Mau Rekreasi? Jangan Lewatkan 10 Wisata Air di Malang Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Siapa yang tidak suka berenang? Saya rasa, aktivitas bermain air seperti berenang sangat disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Wisata air menjadi pilihan yang cocok untuk quality time bersama keluarga. Tak heran, setiap akhir pekan, tempat rekreasi yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam dan luar kota.

Kolam renang di setiap kota memiliki fasilitas, wahana, dan harga yang berbeda-beda. Di Malang yang identik dengan kota apel, terdapat beberapa kolam renang yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Kali ini Keluyuran akan memberikan rekomendasi 10 kolam renang yang seru untuk referensi liburanmu.

10 Wisata Air di Malang

1. Taman Rekreasi Tlogomas

Taman Rekreasi Tlogomas

* sumber: dolandolen.com

Taman rekreasi yang sudah terkenal sejak tahun 1990-an ini mengusung konsep destinasi wisata keluarga, sehingga memiliki beragam fasilitas yang menarik untuk anak-anak. Tidak hanya kolam renang, anak-anak akan dimanjakan dengan miniature,  dan patung-patung yang unik di Taman Rekreasi Tlogomas.

Bermain ke sini, kamu juga bisa mengajak anak wisata edukasi. Memperkenalkan patung Garuda Wisnu Kencana, Dewi Kwan Im, Putri Salju, Srikandi, sampai patung alien. Berhawa sejuk, Taman Rekreasi Tlogomas dikelilingi oleh pohon rindang, dan air yang mengisi kolam renang ini berasal dari sumber air pegunungan, lho. Sejuk!

Wisata air ini berada di Jalan Baiduri Pandan No. 17, Tlogomas, Kota Malang. Hanya dengan membayar tiket Rp 20.000 saja, kamu sudah bisa mengajak keluargamu rekreasi di Taman Rekreasi Tlogomas.

2. Pemandian Taman Wisata Wendit

Pemandian Taman Wisata Wendit

* sumber: explorewisata.com

Tempat wisata yang satu ini, terkenal dengan sumber air yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Meski pada awalnya Taman Wisata Wendit ini hanya sebuah kolam renang biasa, kini tempat wisata air ini menjadi sebuah waterpark yang luas dan memiliki banyak wahana yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Pengunjung dapat mencoba berbagai wahana yang siap memanjakan seperti ember tumpah, seluncur, sepeda air, dan balon air. Jika membawa anak, di sini tersedia kolam khusus anak yang bisa dinikmati. Selain itu, bagi kamu yang suka memacu adrenalin, di sini juga tersedia flying fox dan worm coaster. Liburanmu akan semakin menyenangkan.

Taman Wisata Wendit berlokasi di Jalan Raya Wendit, Lowoksoro, Kota Malang. Harga tiket masuknya hanya Rp 15.000 saja, lho. Sangat murah untuk menikmati ragam wahana dan wisata air di Kota Malang.

3. Taman Wisata Lembah Dieng

Taman Wisata Lembah Dieng

Taman wisata yang sudah ada sejak tahun 1992 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk liburan akhir pekan, dan saat anak-anak libur sekolah. Sempat tutup pada tahun 1997 dan 2007 karena longsor, Taman Wisata Lembah Dieng terus berbenah untuk menyajikan tempat rekreasi yang nyaman dan terjangkau.

Fasilitas kolam renang yang sudah mengikuti standar internasional ini memiliki Panjang 50m dan lebar 25m, dengan kedalaman mulai 1.3 meter hingga 4.2 meter. Tempat yang cocok untuk kamu yang ingin melatih kemampuan berenang, bahkan latihan diving. Ada pula kolam renang anak yang memiliki kedalaman 70cm.

Taman Wisata Lembah Dieng berlokasi di Jalan Wisata No. 99, Sumberjo, Kalisongo, Dau, Kota Malang. Meski kolam renang ini standar internasional, harga yang dipatok terbilang sangat murah dan terjangkau. Hanya Rp 15.000 untuk orang dewasa, dan Rp 10.000 untuk pelajar mahasiswa.

4. Kolam Renang Stadion Gajayana

Kolam Renang Stadion Gajayana

* sumber: www.tripjalanjalan.com

Kalau kamu mencari tempat renang indoor, wajib mengunjungi kolam renang yang satu ini. Biasa digunakan sebagai tempat berlatih oleh klub renang, Kolam Renang Stadion Gajayana memberikan fasilitas atap yang nyaris menutupi seluruh area kolam untuk melindungi kamu dari sinar matahari.

Kolam Renang Stadion Gajayana memiliki dua kolam dengan kedalaman yang berbeda. Satu kolam untuk anak-anak, dan satu lagi kolam untuk orang dewasa yang memiliki kedalaman 1.5 – 3 meter. Kolam Renang Stadion Gajayan buka setiap hari jam 06.30 – 15.00. Setelah jam 3 sore, kolam renang ini digunakan untuk latihan bagi klub renang.

Berada di Jalan Tangkuban Parahu, Kauman, Klojen, Kota Malang. Kamu bisa menikmati sejuknya air kolam dengan harga tiket masuk Rp 10.000 untuk Senin – Kamis, dan Rp 15.000 untuk Jumat – Minggu.

5. Pemandian Kalireco Sumber Waras

Pemandian Kalireco Sumber Waras

* sumber: amazingmalang.id

Tempat wisata yang satu ini merupakan pemandian alami di Malang. Berasal dari sumber mata air yang jernih dan alami, Pemandian Kalireco Sumber Waras cocok dijadikan destinasi ketika kamu ingin melepas penat dari rutinitas. Kolam renang alami ini sudah menggunakan keramik, jadi kamu tidak perlu khawatir tersandung batu di dalam air.

Birunya air, dihiasi dengan bebatuan alami sebagai dinding kolam dan pepohonan rindang menjadi ciri khas tempat wisata yang masih terbilang baru di Malang ini. Di sini, kamu bisa melihat warga lokal yang sedang mencuci baju di Kalireco, karena di sini merupakan tempat yang sering digunakan oleh warga setempat untuk beraktivitas sehari-hari.

Berada di Jl. Sumber Waras 2 No.97, Krajan, Kalirejo, Lawang, Malang. Kamu bisa mengunjungi tempat ini secara gratis karena ini merupakan tempat pemandian umum. Meskipun gratis, tetap jaga kebersihan dan kelestariannya, ya!

6. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

* sumber: enaknyakemana.com

Wahana wisata satu ini masih terbilang baru. Dibangun pada tahun 2014, dan dibuka pada tahun 2015. Hawai Waterpark memberikan pengalaman baru bagi pecinta wahana wisata air. Menawarkan tempat rekreasi dengan suasana pantai dengan beragam hiburan dan wahana, waterpark ini dapat dikunjungi berbagai kalangan. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Terdapat 10 wahana bermain, Hawai Waterpark menawarkan wahana yang berbeda. Seperti Tsunami Pool, di sana kamu akan menikmati hempasan gelombang air yang bergerak pelan namun dapat menguji adrenalin. Meski terlihat menakutkan, wahana ini selalu ramai dan disukai oleh pengunjung.

Berada di Kabupaten Malang, tepatnya di Perumahan Griya Kencana Raya, Jalan Raya Karanglo, Banjararum, Singosari. Kamu bisa menikmati serunya wahana air di sini dengan harga tiket masuk Rp 75.000 untuk hari kerja, dan Rp 100.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

7. Water Park Tirtasani

Water Park Tirtasani

* sumber: water-park-tirtasani.business.site

Wisata air yang berada di area Perumahan Tirtasani Royal Resort Malang, Water Park Tirtasani menawarkan pengalaman menarik bagi kamu yang ingin mengajak anak untuk rekreasi. Tidak hanya berenang, di sini memiliki 5 wahana seru yang bisa kamu nikmati untuk mengisi liburanmu.

Terdapat dua kolam dengan masing-masing fungsi. Pertama, kolam semi olimpik, dengan kedalaman 1,4 meter, cocok untuk kamu yang ingin belajar berenang maupun olahraga renang. Kedua, kolam wahana permainan, yang berisi aneka wahana water playground, seluncuran, dan wahana seru lainnya.

Water Park Tirtasani beralamat di Jalan Perusahaan No. 1, Kepuharjo, Karangploso, Kota Malang. Harga tiket yang ditawarkan untuk berekreasi di sini adalah Rp 25.000 untuk hari biasa, dan Rp 35.000 untuk akhir pekan.

8. Sengkaling Water Park

Sengkaling Water Park

* sumber: www.jejakbocah.com

Wisata air seluas 9 hektare ini memiliki slogan “Wisata Air Impian Keluarga”. Sesuai dengan slogannya, wisata air menjadi daya tariknya. Sengkaling Water Park merupakan taman wisata yang ditata dengan segmen yang bagus dan terukur dengan sangat baik ini dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Wahana air yang bisa kamu nikmati di sini sangat beragam, seperti Kolam Kapal Misteri, Kolam Pesona Primitif, Kolam Pesona Tirta Alam, Kolam Pesona Tirta Sari, dan Kolam Cumi-Cumi. Pepohonan rindang dan air yang didapat langsung dari sumber mata air alami, tempat ini bisa akan membuatmu nyaman. Harga tiketnya pun cukup murah, hanya Rp 25.000 saja.

Beralamat di Jalan Mulyoagung No. 188, Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang. Sengkaling Water Park berada di samping Universitas Muhammadiyah Malang. Jika kamu bertolak dari Malang menuju Kota Batu, kamu akan melewati tempat ini. Lokasinya berada di pinggir jalan, jadi akan mudah kamu temukan.

9. Kusuma Water Park

Kusuma Water Park

* sumber: www.kinaryatour.com

Ingin berenang sambil melihat pemandangan pegunungan di dekat Malang, kamu perlu berkunjung ke tempat yang satu ini. Kusuma Waterpark, berada di Kota Batu, menawarkan pengalaman yang berbeda. Kamu dapat berwisata air di ketinggian dengan pemandangan alam yang indah.

Kusuma Water Park menawarkan fasilitas wahana air yang beragam. Penamaan wahana menggunakan nama-nama tanaman, sehingga lebih menyenangkan jika kamu membawa anak. Seperti; Wahana Jeruk, Wahana Jambu, Kolam Kopi, Kolam Apel, Kolam Buah Naga, dan Wahana Strawberry. Unik, ‘kan?

Selain itu, tempat wisata yang berada di Kawasan Wisata Kusuma Agro ini menyediakan wahana lain untuk berekreasi. Seperti ATV, Air Soft Gun, dan Flying Fox. Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 25.000 untuk weekday dan Rp 30.000 untuk weekend. Langsung saja datang ke Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu.

10. Batu Wonderland & Resort Hotel

Batu Wonderland & Resort Hotel

* sumber: www.dakatour.com

Satu lagi tempat rekreasi di Kota Batu. Tempat ini merupakan hotel dengan beragam tempat bermain dan wahana yang akan menemani hari libur. Meski berada dalam lingkungan hotel, Batu Wonderland & Resort Hotel memiliki arena wahana air yang luas dan banyak wahana seru, lho.

Di sini sediakan ban yang bisa kamu sewa agar kegiatanmu saat bermain air menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, bagi kamu yang datang dari luar kota Malang dan Batu, bisa menginap di hotel ini. Jadi, akan lebih memudahkan kamu ketika liburan bersama keluarga.

Beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 9, Temas, Kota Batu. Karena berada dalam lingkungan hotel, maka harga tiket masuk yang dipatok pun sangat murah. Hanya Rp 10.000 saja untuk hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir pekan. Liburan di Batu, tidak perlu mahal.

Mengisi liburan dengan berenang dan menikmati wahana air, tentu cocok menjadi pilihan. Jadi, kamu pilih yang mana di antara 10 wisata air di Malang yang Keluyuran rekomendasikan?

Apabila kamu mengajak anak-anak berwisata di Malang, kamu bisa membaca artikel tempat wisata anak di Malang ini untuk mencari referensi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram