10 Kebiasaan Masyarakat Rusia yang Menarik Diketahui

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 4 Oktober 2021

Rusia adalah negara multikultural yang memiliki beragam tradisi dan kebudayaan unik. Sama seperti daerah lain di dunia, kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Rusia terkadang bisa membuat wisatawan asing heran. Meski demikian, warga Rusia sendiri tentu memiliki alasan tersendiri untuk menjelaskan kebiasaan mereka tersebut.

Apa saja hal menarik dari masyarakat Rusia yang harus wisatawan tahu? Yuk, simak ulasan yang telah kami rangkum dalam artikel di bawah ini.

Baca juga: Tempat wisata di Rusia

1. Tidak suka basa basi

Tidak suka basa basi

Berbasa-basi terkadang diperlukan untuk memecah kebekuan saat bertemu dengan orang baru. Di Indonesia sendiri, basa-basi adalah hal yang lumrah dilakukan, terutama bila bertemu dengan orang yang baru mereka kenal.

Berbeda dengan di Indonesia, masyarakat Rusia diketahui jarang berbasa-basi saat berbicara. Perlu kamu tahu bahwa sebagian besar masyarakat Rusia tidak tertarik untuk berbicara dengan orang asing atau yang tidak mereka kenal.

Orang Rusia sendiri menganggap tindakan basa-basi merupakan sikap yang menunjukkan ketidaktulusan seseorang. Mereka lebih menyukai lawan bicara yang terbuka saat mengungkapkan sesuatu. Dibanding harus berbasa-basi, mereka lebih suka berbicara langsung pada inti pembicaraan.

2. Suka minuman beralkohol

Suka minuman beralkohol

Sama seperti kebiasaan orang-orang di beberapa negara Eropa, hampir sebagian besar warga Rusia dikenal sangat hobi minum minuman alkohol. Hal itu dapat dilihat saat mereka mengadakan pertemuan atau menghabiskan waktu santai bersama. Mereka biasa bersulang dengan segelas wine atau beer.

Kebiasaan minum sendiri memang telah dilakukan sejak lama dan menjadi kebudayaan yang tetap terjaga hingga saat ini. Jadi, jangan heran bila kamu menemukan minuman beralkohol saat diundang pada sebuah pertemuan di Rusia. Hal itu merupakan bagian dari budaya yang telah lama mereka praktikkan.

3. Tidak menyisakan makanan

Tidak menyisakan makanan

Menyisakan makanan di atas meja adalah hal yang dianggap kurang baik di beberapa negara, termasuk di Rusia. Masyarakat Rusia memiliki kebiasaan menghabiskan makanan yang disajikan kepada mereka. Selain sebagai bentuk penghargaan pada juru masak, menyisakan makanan bisa dianggap menghina juru masak.

Masyarakat Rusia sendiri dikenal sangat menghargai makanan. Kebiasaan tersebut memang tidak terlepas dari sejarah masa lalu. Dimana kelaparan dan kesulitan dalam menemukan bahan pokok makanan menjadi bagian dari perjalanan yang mengiringi kehidupan masyarakat Rusia.

4. Percaya pada banyak takhayul

Percaya pada banyak takhayul

Sama seperti di Indonesia, sebagian besar masyarakat Rusia juga sangat mempercayai hal-hal yang berbau takhayul. Beberapa diantaranya seperti tidak mengeluarkan apapun dari rumah di malam hari. Konon, bila itu dilakukan dapat membawa bencana serta kehancuran rumah tangga orang yang melakukannya.

Selain itu, masyarakat Rusia juga akan menghindari berjabat tangan atau bersalaman di ambang pintu karena dianggap bisa menimbulkan perselisihan. Masyarakat Rusia, terutama orang Slavia kuno mempercayai bahwa ambang pintu merupakan tempat bagi setan. Mereka sendiri biasanya menyambut tamu dengan terlebih dahulu melangkahkan kakinya melewati ambang pintu.

5. Suka naik kereta bawah tanah

Suka naik kereta bawah tanah

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-9 di dunia. Kemacetan adalah hal yang biasa ditemukan di jalanan Rusia. Masyarakat Rusia sendiri dikenal sebagai salah satu pengendara paling agresif di dunia. Kebiasaan yang dilakukan pengendara Rusia tersebut tentu bisa menjadi alasan bagi sebagian besar masyarakatnya lebih suka menggunakan kendaraan umum.

Rusia sendiri memang dikenal memiliki mode transportasi bawah tanah yang cukup terintegrasi, bahkan disebut sebagai salah satu yang terindah dan terbaik di dunia. Setiap hari, stasiun kereta bawah tanah Metro kerap dipadati oleh jutaan masyarakat untuk berlalu-lalang dari satu tempat ke tempat lainnya.

6. Suka menyimpan barang lama

Suka menyimpan barang lama

Kebiasaan lain yang bisa kita temukan di masyarakat Rusia adalah suka menyimpan barang lama. Kebiasaan ini umumnya dilakukan oleh generasi tua masyarakat Rusia. Menyimpan barang-barang lama sendiri telah dilakukan sejak zaman Soviet, dimana saat itu masyarakat kekurangan banyak barang.

Sebagian besar masyarakatnya suka menyimpan barang-barang seperti toples, tas, mesin, box dan barang-barang lama lainnya di lemari. Mereka tidak pernah membuang barang-barang rusak dan lebih memilih untuk menyimpannya di rumah. Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga jika suatu saat mereka membutuhkan barang itu kembali.

7. Menyantap semua makanan dengan roti

Menyantap semua makanan dengan roti

Jika di Indonesia dan beberapa negara Asia lain menjadikan nasi sebagai menu wajib di meja makan, di Rusia, Roti adalah menu wajib yang harus tersedia saat makan. Sebagian besar orang Rusia menyantap semua hidangan dengan berbagai jenis roti. Kebiasaan tersebut memang telah dilakukan sejak lama.

Di Rusia sendiri gandum dan tepung terigu menjadi bahan utama dalam membuat hidangan. Sama seperti masyarakat tanah air yang sangat menyukai nasi, orang Rusia juga sangat menyukai olahan gandum dan tepung tersebut. Mereka sendiri bahkan akan keluar dari meja makan dengan perasaan masih lapar bila tidak memakan roti.

8. Tepuk tangan saat pesawat mendarat

Tepuk tangan saat pesawat mendarat

Salah satu kebiasaan unik lain yang dilakukan oleh masyarakat Rusia adalah bersorak dan bertepuk tangan saat pesawat mendarat. Kebiasaan bertepuk tangan saat mendarat dilakukan oleh bangsa Eropa sejak tahun 90-an. Kebiasaan itu kemudian menyebar hingga ke Rusia. Hal itu mereka lakukan sebagai cara untuk membantu mengatasi perasaan cemas setelah perjalanan panjang.

Selain itu, kebiasaan tersebut juga sebagai ungkapan rasa gembira dan terima kasih pada awak kabin dan pilot yang telah mengantarkan mereka selamat sampai tujuan. Jadi, kamu tidak perlu heran bila kemudian mendengar suara riuh dan tepuk tangan saat melakukan penerbangan bersama orang Rusia. Hal itu memang biasa dilakukan oleh sebagian besar warganya.

9. Membawa hadiah untuk orang lain

Membawa hadiah untuk orang lain

Orang Rusia dikenal sangat suka mengunjungi teman atau kerabatnya. Meski jarak yang ditempuh cukup jauh, tetapi hal itu bukan masalah bagi mereka. Saat mengunjungi saudara, teman, tetangga, atau sekadar kenalan, orang Rusia akan membawa hadiah kecil. Pada umumnya hadiah yang mereka bawa berupa sekotak coklat, kue, karangan bunga, atau mainan anak.

Meski suka memberi hadiah, tetapi mereka sendiri memiliki aturan saat memberikan hadiah. Salah satunya tidak memberikan pisau, cermin, jam tangan, mutiara, atau handuk sebagai hadiah. Masyarakat Rusia percaya bahwa hal itu akan mendatangkan nasib buruk.

10. Makan es krim di musim dingin

Makan es krim di musim dingin

Jika hampir sebagian besar orang menikmati sajian hangat saat musim dingin, di Rusia sendiri terdapat kebiasaan yang mungkin membuat wisatawan heran. Kebiasaan tersebut adalah menyantap es krim di musim dingin. Musim dingin bukanlah penghalang bagi masyarakat Rusia untuk menikmati makanan favorit.

Bahkan Ketika suhu berada di bawah nol, mereka masih bisa menikmati makanan dingin tersebut. Di Rusia sendiri, beberapa kios masih tetap menjajakan es krim meski cuaca bersalju. Pada umumnya, masyarakat Rusia sendiri kerap menyajikan es krim dengan selai khas Rusia yang cukup terkenal, yaitu Varenie. Kombinasi tersebut dipercaya oleh masyarakat dapat mencegah tenggorokan menjadi dingin.

Demikianlah 10 Kebiasaan masyarakat Rusia yang berhasil Keluyuran rangkum untuk kamu. Kebiasaan masyarakat Rusia mungkin bisa membuat turis asing bingung. Meski demikian, menghargai setiap tradisi dan kebudayaan daerah adalah hal yang wajib agar menjaga kehidupan tetap damai. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menghargai kebudayaan setiap daerah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram