Coba "Kedai Aniko", Tempat Minum Kopi Baru di Bandung

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Saat ini usaha kedai kopi sedang menjamur, apalagi di kota besar seperti Bandung. Tapi, belum banyak tempat yang menyediakan kopi yang pohonnya ditanam sendiri, bijinya dipetik lalu diproses sendiri, kan? Nah, di Kedai Aniko, kopinya itu fresh banget karena semuanya disiapkan sendiri.

Kedai Aniko menggunakan kopi khas Jawa Barat, tepatnya daerah Ciwidey. Mulai dari penanaman, perawatan, hingga pemetikan biji kopinya semua dilakukan sendiri oleh mereka. Lalu, proses penjemuran, roasting, hingga penggilingan kopinya juga dilakukan secara personal.

Menu Minuman

Menu Kedai Aniko

Tentu saja menu utama kedai ini adalah kopinya. Di Kedai Aniko tersedia dua jenis kopi, yaitu Arabica dan Aobusta. Berikut adalah beberapa menu yang ada di Kedai Aniko:

  • Cappuccino (hot) IDR 18K

Cappuccino

Kalau mampir ke kedai kopi tentu kamu harus mencicipi kopinya. Sebenarnya semua menu kopi di sini enak, tapi yang wajib kamu coba tentu adalah cappuccino-nya. Segelas cappuccino ini bisa disajikan hangat maupun dingin. Perpaduan kopi dan susunya pas. Susunya itu tidak terlalu banyak, jadi rasa kopinya masih nendang. Oke banget, deh, pokoknya!

  • Americano (hot) IDR 12K

Americano Kedai Aniko

Kapan lagi kamu bisa mendapatkan secangkir Americano panas yang enak dan harganya cuma 12 ribu doang? Cuma di Kedai Aniko kamu bisa menemukannya. Cita rasa kopi yang pekat pas banget dipadukan dengan camilan pisang rebus, yummy!

  • Vietnam Drip IDR 12K

Vietnam Drip

Vietnam Drip merupakan salah satu cara mengetahui apakah kopi yang kita nikmati enak atau tidak. Dan, ternyata, segelas vietnam drip ala Kedai Aniko ini boleh banget dicoba. Dan, harganya cuma Rp 12.000 saja, loh.

  • Green Tea Latte (cold) IDR 20K

Green Tea Latte

Menu selanjutnya yang menurut author enak banget adalah Green Tea Latte-nya. Jadi, green tea latte ini datang dengan gelas cukup besar. Tapi, rasa green tea-nya benar-benar terasa! Padahal harganya cuma 20 ribu doang. Kalau kamu beli di mall atau kafe lainnya, segelas green tea latte yang teh hijaunya kerasa banget bisa seharga 30 ribuan, loh.

  • Red Velvet (cold) IDR 19K

Red Velvet

Selain green tea latte, menu non-kopi lainnya yang enak di Kedai Aniko adalah Red Velvet. Seperti biasa, menu ini dapat disajikan hangat maupun dingin.

Rasanya? Enak! Author pernah memesan menu seperti ini di tempat lain, dan rasa red velvet-nya tidak terasa, yang ada rasa manis dari gula saja. Nah, kalau di Kedai Aniko, red velvet-nya kerasa banget. BTW, maaf fotonya yang sudah diminum, ya!

  • Cold Brew

Cold Brew

Kalau yang satu ini merupakan produk kemasan dari Kedai Aniko, yaitu cold brew. Untuk pembuatannya, kopi di"rendam" selama minimal 8 jam menggunakan air suhu ruangan atau air dingin. Pasti seger banget minum cold brew siang-siang, ya? Kalau kamu ingin menyetok kopi Kedai Aniko di rumah, tapi malas membuat sendiri, beli saja yang kemasan siap minum ini.

  • Bubuk Kopi IDR 35 - 50K

Kedai Aniko

Selain menjual kopi yang sudah jadi, Kedai Aniko juga menyediakan kopi yang masih bubuk jika Anda ingin mencoba membuat kopi sendiri di rumah. Kemasannya sudah sesuai standar, yaitu menggunakan bungkus alumunium, ada zip lock-nya, dan ada lubang-lubang untuk menghirup aroma kopi. Harga sebungkus bubuk kopi ini beragam, yaitu berkisar dari Rp 35 - 50 ribu tergantung dari jenis dan proses pembuatannya.

Sejauh ini ada empat proses pembuatan kopi yang diterapkan oleh Kedai Aniko, yaitu proses Natural (menghasilkan aroma kopi yang lebih pekat), proses Honey (menciptakan rasa kopi yang manis), proses Wet Hull (membuat body-kekentalan lebih strong), dan Dry Hull (memberikan sensasi rasa kopi yang lebih clean).

Biasanya bubuk kopi yang dijual adalah yang tipe arabika, karena kafeinnya lebih rendah dan memiliki kandungan asam fruity yang cenderung lebih aman untuk lambung. Tapi, kalau kamu mau mencoba bubuk kopi robusta juga bisa, kok. Kamu tinggal request saja ingin membeli bubuk kopi yang robusta, kalau stoknya sedang ada pasti dibuatkan.

Menu Makanan

Ya, bukan cuma kopi dan aneka minuman lainnya, Kedai Aniko juga menyediakan makanan untuk jiwa-jiwa yang kelaparan. Ingin tahu makanannya ada apa saja? Yuk, langsung saja dipantau sampai bawah:

  • Nasi Goreng Spesial (Hot Plate) IDR 17K

Nasi Goreng Spesial (Hot Plate)

Kapan lagi makan setumplek nasi goreng yang enak, di atas hot plate, terus rasanya enak? Cuma di Kedai Aniko doang, deh, yang bisa. Dari review orang-orang, nasi goreng di Kedai Aniko enak banget dan nggak bikin menyesal sudah memesannya. Penasaran?

  • Chicken Katsu IDR 20K

Chicken Katsu

Lapar? Selain nasi goreng, menu makanan yang recommended selanjutnya adalah Chicken Katsu. Daging dada ayam yang tebal dan lembut dipadu dengan kentang goreng, sayuran, saus dan mayones, mantab!

  • Mie Ramen IDR 18K

Mie Ramen

Kalau menurut author menu yang satu ini nggak terlalu spesial, soalnya kuahnya tipis, terus mienya hanya mie telur biasa, sayurannya overcooked dan topping-nya tidak terlalu bervariasi. Poin plusnya mungkin terletak pada udang segar, crab stick, dan baso ikannya. Tapiiiii, porsi ramen ini sedikit banget. Jadi menu ini cocoknya dijadikan camilan, bukan makanan.

  • Spaghetti IDR 15K

Spaghetti

Ingin makan spaghetti tapi sedang on budget? Tenang saja, di Kedai Aniko seporsi spaghetti cuma dihargai Rp 15 ribu saja. Terus, saus dan dagingnya tidak pelit alias melimpah. Puas banget, deh, makan enak cuma lima belas ribu doang.

  • Potato Wedges IDR 15K

Kedai Aniko Potato Wedges

Potato Wedges merupakan saudaranya french fries. Tapi, yang ini bentuknya lebih gemuk, lebih kriuk, lebih gurih, dan ada sensasi crunchy dari kulit kentangnya. Seporsi potato wedges ini dihargai Rp 15 ribu.

  • French Fries IDR 12K

French Fries

Kalau di atas merupakan kentang goreng yang bentuknya gemuk, sekarang ada kentang goreng yang langsing dan panjang. Di setiap kafe pasti menu french fries selalu menjadi andalan untuk teman cemal-cemil. Seporsi kentang goreng ini dijual dengan harga Rp 12 ribu saja.

  • Bratwurst Bakar IDR 15K

Bratwurst Bakar

Kalau mau cemal-cemil doang, kamu bisa memesan Bratwurst Bakar. Ukuran sosisnya lumayan besar dan panjang. Harga Bratwurst ini adalah Rp 15 ribu/buah.

  • Tahu Pasir IDR 10K

Tahu Pasir

Satu lagi camilan di Kedai Aniko, yaitu Tahu Pasir. Tahunya dipotong kotak kecil terus digoreng garing. Tahu ini dinikmati dengan "pasir" yang kriuk-kriuk dan gurih.

  • Pancake IDR 12K

Pancake Kedai Aniko

Author ingat banget waktu jaman kuliah dulu pernah makan pancake yang cuma dua tumpuk dan harganya bisa 20 - 30 ribuan. Nah, kalau di Kedai Aniko, pancakenya cuma seharga Rp 12 ribu doang. Sudah begitu, kamu akan mendapatkan tiga tumpuk pancake. Mantap, nggak, tuh?

Tempat

Kedai Aniko

Nah, tadi itu beberapa menu kopi, minuman lainnya, dan makanan yang ada di Kedai Aniko yang author cicipi. Untuk tempatnya sendiri sebenarnya agak sulit ditemukan soalnya Kedai Aniko tidak berada di pinggir jalan.

Jadi, lokasi Kedai Aniko ada di Taman Kopo Katapang, Blok G 6 no. 7, Jalan Terusan Kopo KM 12.8. Jadi, kamu perlu masuk dulu ke kompleks ruko Taman Kopo Katapang untuk dapat menemukan kedai ini.

Tempatnya sendiri sangat nyaman untuk kedai kopi yang ber-gedung-kan ruko. Ada sofa besar, kursi kayu, kursi bar, meja luas, colokan listrik, dan musik. Kamu juga bisa mengintip ketika kopi pesanan kamu dibuat karena konsep bar-nya open.

Itu dia sekilas review Kedai Aniko dari tim Keluyuran. Gimana, apakah kamu penasaran ingin datang ke sini? Kalau kamu sudah mampir ke Kedai Kopi Aniko, beritahu kami bagaimana kesan kamu ngopi di sana di kolom komentar, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram