15 Kolam Renang di Bandung yang Bagus dan Recommended

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 18 Mei 2020

Kota Bandung menjadi tempat favorit warga lokal maupun warga kota lainnya untuk berlibur dan melepas penat. Selain karena udara sejuknya, Kota Bandung dicintai karena wisata 1001 kulinernya, penduduknya yang ramah, dan taman-taman tematiknya.

Tapi tidak hanya itu saja, sekarang ini banyak juga orang yang datang karena ingin merasakan sensasi liburan yang sedang happening, yaitu bermain di kolam renang di Bandung.

Bermain air memang sangat menyenangkan, terutama jika kamu suka berenang. Ada berbagai macam kolam renang di Bandung, mulai dari kolam renang indoor, kolam renang air hangat, kolam renang anak, hingga water boom dan roof top pool. Jika kamu hobi berenang, atau kamu ingin bersantai sambil bermain air, kamu wajib datang ke 15 kolam renang di Bandung berikut ini.

1. Karang Setra

Karang Setra kolam renang di Bandung

Orang Bandung sih pasti sudah kenal banget dengan kolam renang yang satu ini. Pasalnya, kolam renang di Bandung ini sudah ada sejak tahun 1954. Bahkan kolam renang ini diresmikan oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno, secara langsung. Dulu Karang Setra lebih dikenal sebagai kolam renang anak sekolah, karena banyak SD hingga SMA yang rutin berenang di sini sebagai pelajaran olahraga.

Karang setra juga dikenal sebagai "kolam renang serius", bukan tempat rekreasi, karena tempat ini punya kolam untuk atlet berlatih. Tapi, kini Karang Setra telah menjelma jadi "Karang Setra Waterland", sehingga cocok sebagai kolam renang atlet, pelajar, maupun keluarga.

Kolam Renang Karang Setra Waterland buka setiap hari dari jam 8 pagi - 4 sore. Harga tiket weekdays adalah Rp 40 ribu/orang dan 45 ribu untuk weekends. Alamat kolam renang ini ada di Jalan Sirnagalih KM 4.5 no. 15, Gegerkalong, Sukasari.

  • Alamat: Jalan Sirnagalih KM 4.5 no. 15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2035272
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp40.000-Rp45.000 per orang

2. Kolam Renang Eldorado

eldorado kolam renang

Dari dulu, Kolam Renang Eldorado sudah berdiri di kawasan Setiabudhi, Bandung. Kolam renang ini sangat amat nyaman. Selain kolam renang biasa, di sini kamu juga bisa bersantai di jacuzzi juga, lho.

Oh ya, kolam renang di Eldorado ini airnya jernih banget. Selain itu, fasilitas umum seperti toilet dan kamar bilasnya juga bersih. Dan kamu bisa menikmati air hangat di kamar bilasnya. Tertarik untuk berkunjung dan berenang di sini? Siapkan dana sebesar Rp 65.000, ya. Tenang, meski harga tiket masuknya terbilang cukup mahal, tapi worth it, deh!

  • Alamat: Jl. Dr. Setiabudhi No.438, Gudangkahuripan, Lembang, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2011666
  • Jam operasional: Selasa-Minggu 07.00-18.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp45.000-Rp65.000 per orang

3. Kolam Renang Sampoerna Sport Club

sampoerna sport club

Selain lapangan futsal dan juga gym, Sampoerna Sport Club punya fasilitas umum berupa kolam renang untuk dewasa dan anak. Kolam renangnya sendiri menggunakan air hangat dengan suhu yang pas.

Kolam renang di Sampoerna Sport Club ini cocok untuk yang ingin belajar berenang, atau hanya sekadar melepas penat dengan berenang. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 40-45 ribuan per orang. Oh ya, di sini ada kamar bilas dan juga toilet yang bersih, hingga kantin yang nyaman. Datang langsung ke Sampoerna Sport Club yang berlokasi di Jalan Padasaluyu No.10, Isola, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Padasaluyu No.10, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2020980
  • Jam operasional: Setiap hari 07.00-21.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp40.000-Rp45.000 per orang

4. Graha Tirta Siliwangi

Siliwangi

* sumber: ummihasyajihan.blogspot.co.id

Kolam renang di Bandung yang bagus selanjutnya adalah Siliwangi. Tempat wisata air ini berlokasi di komplek tentara, lebih tepatnya di kawasan Kodam III, Siliwangi, Jalan Lombok no. 10, Merdeka, Sumur Bandung.

Kolam renang ini merupakan tempat destinasi keluarga berwisata, karena kolamnya cocok untuk balita hingga lansia. Kolam Renang Siliwangi memberikan banyak fasilitas, seperti kolam renang olimpik, kolam air hangat, kolam renang anak, kolam air mancur, whirpool, sauna, tempat pasir putih, hingga restoran dan hotel.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 75 ribu baik weekdays maupun weekend, kolam ini mulai dibuka pada jam 6 pagi hingga jam 9 malam setiap harinya.

  • Alamat: Komplek Stadion Siliwangi, Jl. Lombok No.10, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4220762
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00-21.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp75.000 per orang

5. Cipaku Hill

Cipaku Hill 

* sumber: e-tempatwisata.blogspot.co.id

Cipaku Hill atau Kolam Renang Cipaku adalah kolam renang di Bandung yang wajib kamu datangi. Kolam ini sangat recommended buat liburan bersama keluarga. Kolam di tempat ini luas dan airnya jernih padahal tidak banyak menggunakan kaporit.

Kolam renang ini berbasis semi outdoor, jadi kamu bisa berenang santai biarpun cuaca tidak mendukung. Ketika cuaca sedang dingin, berendam lah di kolam air hangatnya. Harga tiket masuk kolam ini berkisar Rp 40 - 45 ribu saja per orang. Alamatnya ada di Jalan Cipaku Indah XI no. 4, Ledeng, Cidadap.

Di Cipaku terdapat tiga kolam renang, 2 diantaranya adalah kolam renang outdoor dan airnya dingin, sedangkan 1 nya lagi adalah kolam renang indoor dan airnya hangat.

Tiket masuk kolam renang Cipaku adalah Rp 40 ribu pada hari kerja dan Rp 45 ribu pada hari libur. Kolam renang Cipaku juga memberikan harga khusus jika kamu datang berkelompok dan menjadi langganan per bulan, jadi harga tiket masuknya menjadi lebih murah.

  • Alamat: Jl. Cipaku Indah XI No.4, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2012124
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00-21.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp40.000-Rp45.000 per orang

6. Saraga ITB

Saraga ITB 

* sumber: www.dpriyono.com

Sasana Olahraga ITB atau Saraga merupakan tempat olahraga yang komplit. Di sini ada track lari, lapangan basket, lapangan voli, lapangan sepak bola, gym, dan tentunya kolam renang.

Tiket masuk kolam renang ini sangat murah, yaitu hanya Rp 20 ribu saja. Uniknya, kolam ini berada di lantai 2, jadi kamu bisa menikmati pemandangan Kota Bandung yang hijau-hijau. Alamat Saraga ada di Jalan Tamansari no. 73, Lb. Siliwangi, Coblong.

  • Alamat: Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2511540
  • Jam operasional: Selasa-Minggu, 07.00-17.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp20.000 per orang

7. Gelanggang Renang UPI

Kolam Renang UPI

* sumber: isolapos.com

Rekomendasi kolam renang di Bandung yang selanjutnya adalah Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Di UPI sendiri memang ada jurusan olahraga, jadi wajar saja kalau kampus ini punya kolam renang.

Kolamnya pun bukan sembarang kolam, tapi merupakan kolam olimpik dengan standar internasional. Ada palang untuk melakukan lompat indah di sana. Bahkan kolam ini sering digunakan pada pekan olahraga nasional (PON).

Tapi, jika kamu berniat untuk berwisata air bersama keluarga, di sini juga ada dua kolam lainnya, yaitu kolam renang dewasa dan kolam renang anak. Harga tiket masuk kolam renang UPI termasuk murah, yaitu Rp15 ribu saja per orangnya. Lokasi kolam renang ini ada di Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudhi No. 229.

  • Alamat: Universitas Pendidikan Indonesia, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00-16.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp15.000 per orang

8. Kolam Renang Tirta Marta Satriya

kolam renang tirta marta satriya

Kamu yang tinggal di sekitaran Jalan Tongkeng mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kolam Renang Tirta Maya Satriya. Kolam renang ini punya fasilitas berupa kolam untuk dewasa dan dua kolam untuk anak, yang dilengkapi dengan perosotan serta ember tumpah.

Selain itu, di Kolam Renang Tirta Maya Satriya juga ada fasilitas umum seperti toilet dan kamar bilas yang cukup nyaman. Untuk bisa masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar sekitar 20ribuan saja.

  • Alamat: Jl. Tongkeng No.44, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0822-5900-0648
  • Jam operasional: Senin-Minggu, 07.00-17.00 WIB, Kamis Tutup
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp20.000 per orang

9. Kolam Renang Bumi Sangkuriang

KOLAM RENANG BUMI SANGKURIANG

Kolam renang di Bandung lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kolam Renang Bumi Sangkuriang. Lokasi kolam renang ini berada di kawasan wisata dengan nama yang sama. Selain kolam renang, di Bumi Sangkuriang juga ada tempat makan hingga hotel yang nyaman.

Fasilitas kolam renang ini terbilang lengkap. Di sini ada mini water boom juga, lho. Harga tiket masuk ke kolam renang ini hanya Rp 35 ribu saat weekdays dan Rp 40.000 untuk weekends. Sedangkan selama hari raya dan hari libur nasional, tiket masuknya menjadi Rp 45 ribu per orang.

  • Alamat: Jl. Kiputih No.12, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2032661
  • Jam operasional: Senin-Jumat 08.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu 07.00-18.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp35.000-Rp45.000 per orang

10. Kolam Renang Singgasana Pradana

 Kolam Renang Singgasana Pradana

* sumber: twitter.com

Singgasana Pradana atau Singgasana Sport & Recreation Centre merupakan tempat olahraga yang lengkap. Di sini ada lapangan basket, lapangan tenis, gym, aerobic, teni meja, tempat latihan baseball, dan tentunya kolam renang. Harga tiket masuk kolam renang ini cukup terjangkau dan worth it melihat kolamnya yang jernih dan luas.

Kamu bisa menghemat dengan membeli buku tiket, yaitu buku yang berisi 15 lembar tiket menuju kolam renang. Alamat kolam renang ini terletak di Jalan Galuh Pakuan Barat No. 3, Singgasana Pradana, Cibaduyut Wetan, Bojongloa Kidul.

  • Alamat: Cibaduyut Wetan, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0811-4798-700
  • Jam operasional: Selasa-Minggu, 08.00-20.00 WIB, Senin 14.00-20.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp50.000-Rp60.000 per orang

11. Setiabudi Regency

Setiabudi Regency

* sumber: firdabilqis.blogspot.co.id

Kolam renang di Bandung yang selanjutnya ada di dalam komplek Setiabudi Regency. Kolam renang ini berada di dataran tinggi Bandung, jadi bisa kamu bayangkan sendiri betapa dingin dan segarnya air kolam ini. Harga tiket masuk kolam renang ini cukup murah, yaitu 20ribuan saja.

Terdapat dua kolam renang, yaitu yang besar untuk dewasa dan yang kecil untuk anak-anak. Poin plus-nya, di sini ada air panas untuk mandi. Jadi, setelah dingin-dingin mengigit di kolam renang, kamu bisa merasa hangat lagi setelah mandi.

  • Alamat: Komplek Setiabudi Regency Jl. Merah Delima Wing I Isola, Ciwaruga, Kec. Sukasari, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor telepon: (022) 2020028
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-17.30 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp25.000 per orang

12. Kolam Renang Bikasoga

kolam renang bikasoga

Untuk kamu yang bermukim di kawasan Buah Batu pasti sudah tak asing dengan Bikasoga Sport Center. Ya, tempat ini punya fasilitas berupa kolam renang semi indoor yang nyaman. Airnya juga terbilang bersih.

Harga tiket masuk ke kolam renang Bikasoga berkisar antara Rp 35 ribu sampai dengan Rp 50 ribuan per orang. Selain kolam renang, di Bikasoga Sport Center juga ada lapangan untuk olahraga futsal.

  • Alamat: Jl. Suryalaya Indah No.1-3, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7311191
  • Jam operasional: Setiap hari 07.00-22.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp35.000-Rp50.000 per orang

13. Kolam Renang Panorama

Kolam Renang Panorama

* sumber: travelleramatir.blogspot.com

Kolam Renang Panorama adalah kolamnya keluarga. Pada lantai 1, kamu akan disambut oleh kolam renang anak-anak. Kolam ini cenderung lebih padat daripada kolam yang di lantai 2, yaitu kolam renang dewasa. Kolan renang di lantai 2 lebih besar dan lebih jernih airnya.

Sambil menemani buah hati bermain air, kamu bisa sekalian refreshing melihat pemandangan indah Kota Bandung dari ketinggian. Alamat Kolam Renang Panorama ada di Jalan  Cigending no. 47, Pasirjati, Ujung Berung.

  • Alamat: Jl. Cigending No.47, Pasirjati, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung
  • Nomor Ttelepon: 0822-5900-0648
  • Jam operasional: Setiao hari, 07.00-17.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp15.000-Rp20.000 per orang

14. Kolam Renang Tirtalega

kolam renang tirtalega

Selanjutnya, ada Kolam Renang Tirta Lega. Kolam renang ini berada di kawasan Taman Konservasi Tegallega, Kota Bandung. Biasanya, Kolam Renang Tirta Lega digunakan oleh mereka yang sedang les maupun berlatih berenang.

Namun tentu, kolam renang ini juga terbuka untuk umum. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni Rp 5 ribu di hari biasa dan Rp 6 ribu di hari libur. Mau mencoba berenang di sini? Datang langsung saja ke lokasi, ya!

  • Alamat: Taman Konservasi Tega Lega, Jl. Moch. Toha, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Jam operasional: Selasa-Minggu, 08.00-16.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp5.000 per orang

15. Bandung Indah Waterpark

bandung indah waterpark

Kolam renang di Bandung yang satu ini berada di lingkungan Lanud Sulaiman, Kopo. Bandung Indah Waterpark beroperasi setiap hari dari pagi hingga sore. Kolam renang ini digemari oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa karena tempatnya yang luas, banyaknya kolam renang yang ada, fasilitas yang cukup, dan ada perosotan besar dan ember tumpah yang memang menjadi daya tarik utama kolam renang ini.

Kedalaman kolam renang di sini pun bervariasi, mulai dari kolam renang anak yang hanya sebetis hingga kolam renang regular yang kedalamannya 1,2 - 1,7 m. Perosotan atau water slider di sini cukup panjang, yaitu 20 m.

Selain itu, di sini ada Lazy River, yaitu kolam renang berbentuk panjang namun tidak terlalu lebar yang berbentuk seperti sungai di bawah jembatan. Tiket masuk ke sini adalah Rp 35 - 50 ribu (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

  • Alamat:  Jl. Terusan Kopo KM 8,4, Sulaiman, Margahayu, Sulaiman, Kec. Margahayu, Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7311191
  • Jam operasional: Setiap hari 08.00-18.00 WIB
  • Kisaran HTM: Sekitar Rp35.000-Rp50.000 per orang

Berenang punya sejuta manfaat, salah satunya adalah mengurangi stres, menambah tinggi badan, membentuk otot bahu dan paha, dan dapat menjaga kebugaran tubuh. Semoga 10 kolam renang di Bandung yang Keluyuran rekomendasikan cocok untuk kamu, ya. Kamu tahu tempat lainnya yang recommended? Bagikan di kolom komentar, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram