yang disajikan pun cukup beragam, mulai dari salmon dan keju, atau beberapa jenis keju yang ditaburi dengan rempah-rempah yang khas dari negara tersebut. Salah satu minuman yang kerap hadir menemani acara tersebut adalah anggur merah atau wine, yang cukup digemari oleh masyarakat Perancis.

9. Romantis

Orang Perancis juga tidak ragu untuk bersikap romantis pada pasangan atau orang-orang yang mereka sayangi. Salah satu hal yang masih bisa kita lihat hingga saat ini adalah kebiasaan menulis surat pada kekasih, atau mengungkapkan perasaan lihat karya seni. Perancis sendiri kerap mengadakan berbagai festival bertema cinta setiap tahunnya.

Kebiasaan masyarakat Perancis untuk bersikap romantis memang cukup dikenal oleh dunia. Salah satu istilah yang mungkin sering kita dengar adalah 'French Kiss.' Hal itu tentu bisa menggambarkan betapa romantis mereka kepada pasangan.

10. Sesi Makan yang Panjang

Kebiasaan unik lainnya dari orang Perancis adalah memiliki sesi makan malam yang panjang dan membutuhkan waktu lama. Untuk satu jamuan makan saja mereka bisa menghabiskan waktu cukup lama hingga bisa satu jam, bahkan lebih. Pada umumnya sebelum makan malam, mereka akan mulai dengan La Aperitif atau jamuan kecil berupa snack.

Makan malam sendiri biasanya dimulai dengan hidangan pembuka pertama berupa roti dan makanan laut. Setelah itu masuk ke hidangan pembuka kedua. Hidangan yang disajikan biasanya adalah Fois gras yang terbuat dari hati bebek. Setelah hidangan pembuka, kemudian masuk pada hidangan utama dan diakhiri dengan hidangan penutup berupa berbagai dessert.

Demikianlah 10 Kebiasaan unik orang Perancis yang berhasil dirangkum untuk kamu. Setiap negara memang memiliki kebiasaan unik yang berbeda satu sama lain. Sebagai salah satu negara yang kerap menjadi tujuan utama para turis mancanegara. Kebiasaan unik yang mereka lakukan bisa menjadi cerita menarik untuk dibagikan pada keluarga dan teman-teman.

Nah, jika kamu mengetahui kebiasaan lain dari negara Perancis, kamu bisa memberi tahu tim dengan menulis kolom komentar yang ada di bawah. Kita tunggu, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram