10 Kebun Raya di Inggris yang Wajib Dikunjungi Pelancong

Inggris memiliki begitu banyak kebun botani untuk kamu nikmati. Setiap kebun memiliki keindahan lanskapnya masing-masing. Saat menjelajahi kebun-kebun botani di sini akan membuat hari siapa saja menjadi begitu menyenangkan. Tempatnya yang sangat menakjubkan sehingga dapat memberikan jeda pada hidupmu dari rutinitas yang membosankan.

Setiap kebun botani yang ada memiliki keunikannya masing-masing yang sayang untuk kamu lewatkan. Tempat ini pastinya akan sangat dinikmati oleh orang-orang yang senang berkebun. Berikut ini adalah beberapa kebun botani yang cukup terkenal di Inggris untuk asupan gizi bagi yang senang dengan berkebun.

Baca juga: Inilah 10 Istana dan Kastil di Inggris yang Penuh Sejarah

1. Royal Botanic Garden Edinburgh

Royal Botanic Garden Edinburgh
  • Lokasi: 20a Inverleith Row, Edinburgh EH3 5LR, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM:  Kebun Gratis, Glasshouse £ 5.50

Royal Botanic Garden Edinburgh atau RBGE merupakan sebuah kebun raya yang didirikan pada sekitar abad ke-17. Luas dari kebun raya ini sekitar 28.3 hektar dan telah mengalami perluasan menjadi empat buah kebun raya lainnya.

Keempat kebun tersebut adalah Royal Botanic Garden Edinburg, Benmore Botanic Garden, Logan Botanic Garden, dan juga Dawyck Botanic Garden. Saat ini RBGE tak hanya terkenal karena keindahannya yang luar biasa, tetapi tempat ini juga memiliki fungsi sebagai pusat studi dan juga konservasi.

RBGE memiliki 10 rumah kaca, tempat kamu menikmati iklim yang berbeda pada setiap zonanya. Penjelajahan di kebun raya ini akan memberikan setiap pengunjung pengalaman yang luar biasa tentang beragam tanaman di seluruh dunia.

2. Royal Botanic Gardens Kew

Royal Botanic Gardens Kew
  • Lokasi: Kew, Richmond, London, TW9 3AE, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00- 16.00
  • HTM: £5.00- £21.45 (+ donasi)

Royal Botanic Garden Kew merupakan kebun raya yang masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, karena dalam kawasan kebun rayanya terdapat 40 bangunan bersejarah. Kew merupakan kebun raya yang memiliki luas lahan sekitar 121 hektar dan menjadi rumah dari tanaman-tanaman langka dan juga tanaman yang terancam kepunahan.

Tempat yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kebun Raya Kew adalah rumah kaca dengan gaya Victoria. Berjalan-jalanlah di Great Broad Walk Borders, sebuah jalan setapak yang akan membuat kamu dapat merasakan berbagai aroma bunga dengan beragam warna yang akan memanjakan panca inderamu, dan Masih banyak lagi yang dapat kamu nikmati di sini.

3. Sheffield Botanical Gardens

Sheffield Botanical Gardens
  • Lokasi: Clarkehouse Road, Sheffield S10 2LN, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 08.00-16.00
  • HTM: Gratis

Sheffield Botanical Garden didirikan setelah adanya petisi dari masyarakat tentang kurangnya ruang terbuka hijau sebagai sarana rekreasi di kota Sheffield. Kebun raya ini resmi dibuka pada tahun 1836, dan saat ini luasnya sekitar 7,3 hektar. Paviliun kaca Grade duanya menjadi tempat dari beberapa koleksi tanaman beriklim sedang yang indah dari seluruh dunia.

Kebun Raya Sheffield memiliki lebih dari 18 area kebun yang dapat kamu jelajahi. Area tersebut dibagi berdasarkan letak geografi atau tema dari tanamannya sendiri.

Bear pit, merupakan area yang disukai oleh anak-anak, letaknya cukup tersembunyi di area di antara kebun Mediterania dan Juga Himalaya. Satu hal unik dari kebun Raya Sheffield adalah fosil dari pohon yang berusia 312 juta tahun.

4. University of Oxford Botanic Garden

University Of Oxford Botanic Garden
  • Lokasi: Rose Lane, Oxford OX1 4AZ, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: £5.45-£6.00

Kebun raya yang satu ini menjadi bagian dari sebuah universitas yang cukup ternama yaitu Universitas Oxford. Kebun Raya Oxford ini menjadi satu kebun raya tertua yang ada di Inggris. Kebun rayanya dibangun pada 25 Juli tahun 1621, yang dibangun untuk menumbuhkan tanaman obat yang digunakan mengajar para mahasiswanya.

Tanaman yang terdapat di kebun raya ini mencapai 5 ribu tipe. Cobalah untuk berjalan-jalan di Harcourt Arboretum yang luasnya sekitar 52 hektar, yang tempatnya menjadi rumah dari bagi tanaman-tanaman langka. Serta pohon-pohon terancam kepunahan. Berjalan di Arboretumnya, kamu akan melihat banyak pemandangan yang menakjubkan dari hamparan bunganya.

5. Cambridge University Botanic Garden

Cambridge University Botanic Garden
  • Lokasi: 1 Brookside, Cambridge CB2, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: £6.30-£7.00

Kebun Raya Cambridge pertama kali di bangun pada sekitar tahun 1762, dan pertama kali dibuka untuk umum sekitar tahun 1846. Kebun raya ini menjadi bagian dari Universitas Cambridge dengan luas lahannya sekitar 16 hektar.

Dahulu mereka menanam tanaman obat-obatan yang biasanya akan digunakan menjadi bahan mengajar untuk para mahasiswanya. 8000 koleksi tanaman terdapat di Kebun Raya Cambridge ini, yang merupakan koleksi dari seluruh dunia.

Tak hanya sebagai tempat belajar bagi para mahasiswa, masyarakat umum juga dapat merasakan keindahan dari setiap area kebun yang ada di sini. Jelajahilah setiap area kebunnya termasuk area rumah kacanya, setiap langkahnya akan membuatmu terpesona.

6. The Birmingham Botanical Garden

The Birmingham Botanical Garden
  • Lokasi: Westbourne Road, Edgbaston, Birmingham B15 3TR, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00-19.00
  • HTM: £4.72-£7.50

Birmingham Biotanical Garden pertama kali dibangun pada tahun 1829, yang didesain oleh J.C. Loundon. Desainnya tersebut masih bertahan hingga kini kecuali untuk rumah kacanya.

3 tahun adalah waktu yang dibutuhkan untuk membangun kebun raya ini dengan luas lahan dari Kebun rayanya sekitar 6 hektar. Kebun rayanya sendiri dikelola oleh Birmingham Botanical and Horticultural Society.

Kebun raya Birmingham ini terbagi menjadi 8 area dan pada setiap area terbagi lagi menjadi beberapa tema taman. Satu tempat yang tak boleh lupa untuk dijelajahi adalah rumah kaca yang terdapat di kebun raya ini.

Tak hanya keindahan taman dan tanamannya saja yang dapat kamu nikmati di sini, kebun raya ini juga jadi rumah dari burung-burung eksotis dari seluruh dunia.

7. Eden Project Cornwall

Eden Project Cornwall
  • Lokasi: Bodelva, Cornwall, PL24 2SG, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 09.30-16.00
  • HTM: £10-£35

Eden Project terletak di kota Cornwall, Inggris. Sebuah kebun botani yang menjadi destinasi wisata terkenal di Cornwall. Proyek kebun botani ini memerlukan waktu sekitar 2,5 tahun dalam pembangunannya.

Kali pertama kebun ini dibuka untuk umum adalah pada 17 Maret 2001. Biaya yang diperlukan untuk membangun kebun ini diperkirakan sebesar 141 juta  hingga selesa

Bangunan dome yang terdapat di kebun raya ini menjadi daya tarik tersendiri dari Eden Project. Dome ini menaungi hutan-hutan, yang hutannya dikatakan sebagai hutan hujan terbesar di dunia yang berada di dalam ruangan. Dome ini menjadi rumah dari lebih 1.000 varietas tanaman, yang ditanam di setiap dome dengan temanya masing-masing.

8. Chelsea Physic Garden

Chelsea Physic Garden
  • Lokasi: 66 Royal Hospital Road, Chelsea, London SW3 4HS, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 11.00-16.00
  • HTM: £6.50-£9.50

Chelsea Physic Garden pada awalnya merupakan kebun yang didirikan oleh Worshipful Society of Apothecaries, yang digunakan untuk menanam tanaman obat. Kebun Botani ini termasuk kebun yang paling tua di Inggris setelah Kebun Botani Oxford.

Luas dari kebun ini sekitar 1,4 hektar, dengan Koleksi yang dimilikinya sekitar 5.000 jenis tanaman yang dapat dimakan dan juga tanaman obat. Tanaman obat yang juga terdapat di kebun ini adalah tanaman obat Madagascar periwinkle yang biasa digunakan dalam perawatan kanker.

Kebun Chelsea ini terbagi menjadi beragam tema dari kebun yang berisikan tanaman untuk pengobatan, area tanaman obat dari seluruh dunia, dan juga tanaman yang memiliki banyak manfaat serta dapat dikonsumsi.

9. National Botanic Garden of Wales

National Botanic Garden of Wales
  • Lokasi: Middleton Hall, Llanarthne, Carmarthenshire, SA32 8HN, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00-18.00
  • HTM: £6.60-£13.75 (+ donasi)

Kebun botani yang satu ini termasuk kebun yang dibangun pada era milenial, mereka dibangun pada bulan Mei tahun 2000. Tempatnya tak hanya menjadi tempat konservasi tanaman tetapi menjadi tempat untuk belajar, bersantai sambil menikmati seni yang disajikan di kebun ini. Kebun ini memiliki luas lahan sekitar 229,8 hektar, dengan daya tarik utamanya adalah rumah kacanya.

Kebun botani ini menawarkan berbagai tempat untuk dinikmati dari bangunan bersejarah, padang rumputnya hingga kafe-kafenya. Tentu saja rumah kaca karya arsitek Norman Foster menjadi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. Di dalam rumah kacanya kamu akan temukan lanskap Mediterania hingga kebun zaitun yang terdapat di Spanyol, semak di Australia, dan koleksi fuschia dari Chili.

10. Wakehurst Wild Botanic

Wakehurst Wild Botanic
  • Lokasi: Ardingly, Haywards Heath, Sussex, RH17 6TN, Inggris Raya
  • Jam Operasional: 10.00-16.00
  • HTM: £7.25-£14.50

Wakehurst merupakan kebun botani yang dimiliki oleh National Trust, tetapi pengelolaan dari kebun botaninya dilakukan oleh Royal Botanic Garden Kew. Luas lahan dari kebun botaninya sekitar 198 hektar yang di dalamnya tak hanya kebun botani saja tetapi terdapat hunian dari abad ke-16 dan juga Millennium Seed Bank, yaitu bank bibit yang dikumpulkan dari seluruh Inggris Raya.

Selain dapat melihat bank bibit ada banyak hal dapat kamu lakukan dan nikmati di Wakehurst. Berjalan-jalan menikmati pemandangan padang rumput. Kamu juga bisa berjalan menjelajahi keindahan dari Wetland Boardwalks dengan satwa liarnya. Masih banyak lagi keindahan alam yang dapat kamu nikmati di Wakehurst hingga seluruh hatimu menjadi puas.

Itulah beberapa kebun botani di Inggris yang dapat kamu kunjungi. Setiap tempatnya akan membawamu pada suasana tenang dan menyenangkan.

Kebun-kebun ini bagaikan surga untuk orang-orang  yang senang dengan berkebun. Lanskap setiap kebunnya ditata dengan baik sehingga orang menjadi betah dan juga nyaman saat menjelajahinya. Keindahan yang ditawarkan dari pemandangan kebun outdoor dan juga yang terdapat di dalam rumah kaca sama-sama indah.

Tempatnya sangat pas untuk berlibur bersama anggota keluarga, tak hanya menikmati indahnya alam, tetapi kamu juga dapat belajar serta bermain terutama untuk anak-anak. Kira-kira manakah kebun botani yang sangat ingin kamu jelajahi saat berkunjung ke Inggris?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram