Keluyuran / Wisata Dunia / Mengagumkan, Inilah 10 Kolam Renang Terbesar di Dunia

Mengagumkan, Inilah 10 Kolam Renang Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Kolam renang adalah satu tempat untuk berekreasi atau berolahraga. Kolam renang untuk rekreasi sepertinya tidak memiliki ukuran baku. Hal itu dibangun sesuai dengan kebutuhan dan didesain sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian pengunjung. Kolam renang rekreasi biasanya memiliki banyak fasilitas seperti seluncuran, taman, dan lain-lain.

Ada beberapa tempat di dunia ini yang memiliki kolam renang dengan ukuran yang sangat luas. Saking besarnya, kolam renang tersebut mampu menampung ribuan orang. Kolam renang apa saja yang terbesar di dunia ini? Yuk segera dapatkan informasi menariknya hanya di bawah ini.

1. Citystars Sharm El Sheikh

Citystars Sharm El Sheikh

Menurut Guinness World Records, pemegang tahta kolam renang terbesar di dunia adalah Citystars Sharm El Sheikh yang terletak di negara Mesir. Kolam renang tersebut dibuka pada tahun 2015 dan memiliki luas sekitar 9,68 hektar. Dibuat seperti laguna, pasir yang digunakan untuk membuat pantainya bervolume hampir 7000 meter kubik.

Kolam renang yang luas ini berlokasi di tengah gurun Sinai – berjarak sekitar 5 km dari kota resor Sharm El Sheikh yang terkenal. Citystars Sharm El Sheikh adalah bagian dari komunitas yang terjaga keamanannya secara eksklusif. Biaya yang dihabiskan untuk membangun kolam renang tersebut adalah sekitar 5,5 juta dolar Amerika atau Rp 79 miliar.

2. San Alfonso del Mar Resort

San Alfonso del Mar Resort

Dengan panjang 1.013 meter dan luas sekitar 8 hektar, kolam renang di San Alfonso del Mar Resort, Chile adalah yang terbesar kedua di dunia. Kolam ini menampung sekitar 250 juta liter air yang setara dengan kira-kira 6.000 kolam sepanjang 8 meter. San Alfonso del Mar Resort ini dibangun oleh perusahaan serupa yang membuat Citystars Sharm El Sheikh.

San Alfonso del Mar Resort yang terletak sekitar 90 kilometer dari ibukota Chile Santiago adalah objek wisata utama dan tujuan populer bagi warga Chili dan wisatawan dari seluruh dunia. Merupakan bagian dari resor populer Algarrobo di Chile, kolam renang ini menawarkan pemandangan pantai alami yang menghadap ke Samudra Pasifik yang indah.

3. MahaSamutr

MahaSamutr

Kolam renang terbesar selanjutnya adalah MahaSamutr yang terletak di negara tetangga kita Thailand. Kolam renang tersebut terletak di Kota Hua Hin dan memiliki luas sekitar 6,9 hektar. MahaSamutr dalam bahasa Indonesia berarti samudra. Laguna kolam renang tersebut dibuat mirip dengan pantai berpasir Hua Hin yang indah.

Meskipun tidak begitu dalam (sekitar 2,4 meter), kolam renang tersebut menawarkan berbagai aktivitas olahraga air bagi pengunjungnya, seperti paddleboarding, kayak, dan berlayar.

4. Treasure Bay

Treasure Bay

Treasure Bay yang terletak di Lagoi, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia ini adalah kolam renang terbesar kedua di Asia Tenggara dengan luas sekitar 6,3 hektar. Kolam renang air asin ini dibuat mirip seperti pantai buatan dengan berbagai fasilitas menarik.

Di sekeliling Treasure Bay terdapat taman-taman cantik lengkap dengan jalur pejalan kaki. Kolam renang ini juga menawarkan fasilitas olahraga air seperti cable ski dan speed boat. Tertarik berenang di sini? Langsung saja terbang ke Pulau Bintan.

5. Piscina Las Brisas De Santo Domingo

Piscina Las Brisas De Santo Domingo

Piscina Las Brisas De Santo Domingo adalah kolam renang luas lainnya yang terletak di negara Chile, tepatnya di Las Brisas. Kolam renang ini juga dibuat menghadap ke Samudra Pasifik yang megah. Luas Piscina Las Brisas De Santo Domingo adalah sekitar 2 hektar dan merupakan bagian dari kompleks kondominium dan lapangan golf kelas atas.

Walaupun ukuran kolam renang ini tidak seluas tiga kolam renang di atas, namun hal ini tetap masih besar jika dibandingkan kolam renang standar dengan ukuran normal. Air asinnya yang berkilauan dan jernih dapat menggoda siapapun untuk berenang di atasnya. Apalagi disuguhi pemandangan samudra yang super keren, makin betah berlama-lama di sana.

6. Weyermannshaus

Weyermannshaus

Weyermannshaus adalah kolam renang yang terletak di bagian barat Kota Bern, Swiss. Kolam renang ini memiliki luas sekitar 1,6 hektar dan merupakan kolam renang terbesar di Swiss. Selain kolam renang terbuka, Weyermannshaus juga terdiri dari kolam renang indoor, restoran, dan gelanggang es untuk musim dingin dan musim panas.

Kolam renang Weyermannshaus telah dibuka sejak lebih dari satu abad yang lalu (tepatnya tahun 1908). Ini adalah salah satu kolam renang tertua yang ada di daftar ini.

7. Dreamworld Resort

Dreamworld Resort

Dengan luas sekitar 0,9 hektar, Dreamworld Resort yang terletak di Kota Karachi, Pakistan ini adalah kolam renang air alam terbesar di dunia. Dibuka pada tahun 2008, Dreamworld Resort berisi sekitar 2 juta galon air yang diambil dari sumur-sumur lokal.

Sebagai bagian dari taman bertema Dreamworld yang luas, kolam renang ini juga menampilkan seluncuran air dan laut buatan dengan ombak hingga lebih dari 1 meter.

8. Piscine Alfred Nakache

Piscine Alfred Nakache

Piscine Alfred Nakache adalah kolam renang terbesar lainnya yang terletak di sebuah pulau di tengah Sungai Garonne di Toulouse, Perancis. Nama kolam renang ini diambil dari nama seorang perenang Olimpiade terkenal.

Kolam renang Piscine Alfred Nakache memiliki luas sekitar 0,7 hektar. Tempat ini terbuka untuk umum dan sering menjadi arena rekreasi yang sangat populer di musim panas.

Dibangun pada tahun 1930-an, dapat dikatakan kalau Piscine Alfred Nakache adalah salah satu kolam renang tertua di dunia yang masih berfungsi. Tempat tersebut menampilkan beberapa arsitektur Art Deco yang indah.

9. Hansen Dam Recreation Center

Hansen Dam Recreation Center

Hansen Dam Recreation Center adalah kolam renang terbesar di Amerika Serikat dan salah satu yang terbesar di dunia. Tempat ini terletak di wilayah San Fernando Valley di Los Angeles. Fasilitas dan firur yang dimiliki oleh kolam renang Hansen Dam Recreation Center antara lain seperti zero-entry ramp, dua seluncuran, serta kedalaman kurang dari dua meter.

Kolam renang seluas kurang lebih 0,6 hektar ini mampu menampung 3 ribuan orang. Di sana terdapat pula danau rekreasi terdekat untuk berperahu dan memancing, ditambah area berumput untuk aktivitas piknik dan barbekyu.

10. Tooting Bec Lido & Glenwood Hot Springs Pool

Tooting Bec Lido & Glenwood Hot Springs Pool

Tooting Bec Lido adalah sebuah kolam renang terbuka berair tawar yang terletak di London Selatan, Inggris. Dengan luas sekitar 0,28 hektar, Tooting Bec Lido adalah kolam renang terluas di Inggris dan salah satu yang terbesar di dunia. Tempat ini dibuka pada tahun 1906 dan merupakan kolam renang tertua di daftar ini serta salah satu yang tertua di negaranya.

Selain sebagai salah satu kolam terbesar di dunia, Glenwood Hot Springs Pool yang terletak di Colorado, Amerika Serikat ini dapat dikatakan sebagai kolam renang mata air panas terbesar di dunia. Dengan luas sekitar 0,28 hektar, kolam renang ini memiliki lebih dari satu juta galon air hangat yang nyaman untuk berendam.

Itulah daftar beberapa kolam renang terbesar di dunia. Umumnya kolam renang dengan ukuran paling luas diisi dengan air laut. Sedangkan sisanya menggunakan air alam, baik itu berasal dari dalam perut bumi atau yang tersedia di permukaan.

Tapi sebenarnya, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati kolam renang yang keren, meskipun tidak seluas dan besar seperti di atas. Untuk kamu yang ingin berenang di kolam renang yang keren, bisa kunjungi 10 Kolam Renang di Bali yang instagramable ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar