6 Kolam Renang di Purwokerto yang Seru untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Purwokerto merupakan sebuah wilayah yang ada di tengah Pulau Jawa yang punya banyak wisata alam. Masyarakat tak pernah kehabisan destinasi wisata untuk berlibur. Curug, gunung, pantai berlomba memamerkan kemolekannya agar wisatawan tertarik mengunjungi objek wisata tersebut. 

Namun, perlu kamu ketahui bahwa wisata kolam renang di kota yang terkenal dengan bahasa Ngapaknya ini tak kalah menarik. Kolam renang yang kebanyakan dikelola oleh swasta ini dibangun semenarik mungkin dengan menawarkan kenyamanan dan keseruan momen bermain air. Ingin tahu apa saja kolam renang yang menarik di Purwokerto yang dapat kamu kunjungi? Yuk, simak ulasannya di sini. 

1. Kolam Renang Langen Tirto 

Kolam Renang Langen Tirto 

Sumber: https://www.instagram.com/p/BId-pVqhWIa/?igshid=rm88gqargd8l

  • Alamat: Jl. Raya Baturraden B Dusun II Prompong Kutasari Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah 53151
  • HTM: Rp5.000
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-16.00

Kita tahu bahwa Purwokerto mempunyai daerah-daerah yang masih sulit dijangkau dengan mode transportasi umum. Tak jarang akses menuju ke suatu tempat tak terlalu bagus sehingga menyulitkan pendatang untuk berkunjung. 

Salah satu tempat yang agak tersembunyi di daerah Purwokerto ini mempunyai kolam renang wisata menarik yang harus kamu kunjungi. Meskipun lokasi kolam renang ini bukan berada di pusat kota namun, suasana dan pemandangan yang tersaji di sekitar kolam renang begitu indah. 

Rasa lelah sehabis berkendara jauh mengitari kota langsung hilang ketika menyentuh segarnya air kolam renang. Langen Tirto yang berada di Jalan Muh Besar Kutasari Baturaden ini mempunyai kolam renang besar dengan kedalaman yang berbeda yang seru untuk menyegarkan tubuh di tengah udara panas.

Fasilitas di kolam renang cukup memadai. Mushola, kantin dan lahan parkir yang luas menjadi sarana pelengkap yang ketersediaannya membuat nyaman para pengunjung. 

Bersantai di kolam renang di tengah udara sejuk pegunungan tentu merupakan sebuah kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Tapi, jangan lupa untuk mengukur kemampuan berenang ya. Jangan sampai kamu masuk ke kolam renang dalam dengan kemampuan berenang seadanya. 

2. Kolam Renang Purwokerto City Walk

Kolam Renang Purwokerto City Walk

* sumber: narmadi.com

  • Alamat: Sumampir, North Purwokerto, Banyumas Regency, Central Java 53125, Indonesia
  • HTM: Rp15.000
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00-16.00

Kolam renang ini dikenal pula sebagai Waterboom Purwokerto City Walk, tempat wisata air yang menawarkan berbagai permainan yang seru. Kolam renang ini berada di area pertokoan Purwokerto City Walk. Patokan tempat ini adalah patung Jenderal Sudirman di depan Universitas Sudirman. 

Kolam renang ini adalah satu-satunya kolam yang tidak menggunakan campuran kaporit pada air kolamnya. Dengan begitu kolam renang ini aman buat pengidap jantung. Ini yang menjadi alasan kolam renang ini digemari warga Purwokerto. 

Ada ragam ukuran dan kedalaman kolam renang di lokasi wisata air populer ini. kamar ganti, toilet dan wahana seperti seluncuran tersedia di sini untuk menemani keseruan bermain air. Kamu dapat memilih ukuran seluncuran yang akan kamu gunakan. 

3. Waterpark The Forest Island

Waterpark The Forest Island

  • Alamat: Jln. Raya Baturaden, Desa No.Km. 6, Dusun I Pandak, Pandak, Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53151
  • HTM: Rp10.000-Rp15.000
  • Sewa ban: Rp10.000
  • Jam buka: Senin-Kamis 08.00-17.00, Sabtu Minggu 07.00-17.00

Objek wisata lengkap dengan fasilitas super yang bikin betah. Di tempat ini kamu dapat memiliki hari yang menyenangkan dengan bermain air sepuasnya. Pasalnya di kolam air yang berada di kawasan wisata The Forest Island Purwokerto ini menyuguhkan berbagai wahana ragam menyenangkan. 

Banyak dan uniknya wahana yang tersedia di tempat ini menjadikan pengunjung dapat leluasa menghabiskan waktu untuk bermain sepuasnya. Kolam renangnya saja tersedia bermacam-macam. Ada kolam renang anak dengan permainan yang dipasang di tengah kolam layaknya taman bermain. 

Ada pula kolam dewasa yang juga dilengkapi dengan seluncuran berbagai bentuk. Bagi kaum hawa yang menginginkan privasi berenang tanpa lawan jenis bisa menggunakan kolam renang khusus wanita. Letak kolam ini terpisah dah berada di dalam ruangan. 

Di kolam renang khusus wanita tidak terdapat seluncuran atau permainan layaknya di kolam outdoor. Hanya ada kolam renang dengan kolam yang tidak terlalu dalam. 

Kawasan wisata ini tidak terfokus pada wisata kolam renang saja. Jadi, di lokasi ini kamu dapat menemukan berbagai spot menarik lainnya. Ada taman bunga dengan koleksi bunga yang cantik berwarna-warni. 

Pengelolaan taman bunga ini tidak main-main. Pengelola bahkan mencari benih bunga-bungaan dari luar negeri. Jenis bunga yang tidak terdapat di Indonesia ini menambah variasi keindahan taman bunga The Forest Island.

Yang menarik dari objek wisata ini adalah pengelola menggratiskan pengunjung yang berasal dari panti asuhan, anak yatim piatu, dan santri pondok pesantren.

4. Kolam Renang Buken Purwokerto

Kolam Renang Buken Purwokerto

* sumber: indonesiatraveler.id

  • Alamat: Dusun II, Banjarsari Kulon, Sumbang, Banyumas, Central Java 53183
  • HTM: Rp8.000-Rp10.000
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-16.00
  • Telepon: 0823-7563-5758

Kolam renang yang sedang hits di kota purwokerto ini berada di Jl Banjarsari, daerah yang punya pemandangan alam yang indah nan asri. Kolam renang ini bermacam-macam tipe kolam. Ada kolam untuk anak-anak, kolam dewasa dengan kedalaman sedang dan kolam terapi ikan.

Toilet, kamar ganti, mushola dan kantin lengkap tersedia. Dan yang lebih penting adalah nuansa tenang dan udara sejuk yang menjadi nilai lebih bagi tempat ini. Nuansa yang disajikan dari tempat ini menambah rasa nyaman pengunjung sehingga betah berlama-lama bermain di kolam renang Buken. 

5. Kolam Renang Tirta Kembar

Kolam Renang Tirta Kembar

* sumber: www.kikis.id

  • Alamat: Jl. Angka, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Purwokerto, Jawa Tengah
  • HTM: Rp3.000
  • Jam buka: Senin-Minggu 06.00-17.00
  • Telepon: (0281) 638148

Sempat ditutup tahun 2007 silam, kolam renang ini berbenah untuk memperbaiki fasilitas dan kelengkapan lainnya. Hal tersebut dipicu karena masalah kualitas air kolam renang yang menyebabkan kolam renang favorit masyarakat Purwokerto ini ditutup. 

Tahun 2007 silam adalah tahun yang tidak menguntungkan bagi kolam renang Tirta Kembar. Sebab di tahun tersebut kolam renang favorit masyarakat Purwokerto harus ditutup. Pemicunya adalah masalah kualitas air yang jelek yang mengganggu kenyamanan pengunjung. 

Beruntung kolam renang ini mampu bangkit kembali membenahi berbagai masalah yang menyebabkan kolam renang ditutup. Dan, tahun 2017 kolam renang ini kembali dibuka dan beroperasi seperti biasa. 

Dengan dibuka kembali kolam renang ini masyarakat bisa menggunakan fasilitas kolam yang tersedia. Masyarakat kadung menyukai objek wisata ini sebab harganya yang relatif murah sehingga dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. 

6. Kolam Renang Tirta Kencana

Kolam Renang Tirta Kencana

  • Alamat: Jl. Gerilya Timur, Berkoh, Purwokerto Selatan, Sokawera, Berkoh, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53146
  • HTM: Rp7.000
  • Parkir: motor Rp2.000 mobil Rp4.000
  • Jam buka: Senin-Minggu 07.00-17.00
  • Telepon: (0281) 631078

Objek wisata kolam renang lain di Purwokerto yang tak kalah menarik adalah Tirta Kencana. Kolam yang luas dan dalam membuat pengunjung dapat puas bermain dan berlatih renang sepuasnya. Kolam dengan ari jernih dan bersih ini adalah salah satu kolam kesukaan masyarakat Purwokerto. 

Lokasinya yang berada di pusat kota menjadikan lokasi ini mudah dijangkau sehingga banyak pengunjung yang mau datang ke kolam renang ini. objek wisata yang dapat diakses dari berbagai arah ini banyak dikunjungi oleh berbagai orang termasuk dari kota tetangga. 

Kolam renang di Purwokerto ibarat sebuah oasis yang menyegarkan di tengah gurun. Udara kota yang panas dan kering membuat keberadaan kolam menyegarkan tubuh yang panas terkena matahari yang bersinar terik. So, tunggu apalagi? Yuk, ajak teman dan keluargamu agar momen berenang bisa lebih seru!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *