10 Kolam Renang di Klaten untuk Liburan yang Lebih Segar

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika ingin mengisi liburan dengan kegiatan yang menyegarkan, kamu dapt pergi berlibur ke kolam renang. Klaten memiliki banyak kolam renang yang musti kamu coba saat singgah di kotanya. Berikut ini kolam renang di Klaten yang tidak akan membuat kamu menyesal karena mengunjunginya.

1. Kolam Renang Pesona Alam Tirta

Kolam Renang Pesona Alam Tirta

* sumber: www.wisataoke.com

  • Alamat : Dsn Kajen. DS. Dalangan. Kec. Tulungan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

Kolam renang yang satu ini merupakan kolam renang umun yang menawarkan panorama sekeliling yang unik. Letak dari kolam renang ini yang membuatnya menjadi unik, yaitu berada di tengah persawahan. View dari Gunung Merbabu dan Merapi membuatnya menjadi spot berfoto yang keren.

Selain dapat berswafoto tentunya kamu tidak ingin melewatkankan kegiatan berenang yang menyegarkan. Kolamnya terdiri dari dua kolam renang, yaitu kolam renang untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak. Kolam renangnya mengusung tema kolam renang mewah ala Bali.

Fasilitas di kolam renang ini juga terbilang lengkap, dari area parkir, toilet, kamar ganti dan juga terdapat gazebo untuk bersantai. Selain itu juga terdapat kursi-kursi kecil di dekat kolam renangnya. Bagi yang tidak dapat berenang, pengelola juga menyediakan pelampung yang beraneka ragam.

2. Kolam Renang Taman Air Pancingan 100 Janti

Kolam Renang Taman Air Pancingan 100 Janti

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5Dv04AGD3fQ

  • Alamat : Dkh Wunut. Kec. Tulungan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Telpon : (0272) 551769
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp2.000

Kolam renang yang satu ini cocok untuk wisata bersama seluruh anggota keluarga. Kolam renang yang satu ini tak hanya menawarkan kegiatan berenang tapi juga kegiatan memancing untuk para ayah. Saat anak-anak berenang para ayah dapat menyalurkan hobi memancingnya di tempat ini.

Selain berenang dan memancing, ada kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak, yaitu menangkap ikan. Orangtua dan anak dapat melakukan kegiatan menangkap ikan di sebuah sungai kecil yang terdapat di area belakang. Setelah beraktivitas kamu juga dapat pesan makan di tempat ini.

Kolam renang ditempat ini terdapat dua kolam renang, kolam dengan kedalam sepundak orang dewasa dan kolam dengan seluncuran ditujukan untuk anak-anak. Kedalam kolam renang untuk anak ini juga aman, hanya sebatas perut anak-anak. Kolam renangnya juga terbilang bersih dan jernih.

3. Kolam Renang Waterpark Pluneng

Kolam Renang Waterpark Pluneng

  • Alamat : Ds. Pluneng. Kec. Kebonarum, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 04.30 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

Waterpark Pluneng termasuk kolam renang yang diresmikan pada tanggal 25 Februari 2020. Letaknya berada di sebelah selatan Umbul Tirto Mulyo. Waterpark ini merupakan  sebuah wahana yang ditujukan untuk tempat berwisata yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Kolam renang ini memang cocok untuk berwisata bersama keluarga terutama untuk anak-anak. Wahananya disukai oleh anak-anak karena tempatnya memiliki desain penuh dengan warna warni yang cerah. Selain itu airnya sangat jernih dan bersih dan fasilitas pendukung yang cukup lengkap.

4. Kolam Renang Prilon Ketandan

Kolam Renang Prilon Ketandan

* sumber: seringjalan.com

  • Alamat : Prigi Kulon, Ds Ketandan. Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Telepon : 0888 0672 3533
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

Kolam renang prilon ketandan merupakan singkatan dari nama Prigi Kulon, dan terletak di daerah Ketandan. Tempat yang satu ini sesungguhnya sebuah taman yang dilengkapi dengan kolam renang.

Tempatnya sangat pas untuk para ibu yang ingin mengajak anaknya untuk bermain air. Kolam renangnya berfungsi sebagai tempat bermain anak-anak, kedalamannya pun disesuaikan untuk anak-anak sehingga aman untuk anak saat bermain air. Air kolamnya jernih dan memiliki tempat yang sangat luas. Disekitar kolam pun terdapat spot cantik untuk wisatawan berswafoto.

5. Waterboom Umbul Cokro Tulung

Waterboom Umbul Cokro Tulung

* sumber: nonobudparpora.wordpress.com

  • Alamat : Area Sawah, Ds Cokro. Kec. Tulung, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp10.500

Kamu mungkin telah kenal dengan Umbul Cokro, sebuah kolam mata air yang jernih dengan kolamnya yang berbentuk saluran irigasi. Selain kolam mata airnya, Umbul Cokro juga memiliki sebuah waterboom, dengan wahana yang membuat kegiatan rekreasi air anak semakin mengasyikan.

Waterboom ini memliki seluncuran yang tinggi yang dan juga berliku, kamu yang senang dengan kegiatan memacu adrenalin, maka kamu harus mencobanya. Tetapi ada juga seluncuran yang aman untuk digunakan oleh anak-anak. Ada juga ember tumpah yang akan membuat suasana makin meriah.

6. Tirtonirmolo Waterpark Galuh

Tirtonirmolo Waterpark Galuh

* sumber: www.primahapsari.com

  • Alamat : Jl. Manisrenggo No.KM.1, Pemuktibaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Telepon : (02474) 496855
  • Jam buka : 09.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Senin-Sabtu Rp10.500, Minggu – Hari Libur Rp20.000

Selain berwisata ke Candi Prambanan, kamu juga dapat mencoba segarnya Tirtonirmolo Waterpark, yang jarak 1 km dari Candi Prambanan. Kolam renang ini memiliki wahana yang berupa patung-patung hewan yang sangat menarik. Kolam renangnya juga memiliki 11 kolam tematik untuk dicoba.

Kolam renang tematik itu terdiri dari kolam renang untuk anak dan juga kolam untuk orang dewasa. Ada juga kolam untuk keluarga, serta kolam arus kolam seluncur, kolam mandi bola, wahana ember tumpah dan yang lainnya.  Kolam renang ini tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga

7. Kolam Renang Ponggok Ciblon

Kolam Renang Ponggok Ciblon

  • Alamat : Jl. Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

Ponggok Ciblon merupakan sebuah tempat rekreasi air yang juga sebuah resto. Kolam Renang Ciblon sendiri menggunakan air yang berasal dari mata air, oleh karena itu kolamya akan telihat jernih. Air yang mengalir ke kolam renang Ponggo Coblon sendiri berasal dari mata air atau umbul Besuki.

Kolam renang di Ponggok Ciblon ini terdiri dari tiga kolam  yaitu kolam anak dengan kedalam 45 cm sampai dengan yang 1 meter. Waterboom menjadi kolam yang biasa digunakan anak-anak, sedang yang dewasa terletak di bagian dalam dengan kedalaman sekitar 1,25 sampai dengan 3 meter.

8. Kolam Renang Tirta Yudha Bakti

Kolam Renang Tirta Yudha Bakti

  • Alamat : Padangan, Ds. Glodogan, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : –
  • HTM : Rp15.000

Kolam Renang Tirta Yudha Bakti merupakan kolam renang umum, yang biasa digunakan untuk berlatih berenang, airnya pun bukan bukan berasal dari mata air seperti kebanyakan kolam renang di Klaten. Air kolamnya jernih dan bersih walau tak sejernih kolam yang menggunakan air dari sumber mata air.

Tetapi tempat ini biasa dijadikan temapt alternatif untuk belajar berenang bersama keluarga. Fasilitas pendukung dari kolam renangnya pun terbilang cukup lengkap. Ada dua kolam renang yang satu untuk orang dewasa dan yang lainnya ditujukan untuk anak-anak yang masih belajar berenang.

9. Kolam Renang Umbul Siblarak

Kolam Renang Umbul Siblarak

  • Alamat : Dsn Gondang, Ds. Sidowayah, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.30 – 17.30 WIB
  • HTM : Rp5.000

Kolam renang Umbul Siblarak ini merupakan kolam renang yang unik, karena terdapat dua kolam yang saling berdampingan yaitu kolam buatan dan juga kolam alami. Kolam buatan yang menggunakan ubin memperlihatkan kejernihan air dari Umbul Siblarak dan airnya yang tampak berwarna biru kehijauan.

Kolam yang satunya tetap dibiarkan alami dengan dasar kolammnya berupa batuan. Satu hal yang jadi daya tarik kolam renangnya adalah panorama alam sekitar kolamnya. Di sini kamu dapat melihat hamparan sawah dan juga indahnya daerah pegunungan. Di sini airnya benar-benar terasa segar.

10. Kedungan Waterpark

Kedungan Waterpark

* sumber: kedunganwaterpark.wordpress.com

  • Alamat : Dsn Jalinan, , Ds. Kedungan, Kec. Pedan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 09.00 – 17.00
  • HTM :Weekday Rp10.000, Weekend Rp15.000

Kedungan Waterpark merupakan kolam renang yang memiliki wahana yang menarik terutama untuk anak-anak. Tempatnya cocok untuk berlibur dengan keluarga, terutama untuk orangtua yang ingin mengajak anak-anaknya bereskreasi air, seperti  bermain di dalam kolam yang penuh bola.

Selain dari kegiatan berenang anak-anak juga dapat melakukan aktivitas yang lebih menantang lainnya. Satu diantaranya adalah berekreasi dengan menggunakan flying fox, atau juga dapat menggunakan ATV. Selain itu kolam renang ini juga memiliki pendopo yang dapat digunakan untuk beragam acara.

Nah, itulah beberpa kolam renang yang dapat kamu kunjungi saat singgah di Kota Klaten.  Kesegaran kolam renang dari Klaten memang tidak ada duanya, apalagi Klaten terkenal dengan kota yang memiliki banyak umbul atau mata air. Air kolamnya yang jernih dan juga bersih disertai dengan pemandangan disekitar kolam yang luar biasa menjadi daya tarik kolam renang di Klaten.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *