Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 3 Juni 2021

Mengenal satwa secara langsung pasti menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih jika memiliki anak kecil dan ingin memperkenalkan mereka kepada beragam satwa yang ada di Indonesia. Seperti halnya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, di Kota Kembang juga memiliki Kebun Binatang yang menjadi wisata edukasi untuk semua umur.

Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930, dan diresmikan pada 12 April 1933, Kebun Binatang Bandung menempati lahan seluas 13,5 hektar. Sejak awal pembangunan, Kebun Binatang Bandung dikelola oleh Bandung Zoological Park, kemudian pada tahun 1957 diganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari.

Kebun Binatang Bandung mengoleksi lebih dari 200 jenis satwa. Dimana 79 diantaranya merupakan jenis satwa yang dilindungi, dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. Kebun Binatang Bandung menjadi salah satu tempat rekreasi terbaik bersama keluarga.

Sekadar info, pihak Kebun Binatang Bandung juga menyediakan Zoo Educator atau pemandu. Zoo Educatornya tersedia sesuai dengan permintaan, ya. Jika kamu berencana liburan ke Kebun Binatang Bandung, simak rangkuman informasi berikut ini ya!

Wahana dan Spot Populer di Kebun Binatang Bandung

Banyak hal yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Bandung, mulai dari berinteraksi langsung dengan satwa yang ada di sana, melihat atraksi binatang, hingga bermain wahana yang seru seperti naik unta, dan berlayar menggunakan perahu kayuh. Berikut ini beragam permainan yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun orang dewasa:

1. Naik Unta

kebun binatang bandung 4

Pada zaman Nabi, unta menjadi tunggangan untuk mobilitas ketika berpergian. Jika ingin mengajak anak untuk mencoba sensasi naik unta seperti pada zaman Nabi, kamu bisa mencobanya di Kebun Binatang Bandung. Di sini, tersedia wahana naik unta yang bisa dicoba oleh anak mulai dari usia 3 tahun.

Naik unta di Kebun Binatang Bandung, kamu akan diajak mengelilingi satu area yang tidak terlalu besar dan dilakukan selama 2 – 3 keliling dalam satu kali naik. Keamanan untuk wahana naik unta sudah sangat terjamin, dan bisa juga digunakan oleh orang dewasa.

2. Perahu Kayuh dan Perahu Bebek

Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru! 1

Menikmati Kebun Binatang Bandung dengan cara yang berbeda bisa dimulai dari berlayar di atas perahu kayuh yang mengalir di sungai buatan Kebun Binatang Bandung.

Tak hanya perahu kayuh saja, di sini juga menyediakan perahu bebek yang bisa digunakan untuk 2 orang. Sepanjang berlayar, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan hijau di kiri dan kanan sungai.

3. Naik Kuda

Naik Kuda

Wahana yang satu ini sudah biasa ada di tempat wisata, seperti halnya di Kebun Binatang Bandung. Di sini tak hanya bisa mengajak anak naik unta, kamu pun bisa mengajak anak naik kuda selama satu keliling. Selama naik kuda, akan dipandu oleh pemandu jadi akan tetap aman selama mengelilingi area kuda.

4. Taman Bermain

Fasilitas di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung dilengkapi dengan taman bermain anak, dimana anak bisa mengekpsplorasi kemampuan motorik anak. Ukuran taman bermain anak tidak terlalu luas, dan aman untuk anak-anak. Area taman bermain yang teduh akan membuat anak betah untuk bermain di taman ini.

5. Naik Skuter

Naik Skuter

Bagi anak-anak bermain wahana tentu menyenangkan. Di sini ada sekuter yang bisa dipakai untuk mengelilingi area tertentu. Dengan sekuter ini akan melatih keberanian anak dan tentunya menjadi permainan yang menyenangkan.

6. Teater Satwa

kebun binatang bandung 3

Ingin melihat satwa lebih dekat? Kamu bisa mengajak anak untuk berinteraksi lebih dekat dengan satwa yang ada di sini. Salah satunya burung. Di sini burung akan menampilkan kepintarannya dimana anak akan mengetahui bahwa hewan memiliki kecerdasannya masing-masing. Selain itu ada pula anjing yang melompat sesuai dengan rintangan.

7. Naik Gajah

Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru! 2

Bukan cuma unta dan kuda saja, di Kebun Binatang Bandung, kamu juga bisa coba naik gajah, lho. Yap, buat kamu yang ingin merasakan sensasi menunggangi gajah, wahana tunggang gajah ini bisa banget untuk dicoba. Tarif wahana tunggang gajah ini di bawah Rp50.000, ya.

Koleksi Satwa

kebun binatang bandung 6

Selain membahas spot dan wahana menarik yang ada di Kebun BInatang Bandung, kami juga akan membagikan informasi mengenai koleksi satwa yang ada di sana. Berikut daftarnya:

1. Harimau dan Singa

kebun binatang bandung 11

Di Kebun Binatang Bandung, terdapat shelter yang dihuni oleh harimau dan singa. Harimaunya sendiri merupakan harimau Benggala yang berasal dari beberapa negara seperti India, Bhutan, Nepal dan Bangladesh. Harimau ini mulai kehilangan habitatnya akibat perburuan.

Tak jauh dari shelter harimau, ada kandang singa dan juga macan tutul Jawa. Oh iya, selain harimau Benggala, di sini kamu juga bisa menemukan harimau Sumatera yang merupakan satu-satunya spesies harimau asli Indonesia.

2. Burung

kebun binatang bandung 5

Kebun Binatang Bandung punya area penangkaran burung yang dihuni oleh banyak jenis burung seperti elang laut perut putih, elang bondol, flamingo, bangau, kepodang dan masih banyak lagi.

Yang membuat area burung makin menarik adalah burung meraknya yang dibiarkan berkeliaran bebas, sehingga kamu dapat berfoto dengan mereka. Kalau sedang beruntung, kamu dapat menyaksikan burung merak memamerkan keindahan ekornya.

3. Orang Utan

kebun binatang bandung 1

Selanjutnya, ada orang utan. Di Kebun Binatang Bandung terdapat dua jenis orang utan yang dapat kamu temui. Yang pertama adalah orang utan Kalimantan yang merupakan mamalia arboreal terbesar di dunia.

Jenis yang kedua adalah orang utan Sumatera. Hewan ini merupakan kera besar yang punya rambut berwarna cokelat. Sayangnya, dua jenis orang utan ini sekarang sudah terancam punah.

Tak hanya orang utan, di kebun binatang ini ada beberapa hewan primata lain seperti lutung, owa jawa, wau-wau Sumatera, monyet Jepang dan masih banyak lagi.

4. Hewan Afrika

kebun binatang bandung 12

Di Kebun BInatang Bandung terdapat satu kandang khusus yang berisikan hewan-hewan dari Benua Afrika. Di antaranya ada jerapah, zebra, burung unta, hingga lechwe dan eland yang masih terdengar asing di telinga kita.

Di kandang lainnya, ada hewan lain berupa kuda nil yang bisa ditemui. Hewan satu ini bertubuh besar dan lebih suka hidup di dalam air.

5. Hewan Melata

kebun binatang bandung 12

Buat kamu pencinta reptil atau hewan melata, Kebun Binatang Bandung juga punya banyak koleksinya. Di sini ada ragam jenis hewan melata seperti ular anaconda, ular sanca bodo, ular king cobra dan lain sebagainya.

Ada pula aneka ragam jenis kura-kura yang lucu seperti kura-kura Brazil, kura-kura sungai Kalimantan, bulus, labi-labi dan lainnya Beberapa jenis buaya seperti buaya muara dan buaya sinyulong juga bisa ditemui di sini.

4. Beruang Madu

kebun binatang bandung 14

Beruang madu merupakan jenis berunag terkecil di dunia. Hewan ini punya lidah yang sangat panjang. Lidahnya berfungsi untuk mengambil madu dan serangga dari dalam pohon.

Di Kebun Binatang Bandung terdapat enam ekor beruang madu yang punya nama unik. Mereka adalah Kardit, Riri, Putri, Uta, Badi dan Rika. Kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa temui mereka, ya!

Harga Tiket dan Jam Operasional

Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru! 3

Kebun Binatang Bandung berada di bawah manajemen Yayasan Marga Satwa Tamansari, mematok harga tiket masuk untuk bisa menyapa satwa yang ada di sini. Berikut ini informasi tiket masuk kawasan wisata dan waktu operasionalnya:

  • Tiket Masuk: Rp50.000 per orang (Dewasa dan anak dengan tinggi 80 cm), Rp45.000 per orang (Rombongan umum seperti lansia, travel dan keluarga), Rp40.000 (Untuk rombongan sekolah dengan min. 30 orang, berlaku kelipatan, tiket rombongan tidak berlaku di hari Minggu dan libur nasional)
  • Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 16.00 WIB

Fasilitas di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru! 4

Sebagai salah satu tempat rekreasi terbaik di Bandung, Kebun Binatang Bandung memberikan fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Tak hanya wahana permainan yang menarik saja, berikut ini fasilitas yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke Kebun Binatang Bandung.

  • Pusat Oleh-Oleh

Berkunjung ke tempat rekreasi tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh dan merchandise dari tempat wisata tersebut. Di Kebun Binatang Bandung sudah tersedia pusat oleh-oleh yang menjual beragam oleh-oleh khas Bandung, dan merchandise dari Kebun Binatang Bandung.

  • Spot Foto

Di Kebun Binatang Bandung ada beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan. Di sini kamu juga bisa berfoto dengan hewan-hewan seperti burung dan ular. Tentunya, dengan dampingan dari pemandu, ya.

  • Wisata Kuliner

Kebun Binatang Bandung menyediakan aneka kuliner dan cemilan khas Bandung. Saat menunggu anak bermain, tidak ada salahnya untuk mencoba ragam kuliner yang disediakan di Kebun Binatang Bandung.

  • Fasilitas Umum Lainnya

Fasilitas umum lain seperti area parkir yang cukup luas, baik untuk kendaraan roda dua mau pun empat tersedia di sini. Toilet serta mushala juga tersedia di beberapa titik. Kalau kamu capek, ada banyak sekali penjaja jasa sewa tikar di kebun binatang ini. Kamu bisa sewa tikar dari mereka dan beristirahat sejenak di bawah pohon rindang.

Alamat dan Akses Transportasi

Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru! 5
  • Alamat: Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung

Akses menuju Kebun Binatang Bandung cukup mudah karena letaknya tak jauh dari pusat kota Bandung dan bersebelahan dengan perguruan tinggi negeri ternama, Institut Teknologi Bandung. Kebun Binatang Bandung dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Dago dan Cihampelas. Berikut ini referensi akses transportasi menuju Kebun Binatang Bandung

  • Mobil / Motor

Jika kamu datang dari arah Tol Pasteur, lanjutkan perjalanan melewati fly over Pasupati, turun di Jalan Tamansari dan mengarah ke utara sampai depan gerbang Kebun Binatang Bandung. Jika patokannya dari pusat kota seperti Alun-Alun Bandung, kamu bisa mengarah ke Jalan Wastu Kencana, dan dilanjutkan ke Jalan Tamansari sampai ke Kebun Binatang Bandung.

Jika kamu datang dari arah utara seperti Lembang, maka bisa lewat Jalan Setiabudhi, kemudian mengarah ke Babakan Siliwangi, masuk ke Jalan Tamansari, sampailah ke Kebun Binatang Bandung. Kamu bisa menggunakan GPS untuk memudahkan perjalanan.

  • Transportasi Umum

Jika kamu datang dari Stasiun Bandung, maka bisa menggunakan angkutan kota jurusan Cisitu – Tegalega, dan langsung turun di depan Kebun Binatang Bandung. Jika dari arah utara, bisa gunakan angkutan kota Cicaheum – Ledeng sampai depan Kebun Binatang Bandung. Rute yang sama jika kamu datang dari arah Terminal Cicaheum, yaitu bisa menggunakan angkutan kota Cicaheum – Ledeng.

Hotel dan Penginapan Sekitar Kebun Binatang Bandung

Hotel dan Penginapan Sekitar Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung bisa dieksplor dalam waktu satu hari. Namun rasanya akan kurang jika tidak mengeksplor daerah lain di Kota Bandung. Jika kamu berencana menginap di sekitar Kebun Binatang Bandung, maka bisa pilih salah satu dari beberapa hotel yang letaknya tak jauh dari Kebun Binatang. Berikut pilihannya.

1. Patra Comfort Bandung

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.132, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2502 664

2. Geulis Boutique Hotel & Café Bandung

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.129, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2507 777

3. Hotel Royal Dago

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.156-169, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2502 200

4. Scarlet Dago Hotel Bandung

  • Alamat:Jl. Siliwangi No. 5, Hegarmanah, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2500 300

5. House Sangkuriang Bandung

  • Alamat: Jl. Sangkuriang No.1, Dago, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 8783 2323

6. Moxy Bandung

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.69, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2050 7777

7. Beehive Café & Boutique Hotel

  • Alamat: Jl. Dayang Sumbi No.1, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2505 801

8. Sapadia Guest House

  • Alamat: Jl. Mundinglaya No.2, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2511 011

9. The Palais Dago

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.90, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2505 111

10. Wisma Dago

  • Alamat: Jl. Ciungwanara No.16, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  • Kontak: (022) 2501 356

Itulah rangkuman tentang Kebun Binatang Bandung yang menjadi salah satu tempat rekreasi terbaik di Kota Bandung. Jika ingin mengajak anak mengenal berbagai macam satwa, Kebun Binatang Bandung bisa menjadi tujuan liburanmu berikutnya. Ayo, ajak keluarga untuk rekreasi di Kebun Binatang!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram