Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Keluarga yang Seru!

Ditulis oleh Riastri Herliana

Mengenal satwa secara langsung pasti menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih jika memiliki anak kecil dan ingin memperkenalkan mereka kepada beragam satwa yang ada di Indonesia. Seperti halnya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, di Kota Kembang juga memiliki Kebun Binatang yang menjadi wisata edukasi untuk semua umur.

Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930, dan diresmikan pada 12 April 1933, Kebun Binatang Bandung menempati lahan seluas 13,5 hektar. Sejak awal pembangunan, Kebun Binatang Bandung dikelola oleh Bandung Zoological Park, kemudian pada tahun 1957 diganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari.

Kebun Binatang Bandung mengoleksi lebih dari 200 jenis satwa. Dimana 79 diantaranya merupakan jenis satwa yang dilindungi, dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. Kebun Binatang Bandung menjadi salah satu tempat rekreasi terbaik bersama keluarga.

Sekadar info, pihak Kebun Binatang Bandung juga menyediakan Zoo Educator atau pemandu. Zoo Educatornya tersedia sesuai dengan permintaan, ya. Jika kamu berencana liburan ke Kebun Binatang Bandung, simak rangkuman informasi berikut ini ya!

YouTube video

Wahana dan Spot Populer di Kebun Binatang Bandung

Banyak hal yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Bandung, mulai dari berinteraksi langsung dengan satwa yang ada di sana, melihat atraksi binatang, hingga bermain wahana yang seru seperti naik unta, dan berlayar menggunakan perahu kayuh. Berikut ini beragam permainan yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun orang dewasa:

1. Naik Unta

kebun binatang bandung 4

Pada zaman Nabi, unta menjadi tunggangan untuk mobilitas ketika berpergian. Jika ingin mengajak anak untuk mencoba sensasi naik unta seperti pada zaman Nabi, kamu bisa mencobanya di Kebun Binatang Bandung. Di sini, tersedia wahana naik unta yang bisa dicoba oleh anak mulai dari usia 3 tahun.

Naik unta di Kebun Binatang Bandung, kamu akan diajak mengelilingi satu area yang tidak terlalu besar dan dilakukan selama 2 – 3 keliling dalam satu kali naik. Keamanan untuk wahana naik unta sudah sangat terjamin, dan bisa juga digunakan oleh orang dewasa.

2. Perahu Kayuh dan Perahu Bebek

Menikmati Kebun Binatang Bandung dengan cara yang berbeda bisa dimulai dari berlayar di atas perahu kayuh yang mengalir di sungai buatan Kebun Binatang Bandung.

Tak hanya perahu kayuh saja, di sini juga menyediakan perahu bebek yang bisa digunakan untuk 2 orang. Sepanjang berlayar, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan hijau di kiri dan kanan sungai.

3. Naik Kuda

Naik Kuda

Wahana yang satu ini sudah biasa ada di tempat wisata, seperti halnya di Kebun Binatang Bandung. Di sini tak hanya bisa mengajak anak naik unta, kamu pun bisa mengajak anak naik kuda selama satu keliling. Selama naik kuda, akan dipandu oleh pemandu jadi akan tetap aman selama mengelilingi area kuda.


4. Taman Bermain

Fasilitas di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung dilengkapi dengan taman bermain anak, dimana anak bisa mengekpsplorasi kemampuan motorik anak. Ukuran taman bermain anak tidak terlalu luas, dan aman untuk anak-anak. Area taman bermain yang teduh akan membuat anak betah untuk bermain di taman ini.

5. Naik Skuter

Naik Skuter

Bagi anak-anak bermain wahana tentu menyenangkan. Di sini ada sekuter yang bisa dipakai untuk mengelilingi area tertentu. Dengan sekuter ini akan melatih keberanian anak dan tentunya menjadi permainan yang menyenangkan.

6. Teater Satwa

kebun binatang bandung 3

Ingin melihat satwa lebih dekat? Kamu bisa mengajak anak untuk berinteraksi lebih dekat dengan satwa yang ada di sini. Salah satunya burung. Di sini burung akan menampilkan kepintarannya dimana anak akan mengetahui bahwa hewan memiliki kecerdasannya masing-masing. Selain itu ada pula anjing yang melompat sesuai dengan rintangan.

7. Naik Gajah

Bukan cuma unta dan kuda saja, di Kebun Binatang Bandung, kamu juga bisa coba naik gajah, lho. Yap, buat kamu yang ingin merasakan sensasi menunggangi gajah, wahana tunggang gajah ini bisa banget untuk dicoba. Tarif wahana tunggang gajah ini di bawah Rp50.000, ya.

Koleksi Satwa

kebun binatang bandung 6

Selain membahas spot dan wahana menarik yang ada di Kebun BInatang Bandung, kami juga akan membagikan informasi mengenai koleksi satwa yang ada di sana. Berikut daftarnya:

1. Harimau dan Singa

kebun binatang bandung 11

Di Kebun Binatang Bandung, terdapat shelter yang dihuni oleh harimau dan singa. Harimaunya sendiri merupakan harimau Benggala yang berasal dari beberapa negara seperti India, Bhutan, Nepal dan Bangladesh. Harimau ini mulai kehilangan habitatnya akibat perburuan.

Tak jauh dari shelter harimau, ada kandang singa dan juga macan tutul Jawa. Oh iya, selain harimau Benggala, di sini kamu juga bisa menemukan harimau Sumatera yang merupakan satu-satunya spesies harimau asli Indonesia.

2. Burung

kebun binatang bandung 5

Kebun Binatang Bandung punya area penangkaran burung yang dihuni oleh banyak jenis burung seperti elang laut perut putih, elang bondol, flamingo, bangau, kepodang dan masih banyak lagi.

Yang membuat area burung makin menarik adalah burung meraknya yang dibiarkan berkeliaran bebas, sehingga kamu dapat berfoto dengan mereka. Kalau sedang beruntung, kamu dapat menyaksikan burung merak memamerkan keindahan ekornya.

3. Orang Utan

kebun binatang bandung 1

Selanjutnya, ada orang utan. Di Kebun Binatang Bandung terdapat dua jenis orang utan yang dapat kamu temui. Yang pertama adalah orang utan Kalimantan yang merupakan mamalia arboreal terbesar di dunia.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram