Keluyuran / Keuntungan dan Kekurangan Pinjaman Online Cepat Cair

Keuntungan dan Kekurangan Pinjaman Online Cepat Cair

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2020

Saat ini banyak yang menawarkan pinjaman online cepat cair. Sesuai dengan namanya, penawaran bantuan finansial ini bisa didapatkan secara online. Promosinya melalui media sosial dan situs-situs pinjaman yang bisa didownload aplikasinya di smartphone. Semakin hari semakin menarik tawaran kemudahan pinjaman yang diberikan. Seiring banyaknya peminat dan kompetitor penyedia pinjaman online tentunya.

Bagi kehidupan masa kini, fasilitas seperti ini akan sangat dicari karena kebutuhan finansial masyarakat kian meningkat. Pinjaman online dijadikan alternatif bantuan keuangan disaat mendesak. Dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki, kemudahan tersebut bisa didapatkan akan tetapi dibutuhkan kejelian sebelum menggunakan fasilitas pinjaman online. Perlu diketahui juga keuntungan dan kelebihannya agar tidak terjerumus pada perilaku konsumtif.

Keuntungan Fasilitas Pinjaman Online

Keuntungan Fasilitas Pinjaman Online

Menurut situs Duwitmu.com, begitu menggiurkannya fasilitas pinjaman online cepat cair seperti dua mata pisau. Bisa sangat menguntungkan, di lain sisi akan sangat merugikan jika tidak berhati-hati. Pada umumnya orang akan cepat tertarik dengan hal-hal yang bagus dan mudah apalagi berhubungan dengan uang dan mengesampingkan resiko yang bisa terjadi di kemudian hari karena suatu alasan.

Kelebihan pinjaman online dari konvensional adalah prosesnya singkat. Pengajuan pinjaman finansial umumnya membutuhkan waktu persetujuan yang cukup lama, bisa berhari-hari. Mulai dari proses pengajuan pinjaman dengan menyertakan berkas persyaratan seperti KTP, rekening listrik, buku nikah dan jaminan. Dan terakhir adalah survei secara langsung ke rumah atau lingkungan untuk memastikan kevalidan data.

Pinjaman online tidak memerlukan survei fisik. Persyaratannya hanya sederhana misalnya cukup scan atau foto KTP dan mengisi formulir pengajuan pinjaman secara online. Survei hanya dilakukan secara online dengan mengisi kuisioner, lalu pinjaman Anda akan segera cair dalam waktu kurang dari satu hari. Sejumlah nominal uang yang dipinjam pun akan langsung masuk ke rekening pribadi.

Kelebihan lainnya adalah tidak memerlukan agunan atau jaminan. Mengajukan pinjaman ke instansi keuangan umumnya memerlukan jaminan, bisa berupa fisik seperti rumah atau kendaraan bermotor atau berupa surat-surat berharga. Setifikat tanah adalah jaminan yang paling banyak digunakan untuk pengajuan pinjaman. Dari jaminan yang disertakan itulah, peminjam akan dapat memperkirakan nominal yang akan diterima.

Kekurangan Pinjaman Online Cepat Cair

Kekurangan Pinjaman Online Cepat Cair

Dibalik kemudahan pinjaman online tentu ada kekurangannya dibanding pinjaman konvensional melalui instansi keuangan. Pertama, pinjaman online nominalnya terbatas. Umumnya hanya berkisar di bawah 10jt rupiah karena pinjaman online memang diperuntukkan bagi orang yang kebutuhannya mendesak dan nominalnya kecil. Pinjaman biasanya untuk modal usaha kecil, untuk biaya sekolah atau kuliah.

Nominal yang terbatas ini cukup beralasan, karena peminjam atau debitur tidak menyertakan jaminan. Dan uang pinjaman diberikan dengan sistem transfer langsung ke rekening untuk menghindari penipuan atau penggelapan jadi diberikan nominal yang kecil. Di lain sisi, hal ini menguntungkan debitur karena tidak memberatkan dalam pengembalian dana. Dan diperuntukkan bagi kebutuhan mendesak saja.

Tenor atau jangka waktu pinjaman singkat. Umumnya kreditur atau pemberi pinjaman online memberikan batas waktu pinjaman maksimal hanya 3 bulan, ada juga yang memberikan waktu sampai 4 dan 6 bulan. Dari segi jumlah cicilan yang harus dibayar lebih besar, waktu yang terlalu cepat rawan keterlambatan pembayaran sehingga hal ini terkadang dianggap memberatkan konsumen.

Mengetahui keuntungan dan kekurangan pinjaman online sangat penting sebelum mencoba fasilitasnya supaya dapat mempertimbangkan urgensi kebutuhan dan kemampuan bayar sebelum mengajukan pinjaman. Jangan hanya tertarik dengan kemudahan dalam mendapatkan uang. Sebagai peminjam harus siap dengan segala resikonya. Pinjaman online cepat cair akan menguntungkan jika digunakan secara bijak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *