10 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bikin Orang Asing Bingung

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 8 September 2021

Setiap negara memiliki kebiasaan unik yang terkadang membuat wisatawan asing kagum. Kebiasaan yang diperlihatkan oleh setiap daerah terkadang mendapat tanggapan positif. Namun, diantara kebiasaan tersebut terdapat pula kebiasaan yang malah membuat orang lain bertanya-tanya dan bingung.

Beberapa diantaranya seperti kebiasaan orang Indonesia yang akan kami bahas dalam artikel di bawah. Apa yang membuat orang luar negeri bingung dengan kebiasaan unik orang Indonesia? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Kerokan

Kebiasaan orang Indonesia pertama yang dapat membuat orang luar negeri bingung adalah tradisi pengobatan dengan cara kerokan. Metode pengobatan yang satu ini biasanya dilakukan saat tubuh masuk angin. Orang luar negeri sendiri memang tidak mengenal istilah penyakit masuk angin. Masuk angin sendiri sebenarnya merupakan gejala myalgia atau pegal-pegal pada otot.

Sama seperti nama penyakitnya yang asing, cara yang dilakukan oleh orang Indonesia untuk mengobatinya pun dinilai tidak biasa, bahkan cenderung menyakitkan. Meski terlihat menakutkan, tetapi banyak pula wisatawan yang penasaran dengan salah satu metode pengobatan unik yang satu ini.

2. Pencinta Sambal

Pencinta Sambal

Salah satu kebiasaan unik lainnya yang bisa membuat turis asing keheranan adalah makan ditemani dengan sambal. Sensasi pedas dan aroma yang kuat dalam makanan memang dianggap cukup mengganggu oleh sebagian turis asing. Jika mayoritas masyarakat tanah air sangat suka dengan rasa pedas, berbeda dengan orang luar negeri yang tidak terlalu menyukai rasa pedas.

Sebagian besar lidah orang barat cenderung memiliki sensitivitas yang cukup tinggi pada masakan pedas. Beberapa di antara mereka bahkan kerap merasakan sensasi lidah terbakar meski hanya memakan sedikit sambal.

3. Tidak Bisa Lepas dari Nasi

Tidak Bisa Lepas dari Nasi

Nasi adalah salah satu makanan pokok orang Asia, termasuk Indonesia. Meskipun terdapat banyak pilihan karbohidrat yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat tanah air, tetapi nasi tetap menjadi primadona yang tidak bisa lepas dari kehidupan orang Indonesia. Kebiasaan mengonsumsi nasi inilah yang kadang membuat orang luar negeri terheran-heran.

Mengingat hampir sebagian besar masyarakat luar negeri, terutama negara barat tidak terbiasa untuk memakan nasi. Untuk memenuhi asupan karbohidrat setiap hari mereka sendiri cenderung memilih dari sumber lain seperti jagung, gandum, dan umbi-umbian.

4. Sikap Ramah Orang Indonesia

Kebiasaan masyarakat Indonesia selanjutnya yang kerap kali membuat turis asing bingung adalah sikap ramah yang kerap ditunjukkan oleh masyarakat tanah air pada orang asing. Sejak dulu, orang Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan penduduk yang ramah dan murah senyum. Orang Indonesia juga sangat mudah membaur, bahkan dengan orang-orang baru sekalipun.

Kebiasaan yang ditunjukkan oleh bangsa Indonesia tersebut tentu sangat berbeda dengan kebiasaan orang barat, dimana sebagian besar dari mereka bersikap individualis, bahkan kerap menganggap orang asing berbahaya dan berpotensi mengancam keselamatan.

5. Makan Menggunakan Tangan atau Tanpa Sendok

Makan Menggunakan Tangan atau Tanpa SendokSumber: idntimes.com

Bagi orang asing makan menggunakan tangan mungkin dianggap sebagai tindakan yang kurang sopan. Mereka sendiri biasa menggunakan alat bantu ketika makan seperti sendok, garpu, pisau, hingga sumpit. Hal tersebut merupakan bagian dari table manner yang diajarkan leluhurnya.

Kebiasaan ini tentu sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia, dimana sebagian besar masyarakatnya terbiasa makan menggunakan tangan. Selain membuat makanan terasa lebih nikmat, kebiasaan makan menggunakan tangan sendiri adalah tradisi asli orang Indonesia yang diwariskan turun-temurun dari nenek moyang.

6. Tinggal Serumah dengan Orang Tua

Kebiasaan lain yang juga bisa menjadi tanda tanya besar bagi orang asing adalah kebiasaan orang Indonesia yang masih tetap hidup serumah dengan orang tua, bahkan setelah mereka dewasa dan menikah. Di luar negeri sendiri adalah hal yang memalukan bagi orang yang telah dewasa dan bisa hidup mandiri masih menumpang di rumah orang tua.

Pada umumnya, orang luar negeri mulai memutuskan untuk keluar dari rumah sekitar usia 20-an dan menjalani hidup serta mulai membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Kebiasaan mereka tersebut tentu sangat berbeda jauh dengan apa yang bisa kita lihat di Indonesia.

7. Memakan Ceker dan Kepala Ayam

Hal lain yang tidak kalah membuat turis asing bingung dengan kebiasaan warga Indonesia adalah memakan ceker dan kepala ayam. Beberapa negara barat diketahui jarang mengonsumsi bagian ayam tersebut.

Bagi mereka ceker dan kepala ayam merupakan makanan yang tabu. Mereka sendiri cenderung membuang bagian tersebut atau mengolahnya untuk dijadikan sebagai pakan ternak.

Kebiasaan orang Indonesia memakan ceker dan kepala ayam tentu bisa membuat orang asing merasa geli, bahkan mungkin dianggap aneh dan menjijikkan.

8. Memakai Jaket di Siang Hari

Memakai Jaket di Siang HariSumber: mldspot.com

Jika orang luar negeri kerap menyesuaikan pakaian yang dikenakan dengan musim yang sedang dilewati, hal ini berbeda dengan yang biasa ditemukan di Indonesia, dimana orang Indonesia kerap menggunakan jaket meskipun sinar matahari sangat terik.

Kebiasaan tersebut tentu dapat membuat orang luar negeri bingung, terutama mereka yang hidup di daerah dingin dibuat heran. Orang Indonesia sendiri memang cenderung lebih suka memilih tubuh mereka panas dibanding harus membiarkan kulit mereka terbakar oleh paparan sinar matahari.

9. Mandi Dua Kali Sehari

Mandi Dua Kali Sehari

Aktivitas lain yang juga dianggap aneh oleh sebagian besar warga asing adalah kebiasaan masyarakat tanah air yang suka mandi dua kali sehari. Seperti kita ketahui, orang Indonesia mandi di waktu pagi hari sebelum beraktivitas dan menjelang sore hari.

Meski hal tersebut dianggap baik oleh masyarakat kita, tetapi ternyata bagi orang luar negeri apa yang dilakukan oleh orang Indonesia tersebut merupakan hal yang sangat berlebihan. Pada umumnya, di berbagai negara, mandi hanya dilakukan sehari satu kali.

Bagi mereka mandi terlalu sering dapat berdampak pada kulit, dimana membuatnya mudah kering. Selain itu, mandi sehari sekali juga dilakukan untuk menghemat air.

10. Membasuh dengan Air

Cebok dengan Air

Jika umumnya masyarakat luar negeri membersihkan diri dengan kertas tisu saat buang air, di Indonesia kebiasaan tersebut terdengar sangat aneh dan menggelikan. Ya, orang Indonesia memang lebih suka membersihkan diri menggunakan air ketimbang tisu toilet setelah melakukan aktivitas toilet.

Kebiasaan orang asing menggunakan tisu memang bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti ketersediaan air atau pengaruh Iklim dan cuaca. Seperti kita ketahui bahwa negara yang memiliki cuaca yang dingin sepanjang tahun menyebabkan air membeku dan sangat dingin. Oleh karena itu mereka cenderung menggunakan tisu untuk membersihkan diri.

Demikianlah 10 Kebiasaan orang Indonesia yang membuat orang luar negeri bingung, yang telah kami rangkum untuk kamu. Setiap daerah memang memiliki beragam kebiasaan yang mungkin menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Sebagai manusia kita harus tetap bijak dalam menanggapi segala perbedaan.

Salah satu langkah terbaik yang bisa kita lakukan agar tetap damai adalah saling menghormati dan menghargai sesama manusia. Kamu tentu mengetahui kebiasaan unik lainnya yang biasa dilakukan di tanah air? Biar kita tahu tulis komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram