Yuk, Kunjungi 9 Kota dengan Street Art yang Keren di Italia!

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 4 November 2021

Jika berbicara Italia mungkin yang paling terkenal adalah bangunan dan juga monumen-monumennya yang kolosal dan juga kuno yang akan banyak dikenal. Tetapi kota-kota di Italia juga menghadirkan seni yang indah dan menarik untuk dinikmati, yang justru datang dari tempat-tempat yang terbengkalai dan juga dilupakan oleh banyak orang.

Tempat-tempat itu layaknya seperti galeri seni yang berada di ruang terbuka. Seni kontemporer yang memanfaatkan ruang-ruang publik yang mengubah wajah kotanya yang suram menjadi lebih berwarna. Berikut ini adalah beberapa kota yang wajah kotanya berubah lebih berwarna dan juga menarik dengan mural-mural yang menghiasi tembok-tembok kotanya.

Baca juga: 11 Street Food Enak Khas Italia dari Roti Hingga Jeroan

1. Kota Roma

Kota Roma

Roma yang menjadi ibu kota dari Italia, di kota ini kamu dapat menemukan tempat-tempat dengan karya seni jalanan yang menghiasi dindingnya. Daerah-daerah seperti Quadroro, Ostiense, San Lorenzo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karya seni jalanan ini dibuat dengan tujuan untuk merestorasi daerah-daerah yang terbengkalai agar dapat hidup kembali.

Satu contoh daerah yang bisa kamu kunjungi adalah Distrik Ostiense, yang kotanya kembali hidup dengan mural yang menghiasi dinding kotanya. Satu contoh, Blu seorang seniman misterius dari Bologna yang menggoreskan karyanya di Ostiense pada sebuah bangunan terbengkalai  bernama Fronte del Porto terlihat unik dengan karyanya yang berjudul Mille Volti atau Ribuan Wajah.

2. Kota Milan

Kota Milan

Milan, mendengar kata itu tentunya yang terlintas adalah kata fashion. Kota ini tak hanya tentang fashion saja, seni jalanan yang terdapat di kota ini wajib kamu sambangi saat singgah di Kota Milan. Karya para seniman jalanan ini dapat kamu lihat di daerah seperti Via Conchetta, Leon Cavallo, Basilica di San Lorenzo, Isola, dan juga di Niguarda.

Satu seniman yang terkenal dengan seni jalanannya yang mengkritisi masalah kapitalisme dan sosial adalah Blu, dapat kamu lihat juga menghiasi  kota Milan. Karya dari Blu dapat kamu lihat di Via Conchetta dan Via Predil. Selain Blu, ada juga Sten Lex, 108, dan masih banyak yang lainnya, yang karyanya dapat kamu lihat menghiasi dinding-dinding di kota Milan.

3. Kota Turin

Kota Turin

Seni Jalanan atau street art, terkadang memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali sebuah daerah yang terbengkalai. Satu contoh adalah daerah yang bernama Barriera di Milano, di Kota Turin. Setelah terabaikan cukup lama, dewan kota mengharapkan perubahan pada suasana kota dengan mengundang para seniman jalanan untuk datang memberi kehidupan di ruang-ruang publik.

Satu artis yang bernama Francesco Camillo Giorgino atau lebih dikenal dengan nama Millo, dia memenangkan proyek “Habitat” yang diadakan oleh dewan kota dan dapat menggambar di 13 ruang publik dengan karyanya. Karyanya menggambarkan seorang pria raksasa dengan gaya monokromatik yang menggambarkan hubungan manusia dengan lingkungannya.

4. Kota Palermo

Kota Palermo

Mural atau lukisan dinding di Kota Palermo dapat kamu lihat dengan berjalan kaki ataupun dengan menaiki sepeda. Seni jalanannya menghiasi dinding-dinding yang telah usang dan rapuh. Mural yang menghiasi dinding-dinding di Kota Palermo merupakan karya dari para seniman yang kiprahnya telah dikenal luas menghiasi kota-kota di Italia, dengan ukurannya yang lebih kecil dibanding di kota lain.

Dinding-dinding kota tua dari Palermo yang dihiasi oleh beragam mural dapat kamu lihat di beberapa tempat di Kota Palermo. Karya street art di Palermo yang dapat kamu temui di sini, satu di antaranya adalah di distrik Vucciria, mural karya dari Hopnn dengan warnanya yang khas. Selain distrik Vucciria, kamu juga dapat melihat street art lainnya di daerah Ballaro, Capo, atau juga di daerah Kalsa.

5. Kota Bologna

Kota Bologna

Bologna merupakan satu kota yang juga kaya dengan seni rupa jalanan yang menghiasi dinding kotanya. Banyak para seniman yang berkontribusi menghiasi dinding-dinding bangunan terbengkalai yang terdapat di Kota Bogona. Kemampuan mereka telah mengubah suasana kota yang suram dengan bangunan tuanya menjadi lebih berwarna dan juga lebih hidup.

Lukisan dinding atau mural di Kota Bologna, beberapa di antaranya memiliki ukuran cukup besar, dan biasanya berada di luar pusat kota. Kamu dapat menikmati hasil karya dari para seniman jalanan ini dengan bersepeda serta dengan menggunakan peta digital. Sayangnya satu artis ternama dari Bologna, Blu karyanya tidak dapat dilihat lagi setelah ia hapus sebagai bentuk protes.

6. Kota Naples

Kota Naples

Satu kota lagi yang karya street art-nya tidak boleh dilewatkan adalah kota Naples. Naples juga kota yang dipenuhi dengan karya street art yang menarik dan juga orisinal. Karya dari para seniman Jalanan ini tak hanya membuat kotanya menjadi lebih indah, tapi karya mereka jadi daya tarik yang luar biasa untuk orang-orang mengunjungi kota Naples.

Mural berukuran besar dari seorang legenda sepakbola Maradona menghiasi di fasad Via Taverna. Selain itu, ada juga tempat bernama Merola Park of Ponticelli yang menghadirkan empat  karya seniman jalanan ternama yang tempatnya kini dikenal dengan julukan Taman Mural, dan masih banyak karya-karya lainnya dengan ukuran yang sangat besar.

7. Kota Parma

Kota Parma

Parma memiliki proyek lukisan dindingnya yang bernama Parma street view di tahun 2014 untuk  memulihkan tembok-tembok di kotanya agar lebih hidup. Proyek tersebut dimulai dengan menggambar sebuah mural yang dibuat secara kolektif yang menggunakan bidang seluas 250 meter. Karya tersebut berada di dua belas dinding teluk di Sekolah Bahasa G.Marconi.

Kini saat berjalan-jalan di Kota Parma, kamu akan banyak menemukan ruang-ruang publik diisi oleh karya-karya seni dari seniman muda lokal dan juga internasional. Karya-karya mereka dapat kamu lihat menghiasi tembok-tembok di kereta bawah tanah di via Trento, dan Ponte europa, lalu ada juga di Viale Toschi, Viale Piazenza dan masih banyak tempat yang lainnya.

8. Kota Bari

Kota Bari

Kota Bari di Italia ini juga merupakan tempat dimana kamu akan dapat melihat karya-karya street art yang membuat suasana kota menjadi terasa berbeda. Karya street art di kota ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan dorongan agar ruang-ruang publik dapat diregenerasi sehingga terlihat lebih indah dan juga menarik.

Ada beberapa tempat di Bari di mana kamu dapat melihat beberapa karya seni berupa lukis dinding. Di pusat kota Bari kamu dapat melihat street art yang didedikasikan untuk seorang  seniman ternama bernama Ennio Morricone. Tempat-tempat seperti di San Cataldo area, dan juga di Piazza Diaz, dan masih banyak tempat lainnya, merupakan tempat kamu akan menemukan mural yang cukup dikenal.

9. Kota Pisa

Kota Pisa

Pisa mungkin lebih dikenal banyak orang karena bangunan menaranya yang miring. Tetapi keunikan dari Pisa tak hanya menara miringnya, tetapi seni kontemporer dari lukisan dindingnya memberikan nuansa yang berbeda pada kota Pisa. Kamu dapat menjelajahi kotanya untuk melihat karya-karya dari para seniman jalanan yang datang dari berbagai belahan dunia.

Satu karya seni yang dapat dilihat di Kota Pisa adalah karya dari Keith Haring dengan karyanya Tuttomondo yang  menghiasi tembok gereja Sant’Antonio yang menggambarkan kebahagiaan dan cinta untuk kehidupan. Selain dari Keith kamu juga dapat menemukan karya dari Blub’s, Exit enter, Ozmo dengan Galileo Galileinya, dan seni kontemporer karya Moneyless.

Itulah beberapa kota yang dapat kamu kunjungi di Italia yang terkenal dengan street art-nya. Kini berjalan-jalan di sebuah kota tak hanya mengunjungi bangunan bersejarah, ada kegiatan baru yang dapat kamu lakukan tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Kamu dapat berkeliling kota dan melihat karya seni rupa yang berada di ruang-ruang  publik, layaknya berada di sebuah galeri seni.

Walaupun masih banyak yang berpikiran seni seperti ini sebagai vandalisme, tetapi ada juga yang berpikiran menggunakan seni jalanan ini sebagai upaya untuk mengubah suasana kota ke arah yang lebih positif dan mampu diterima banyak kalangan. Karya-karya seni yang menghiasi kota-kota  ini tidak kalah indahnya. Kira-kira kota mana yang menurutmu menarik dengan karya street art-nya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram