Hobi Berenang? Yuk, ke 6 Kolam Renang di Padang Ini!

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 19 Januari 2021

Wisata air berupa kolam renang atau waterpark kini menjadi salah satu objek wisata yang pasti ada di setiap kota. Kegemaran setiap orang bermain air baik untuk berenang atau bermain menjadikan wisata air ini adalah salah satu wisata yang berpotensi besar untuk dikembangkan. Kolam renang di Padang menjadi salah satu objek wisata yang bagus. Banyak diburu masyarakat Padang terutama di hari libur.

Kolam renang di Padang dibuat semenarik mungkin. Fasilitas kolam pun dibangun untuk menunjang kenyamanan para pengunjung yang ingin merasakan sensasi kesegaran kolam renang. Kalau kamu kebetulan sedang berlibur ke Padang jangan lewatkan kolam renang berikut ini ya. Tempatnya menarik, cocok untuk berlibur atau berlatih berenang.

1. Kolam Renang Teratai

Kolam Renang Teratai

* sumber: www.bentengsumbar.com

  • Alamat: Jl. Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat
  • HTM: hari kerja Rp10.000 akhir pekan Rp12.000
  • HTM pelajar: Rp5.000
  • Jam buka: Setiap hari 08.00-16.00

Kolam renang berikut ini berada di samping GOR Agus Salim. Kolam Renang Teratai sebetulnya difungsikan sebagai tempat berlatih para peselam muda andalan Sumatera Barat dan tempat seleksi penerimaan calon anggota bintara Polri.

Selain kolam renang tempat latihan para peselam, ada pula kolam tempat latihan para atlet loncat indah. Kolam ini mempunyai kedalaman kurang lebih 5 meter. Di bibir kolamnya terdapat papan loncat dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Meskipun kolam renang Teratai adalah tempat latihannya para atlet, akan tetapi kolam ini terbuka untuk umum juga. Ada kolam anak-anak dan dewasa yang kedalamannya tidak sedalam kolam renang untuk para atlet.

Kolam yang dikelola oleh Dispora kota Padang ini tak luput dari buruan masyarakat untuk berlibur terutama musim liburan panjang. Di mana pada masa tersebut kolam renang dipenuhi oleh pengunjung.

Fasilitas di kolam ini pun lengkap. Meskipun tidak banyak wahana bermain, namun berenang di kolam ini sangat nyaman. Menunjang sekali untuk melatih kemampuan berenang. Terlebih lagi pemerintah kota terus melakukan pembenahan kolam renang ini secara kontinyu.

Berbagai fasilitas dan regulasi terus dikembangkan agar kolam renang Teratai lebih bagus lagi kedepannya. Salah satu ide untuk pengembangan kolam renang adalah dengan menerapkan aturan pembayaran non tunai.

Pembayaran tersebut menggunakan kartu tapcash yang ditempatkan di pintu masuk kolam. Upaya ini sebetulnya telah diresmikan tahun 2019 silam. Saat itu upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian dari program pemerintah dalam mewujudkan kota Padang sebagai ‘smart city’.

Tak disangka kalau program tersebut sangat membantu di masa pandemi seperti sekarang ini dimana penggunaan uang tunai sangat diminimalisasi. Hal tersebut dilakukan agar penyebaran Covid dapat dicegah.

2. Kolam Renang FIK UNP

Kolam Renang FIK UNP

* sumber: narmadi.com

  • Alamat: Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat
  • HTM Umum: Siang Rp15.000, Malam Rp33.000, Akhir Pekan Rp23.000, Hari Kerja Rp10.000
  • HTM mahasiswa UNP: Rp5.000-Rp10.000
  • Jam buka: setiap hari 08.00-16.00

Kolam renang ini adalah bagian dari fasilitas Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Namun, tempat ini terbuka untuk masyarakat luas. Kolam renang yang ini dilengkapi dengan kolam renang latihan untuk para mahasiswa jurusan olahraga di Universitas Negeri Padang.

Kolam renang ini berstandar internasional. Tak heran sarananya lengkap. Ada kolam dengan lintasan renang dewasa dan kolam renang anak-anak. Kolam renang dewasa biasa digunakan untuk pertandingan. Dalamnya mencapai 1,4 meter. Kolam ini landai di bagian tengahnya. Dalamnya mencapai 1,8 meter.

Kolam renang FIK UNP ini pula membuka les renang. Jadwal les renang diadakan setiap hari Minggu mulai pukul 08.00-09.30 dan jam 15.00-16.30.

3. Kolam Renang ABG (Air Dingin Batu Gadang)

Kolam Renang ABG (Air Dingin Batu Gadang)

Sumber: https://www.instagram.com/p/BnLtz2YnRz_/?igshid=ql012ul6muvd

  • Alamat: Balai Gadang, Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat 25586
  • HTM: Rp7.500-Rp20.000
  • HTM akhir pekan: Rp10.000-Rp25.000
  • Jam buka: Setiap hari 08.00-18.00
  • Telepon: 0813-7284-4968

Kalau yang ini kolam renang di luar ruangan dengan pemandangan alam yang indah. Enaknya berenang di kolam renang outdoor adalah bisa menikmati keindahan alam sambil bermain air. Apalagi jika lokasi kolam renangnya berada di tengah alam dengan panorama luar biasa. Siapa sanggup menolak?

Kolam renang ABG berada di tengah alam yang indah. Dari sini kamu dapat menikmati gunung-gunung yang masin hijau. Bikin segar setiap yang melihatnya.

Di kolam renang ABG terdapat beberapa tipe kolam renang. Ada kolam renang dewasa dan kolam untuk anak-anak yang dilengkapi permainan seperti perosotan. Kolam-kolam ini mempunyai kedalaman yang beragam mulai dari kolam dengan kedalaman 30 cm, 60 cm dan 1 meter sampai 1,5 meter.

Payung-payung besar dengan kursi dan meja disediakan bagi pengunjung yang menunggu kerabat atau anaknya yang sedang berenang. Kantin, kamar bilas, mushola dan area parkir luas tersedia lengkap di sini.

Untuk mempercantik area kolam renang ABG, pengelola membuat taman mungil yang cantik. Meski tidak terlalu besar tapi area ini adalah spot foto yang bagus. Para pengunjung bisa berfoto selfie di area ini.

4. Kolam Renang Adzkia

Kolam Renang Adzkia

  • Alamat: Jl. Taratak Paneh, Korong Gadang, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25175
  • HTM: anak-anak Rp15.000 Dewasa Rp20.000
  • Jam buka: laki-laki Senin-Selasa 14.00-18.00 perempuan 13.00-18.00
  • Telpon: 0823-9078-1784

Ingin berenang di kolam renang syariah yang nyaman? Ini lah tempatnya. Kolam Renang Adzkia yang berada di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Adzkia ini merupakan kolam renang berbasis syariah yang memisahkan kolam perempuan perempuan. Kolam renangnya pun tertutup.

Kolam Renang Adzkia pun menjadi kolam renang yang terjamin kesehatan dan keamanannya pasalnya kolam renang ini mempunyai alat tes kolam yang dapat mengetahui kadar Cl dan ph yang terkandung di dalam air.

Hadirnya Kolam Renang Adzkia di kota Padang sangat membantu pengunjung muslimah yang ingin berenang tapi khawatir bercampur dengan lawan jenis yang bukan mahram. Dengan begitu mereka dapat berolahraga renang dengan tenang.

Kolam renang membagi jadwal kunjungan menjadi dua waktu. Jadwal kolam untuk laki-laki dan untuk perempuan. Untuk laki-laki pengelola memilih hari Senin-Selasa mulai jam 14.00-18.00. Sementara untuk perempuan bisa berkunjung di hari Sabtu-Minggu jam 13.00-18.00.

Area kolam renang Adzkia cukup luas. Panjang kolamnya mencapai 10 meter dengan lebar 20 meter. Muat untuk menampung 30 orang. Ada pula kolam renang untuk balita dengan kedalaman yang aman bagi bayi seusia mereka.

Berenang di kolam renang Adzkia rupanya adalah kolam renang syariah pertama di Padang. Pengunjung muslimah dapat menikmati waktu berenang yang menyenangkan.

5. Water Park Christine Hakim Idea Park (CHIP Water Park)

5. Water Park Christine Hakim Idea Park (CHIP Water Park)

* sumber: pikniknesia.com

  • Alamat: Jl. Adinegoro No.mor 11 A, Padang Sarai, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat
  • HTM: Rp40.000-Rp50.000
  • Jam buka: Setiap hari 08.00-22.00 Jumat 08.00-21.30
  • Telpon: 0811-6685-000

Water Park yang punya bermacam-macam tipe kolam renang ini menjadi tempat menyenangkan di kota Padang untuk berlibur. Layaknya water park yang punya banyak wahana bermain air, di Christine Hakim Idea Park pun begitu. Ada ember tumpah dan istana air yang menambah keseruan bermain air.

Water park ini merupakan bagian dari jaringan bisnis Christine Hakim Idea Park yang juga bergerak di bidang kuliner. Lokasinya pun strategis, yakni berada di kawasan pariwisata kota Padang. Lingkungannya pun nyaman dengan pemandangan luar biasa indah yang membuat tempat ini punya daya tarik istimewa.

Area wisata yang menawarkan keseruan wisata air dan darat ini berdiri di lahan seluas 12.000 m2. Fasilitas bermain di sini sangat menarik. Ada pula arena ice skating, trampolin dan food court. Kelengkapan era bermain di CHIP Water Park bisa menambah keceriaan liburan bersama keluarga tercinta.

6. Mifan Padang Panjang

Mifan Padang Panjang

* sumber: travelspromo.com

  • Alamat: Jl. Sutan Syahrir No.252, Silaing Bawah Padang Panjang Barat Padang Sumatera Barat Indonesia 27118.
  • HTM: Rp30.000
  • Jam buka: 08.00-17.00
  • Telpon: 085264888895

Arena bermain air terlengkap di kota Padang ada di Mifan Padang Panjang. Di sini tersedia lebih dari 10 wahanan air yang menyenangkan. Permainan seru yang disukai oleh pengunjung berbagai usia ini membuat para pengunjung betah berlama-lama di Mifan.

Yang menjadi permainan favorit dari Mifan Padang Panjang adalah kolam ombak. Berenang di kolam ombak menyuguhkan sensasi seperti berenang di laut. Di area kolam ombak terdapat penyewaan ban karet. Pengunjung dapat bersantai sambil mengapung di atas ban karet.

Selain itu, di Mifan Padang Panjang terdapat kolam Olympic yang dibuat bagi pangunjung yang mahir berenang. Pasalnya kolam ini cukup dalam dan terpisah dari wahana permainan.

Wahana seluncuran raksasa yang sangat tinggi menjadi wahana yang mengasyikan di water park ini. Meski termasuk wahana yang memacu adrenalin, namun ini adalah wahana yang popular. Kamu harus coba sensasi berselancar di ketinggian yang menantang dan rasakan sensasi keelokannya. Seru!

Mifan Padang Panjang merupakan objek wisata yang telah lama beroperasi. Sampai sekarang objek wisata yang berdiri di lahan seluas 9,9 hektar ini sudah berusia 12 tahun. Tempat ini merupakan objek wisata paling digemari oleh masyarakat kota Padang.

Nah, itulah beberapa kolam renang di Padang yang menarik. Sebentar lagi liburan akhir tahun nih, kamu bisa boyong keluarga untuk menikmati segarnya air kolam renang di ibukota Sumatera Barat ini. Selamat berenang!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram