10 Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bisa Membuat Heran

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 19 Februari 2021

Jepang adalah salah satu negara di Asia yang terkenal karena kemajuannya yang luar biasa di beberapa sektor, mulai dari ekonomi, teknologi, hingga kebudayaan masyarakatnya. Nah, selain mendapat predikat baik di mata Dunia, negara dengan sistem pemerintahan parlementer ini diketahui juga memiliki sejumlah kebiasaan unik yang membuat orang lain heran, bahkan sulit untuk mengerti.

So, untuk mengetahui lebih dalam mengenai kebiasaan unik orang Jepang. Simak ulasan yang akan Keluyuran bahas dalam artikel di bawah. Apa yang membuat menarik? Berikut adalah ulasannya:

1. Menyeruput Mie dengan Suara Keras 

Menyeruput Mie dengan Suara KerasSumber: japantoday.com

Mie adalah salah satu hidangan yang cukup menjadi favorit di Negara Sakura, Jepang. Beragam jenis mie banyak disajikan, mulai dari Ramen, Soba, Udon, Shomen, dan Shirataki. Nah, Jepang sendiri memiliki kebiasaan unik yang kerap dilakukan ketika menikmati mie. 

Jika sebagian daerah menganggap bersuara saat menyantap makanan  adalah hal yang kurang sopan, maka di Jepang sendiri menyeruput mie dengan suara keras adalah hal yang dianggap wajar. Masyarakat Jepang sendiri menganggap kebiasaan tersebut sebagai cara seseorang untuk menunjukkan kenikmatan ketika menyantap sajian mie tersebut. 

2. Mandi Bersama Tanpa Busana

Mandi Bersama Tanpa BusanaSumber: enjoyonsen.city.beppu.oita.jp

Jepang memang dikenal memiliki budaya mandi yang berbeda dengan negara lain. Masyarakat Jepang sendiri dikenal sangat suka berendam pada malam hari di tempat pemandian air panas (Onsen) dan pemandian umum (Sento). Kedua aktivitas tersebut yang kemudian dikenal dengan budaya Onsen dan Sento. 

Nah, salah satu kebiasaan unik dari masyarakat Jepang terkait budaya ini, yaitu mandi bersama tanpa sehelai busana Alisa telanjang. Meski tempat pemandian dibedakan berdasarkan jenis kelamin, namun bagi orang yang tidak terbiasa melakukannya, hal tersebut tentu bisa menimbulkan perasaan canggung atau malu.

3. Tidur Dimana Saja

Tidur Dimana SajaSumber: harryinjapan.wordpress.com

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kedisiplinan tinggi. Hampir sebagian besar para pekerja Jepang dikenal tekun dalam bekerja. Hal inilah yang kemudian membuat waktu istirahat mereka sedikit berbeda dengan masyarakat dunia pada umumnya. 

Nah, ketika mereka merasa kelelahan karena bekerja, mereka sendiri memiliki kebiasaan untuk tidur dimana saja, atau yang dikenal dengan Inemuri. So, kamu tidak perlu heran bila melihat banyak orang Jepang tidur di fasilitas umum, di kantor, ruang kelas, stasiun kereta, taman, bahkan di pusat-pusat perbelanjaan. 

4. Membungkuk untuk Menghormati 

Membungkuk untuk MenghormatiSumber: indonesiar.com

Salah satu kebiasaan unik lainnya yang dapat kita lihat ada pada masyarakat Jepang adalah cara mereka memberikan hormat pada orang lain, dimana untuk menunjukkan rasa hormat, masyarakat Jepang akan membungkukkan badan pada orang tersebut. Kebiasaan tersebut dikenal juga dengan istilah Ojigi

Nah,  Ojigi sendiri biasa dilakukan oleh masyarakat Jepang ketika hendak berterima kasih, memohon, memberi selamat, atau meminta maaf. Meski terlihat sederhana, namun cara Ojigi memiliki tata cara tersendiri saat melakukannya. 

5. Piknik di Makam

Piknik di MakamSumber: tokyotreat.com

Kebiasaan unik selanjutnya yang juga bisa membuat orang lain melihat orang Jepang adalah piknik di makam keluarga. Ya, jika umumnya piknik dilakukan di lokasi yang dianggap bagus, maka di Jepang ada sebuah tradisi unik yang dikenal dengan Hanami, sebuah tradisi musim semi yang masih dilakukan keluarga Jepang hingga saat ini.

Saat musim tersebut, masyarakat Jepang akan berkumpul bersama keluarga kemudian mengunjungi makam anggota keluarga lain untuk melakukan aktivitas layaknya orang yang sedang piknik seperti makan bersama, minum, dan bernyanyi. Hal itu dilakukan oleh masyarakat Jepang sebagai bentuk penghormatan mereka pada leluhur. 

6. Parkir Sepeda Sembarangan 

Parkir Sepeda SembaranganSumber: missnidy.com

Meski dikenal sebagai negara dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, namun Jepang juga memiliki salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan, yaitu parkir sepeda sembarangan. Sepeda memang sudah menjadi salah satu sarana transportasi sehari-hari orang Jepang. 

Walaupun pemerintah telah menyediakan tempat parkir koin untuk sepeda, namun banyak diantara masyarakat Jepang yang masih suka menyimpan sepeda sembarangan. Nah, karena masalah itu pula pemerintah Jepang kerap bertindak tegas dengan mengangkut sepeda-sepeda tersebut ke dalam truk untuk diamankan. 

7. Budaya Harakiri 

Budaya HarakiriSumber: kitatv.com

Salah satu kebiasaan orang Jepang yang cukup dikenal di dunia adalah Harakiri, yaitu tindakan bunuh diri sebagai hukuman atas kesalahan atau kegagalan mereka dalam mengerjakan tugas atau suatu pekerjaan. Tradisi ini mulai muncul pada masa Kekaisaran Tokugawa pada zaman Edo, yaitu sekitar tahun 1600 -1867. 

Bunuh diri yang dilakukan orang Jepang sendiri adalah sesuatu hal yang lumrah, bahkan bagi sebagian orang tindakan tersebut dianggap sebagai cara terhormat untuk mengakhiri hidup dari rasa malu. WHO sendiri menetapkan negara Jepang sebagai salah satu negara dengan tingkat bunuh diri yang cukup tinggi. 

8. Sarapan Telur Mentah dan Nasi

Sarapan Telur Mentah dan NasiSumber: honestdocs.id

Jepang memang dikenal sangat suka memakan makanan mentah. Salah satu makanan asal Jepang yang cukup populer di seluruh dunia adalah Sushi, yaitu sajian tradisional Jepang berupa campuran ikan mentah dan juga nasi. 

Nah, selain Sushi, terdapat juga kebiasaan unik lainnya yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, yaitu sarapan telur mentah yang dicampur dengan nasi. Bagi sebagian orang hal itu tentu bisa membuat mual, namun bagi masyarakat Jepang sajian tersebut adalah sesuatu yang biasa. Mereka sendiri menyebut sarapan ala Jepang tersebut dengan Tamago kake Gohan. 

9. Menatap Bulan 

Menatap Bulan

Menatap bulan memang buka hal yang aneh dilakukan oleh seseorang. Hal tersebut dilakukan memang bisa karena beberapa alasan seperti merenung tentang kehidupan, merindukan seseorang, atau mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan. Jika di tempat lain, hal tersebut hanya dilakukan oleh segelintir orang, maka di Jepang aktivitas tersebut dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Jepang. 

Mereka sendiri menyebutnya dengan tradisi Tsukimi atau Otsukimi, yaitu sebuah tradisi memandang bulan purnama di musim gugur dengan tujuan untuk menunjukan rasa syukur atas hasil panen yang baik dan berharap mendapatkan hal yang serupa untuk hasil panen di musim yang akan datang berikutnya.

Tradisi Tsukimi atau Otsukimi sendiri telah berlangsung secara berabad-abad dan dianggap sebagai bagian penting dari budaya tradisional yang ada di Jepang.

10. Menyandarkan Kepala pada Orang Lain

Menyandarkan Kepala pada Orang LainSumber: guidable.co

Nah, salah satu kebiasaan unik masyarakat Jepang lainnya adalah tertidur dengan menyandarkan kepala pada orang lain di transportasi umum. Jika bagi sebagian orang hal tersebut dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu, maka di Jepang sendiri hal tersebut dianggap hal yang biasa. Masyarakat Jepang kerap memberikan bahu mereka pada orang di sebelahnya.

Kelelahan saat bekerja memang sesuatu yang sangat dihargai oleh masyarakat Jepang. Jadi, jangan heran bila kamu melihat banyak orang tertidur menyandarkan kepalanya pada orang yang ada di sebelahnya. Namun, orang di sebelahnya tersebut tidak merasa terganggu atau marah. Hal itu merupakan bentuk solidaritas di antara mereka. 

Nah, itulah 10 Kebiasaan unik orang Jepang yang bisa membuat orang lain heran yang telah Keluyuran rangkum untuk kamu. Setiap negara atau daerah memang memiliki kebiasaan masing-masing yang patut hormati. Seperti halnya Jepang, Indonesia sendiri memiliki kebiasaan yang mungkin dianggap unik oleh negara lain. 

Meski begitu, saling menghargai adalah langkah yang tepat dalam menyikapi hal tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram