Wisata Keluarga yang Seru di Kolam Renang Karang Setra

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berenang bisa menjadi kegiatan wisata yang cocok untuk dilakukan. Apalagi, jika kamu tengah ada di Bandung. Ada sejumlah kolam renang terbaik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bandung. Satu di antaranya yang populer adalah Kolam Renang Karang Setra.

Kolam yang sudah ada sejak 1954 ini tak pernah sepi pengunjung. Tak hanya dipakai sebagai tempat wisata, kolam renang ini juga lazim digunakan sebagai tempat berlatih para atlet renang.

Mempunyai kolam dalam kedalaman beragam, serta dikelilingi lingkungan alam yang asri adalah dua kelebihan utama kolam renang ini. Ingin tahu lebih lanjut tentang Kolam renang Karang Setra Bandung? Simak ulasannya berikut ini ya.

Wahana di Kolam Renang Karang Setra 

Wahana di Kolam Renang Karang Setra 

* sumber: info.pikiran-rakyat.com

Kolam Renang Karang Setra tak hanya sekadar menyajikan kolam untuk berenang. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan wahana-wahana menarik. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kolam Naga

Kolam Naga

Kolam Naga adalah ikon utama dari Kolam Renang Karang Setra. Walaupun bernama ‘kolam’, wahana ini bukan hanya sekadar kolam biasa. Tetapi, kolam yang dilengkapi seluncuran berbentuk naga. Jika kamu menaiki seluncuran itu, kamu akan merasakan seolah-olah tengah berselancar di dalam perut naga.

Seluncuran naga itu sendiri bentuknya agak meliuk-liuk dan cukup tinggi. Bagian bawahnya dilengkapi dengan kolam renang yang dangkal. Kolam tersebut akan menjadi landasan bagi siapa saja yang baru keluar dari seluncuran naga.

2. Waterboom

Waterboom

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Wahana ini tak kalah menantang dari wahana sebelumnya. Wahana ini dilengkapi oleh dua lintasan seluncur dengan tinggi mencapai 82 meter.

Masing-masing lintasan itu diberi warna kuning dan biru. Tak jau dari dua lintasan itu, ada satu wahana benama Pelangi Slider. Sebuah wahana yang terdiri atas empat seluncuran berbeda warna.

3. Kolam Arus

Kolam Arus

* sumber: www.traveloka.com

Wahana ini cocok buatmu yang mau bersantai sambil berenang. Sesuai namanya, wahana berupa kolam ini dilengkapi dengan arus pelan searah.

Pakailah ban pelampung saat mencoba wahana ini, agar kamu tidak mudah terbawa arus. Selain bersantai, kamu juga bisa melihat panorama di sekitar selama menjajal wahana satu ini.

4. Kolam Pantai

Kolam Pantai

* sumber: pariwisataku.com

Seperti namanya, ini adalah kolam yang didesain seperti pantai. Di mana, bagian sisinya dibuat agak sedikit landai. Wahana ini dilengkapi dengan air kolam yang dangkal, serta patung hewan yang mengeluarkan air dari mulutnya. Siapa pun bisa memasuki wahana ini, termasuk anak-anak sekalipun.

5. Ember Tumpah

Ember Tumpah

* sumber: piknikbandung.id

Ember Tumpah adalah wahana terakhir yang harus kamu coba nanti. Wahana yang bernama lain Aqua Play ini berisi ember raksasa yang akan menumpahkan air ke pengunjung. Terutama, jika embernya sudah terisi penuh oleh air.

Kamu akan merasakan sensasi seluruh tubuhmu terguyur air saat masuk ke wahana ini. Wahana Ember Tumpah dilengkapi dengan perosotan berbagai ukuran yang bisa kamu coba. Dan seperti wahana sebelumnya, wahana ini juga cocok dimasuki siapa pun, termasuk anak-anak.

Harga Tiket dan Jam Operasional Kolam Renang Karang Setra

Harga Tiket dan Jam Operasional Kolam Renang Karang Setra

* sumber: piknikbandung.id

Untuk bisa menikmati semua wahana di Karang Setra, kamu harus mengeluarkan kocek Rp40.000/orang. Itu pun jika kamu berkunjung di hari kerja/ weekday.

Jika kamu berkunjung di akhir pekan, maka kocek yang harus kamu keluarkan adalah Rp45.000/orang. Karang Setra buka setiap hari rabu hingga senin pukul 08.00 – 16.00 WIB, serta selasa pukul 08.00 – 17.15 WIB.

  • HTM : Rp40.000/orang (Senin-Jumat), Rp45.000/orang (Sabtu dan Minggu).
  • Jam Operasional : 08.00 – 16.00 WIB

Fasilitas di Kolam Renang Karang Setra

Fasilitas di Kolam Renang Karang Setra

* sumber: piknikbandung.id

Tak hanya wahana, Kolam Renang Karang Setra juga dilengkapi fasilitas-fasilitas menarik. fasilitas-fasilitas itu adalah:

1. Kolam Prestasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau Karang Setra juga lazim dipakai atlet renang. Ini tak lepas dari adanya salah satu fasilitas di tempat wisata ini, yaitu Kolam Prestasi.

Kolam Prestasi sendiri konon sudah ada sejak Karang Setra pertama kali didirikan. Sebagai informasi, Karang Setra dulunya memang didirikan hanya untuk tempat latihan atlet renang saja.

Fasilitas ini hanya diperuntukkan untuk orang dewasa atau atlet renang profesional. Fasilitas ini sudah dilengkapi alat lompat tinggi. Selain sebagai tempat berenang, fasilitas ini juga bisa dipakai untuk latihan menyelam.

2. Perlengkapan Renang

Kalau kamu ke Karang Setra dan lupa membawa perlengkapan, jangan panik. Pasalnya, Karang Setra menyediakan perlengkapan renang yang bisa kamu sewa.

Perlengkapan yang tersedia sendiri terdiri atas pakaian renang pria dan wanita, pelampung dan ban, dan loker. Setiap perlengkapan tersebut dipatok dengan harga sewa tertentu. Jadi, kamu harus punya budget berlebih.

3. Lahan Parkir dan Penitipan Helm

Setiap tempat wisata pasti menyediakan tempat parkir. Termasuk Karang Setra. Lahan parkir tempat wisata ini cukup luas dan nyaman. Lahan parkir di Karang Setra bisa menampung mobil dan motor dalam jumlah banyak. Adapun tarif parkirnya sendiri adalah Rp3.000 untuk motor, dan Rp6.000 untuk mobil.

Kalau kamu bawa motor, kamu bisa menitipkan helmmu ke tempat penitipan. Untuk tiap helmnya, biaya penitipannya sebesar Rp2.000.

4. Fasilitas Lainnya.

Masih ada beberapa fasilitas yang tersedia di Karang Setra. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah musala, gazebo,  kedai makanan, tikar, dan ruang guru untuk para atlet renang.

Khusus untuk tikar dan gazebo, kamu harus bayar harga sewanya dulu sebelum memakai keduanya. Adapun harga sewa tikar sendiri adalah Rp20.000/tikar. Sedangkan gazebo mesti disewa dengan tarif Rp30.000/2 jam.

Alamat dan Akses Transportasi Karang Setra

Alamat dan Akses Transportasi Karang Setra

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=vFBMs4HUtFw

Kolam Renang Karang Setra berada persis di Jalan Sirnagalih KM 4,5 No. 15, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Bandung, Jawa Barat 40112. Lokasinya sendiri cukup strategis. Sehingga, kamu pun bisa mengaksesnya dengan kendaraan umum ataupun pribadi.

  • Kendaraan Umum

Ada dua kendaraan umum yang bisa kamu akses. Walaupun dua kendaraan itu tidak bisa langsung sampai di pintu gerbang Karang Setra.

Keduanya hanya akan bisa mengantarkanmu ke lokasi yang tak jauh dari Karang Setra. Adapun kedua kendaraan umum itu adalah angkot Cicaheum – Ledeng, serta bis Leuwipanjang – Ledeng.

Bila naik salah satu di antaranya, mohon beritahu ke supir kalau kamu akan turun ke Karang Setra. Nantinya, supir akan menurunkanmu ke lokasi yang dekat dengan karang Setra.

  • Kendaraan Pribadi

Kalau mau pakai kendaraan pribadi, kamu bisa ambil rute ke arah Ledeng. Akses jalan rute tersebut tidaklah terjal. Jadi, kamu tidak perlu khawatir selama di perjalanan nanti.

Walau demikian, kami sarankan untuk berangkat sepagi mungkin. Hal itu untuk menghindari kemacetan yang lazim terjadi di siang atau sore hari.

  • Alamat : Jalan Sirnagalih KM 4,5 No. 15, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Bandung, Jawa Barat 40112.
  • No. Telepon : (022) 2035272.

Hotel di Sekitar Karang Setra

Bagi kamu yang ingin menginap, baik sebelum atau setelah ke Karang Setra, kamu bisa menginap di hotel. Untungnya, ada beberapa hotel yang cukup dekat dengan karang Setra. Hotel-hotel tersebut adalah:

  • Wood Hotel, Jalan Ciumbuleuit No. 125, Pangrango Tower Parahyangan Residence Complex, Hegarmanah, Cidadap, Bandung, Jawa Barat 40141. 1 km dari Karang Setra.
  • Karang Setra Hotel & Cottages, Jalan Bungur No. 2, Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Bandung, Jawa Barat 40162. 5,2 meter dari Karang Setra.

Sekian ulasan mengenai Kolam Renang Karang Setra. Tempat wisata air di Bandung yang cocok  dijadikan tempat berenang. Semoga bisa menjadi referensi buatmu yang mau piknik ke tempat wisata air ini. Sampai jumpa di ulasan berikutnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Dulu mah karang setra teh gak begitu ramai, tapi sekarang pengunjungnya gila betul, banyak bangeeett !!!

    Tapi BTW tiket masuknya sekaarn berapa sih, maklum udah setahun lalu berkunjung ke sana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *