10 Kebiasaan Unik Orang Bali yang Menarik untuk Diketahui

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

6. Pandai Berbahasa Inggris

Pandai Berbahasa InggrisSumber: volunteerprogramsbali.org

Banyaknya wisatawan luar negeri yang berkunjung ke pulau Bali menuntut masyarakatnya untuk bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Masyarakat Bali sendiri memang cukup beruntung karena dapat lebih mudah mempelajari bahasa Inggris dan mempraktikkan kemampuannya tersebut melalui percakapan dengan turis asing secara langsung.

Kebiasaan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris membuat sebagai besar penduduk lambat laut terbiasa dan pada akhirnya menguasai bahasa tersebut. So, jangan heran apabila kamu melihat masyarakat Bali fasih berbahasa Inggris meski mereka tidak mempelajari bahasa tersebut di bangku sekolah atau kursus bahasa.

7. Menyiapkan Kamar untuk Tamu

Menyiapkan Kamar untuk TamuSumber: x2balibreakers.com

Salah satu kebiasaan lain yang membuat masyarakat Bali sangat disukai oleh wisatawan atau turis asing adalah karena sikap mereka yang baik dan suka menolong. Masyarakat Bali dikenal selalu bersedia menyiapkan kamar untuk tamu di rumah bagi para turis yang tidak mendapat kamar hotel saat berlibur.

Mereka akan dengan senang hari memberikan tumpangan menginap bagi para turis tersebut. Masyarakat Bali sendiri menyebut tindakan yang satu ini dengan istilah Belog Polos, yaitu mempersilakan orang asing tanpa pertimbangan. Kebiasaan masyarakat Bali yang satu ini tentu menjadi sebuah kebiasaan yang menarik dan jarang dilakukan di tempat lain.

8. Memanggil dengan Sebutan “Bli”

Memanggil dengan Sebutan “Bli”Sumber: cakepane.blogspot.com

Kebiasaan lain yang bisa kamu temukan di Bali adalah menyebut seorang laki-laki dengan panggilan "Bli". Panggilan "Bli" sendiri biasanya digunakan untuk seorang pria yang berusia tidak terlalu tua atau teman yang memiliki umur sebaya. Panggilan tersebut dianggap paling sopan untuk orang yang belum saling mengenal.

Di Bali sendiri panggilan tersebut lumrah digunakan oleh para turis lokal untuk mengakrabkan diri. Namun, mengingat Bali adalah salah satu daerah yang mengenal sistem kasta, dimana bahasa yang digunakan oleh setiap kasta berbeda, sehingga penyebutan panggilan tersebut perlu diperhatikan supaya orang lain yang memiliki kasta lain tidak tersinggung karena hal tersebut.

9. Melasti

MelastiSumber: finnsrecclub.com

Salah satu kebiasaan lain dari masyarakat Bali yang masih terjaga hingga saat ini adalah Melasti, yaitu kegiatan upacara keagamaan yang ditandai dengan prosesi berjalan beriringan seraya membawa persembahan dari sebuah pura menuju sumber air, seperti laut atau sumber mata air.

Ketika kegiatan tersebut berlangsung jalanan akan sangat macet karena dipenuhi oleh masyarakat yang terlibat dan para turis yang tertarik untuk melihat tradisi tersebut. Nah, para Pecalang atau polisi adat setempat bersama petugas polisi tanah air biasanya ikut dilibatkan untuk menjaga keamanan selama kegiatan upacara berlangsung.

10. Nyepi Adat

Nyepi Adat

Nah, jika kamu berkunjung ke beberapa wilayah yang ada di Bali, maka kamu tidak perlu heran bila melihat situasi lingkungan atau jalanan yang sangat sepi. Nyepi adat atau dikenal juga dengan Nyipeng adalah sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat Bali, dimana mereka dilarang untuk keluar rumah selama tiga hari.

Nah, pada masa Nyepi adat masyarakat Bali memiliki empat pantangan diantaranya; tidak boleh keluar rumah, tidak boleh bersenang-senang, tidak boleh bekerja, dan menyalakan api. Jadi, jangan heran bila jalanan akan terlihat sangat sepi.

Demikianlah 10 Kebiasaan unik orang Bali yang berhasil Keluyuran rangkum untuk kamu. Bali adalah salah satu daerah yang memegang teguh ada istiadat yang diwariskan para leluhur. Meski perkembangan teknologi telah semakin canggih, namun hal tersebut tidak membuat tradisi dan budaya Bali tergerus. Nah, bagaimana pendapatmu tentang hal itu? Tulis komentarmu di bawah, ya!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram