Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru!

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengenal satwa secara langsung pasti menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih jika memiliki anak kecil dan ingin memperkenalkan mereka kepada beragam satwa yang ada di Indonesia. Seperti halnya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, di Kota Kembang juga memiliki Kebun Binatang yang menjadi wisata edukasi untuk semua umur.

Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930, dan diresmikan pada 12 April 1933, Kebun Binatang Bandung menempati lahan seluas 13,5 hektar. Sejak awal pembangunan, Kebun Binatang Bandung dikelola oleh Bandung Zoological Park, kemudian pada tahun 1957 diganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari.

Kebun Binatang Bandung mengoleksi lebih dari 200 jenis satwa. Dimana 79 diantaranya merupakan jenis satwa yang dilindungi, dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. Kebun Binatang Bandung menjadi salah satu tempat rekreasi terbaik bersama keluarga. Jika kamu berencana liburan ke Kebun Binatang Bandung, simak rangkuman informasi berikut ini ya!

Wahana dan Spot Populer di Kebon Binatang Bandung

Wahana dan Spot Populer di Kebon Binatang Bandung

* sumber: explorewisata.com

Banyak hal yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Bandung, mulai dari berinteraksi langsung dengan satwa yang ada di sana, melihat atraksi binatang, hingga bermain wahana yang seru seperti naik unta, dan berlayar menggunakan perahu kayu. Berikut ini beragam permainan yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun orang dewasa:

1. Naik Unta

Naik Unta

* sumber: momokiro.com

Pada zaman Nabi, unta menjadi tunggangan untuk mobilitas ketika berpergian. Jika ingin mengajak anak untuk mencoba sensasi naik unta seperti pada zaman Nabi, kamu bisa mencobanya di Kebun Binatang Bandung. Di sini, tersedia wahana naik unta yang bisa dicoba oleh anak mulai dari usia 3 tahun.

Naik unta di Kebun Binatang Bandung, kamu akan diajak mengelilingi satu area yang tidak terlalu besar dan dilakukan selama 2 – 3 keliling dalam satu kali naik. Keamanan untuk wahana naik unta sudah sangat terjamin, dan bisa juga digunakan oleh orang dewasa.

2. Perahu Kayu dan Perahu Bebek

Perahu Kayu dan Perahu Bebek

* sumber: www.bandung-zoo.com

Menikmati Kebun Binatang Bandung dengan cara yang berbeda bisa dimulai dari berlayar di atas perahu kayu yang mengalir di sungai buatan Kebun Binatang Bandung. Tak hanya perahu kayu saja, di sini juga menyediakan perahu bebek yang bisa digunakan untuk 2 orang. Sepanjang berlayar, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan hijau di kiri dan kanan sungai.

3. Naik Kuda

Naik Kuda

Wahana yang satu ini sudah biasa ada di tempat wisata, seperti halnya di Kebun Binatang Bandung. Di sini tak hanya bisa mengajak anak naik unta, kamu pun bisa mengajak anak naik kuda selama satu keliling. Selama naik kuda, akan dipandu oleh pemandu jadi akan tetap aman selama mengelilingi area kuda.

4. Taman Bermain

Taman Bermain

Kebun Binatang Bandung dilengkapi dengan taman bermain anak, dimana anak bisa mengekpsplorasi kemampuan motorik anak. Ukuran taman bermain anak tidak terlalu luas, dan aman untuk anak-anak. Area taman bermain yang teduh akan membuat anak betah untuk bermain di taman ini.

5. Naik Skuter

Naik Skuter

* sumber: www.bandung-zoo.com

Bagi anak-anak bermain wahana tentu menyenangkan. Di sini ada sekuter yang bisa dipakai untuk mengelilingi area tertentu. Dengan sekuter ini akan melatih keberanian anak dan tentunya menjadi permainan yang menyenangkan.

6. Teater Satwa

Teater Satwa

Ingin melihat satwa lebih dekat? Kamu bisa mengajak anak untuk berinteraksi lebih dekat dengan satwa yang ada di sini. Salah satunya burung. Di sini burung akan menampilkan kepintarannya dimana anak akan mengetahui bahwa hewan memiliki kecerdasannya masing-masing. Selain itu ada pula anjing yang melompat sesuai dengan rintangan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

Kebun Binatang Bandung berada di bawah manajemen Yayasan Marga Satwa Tamansari, mematok harga tiket masuk untuk bisa menyapa satwa yang ada di sini. Berikut ini informasi tiket masuk kawasan wisata dan waktu operasionalnya.

  • Tiket Masuk : Rp40.000 (Guru mendapat diskon 20%, dan rombongan diskon 50%)
  • Waktu Operasional : 008.00 – 16.00 WIB

Fasilitas di Kebun Binatang Bandung

Fasilitas di Kebun Binatang Bandung

Sebagai salah satu tempat rekreasi terbaik di Bandung, Kebun Binatang Bandung memberikan fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Tak hanya wahana permainan yang menarik saja, berikut ini fasilitas yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke Kebun Binatang Bandung.

  • Pusat Oleh-Oleh : Berkunjung ke tempat rekreasi tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh dan merchandise dari tempat wisata tersebut. Di Kebun Binatang Bandung sudah tersedia pusat oleh-oleh yang menjual beragam oleh-oleh khas Bandung, dan merchandise dari Kebun Binatang Bandung.
  • Wisata Kuliner : Kebun Binatang Bandung menyediakan aneka kuliner dan cemilan khas Bandung. Saat menunggu anak bermain, tidak ada salahnya untuk mencoba ragam kuliner yang disediakan di Kebun Binatang Bandung.
  • Musholla
  • Toilet
  • Area Parkir

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

  • Alamat : Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung

Akses menuju Kebun Binatang Bandung cukup mudah karena letaknya tak jauh dari pusat kota Bandung dan bersebelahan dengan perguruan tinggi negeri ternama, Institut Teknologi Bandung. Kebun Binatang Bandung dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Dago dan Cihampelas. Berikut ini referensi akses transportasi menuju Kebun Binatang Bandung

  • Mobil / Motor

Jika kamu datang dari arah Tol Pasteur, lanjutkan perjalanan melewati fly over Pasupati, turun di Jalan Tamansari dan mengarah ke utara sampai depan gerbang Kebun Binatang Bandung. Jika patokannya dari pusat kota seperti Alun-Alun Bandung, kamu bisa mengarah ke Jalan Wastu Kencana, dan dilanjutkan ke Jalan Tamansari sampai ke Kebun Binatang Bandung.

Jika kamu datang dari arah utara seperti Lembang, maka bisa lewat Jalan Setiabudhi, kemudian mengarah ke Babakan Siliwangi, masuk ke Jalan Tamansari, sampailah ke Kebun Binatang Bandung. Kamu bisa menggunakan GPS untuk memudahkan perjalanan.

  • Transportasi Umum

Jika kamu datang dari Stasiun Bandung, maka bisa menggunakan angkutan kota jurusan Cisitu – Tegalega, dan langsung turun di depan Kebun Binatang Bandung. Jika dari arah utara, bisa gunakan angkutan kota Cicaheum – Ledeng sampai depan Kebun Binatang Bandung. Rute yang sama jika kamu datang dari arah Terminal Cicaheum, yaitu bisa menggunakan angkutan kota Cicaheum – Ledeng.

Hotel dan Penginapan Sekitar Kebun Binatang Bandung

Hotel dan Penginapan Sekitar Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung bisa dieksplor dalam waktu satu hari. Namun rasanya akan kurang jika tidak mengeksplor daerah lain di Kota Bandung. Jika kamu berencana menginap di sekitar Kebun Binatang Bandung, maka bisa pilih salah satu dari beberapa hotel yang letaknya tak jauh dari Kebun Binatang. Berikut pilihannya.

1. Patra Comfort Bandung

  • Jl. Ir. H. Juanda No.132, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2502 664

2. Geulis Boutique Hotel & Café Bandung

  • Jl. Ir. H. Juanda No.129, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2507 777

3. Hotel Royal Dago

  • Jl. Ir. H. Juanda No.156-169, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2502 200

4. Scarlet Dago Hotel Bandung

  • Jl. Siliwangi No. 5, Hegarmanah, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2500 300

5. House Sangkuriang Bandung

  • Jl. Sangkuriang No.1, Dago, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 8783 2323

6. Moxy Bandung

  • Jl. Ir. H. Juanda No.69, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2050 7777

7. Beehive Café & Boutique Hotel

  • Jl. Dayang Sumbi No.1, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2505 801

8. Sapadia Guest House

  • Jl. Mundinglaya No.2, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2511 011

9. The Palais Dago

  • Jl. Ir. H. Juanda No.90, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2505 111

10. Wisma Dago

  • Jl. Ciungwanara No.16, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 2501 356

Itulah rangkuman tentang Kebun Binatang Bandung yang menjadi salah satu tempat rekreasi terbaik di Kota Bandung. Jika ingin mengajak anak mengenal berbagai macam satwa, Kebun Binatang Bandung bisa menjadi tujuan liburanmu berikutnya. Ayo, ajak keluarga untuk rekreasi di Kebun Binatang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *